deeva collection

Cara merawat pakaian agar awet

Konten [Tampil]
Punya impian agar pakaian awet meskipun sudah dibeli dalam jangka waktu yang cukup lama? Kayaknya bukan impian ya, tapi sudah pada keinginan atau yang lebih kuat dari keinginan. Apaan ya yang lebih kuat dari keinginan, kemauan mungkin ya? Jadi, bagaimana cara merawat pakaian agar awet?

A. Menjaga lingkungan dengan mencuci yang benar

Sebelum lanjut, bagaimana cara merawat pakaian agar awet, seperti impian semua orang, utamanya moms. Kok moms? Iya dong, secara emak-emak kalau sudah berkeluarga akan sebisa mungkin mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya. Pasti tidak lucu kan kalau keuangan habis gara-gara digunakan membeli pakaian baru karena pakaian sebelumnya rusak akibat salah dalam perlakuan. Serat kain cepat rusak, kelembutannya tak lagi bisa dirasakan. Apalagi kalau warnanya pudar karena salah dalam mencuci. makin tidak percaya diri menggunakannya.

cara merawat pakaian agar awet
Photo by Teona Swift from Pexels

Kali ini saya mau berbagi informasi bagaimana cara merawat pakaian agar tetap awet. Informasi yang saya tulis ini didapat dari youtube channel electrolux Indonesia. Sudah tahu electrolux kan? Pastinya sudah familiar dengan kata ini, dan sudah tahu semua. Tapi tidak ada salahnya kan kalau sedikit membahas tentang electrolux. Bukan bermaksud promosi ya, hanya sekedar informasi. Sekali lagi hanya sekedar informasi biar sama-sama paham. Jadi, electrolux itu merupakan satu dari sekian banyak brand yang ada di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan elektronik keluarga. Sudah ya, sekian dulu informasinya, kalau terlalu banyak bisa dianggap promosi nantinya.

Sekarang waktunya mengupas tuntas bagaimana agar pakaian tetap awet. Tidak mudah rusak karena salah prosedur dalam mencuci. Berdasarkan ulasan electrolux dalam youtube channelnya disbeutkan bahwa baju bisa rusak karena kesalahan dalam mencuci. Kesalahan dalam mencuci ini ternyata bisa berdampak pada lingkungan. 



cara merawat pakaian agar awet
Photo by Ylanite Koppens from Pexels

Mencuci pakaian yang salah dapat menyebabkan rusaknya mikroplastik dari pakaian. Peluruhan mikroplastik dari pakaian kemudian akan menjadi limbah di lingkungan, baik di darat, sungai atau bahkan di laut. Kalau sudah seperti ini tentu kemudian menjadi salah satu penyebab polusi dan kerusakan lingkungan. Jadi mulai sekarang harus tahu bagaimana cara merawat pakaian agar tetap awet dengan mengetahui cara mencuci yang benar. Buat apa coba? Biar hemat uang dan yang terpenting bisa ikut menjaga lingkungan.
New studies show that alarming numbers of tiny fibers from synthetic fabrics are making their way from your washing machine into aquatic animals (The Guardian.com)

B. Cara mencuci pakaian yang benar

Saya mau bertanya dulu nih. Kira-kira selama ini cara mencuci kita bagaimana? Yuk kita lihat apakah cara mencuci pakaian kita sudah benar? Yuk bayangkan dulu, selama ini kalu mencuci pakaian bagaimana prosesnya. Bagaimana sudah ingat semua yang kita lakukan saat mencuci pakaian? Kalau sudah sekarang waktunya mencocokkan cara mencuci pakaian yang benar berikut:

1. Cek Label

cara merawat pakaian agar awet
Photo by freepik

Sebelum mencuci pastikan melihat melakukan pengecekan pada label pakaian yang akan dicuci. Perhatikan dengan seksama jenis kain, dan cara pencuciannya. Biasanya ada pada bahian leher atau di bagian dalam kemeja bagian bawah. Tujuannya dengan mengetahui label kita bisa melakukan pengelompokan berdasarkan ketentuan yang tertera pada label. Ini juga menjadi salah satu kunci dalam merawat pakaian agar awet.

2. Menjemur pakaian

cara merawat pakaian agar awet
Photo by Teona Swift from Pexels

Jemurlah pakaian di tempat yang mendapatkan angin dan sinar matahari. Perlu diperhatikan juga, dalam menjemur pakaian hindari tempat yang berdebu, dan berpolusi. Mengapa demikian, karena debu dan polusi dapat mengotori pakaian yang dijemur. 

Dalam menjemur, juga perlu diperhatikan adalah untuk menghindarkan jemuran dari sinar matahari langsung. Tujuannya adalah agar warna baju tidak pudar atau tidak cepat kusam.

3. Pre-treatment pada noda pakaian

Tidak hanya wajah yang mendapatkan treatment agar bersih dan cerah ya, ternyata dalam mencuci juga ada pre treatment khususnya pada pakaian bernoda. Pre-treatment dilakukan dengan mengoleskan deterjen pada bagian pakaian yang bernoda. Baru kemudian dikucek ringan dan lakukan proses pencucian seperti biasa.

4. Balik pakaian ke dalam, buka kancing, dan tutup resleting

cara merawat pakaian agar awet
Photo by freepik


Tips berikutnya dari mimin yaitu membalik pakaian ke dalam agar pakaian bagian luar tetap terlindungi. Buka kancing dan tutup resleting agar tidak merusak pakaian lain akibat gesekan selama proses pencucian.

5. Pisahkan pakaian putih yang kotor dengan yang tidak terlalu kotor

Mengapa perlu dilakukan pemisahan? Bukankah sama-sama putih tidak masalah? Mungkin pertanyaan ini muncul saat mencuci pakaian putih yang kotor dengan yang biasa. Akan tetapi, ini tetap perlu dilakukan agar pakaian putih yang kotor tidak mengotori pakaian putih yang tidak terlalu kotor. Jika tidak dilakukan pemisahan, maka pakaian putih yang tidak terlalu kotor akan terlihat kumal, dan kusam.

6. Jemur pakaian putih di bawah sinar matahari

Tips yang ini, mimin juga baru tahu nih, menjemur pakaian putih di bawah sinar matahari. Tujuannya agar sinar ultraviolet dapat membantu mencerahkan pakaian putih. Ternyata sinar matahari bukan hanya berfungsi mengeringkan pakaian tetapi juga mencerahkan.

7. Menyetrika pakaian

cara merawat pakaian agar awet
Photo by Karolina Grabowska from Pexels


Masih banyak ya kerjaan para mom di rumah. Mencuci dan menjemur sudah dilakukan, ternyata belum selesai. Masih harus menyetrika. Tips nomor tujuh dalam merawat pakaian agar tetap awet yaitu menyetrika pakaian kering dengan temperatur tidak terlalu panas agar warna tetap terjaga atau tidak cepat pudar.

8. Gantung pakaian dengan hanger

Untuk beberapa baju biasanya digantung setelah dilakukan penyetrikaan agar tetap rapih. Nah, untuk hanger pilih yang berbahan plastik atau kayu, agar tidak menimbulkan karat pada pakaian seperti ditimbulkan jika menggunakan hanger berbahan besi.

9. Hindari mencuci pakaian dengan air panas

Mengapa harus menghindari mencuci pakaian dengan air panas? Karena saat mencuci dengan air panas dapat menyebabkan mikroplastik mengelupas dan mencemari lingkungan. Selain pengaruh pada lingkungan, tentu akan berpengaruh pada pengeluaran karena senakin boros jika menggunakan air panas (perlu mengeluarkan biaya tambahan). Mending dipakai yang lain, iya kan?

10. Pilihlah detergen konsentrat dan mesin cuci yang tepat

cara merawat pakaian agar awet
Photo by RODNAE Productions from Pexels


Pemilihan detergen konsentrat harus mempertimbangkan efektivitas membersihkan noda, kuman, dan bau pada pakaian. Untuk menjaga pakaian tetap awet,perhatikan juga daat membeli mesin cuci untuk memilih mesin cuci yang merawat serat dan warna pakaian.

Bagaimana, sudah tahu cara merawat pakaian agar tetap awet? Ternyata banyak sekali tipsnya. Mulai sekarang mari awali menjaga lingkungan dengan melakukan pencucian pakaian dengan cara yang benar dengan menerapkan 10 cara merawat pakaian agar tetap awet.




Related Posts

9 comments

  1. tips nomor 4 ini paling jarang dilakukan. karena ribet bet bet bet hahahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngejar selesai cepet ya, Kak. Apalagi urusan dapur belum kelar ya? .hehe

      Delete
  2. Pak jadi pengen nanya nih kalau soal mencuci pakaian, hihi...
    Eyang saya kalau nyuci pake mesin sukanya ngeringin/muter tuas pengering sampe 3 kali putaran (sambil ngebayanginnya puyeng sendiri saya), katanya biar cepat kering dan dijemur nggak kelamaan, ada tips kah pak supaya bisa ngasih tau ke beliau atau tips supaya baju cepat kering di musim ujan gini pak, hehe.. terima kasih Pak Sugianto :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Spinner sebenarnya ada pengaturan waktunya. Kalau memang mau kering ga terlalu lama, pakai timer spinner yang agak lama waktunya. Sehingga waktu jemurnya jadi sebentar.

      Delete
  3. Replies
    1. Terima kasih Pak Hamdan. Mohon doanya bisa istiqomah.

      Delete
  4. Huhu, baru tahu sinar UV bisa mencerahkan pakaian. Beda sama kulit, si UV malah jahat ahahah

    ReplyDelete
  5. Terima kasih tips nya, Kak. Duh, baru nyadar aku kalau banyak kesalahan dalam merawat pakaian.

    ReplyDelete
  6. Untuk yang punya anak kecil, Pre treatment sepertinya jadi ritual wajib ya... Saya memahami sekali problematika ini #curhat

    ReplyDelete

Post a Comment