deeva collection

Cara Mengganti Template Blogspot

Konten [Tampil]

Mengganti template blogspot menjadi salah satu pembahasan yang menarik selama mengikuti Blogspedia Coaching Batch#2. Pengalaman yang sangat berkesan, dapat mengikuti kelas ini. Tak terasa sudah masuk materi ke 8 dengan bimbingan dari Coach Marita.

Materi dalam blogging ini sekilas terlihat mudah, namun kenyataannya tak semudah yang kamu pikirkan Fergusso. Sebelum menuju materi mengganti template blogspot, Coach Marita, juga memberikan materi-materi pendukung lainnya seperti copy writing, playing with canva dan materi menarik lainnya.

mengganti template blogspot
Screenshot halaman deeva collection

A. Kenapa template bawaan tidak cukup?

Sebelum masuk pada ulasan bagaimana mengganti template blogspot dengan template unduhan. Ada baiknya kita tahu alasan kenapa template bawaan saja tidak cukup dan kenapa perlu mengganti template?
  1. Template bawaan blogspot kebanyakan belum SEO Friendly
  2. Template bawaan juga belum responsive/mobile friendly meskipun bisa diatur ke pengaturan mobile, namun tidak muncul sesuai dengan pengaturan tema pada website.

B. Memilih template yang cocok

mengganti template blogspot
Screenshot Materi Blogspedia Coaching Batch#2

Mengganti template blogspot ternyata sama sulitnya dengan memilih baju. Tak cukup modelnya saja yang bagus atau warnanya yang menarik, namun perlu tahu jenis bahannya bagaimana. Tujuannya agar nyaman dipakai.

Pun dalam mengganti template blogspot, kita perlu memperhatikan beberapa hal. Coach Marita dalam sesinya menyampaikan:
Jangan hanya melihat dari tampilannya cantik, unyu dsb. Lihat juga Load Speed dan SEO Friendly dari template yang dipilih.
Menurut Coach Marita, dalam mengganti template blogspot setidaknya ada 4 hal bisa dijadikan pertimbangan seperti disampaikan dalam salah satu materinya Tema Responsive dan SEO Friendly, yaitu:
  1. Tampilan nyaman di berbagai mode (responsive), baik seluler (mobile) dan desktop nyaman untuk diakses,
  2. Fast loading, semua ornag pasti maunya mencari template yang fast loading baik di versi dekstop ataupun mobile. Namun kita harus tahu, fast loading pada versi dekstop, tidak akan sama dengan versi mobile. Biasanya pada versi mobile tetap akan kurang cepat.
  3. Sudah SEO Friendly.
  4. Mudah penyetelannya. Utnuk memudahkan penyetelan, kita perlu mencari sumber template yang memiliki dokumentasi template yang lengkap. Selain itu bisa dilakukan pengaturan hanya lewat melalui menu layout + theme. Jadi kita tidak perlu banyak utak-atik CSS dan html.

C. Di mana mendapatkan template?

mengganti template blogspot
Screenshot Materi Blogspedia Coaching Batch#2

Untuk mengganti template blogspot kita perlu tahu sumber-sumber yang menyediakan template secara gratis atau free. Caranya mudah, kita bisa searching melalui google dengan mengetikkan keyword sesuai yang kita inginkan.

Saya sendiri pada awal-awal mengganti template blogspot menggunakan template yang disediakan gooyabi. Saya merasa caranya mudah untuk diikuti. Nah, bagi yang masih bingung ini dia beberapa tempat yang menyediakan template secara gratis.

Saat di Blogspedia, Coach Marita memberikan rekomendasi beberapa sumber yang menyediakan template gratis, diantaranya:
  1. Blantertheme
  2. Igniel
  3. Gooyabitemplate

D. Mengganti Template Blogspot

1. Melakukan Pengecekan Template

Setelah mengunjungi salah satu dari penyedia template gratis di atas, dan sudah menemukan template yang cocok, untuk mengganti template blogspot kita perlu melakukan pengecekan demo dan melakukan pengecekan struktur blog dengan meta SEO inspector.

Untuk melakukan pengecekan template kita bisa menggunakan tool SEO optimiser  dan page speed. Jika sudah dipastikan mengecek struktur meta SEO inspector, seoptimer dan speed insight, Barulah kita melakukan proses berikutnya yaitu download atau mengunduh template yang didapat.

2. Mengunduh template

Proses mengunduh template dapat dilakukan dengan mengunjungi penyedia template gratis di atas. Jika sudah melihat demo dan sudah melakukan pengecekan struktur SEO nya, kita bisa melakukan pengunduhan.

Prosesnya sama seperti pada umumnya yaitu dengan melakukan klik tombol download. Setelah menunggu beberapa saat, kita akan mendapatkan file template gratis yang akan kita gunakan untuk mengganti template blogspot.

3. Mempersiapkan Pemasangan

mengganti template blogspot
Screenshot proses membuka file


Bagaimana, sudah ketemu file Zip template yang sudah di download? Kalau sudah, kita bisa mempersiapkan dengan:
  1. Melakukan ekstrak file Zip tersebut. Caranya adalah dengan klik kanan pada file Zip yang sudah di download dan pilih extract files/extract to nama folder yang dipilih.
  2. Temukan file dengan ekstensi .XML.
  3. Buka file berekstensi XML dengan menggunakan notepad. Sudah tahukan caranya? Caranya dengan klik kanan pada file .XML lalu pilih open with notepad.
  4. Setelah terbuka kita akan mendapatkan file berisi kode-kode yang nantinya akan digunakan dalam pemasangan template.

4. Pemasangan template

Sekarang kita akan masuk pada cara memasang atau mengganti template blogspot yang kita miliki. Oh, ya, sebelum mengganti template, pastikan kita sudah mencadangkan template yang sudha kita gunakan sebelumnya.

a. Mencadangkan template

Untuk mencadangkan ini, kita hanya perlu masuk ke dashboard menu blogspot. Silahkan pilih menu “Theme” maka pada sisi sebelah kanan akan terlihat menu my theme, silahkan pilih tanda segitiga yang berada di dekat menu customize/sesuaikan. Kemudian pilih backup (cadangkan), klik download.
Agar mudah dicari kembali saat dibutuhkan, kita bisa mengganti nama file dengan nama yang mudah kita ingat.

b. Mengganti template blogspot

Cara mengganti template blogspot sangat mudah. Kita bisa melakukannya sendiri berbekal panduan yang ada pada masing-masing template. Kuncinya adalah kesabaran, dan mau belajar untuk  memahami bahasa-bahasa atau kode-kode yang ada di dalamnya. Proses mengganti template blogspot adalah sebagai berikut:

mengganti template blogspot
Screenshot proses EDIT HTML

  1. Membuka file berekstensi .XML dengan notepad.
  2. Setelah terbuka, pilih semua code yang ada. Caranya adalah dengan control+A lalu copy semua isinya.
  3. Masuk kembali ke dashboard, lalu masuk ke menu theme/tema. Pilih tombol segitiga pada menu didekat customize/sesuaikan.
  4. Pilih menu segitiga, lalu pilih menu Edit HTML.
  5. Setelah terbuka, pilih hapus semua kode yang ada di dalamnya.
  6. Paste semua kode di notepad yang sudah di copy pada halaman EDIT HTML.
  7. Lalu save.
  8. Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan proses pengaturan. Buka file documentation bawaan dari file template. Ikuti semua prosesnya dengan sabar, telaten, dan teliti.
Proses pengaturan ini biasanya memakai dua cara; ada yang cukup melalui menu layout pada dashboard, ada yang dengan melakukan editing di menu EDIT HTML.

mengganti template blogspot
Screecshot tampilan sebelum dan sesudah edit template

Nah, inilah cara untuk mengganti template blogspot dengan mudah sesuai dengan keinginan kita. Pastikan sebelum melakukan editing menu, kita sudah memiliki design tampilan dari blog yang kita inginkan.

Selamat mencoba.


Related Posts

10 comments

  1. Waaah.. Terimakasih tutorial nya pak, btw aku suka ungu nya😁 pekat🙈

    ReplyDelete
  2. Ngeblog memang rumit-rumit sedap ya Pak... Tapi kalau berhasil bisa membuat imun meningkat... Semangat buat kita semua!

    ReplyDelete
  3. Sahabat yang paling menginspirasi .... Bagus blognya yg skrg

    ReplyDelete
  4. Gagal fokus nyari nama dokter... Kirain nyasar ke blog lain.
    Benar benar wajah baru

    ReplyDelete
  5. Emang dasarnya pak Sugi jago ya.. Ngulik html, salutlah.. Before nya pun udah cakep, eh sekarang makin cakep dah. Emejiing

    ReplyDelete

Post a Comment