deeva collection

7 Hal Terbaik Untuk Keluarga

Konten [Tampil]

Kali ini saya akan membahas 7 hal terbaik untuk keluarga. Memberikan yang terbaik bagi keluarga adalah sebuah kewajiban bagi setiap orang. Seorang suami memberikan sesuatu yang terbaik bagi anak dan istrinya. Pun seorang istri juga perlu memberikan yang terbaik bagi suami dan anak.

Memberikan dan menghadirkan hal terbaik untuk keluarga menjadi hal yang tak boleh dilupakan apalagi diingkari oleh orang tua. Bisa-bisa menjadi orang tua yang tidak baik karena mengabaikan hak anak.

Jadi, dengan memberikan yang terbaik untuk keluarga kita berharap akan tercipta keluarga, rumah tangga yang harmonis, sehat, dan bahagia. Untuk mencapainya kita perlu memperhatikan 7 hal terbaik untuk keluarga berikut
 
deeva collection
Canva Designed by Kang Ugi

 

1.Rezeki halal

Mencari rezeki yang halal menjadi hal yang tak boleh dilupakan oleh orang tua khususnya suami selaku kepala keluarga yang memiliki tugas mencari nafkah. Mencari rezeki yang halal merupakan salah satu bentuk ikhtiar yang dilakukan agar dapat memberikan yang terbaik bagi keluarga.

Dalam membantu dan mendukung suami dalam mencari rezeki yang halal, seorang istri harus menjadi orang yang pandai bersyukur. Mensyukuri setiap yang di dapatkan oleh suami, berapa pun besarnya.  Saat suami dan istri bersama bersyukur atas apa yang di dapatkan, maka keberkahan akan ada dalam keluarga. Nikmat akan terus bertambah sebagaimana firman Allah: 
“Barang siapa mensyukuri nikmat Allah maka Allah akan menambahkan nikmat bagi hamba-Nya.”

2. Makanan halal dan baik

Memberikan yang terbaik dalam bentuk makanan yang halal dan baik menjadi salah satu tugas yang harus dipahami orang tua. Makanan yang halal dan baik berasal dari rezeki halal yang diperoleh oleh pencari nafkah dalam rumah tangga.

Jika sudah mendapatkan rezeki yang halal, maka tugas selanjutnya memperhatikan kehalalan dari makanan yang diolah. Kalau sudah pasti kehalalannya, tugas selanjutnya adalah mempersiapkan makanan yang baik (thoyyib).

Mungkin akan bertanya-tanya, bukankah kalau sudah halal pasti sudah baik? Iya betul, namun baik di sini adalah menyajikan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi seimbang untuk keluarga. Memberikan yang terbaik dengan menyajikan menu yang mengandung karbohidrat, protein, mineral, dan nutrisi lainnya.

3. Rumah yang nyaman

Rumah yang nyaman tak harus besar. Rumah yang nyaman adalah rumah yang membuat orang-orang yang berada di dalamnya merasa senang dan betah di rumah. Memberikan yang terbaik dengan menyiapkan rumah yang aman dapat dilakukan dengan memperhatikan dan menerapkan budaya 5 R dalam rumah.

Sudah tahukan apa budaya 5R? Jadi budaya 5 R itu merupakan metode penataan dan pemeliharaan wilayah kerja yang digunakan dalam manajemen untuk mewujudkan ketertiban dan kedisiplinan. Budaya 5 R meliputi:

1. Ringkas
2. Rapi
3. Resik
4. Rawat, dan 
5. Rajin.

Agar terlihat lebih menarik dan nyaman kita bisa menambahkan beberapa vas bunga ataupun dekorasi seperti menggunakan wallpaper yang berbeda sesuai dengan tema. Kamar anak, dengan tema wallpaper yang pas buat usia mereka.


7 hal terbaik
Canva Designed by Kang Ugi

 

4. Pendidikan yang baik

Dalam hal pendidikan, orang tua juga perlu memberikan yang terbaik. Bukan sekedar memasukkan anak ke dalam sekolah yang mengedepankan prestasi umum saja, namun juga memberikan bekal ilmu akhirat bagi mereka.

Hal ini perlu diperhatikan oleh orang tau, mengingat tugas orang tua bukan sekedar membawa anak-anaknya menjadi anak yang sukses di dunia. Orang tua memiliki tugas besar membawa anak-anak untuk sukses di akhirat juga.

Oleh karena itu, sebagai orang tua harus bisa memberikan pendidikan yang seimbang. Jika anak bersekolah di sekolah umum, maka pastikan di rumah mendapat bekal ilmu agama. Intinya keduanya tetap mendapatkan prioritas yang sama. Jadi sebagai ornag tua kita harus seimbang dalam memenuhi kebutuhan pendidikan anak.

5. Kesehatan Keluarga

Kesehatan keluarga bisa diwujudkan dengan melibatkan secara rutin setiap anggota keluarga untuk berolah raga. Olah raga tidak harus di lapangan olah raga tapi bisa juga dilakukan di taman kota atau di area bermain anak sekalipun. Caranya bagaimana, sembari anak-anak bermain, orang tua bisa memantau anak dengan melakukan jogging di area bermain anak. Orang tua bisa juga mengemas permainan dengan mengajak anak untuk jogging bersama.

Kebiasaan lain dalam memberikan yang terbaik untuk kesehatan keluarga adalah membiasakan seluruh anggota keluarga untuk minum air yang cukup secara rutin setiap hari dan mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi.

6. Kebersamaan dalam

Kebersamaan dalam keluarga menjadi hal penting yang harus ada dalam rumah tangga. Memberikan yang terbaik dalam kebersamaan keluarga dapat dilakukan dengan menyediakan waktu khusus bagi keluarga.

Sesibuk apapun, sebagai orang tua baik suami ataupun istri perlu menyediakan waktu untuk anak-anak atau keluarga di rumah. Tidak perlu berjam-jam, cukup beberapa menit misal 15-30 menit namun betul-betul berkualitas.

Kehadiran kita sebagai orang tua dengan quality time akan menguatkan ikatan emosional antara anak dan orang tua. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi masa depan anak.

7. Pakaian

7 hal terbaik
Canva Designed by Kang Ugi


Ke enam hal di atas sudah mencakup kebutuhan pangan dan papan pada keluarga. Nah, berikutnya yang perlu diperhatikan orang tua adalah memberikan yang terbaik dalam hal pemenuhan kebutuhan pakaian (sandang) keluarga.

Dalam memberikan yang terbaik untuk kebutuhan pakaian keluarga, selain memperhatikan kehalalan sumbernya, adalah memperhatikan kebaikan penggunaannya.

Jangan sampai dalam memenuhi sandang (kebutuhan pakaian) keluarga hanya memperhatikan model tanpa memperhatikan fungsinya. Misal, model baju bagus namun tidak menutup aurat, maka kita harus tahu waktu dan tempat menggunakannya.

Memberikan yang terbaik dalam hal pakaian dapat diwujudkan dengan memperhatikan nilai-nilai agama yang harus dipenuhi dalam berpakaian, misal menutup aurat, dan tidak ketat saat dikenakan.

Demikian 7 hal terbaik untuk keluarga yang perlu kita perhatikan dalam rangka mewujudkan rumah tangga dan keluarga yang harmonis serta mendapatkan ridho dari Allah Swt.

Related Posts

7 comments

  1. Sebuah reminder untuk diri yang kadang lupa. Terima kasih atas sharingnya Pak Sugianto :')

    ReplyDelete
  2. Ini reminder sekali artikelnya pak. Sangat penting namun sering diabaikan. Ilustrasinya kece hehehe :)

    ReplyDelete
  3. Terima kasih remindernya pak.. Butuh ketekunan untuk mempraktekannya ini...
    desain gambarnya bagus pak

    ReplyDelete
  4. Betul banget harus banyak bersyukur dengan rezeki yang didapat suami. Kurangnya rasa syukur membuat berapapun yang didapat suami ga akan cukup. Padahal syukurnya yang perlu diperbanyak.

    ReplyDelete
  5. Yang masih menjadi catatan penting itu bab thayyib ya pak, yg menjadikan segala keberkahan utk kedepannya. Krn masalah perut dlm Islam memang tak cukup bakalan Thok, juga kudu thayyib

    ReplyDelete
  6. Bener banget Mas, jika ingin punya keturunan yang baik, 7 hal itu harus dilakukan,,, terutama nomor 1 dan 2
    Terima kasih ilmunya

    ReplyDelete
  7. Bner juga ya pakaian jga perlu diperhatikan ga cuma sumber yg buat beli tpi jga ga bsa asal pilih, krna yg melihat pertama juga pasangan kita yaa

    ReplyDelete

Post a Comment