deeva collection

Virtual Family Trip to USA

Konten [Tampil]
Di saat masyarakat semakin bosan di rumah dan membutuhkan hiburan akibat pandemi, pada 2021 saya mengenal Virtual Trip. Sebuah perjalanan wisata yang dilakukan secara virtual. Seperti yang saya ikuti dalam rangkaian BloggerDay 2021 yang diselenggarakan dalam rangka 6th anniversary Bloggercrony Community.

Pertama mendengar kata ini, dan teringat kalau belum pernah refreshing, jalan-jalan atau rekreasi selama pandemi. Saya berharap menjadi salah satu peserta yang bisa mendapatkan tiket gratis dari Bloggercrony untuk bisa mengikuti Family Virtual Trip to USA. Harapan dan doa terkabul, rezeki anak sholih mungkin. Hehe.
 

Virtual Family Trip bersama Kak Idfi

virtual trip
Source Bloggercrony Community

Semenjak pandemi dan semakin ketatnya peraturan demi menjaga keselamatan bersama yang ditetapkan oleh pemerintah, membuat masyarakat hanya berdiam diri di rumah. Orang-orang yang bekerja harus merasakan bekerja dari rumah. Pun dengan sekolah, juga dilaksanakan di rumah secara daring melalu berbagai platform.

Pasti semua merasakan betapa rindu diri ini dengan ciptaan Allah yang ada di dunia ini. Mengunjungi berbagai destinasi wisata untuk menyehatkan mental, ataupun menyegarkan suasana.

Saat pandemi datang, kita hanya bisa gigit jari. Harus bisa sekreatif mungkin mengisi waktu di rumah dengan kegiatan yang tidak membosankan. Menonton, membaca buku, browsing di internet menjadi bagian dari beberapa aktivitas yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres.

Lantas bagaimana ketika kita ingin menikmati suasana luar, rekreasi, mengunjungi suatu tempat? Berkat pemikiran dan terobosan luar biasa dari pelaku wisata, muncullah kemudian Virtual Trip. Seperti yang saya dan keluarga ikuti.

Setelah sekian purnama tak merasakan nikmatnya melakukan perjalanan bersama keluarga, pada Maret 2021 keluarga deevacollection bisa liburan bersama ke USA. Bedanya liburan kali ini tidak perlu ribet dengan urusan administrasi seperti paspor dan visa, termasuk kopor berisi pakaian.

Liburan kali ini cukup menyiapkan snack, minuman, paket data dan perangkat pendukung lainnya, yaitu laptop. Waktunya pas di akhir pekan saya bersama keluarga dan keluarga besar BCC Squad berkesempatan mengikuti Family Virtual Trip to USA.
 

Mengenal Idfi Pancani

Sebelum memulai perjalanan secara virtual menggunakan aplikasi zoom, terlebih dahulu semuanya dikenalkan dengan sosok Tour Leader yang sudah berpengalaman yang akan menemani perjalanan ke USA, Idfi Pancani.

Kak Idfi Pancani, seorang professional freelancer yang sudah beetahun-tahun berkecimpung di dunia pariwisata atau Travelling. Sejak 2011 dia sudah menjadi Tour Guide. Dia tercatat sebagai anggota dari The Indonesian Tourist Guide Association Jakarta Capital Chapter. Pengalamannya sebagai guide yaitu menjadi guide bagi turis yang berasal dari Kanada, Belgia, Malta, Hungaria, Italia, Russia, Yunani, etc. 

Selain diakui sebagai English Speaking Tour Guide yang berlisensi, dia juga menguasai bahasa Perancis, Italia dan (Kolumbia) Spanyol.

Selain sebagai Tour Guide, dia juga berpengalaman sebagai Tour Leader yang yelah melanglang buana memimpin perjalanan Travelling ke luar negeri seperti Hongkong, Korea, Turki, Australia, Italia, Eropa Barat, India, USA, dan banyak lagi.

Bagaimana, pasti meyakinkan sekali kan perjalanan dengan ditemani Tour Guide dan Tour Leader yang sudah berpengalaman? Tentunya begitu.

Kemampuannya sebagai seorang Licensed Tour Leader tak perlu diragukan lagi. Meskipun diselenggarakan dengan konsep virtual trip, semua terasa nyata. Seluruh rombongan dapat menikmati perjalanan dan mendapatkan penjelasan yang lengkap, tak bertele-tele, dan tentunya juga memberikan informasi edukatif selama perjalanan.

Virtual Trip to USA

Virtual trip mengunjungi beberapa destinasi wisata di USA memberikan kesan mendalam. Tak hanya bagi saya, namun juga bagi anak-anak dan istri. Saya sekeluarga merasa sangat senang, meskipun jalan-jalannya di dalam rumah.

Keliling Amerika, Adeeva anak pertama sangat menikmati virtual trip ini. Setelah perjalanan 12 jam dari Indonesia, pesawat mendarat di Dulles International Airport. Dipandu Kak Idfi, saya dan anak-anak langsung mengunjungi White House. Sudah tahu semua tentang White House kan?

1. Gedung Putih (White House)

virtual trip
Screenshot Virtual Family Trip Bloggercrony Community 

Gedung Putih juga sering dianggap sebagai identitas atau lambang Amerika Serikat sebagai negara adidaya. Gedung Putih dibangun pada tahun 1792-1800, dengan gaya arsitektur Georgia akhir, dan dirancang oleh arsitek kelahiran Irlandia, James Hoban.

Tahu tidak, kalau George Washington sebagai presiden yang pada masanya gedung ini dibangun dan selesai pembangunannya dia tidak pernah tinggal di dalamnya. Dalam virtual trip ini saya jadi tahu kalau Presiden yang pertama kali menempati white house adalah John Adams dan istrinya, Abigail. John Adams sendiri adalah Presiden kedua Amerika Serikat,

Kak Idfi juga memberikan penjelasan banyak hal tentang Amerika, mulai dari presiden dari waktu ke waktu, penduduk asli dan juga mata uang Amerika. Melihat bagaimana kehidupan penduduk asli Amerika saat itu, yang sungguh berbeda dengan saat ini.

Setelah dari white house, kami melanjutkan virtual trip dengan menyebarangi lautan menuju ke salah satu pulau untuk melihat dari dekat Patung Liberti.

2. Liberty Statue (Patung Liberty)

virtual trip
Foto oleh Matthis Volquardsen dari Pexels


Siapa tidak tahu dengan Liberty Statue atau biasa dikenal Patung Liberti. Sebuah patung yang berdiri megah dan menjulang tinggi ke atas.Patung berukuran besar Ini terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor, Amerika Serikat. Patung Liberti juga menjadi salah satu destinasi dalam rangkain family virtual trip to USA.

Patung ini merupakan pemberian dari Perancis. Liberty Statue menjadi simbol kemerdekaan dan kebebasan, sampai simbol selamat datang bagi imigran dan orang Amerika Serikat yang kembali ke kampung halamannya.

Oh iya, ada yang tahu apa warna asli dari Patung dengan mahkota di kepala dan obor di tangan kanannya? Ternyata warna awalnya adalah keemasan. Seiring waktu ke waktu mengalami perubahan karena pengaruh kondisi udara, dan cuaca tentunya.

Setelah dari Liberty Statue kemana lagi? Intip yuk. Nah, next destination adalah Niagara Waterfall.

3. Terjun Niagara

Semua pasti sudah tahu tentang Niagara Waterfall. Saat masih sekolah dulu (sekarang sudah kerja jadi sudah lumayan berumur ya) dalam pelajaran selalu muncul tentang Niagara Waterfall.

Saat melakukan virtual trip ke air terjun Niagara, kita semua diberikan arahan untuk keamanan dan keselamatan selama berkunjung ke Niagara Waterfall. Ratusan bahkan ribuan orang berkunjung ke sini. Sehingga perlu betul-betul menjaga diri. 

Menikmati Niagara Waterfall dari dekat, tanpa takut basah apalagi tenggelam, karena ini adalah virtual trip.

4. Georgia Aquarium

virtual trip
Screenshot Virtual Family Trip Bloggercrony Community


Virtual trip berikutnya malakukan perjalanan darat menuju ke Atlanta, mengunjungi Georgia Aquarium. Oh iya, sesuai namanya Aquarium raksasa ini terletak di Atlanta, Georgia, United State of Amerika. Berkunjung ke sini memberikan pengalaman tersendiri bagi anak-anak.

Anak-anak bisa menikmati Aquarium raksasa dari dekat. Sesuatu yang sangat menarik perhatian Adeeva, anak pertama kami yang dasarnya sangat suka melihat binatang terutama ikan. Dia sangat antusias bertanya tentang aneka spesies ikan yang ada di dalamnya.

Acara virtual trip menjadi lebih menyenangkan saat semua bersama-sama menyanyi dan mengikuti gerakan lagu Baby Shark. Kak Idfi juga mengasah wawasan anak-anak dengan memberikan quiz

5. Jurassic Land

Kali ini setelah melakukan perjalanan panjang dan melelahkan, menempuh jarak ratusan kilometer, masih terus jalan-jalan. Kalau di dunia nyata mungkin sudah legrek dan kecapaian. Virtual trip kali ini mengunjungi Jurassic Land. Di tempat ini binatang yang berumur ratusan tahun di pamerkan. Berkeliling dengan kereta yang sudah disediakan untuk melihat macam-macam dinosaurus yang pernah ada di dunia. Suasananya seru, menegangkan juga saat suara dinosaurus terdengar menggelegar di telinga serasa ada di dekat kita. Kalau di dunia nyata, pastinya akan sangat memacu adrenalin.

6. Disney Land

virtual trip
Screenshot Virtual Family Trip Bloggercrony Community


Saat berkunjung ke Disneyland, Adeeva terlihat antusias. Senang melihat parade tokoh disneyland. Semua sangat menikmati parade ini.

Donald, Aladin, juga Elsa menyambut ramah kami. Karakter-karakter tokoh kartun yang lucu-cucu membuat anak-anak banyak bertanya tentang tokoh itu. Penampilan aneka karakter membuat anak-anak tertawa senang melihatnya dari balik layar pada virtual trip ini.

Virtual trip menuju beberapa destinasi wisata menjadi lebih hidup dan berkesan bagi peserta. Pernjalanan lebih atraktif karena selama perjalanan dari satu destinasi ke detinasi berikutnya diselingi dengan permainan yang menjadikan anak-anak antusias untuk mengikuti family virtual trip selama satu jam lebih melalui aplikasi zoom.



Related Posts

16 comments

  1. Wiiihhh kereennn bisa jalan2 ke USA pak, meski secara virtual ya, aku kek berasa lagi jalan2 juga nih 👍👍👍

    ReplyDelete
  2. Mantap banget udah bisa liburan ke White House, Patung Liberty, air terjun Niagara, Georgia Aquarium, Jurassic Land, sama Disney Land. Meski virtual tour, tapi kayaknya berkesan. Semoga bisa kesampean juga tur secara offline-nya.

    ReplyDelete
  3. Keren, aktivitas kayak gini yang bisa dicoba pas pandemi. Agak khawatir kalau liburan jauh dari rumah bawa anak-anak. Takut terjadi hal-hal buruk di tengah kondisi yang belum membaik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali kak. Sebagai orang tua memang anak yang paling dikhawatirkan

      Delete
  4. Aiih..seru sekali ya virtual tripnya.. insyaAllah jadi pengalaman berkesan untuk anak2.. Acara keluarga yg asyik ini mah..

    ReplyDelete
  5. Sensasinya sama serunya ga dengan trip menggunakan google maps?

    ReplyDelete
  6. wah pandemmi membuat kita familir adg istilah baru virtual trip. betul banget ajdi hemat segala2nya hehehe
    tak apa ini mengobati sedikit rasa jelong2 ya. sebelum beneran bisa ke sana. akui mupeng banget sama aquarium raksasanya

    ReplyDelete
  7. Mantapp kak jadi pengen ikut virtual trip ke sini juga... Lebih berasa dipandu buat liat negara sana itud ya kak, dan pasti berkesan sekali bisa ikutan virtual trip seperti ini.

    ReplyDelete
  8. Meskipun pandemi, nggak menyurutkan untuk liburan ya, meski secara virtual.

    Keren acara BloggerDay dari BloggerCrony, sayang tahun ini saya nggak bisa ikutan.

    ReplyDelete
  9. Asyik ya virtual traveling ke USA, jadi mengobati rasa kangen jalan-jalan. Meski belum bisa ke sana, dengan mendengarkan penjelasan dari Tour Leader, seakan di bawa traveling ke dunia nyata .

    ReplyDelete
  10. Duh, aku bleum pernah nih keliling amerika meski virtual. coba jalan-jalan virtual asik juga ya

    ReplyDelete
  11. Maaf sebelumnya mau bikin pengakuan dulu kak, saya kira author deeva collection perempuan karena dari nama dan logo blognya seperti wanita pakai gamis. Tapi pas baca artikel ini ada tulisan "anak-anak dan istri" ..hmmm "istri"? apakah typo?. Terus saya lihat di profil di sebelah kanan, oh iiya dikelola oleh Sugiato. Aduh, maaf yah kak, salah sangka hehe.

    Seru juga ada yang namanya virtual trip, bisa melepas rasa rindu jalan-jalan.
    Saya belum pernah ke Amerika, dengan ada virtual trip ke Amerika, bisa tau tempat wisata rekomendasi di Amerika dari Tour Leader yang berpengalaman. Lumayan jadi catatan tuk jalan-jalan sesungguhnya nanti.

    ReplyDelete
  12. Pandemi begini melakukan virtual trip justru menjadikan pengalaman tersendiri ya Kak. Aku pernah sekali ikutan juga, jadi pengen ikutan lagi.

    ReplyDelete
  13. Virtual trip jadi pelepas rindu dari dahaga halan-halan ke destinasi impian.
    Meski hanya menikmati pemandangan lewat virtual, tapi jika sajian videonya menarik dan kakak giudenya interaktif, tetap happy sekeluarga ya kak.

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata USA ga hanya patung liberty ya. Ada juga jurrasic Land, disneyland dan Aquarium yang cocok buat wisata anak-anak. Seru!

    ReplyDelete

Post a Comment