Cara Jadi Blogger Pemula, Semua Pasti Bisa Menerapkan

Konten [Tampil]

Cara jadi blogger pemula pada setiap orang pastinya berbeda. Ada yang memang berangkat karena niat ingin menjadi seorang blogger. Ada pula yang terpaksa karena tidak ada kegiatan dan mencoba untuk mengakses platform untuk ngeblog.

Apapun alasannya, dikemudian hari pasti akan bertemu dengan kesempatan yang lebih besar dan lebih luas untuk bisa menjadi serius dalam ngeblog. Why? Karena sudah terlanjur menceburkan diri dalam dunia blogging.


Salah seorang teman saya, Dewi Nur Maya yang berasal dari Kediri, bercerita bahwa awal mula mengenal blog dia mengenal dengan terpaksa. Bermula ketika salah seorang guru Informatika di sekolahnya memberikan tugas akhir kepada semua siswa. Tugas akhir itu adalah membuat blog pribadi berbasis blogspot.


Tahun 2012 itu, menjadi salah satu titik tolak dia untuk mengubah dari terpaksa menjadi menikmati. Pelan tapi pasti, sulit tapi dijalani. Dia pun menemukan rasa nyaman dibalik keseruan mengoprek fitur yang ada pada blog. Mencari dan memilih template yang lucu menjadi salah satu hal yang menarik baginya.


Tidak terlewatkan juga olehnya untuk memasang widget-widget yang menurutnya akan makin membuat tampilan blog semakin asik dan menarik. Perempuan yang saat ini berprofesi sebagai Guru Bahasa Inggris pada salah satu SMK di Kediri, Jawa Timur itu juga berusaha menemukan jati diri dengan menentukan niche untuk blognya. 


Cara jadi blogger pemula yang dilakukan Maya adalah dia terus menulis meskipun bertemu dengan kebuntuan dan perasaan bingung ketika harus mengisi blognya dengan apa. Namun terus berusaha untuk fokus memikirkan apa yang akan dituangkan dalam blog yang dimikinya.


Baginya blog adalah sarana healing, sehingga dia mencurahkan segala isi hati dan ide yang ada dalam pikirannya dalam tulisan di blognya. Tulisan yang menurutnya jauh dari kata sempurna. Tulisan yang tidak terstruktur. Rasa tidak percaya diri. Merasa malu dengan apa yang sudah dituangkan dalam media online ini. Dia memutuskan berhenti sementara, namun ternyata berujung pada berhenti dalam waktu yang lama.


Pada akhirnya hikmah di balik pandemi didapatkannya. Perempuan yang pernah mengikuti Online Professional English Network Program Fall 2021 yang siselenggarakan oleh University of Oregon ini kembali memotivasi diri untuk mengelola blog lamanya. Blog yang diingatnya setelah 9 tahun dibiarkan. Lumayan kuat ya ingatannya, berarti masih ingat email dan passwordnya.


Cara jadi blogger pemula

Ada banyak cara jadi blogger pemula yang bisa ditempuh atau dijalani oleh siapa saja dalam berproses menjadi blogger. Meskipun memang tidak mudah karena banyak sekali hal yang harus dilakukan oleh seorang blogger.

cara jadi blogger pemula

Berhubungan dengan dunia blog ini saya pernah menuliskan sebuah tulisan sebagai motivasi, dan pengingat di saat bertemu dengan kebuntuan. Tulisan itu berjudul Jangan jadi Blogger Kalau Nggak Mau Ribet. Tulisan menekankan bahwa untuk menjadi seorang blogger harus tahu beberapa hal:


1. Memiliki Big Why 

Big Why menjadi starting point yang akan menunjukkan keseriusan untuk berproses menjadi blogger. Perlu merenung, berpikir kenapa menjadi seorang blogger. Tujuannya, di saat kendor akan ada penyemangat untuk bisa bangkit dan terus menjalankan aktivitas blogging.

Menemukan big why bukan hanya menemukan alasan kuat untuk memiliki blog atau ngeblog, tetapi lebih dari itu juga harus menemukan The Big Why dalam Menulis. Sehingga hasilnya bisa lebih baik.

 

2. Manajemen Waktu

Menjadi blogger ada kalanya santai, ada kalanya membutuhkan banyak waktu. Sebagai blogger harus siap untuk meluangkan waktu. Saat memutuskan menambah aktivitas dengan menjadi blogger, maka keputusan itu harus diimbangi dengan pengalokasian waktu khusus untuk mengelola blog.


3. Mengelola Blog

Meluangkan waktu untuk mengelola merupakan salah satu cara jadi blogger pemula dan merupakan bagian dari perjuangan menjadi seorang blogger. Karena menjadi blogger bukan sekedar membuat akun dan membiarkan begitu saja.

  

Mengelola blog sungguh membutuhkan banyak curahan waktu dan pikiran. Contoh ketika sedang mengelola template, mengatur template agar seo friendly, melakukan riset keyword, membuat artikel. Belum lagi kalau ada error pada blog, harus bisa mengatasinya sendiri. Boleh juga bertanya pada teman dekat.


Apa syarat penting yang paling awal sebelum membuat blog?

cara jadi blogger pemula
Bagi yang baru memulai ngeblog atau memutuskan untuk menjadi blogger syarat yang perlu diketahui dan dipersiapkan di awal. Apa syarat penting yang paling awal sebelum membuat blog?

1. Menentukan tujuan blogging

Cara jadi blogger pemula harus tahu syarat penting paling awal sebelum membuat blog yaitu menentukan tujuan blogging. Untuk apa sih membuat blog. Apa yang akan dilakukan dengan blog yang dimilki. Mau dijadikan tempat curhat? Mau dijadikan tempat produktif? Mau dijadikan etalase jualan? Semua baik. Tapi tetap harus ditentukan di awal. Lalu bulatkan tekad, dan niat yang kuat untuk memulai blogging.


2. Menentukan tema atau niche

Menentukan tema atau nice atau topik yang akan menjadi konsen ke depan menjadi syarat mendasar sebelum memulai menjadi blogger. Seseorang yang berniat menjadi blogger harus menentukan tema apa yang akan dipilihnya.


Dalam menentukan tema sebaiknya juga melihat pada minat dan potensi diri. Kalau kata Coach Marita Ningtyas harus tahu apa passion diri. Mengetahui passion diri itu penting karena dengan menjalankan aktivitas yang sesuai passion akan lebih ringan dibandingkan dengan yang bukan passionnya.


Banyak tema yang bisa dijadikan pilihan saat akan ngeblog. Salah cara jadi blogger pemula sebelum memutuskan tema adalah dengan melihat-lihat blog yang sudah lama dan sudah terkenal pada nichenya masing-masing. Ada yang memiliki nice travelling, niche parenting, bisnis, atau lifestyle (bahasa keren dari gado-gado seperti saya (LOL).)


3. Menentukan dan Memilih Platform

Salah satu yang menjadi kunci dan cara jadi blogger pemula adalah menentukan dan memilih platform. Menentukan platform apa yang akan diigunakan untuk mendukung aktivitas ngeblog. 

Mau memilih wordpress.com, wordpress.ord, blogspot.com, atau yang lain semua kembali kepada diri.


Carilah yang nyaman dan familiar bagi diri. Karena setiap orang memiliki selera yang berbeda. Jadi pilihlah yang bisa membuat bahagia dan menjadi teman berproses bersama.


4. Memiliki Tekad

Memiliki tekad yang kuat dan bulat adalah kunci pertahanan untuk bisa konsisten dalam dunia blogging. Ngeblog tanpa tekad yang bulat dan kuat, akan terhempas oleh angin. Akan terpental seperti diterjang ombak.


Namun dengan memiliki tekad yang kuat, dan menemukan cara jadi blogger pemula, sebesar apapun ombak yang menerjang, akan tetap berusaha bertahan. Bangkit kembali saat terjatuh.


Tekad kuat ini harus dimiliki agar tidak mutung di tengah jalan. Karena banyak hal yang harus didalami sebagai seorang blogger seperti memahami pentingnya menulis SEO Content, mengelola blog secara konsisten, mengoptimalkan optimasi blog, melakukan riset keyword, memasang google search console, google analytics, dan masih banyak lagi hal yang harus dijalani sebagai blogger.


5. Membuka Diri

Boleh memiliki kepribadian introvert, tapi jangan terus menutup diri dan tiak mau berhubungan dengan dunia luar. Sebagai blogger harus siap untuk bersosialisasi agar bisa mendapatkan semangat dalam mengelola blog. Bisa belajar banyak hal dari blogger senior merupakan cara jadi blogger pemula. Bisa belajar dari komunitas yang ada di luar sana. Seperti dilakukan oleh Maya, teman yang saya ceritakan di atas. Dia mencoba untuk mengikuti Blogspedia Coaching Batch 3.


Mengenal Blogspedia Coaching

Blogspedia coaching merupakan coaching yang memberikan kesempatan bagi mereka yang mau belajar seputar membangun blog dan mengelolanya dari nol. Hanya untuk orang memang mau belajar dari nol dan siap untuk mengikuti semua proses yang begitu ketat dan disiplin.

cara jadi blogger pemula


Memutuskan ikut Blogspedia Coaching.

Setahun lalu, tepatnya pertengan 2021, Maya kembali menemukan cara jadi blogger pemula. Memunculkan kembali tekadnya yang cukup lama terpendam. Tekad untuk kembali ngeblog. Usaha akan membuahkan hasil. Niat baik akan berbuah baik.


Awal tahun 2022 dia bertemu dengan Anisa. Teman lamanya yang ternyata juga gemar blogging. Dia mengajak Maya untuk ikut bersama mendaftar event Blogspedia Coaching Batch 3. Setelah melalui perjuangan panjang, melewati seleksi yang dilakukan oleh Coach Marita Ningtyas dan Tim, dia dan temannya lolos sebagai peserta Blogspedia Coaching 3.


Dia bertekad untuk mengikuti coaching bersama Coach Marita, Founder Blogpedia adalah untuk belajar, menggali ilmu tentang dunia blog. 

“Untuk melakukan sesuatu yang baik dan terus berada di jalan yang benar, harus membekali diri dengan ilmu yang baik pula. Ilmu yang baik itu akan didapatkan dari orang-orang yang baik pula. Seperti melalui coaching ini.”

Dia yakin, Blogspedia Coaching adalah pilihan tepat cara jadi blogger pemula. Di dalamnya terdapat orang-orang yang sevisi. Memiliki niat, tekad, pemikiran dan semangat yang sama untuk belajar menjadi seorang blogger. 


Alasan lain yang mendorong perempuan yang pernah menduduki posisi Wakil Kepala Madrasah Bidang Akademik dan Kurikulum di Madrasah Aliyah Jabal Nuur Kediri ini adalah karena dia merasa sangat membutuhkan komunitas blogger. 


Dia ingin dengan bergabung di Blogspedia akan memacu dirinya untuk berkembang dan semakin tumbuhkan rasa percaya dirinya. 


Alasan Menjadi Blogger

Apa sih alasan yang membawa Maya berniat menjadi blogger? Mendengar kata blogger, ada rasa takut dalam dirinya, Takut karena harus membawa beban dan tanggung jawab pada diri. Namun demikian, dengan berproses bersama dalam Blogspedia Coaching dia berharap suatu saat nanti bisa menyebut dirinya sebagai blogger dengan penuh percaya diri.


Cara jadi blogger pemula ala Maya adalah dengan mengikuti coaching. Dia merasa dengan bergabung dalam Blogspedia Coaching Batch 3 ini, menemukan sebuah perjalanan. Menemukan sebuah makna, bahwa blogger adalah seni. Seni yang begitu memperhatikan estetika. 


Mengatur layout, memilih warna, template menjadi bagian dari seni yang akan menunjang tampilan blog sebagai sebuah rumah virtual. Hingga dia memiliki sebuah blog dengan niche Lifestyle yaitu Satu Manusia.


Satu lagi alasan dia semakin mantap untuk belajar terus dan berproses sebagai blogger agar bisa menjadi blogger professional yang bisa cuan. Lulusan Bahasa Inggris STAIN Kediri (IAIN Kediri) ini baru mengetahui jika melalui blog bisa menghasilkan uang. Dia berharap, bisa merasakan juga di kemudian hari.


Persiapan Menjadi blogger

Cara jadi blogger pemula setiap orang tidaklah jauh berbeda. Pembeda utamanya adalah niat awal. Seperti Maya, niatnya untuk bisa berbagi dengan tulisan yang dimilikinya. Untuk mencapainya maka dia juga membuat persiapan menjadi seorang blogger. Termasuk mengatur waktu agar kejadian di masa lalu tidak terjadi kembali. Meminjam istilah yang biasa digunakan Coach Marita, “Blog menjadi sarang laba-laba.”


Diantara persiapannya adalah menjaga niat dan komitmen. Niat untuk tetap dan terus belajar hal berhubungan dengan pengelolaan blog. Menjaga untuk tetap menjadi diri sendiri dan menumbuhkan komitmen untuk terus konsisten menulis dan membagikannya agar bermanfaat.


Persiapan besar lainnya adalah akan bergabung dengan komunitas-komunitas untuk bisa menempa dan melakukan upgrading kemampuan, salah satunya dalam mewujudkan blog dan tulisan yang SEO Friendly, dan menjadi blogger yang bisa membangun personal branding.


Penutup

Setiap orang memiliki kisahnya tersendiri dalam memulai ngeblog. Seperti Dewi Nur Maya, yang harus membuang tulisannya yang membuatnya tersenyum sendiri dan tersipu malu saat membacanya. Dia memilih mengarsipkan tulisan-tulisannya dan hanya menyisakan satu cerpen kenangan di masa SMA.


Banyak kesempatan untuk mengembangkan diri, dan akan selalu ada cara untuk meraih impian. Asalkan mau berusaha, impian untuk menjadi blogger akan menjadi kenyataan. Semoga ulasan cara jadi blogger pemula ini semakin menguatkan tekad untuk terus berproses menjadi seorang blogger yang konsisten.



Related Posts

Post a Comment