Harga Service Laptop Kena Air Mulai 250 Ribu

Konten [Tampil]
Barang elektronik adalah barang yang rentan rusak akibat air. Apapun jenis barangnya, misal televisi, radio, handphone, dan laptop. Saat barang yang anda miliki kemasukan air maka hal yang pertama kali yang anda lakukan adalah mencari informasi tempat dan harga service laptop kena air di sekitar anda.

Informasi tempat dan biaya service laptop kena air ini menjadi informasi penting untuk membantu anda menemukan solusi atas permasalahan yang terjadi pada laptop. Apalagi jika saat terjadi hal itu, anda sedang sangat membutuhkan laptop untuk menyelesaikan pekerjaan baik pekerjaan kantor maupun tugas kuliah.

harga service laptop kena air

Harga Service Laptop Kena Air

Harga service laptop kena air tergantung pada tingkat kerusakan yang terjadi. Selain itu juga bergantung pada jenis atau merk laptop yang digunakan. Biaya untuk memperbaiki kerusakan pada laptop yang terkena air beragam dari murah hingga mahal. Jika kerusakan yang terjadi cukup serius, seperti kerusakan pada motherboard atau komponen penting lainnya, biaya perbaikan dapat menjadi lebih mahal.

Untuk itulah, sangat penting bagi anda untuk memiliki dan mendapatkan informasi tempat service laptop terdekat. Tujuannya adalah untuk mengetahui berapa estimasi harga service laptop kena air.

Mengutip dari laman lenovoku.com, harga service laptop kena air berkisar di harga Rp. 800.000,- hingga Rp. 2.000.000,-. Tentunya besaran ini tergantung pada jenis kerusakan komponen di dalamnya.

Apakah laptop akan rusak jika terkena air?

Beraktivitas menggunakan laptop baik di rumah, di kampus, maupun di luar tempat-tempat itu memerlukan kehati-hatian. Anda perlu memperhatikan penempatan minuman berada pada tempat yang tidak berisiko tumpah ke laptop.

Seringkali setiap orang tidak memperhatikan posisi aman laptop dari minuman yang dibelinya. Sehingga jika air tumpah dan mengenai komponen-komponen pada laptop, resiko kerusakan tentunya tidak dapat terhindarkan. Mulai dari kerusakan ringan bahkan hingga kerusakan berat yang menyebabkan laptop mati total.

Walaupun kerusakan yang disebabkan oleh air dapat diperbaiki, tetapi itu akan menjadi sangat mahal dan bahkan tidak mungkin dilakukan jika kerusakan yang terjadi cukup serius. Namun jika hanya terkena air sedikit dan segera ditangani dengan baik, kerusakan yang terjadi dapat diperbaiki dengan cukup baik.

biaya service laptop terkena air

Apa yang harus dilakukan jika laptop ketumpahan air?

Setiap orang termasuk anda, tentu tidak ingin dan tidak mau jika laptop kesayangannya memiliki masalah. Apalagi masalah itu karena keteledoran diri. Menempatkan air secara sembarangan dan tumpah mengenai laptop. Namun demikian, jika sudah terlanjur terjadi anda harus mengambil langkah tepat agar kerusakan tidak makin parah. Sambil mencari informasi tempat dan harga service laptop kena air, anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk mencegah kerusakan lebih parah.

1. Lepas Kabel Charger

Jika anda mengalami kondisi laptop terkena tumpahan air, hal pertama yang bisa anda lakukan adalah melepas kabel charger. Tujuannya adalah menghindari aliran arus listrik yang akan berpengaruh pada komponen kelistrikan di dalam laptop itu sendiri.

Melepas baterai juga harus dilakukan seiring melakukan pelepasan kabel charger, tujuannya agar tidak ada sumber listrik yang masuk di dalam laptop. Sama halnya dengan melepas kabel charger, melepas baterai juga untuk menghindarkan arus listrik dihantarkan di dalam laptop. Jika kondisi ini tidak dilakukan, bisa jadi akan menyebabkan kerusakan parah pada komponen-komponen kelistrikan di dalamnya.

2. Matikan laptop segera

Matikan laptop segera setelah air tumpah mengenai laptop anda. Jangan mencoba untuk menyalakannya kembali atau mengakses komponen apapun sebelum melakukan perawatan.

3. Pindahkan ke tempat aman

Angkat laptop anda dengan hati-hati dan letakkan di atas permukaan yang datar dan kering. Jangan dibiarkan berbaring di atas permukaan yang basah.

4. Keringkan air segera

Buka tutup belakang laptop Anda (jika ada) dan coba untuk mengeluarkan sebanyak mungkin air yang masuk ke dalamnya dengan menggunakan kain atau kertas absorbent atau bahan lain yang memiliki daya serap air yang tinggi sehingga membantu mengurangi jumlah air yang masuk ke laptop.

5. Biarkan laptop terbuka

Letakkan laptop Anda dalam posisi terbuka dan biarkan kering selama beberapa jam. Jika laptop dibiarkan terbuka di ruang terbuka, maka proses untuk pengeringan juga akan lebih cepat. Tentunya anda harus memperhatikan proses di atas, yaitu mulai mencabut kabel hingga memastikan air sudah dikeluarkan dari laptop Jangan mencoba untuk menghidupkan laptop Anda sebelum benar-benar kering atau akan berakibat anda harus mengeluarkan banyak uang, karena semakin parah kerusakan harga service laptop kena air juga akan semakin tinggi.

Jika anda memiliki keterampilan dasar berhubungan dengan laptop, anda dapat mencoba untuk mengecek komponen-komponen di dalam laptop. Tujuannya untuk melihat apakah ada yang terkena air. Jika Anda tidak yakin tentang cara melakukannya, disarankan untuk menghubungi jasa service laptop atau bengkel terdekat. Tentunya anda juga perlu menanyakan biaya service laptop di tempat service tersebut.

Jika masih bisa diperbaiki karena kerusakan tidak parah, anda bisa segera menangani melalui jasa service yang terpercaya. Ingat, semakin parah tingkat kerusakan harga service laptop kena air juga akan semakin mahal.

Ingatlah bahwa kerusakan yang disebabkan oleh air dapat sangat mahal untuk diperbaiki, dan dalam beberapa kasus tidak dapat diperbaiki sama sekali. Namun, dengan melakukan tindakan cepat dan tepat setelah terjadi tumpahan air, Anda dapat meminimalkan kerusakan yang terjadi. Jika tidak ditangani dengan cepat dan tepat maka resiko terburuk adalah laptop bisa mati total.

biaya service laptop mati kena air

Berapa harga perbaiki laptop mati total?

Perbaikan laptop mati total akan berbeda dengan perbaikan laptop yang rusak pada suatu komponen saja. Penyebab matinya laptop pun juga beragam dan permasalahannya juga berbeda antara laptop yang satu dan lainnya.

Mengutip dari kumparan.com ada beberapa alasan penyebab laptop mati total diantaranya:

1. Kerusakan pada Baterai

Baterai merupakan komponen yang penting dan vital dalam laptop. Tanpa baterai laptop tidak akan bisa digunakan. Sehingga akan mangkrak didiamkan saja. Untuk mengecek apakah laptop mati karena baterai dapat dilakukan dengan melakukan pengecekan pada fungsi baterai itu sendiri.

Untuk memastikannya anda bisa melakukan prosedur mencoba menyalakan laptop dengan posisi baterai terpasang. Jika laptop tidak hidup bisa dilanjutkan dengan langkah selanjutnya yaitu dengan menyambungkan pada adaptor atau charger. Biarkan beberapa saat dan cek kembali apakah daya baterai terisi atau tidak. Jika adaptor dilepas dan laptop langsung mati bisa jadi masalahnya ada pada baterai.

Jika anda tidak yakin bisa juga anda bertanya pada jasa service untuk melakukan pengecekan apakah benar baterai merupakan penyebabnya. Anda bisa juga sekalian menanyakan biasa perbaikannya.

2. Kerusakan adaptor atau charger

Saat sedang enak-enaknya bekerja dan lupa mengecek daya baterai laptop yang masih tersedia dan tiba-tiba laptop mati, maka kita akan panik. Akan bingung dengan pekerjaan yang belum disimpan, bingung dengan melihat-lihat laptop, dna mencoba menghidupkannya. Meskipun akan gagal karena daya baterai terkuras habis.

Untuk memastikan fungsi kabel power atau charger dan adaptor, yang bisa dilakukan adalah menyambungkan kabel power dengan laptop. Kemudian coba hidupkan laptop. Jika bisa menyala dan lampu indikator daya juga menyala maka berarti baik-baik saja. Kasusnya mungkin saat menyambungkan ke laptop kabel kurang masuk dan ketika digunakan cukup lama tiba-tiba mati.

Jika kabel adaptor tidak menyala lampu indikatornya anda bisa coba cek menggunakan adaptor lain dengan spesifikasi yang serupa. Jika tidak berhasil, segera ke tempat service untuk mendapatkan penanganan dan info biaya service adaptor laptop atau harga service laptop kena air jika memang ada indikasi karena terkena tumpahan air.

3. Laptop kotor

Laptop kotor rasanya seakan tidak masuk akal. Bukannya laptop sudah di desain sedemikian rupa dengan struktur yang kokoh dan tertutup. Mengapa bisa kotor? Meskipun sudah dibuat dengan struktur yang rapat tapi juga ada bagian terbuka yang bisa menyebabkan debu masuk ke dalamnya. Sehingga perlu dilakukan pembersihan secara berkala agar tidak tertutup oleh debu, khususnya bagian kipas dan hardisk, dna tentunya secara umum juga komponen lainnya. Untuk itu sebaiknya dilakukan service ringan secara berkala atau pembersihan kotoran

4. Laptop terlalu panas

Penyebab laptop mati total bisa juga karena laptop terlalu lebah diajak bekerja. Apalagi jika digunakan di waktu pagi sampai sore bahkan malam hari akan membuat laptop harus bekerja dengan berat tanpa istirahat. Sistem pendingin di dalamnya pun juga memiliki batasan untuk mendinginkan.

Jika ini terjadi, coba diamkan laptop beberapa waktu atau untuk waktu cukup lama dan coba nyalakan kembali ketika sudah dingin. Jika berhasil maka kondisi masih baik-baik saja. Tapi jika ini berhasil berikan batasan waktu untuk menggunakan laptop dengan wajar agar tidak terulang kembali kejadian panas berlebih.

Jika tidak mau menyala, ada baiknya di cekkan segera ke toko komputer atau pada jasa service laptop dan komputer terdekat di kota anda.

Untuk harga service laptop kena air atau biaya service laptop mati total bisa beragam. Tergantung penyebabnya di atas. Sekilas sebagai gambaran bisa dilihat pada tabel berikut:

Jenis Kerusakan

Estimasi Biaya

Install ulang

Rp 50.000 – Rp 100.000

Flash Bios

Rp 100.000 – Rp 300.000

Ganti LCD

Rp 700.000 – Rp 1.500.000

Ganti Speaker

Rp 200.000 – Rp 500.000

Ganti RAM

Rp 250.000 – Rp 800.000

Ganti Keyboard dan pemasangan

Rp 300.000 – Rp 500.000

Perbaikan Hardisk

Rp 600.000 – Rp 800.000

Ganti Baterai

Rp 150.000 – Rp 500.000

Perbaikan DVD

Rp 180.000 – Rp 250.000

Ganti Chipset

Rp 500.000 – Rp 700.000

Ganti Motherboard

Rp 700.000 – Rp 3000.000

Ganti Engsel Layar

Rp 100.000 – Rp 200.000

Ganti Kabel Fleksibel

Rp 100.000 – Rp 200.000

Ganti Kipas

Rp 100.000 – Rp 200.000

Perbaikan Layar Hitam Blank

Rp 250.000 – Rp 1000.000

Perbaikan LCD

Rp 700.000 – Rp 1.500.000

Ganti RAM dan Pemasangan

Rp 300.000 – Rp 800.000

Perbaikan Speaker

Rp 200.000 – Rp 500.000

Ganti Thermal Paste

Rp 150.000an

Ganti IC Power

Rp 200.000an

Berapa lama waktu service laptop?

Saat laptop mengalami masalah karena air pastinya anda akan bertanya tentang harga service laptop kena air pada tempat service. Selain itu biasanya anda juga akan bertanya tentang berapa lama waktu service laptop.

Waktu service laptop bisa bermacam-macam, mulai dari bisa ditunggu hanya dalam hitungan menit misal untuk mengganti dan memasang ram hingga menunggu beberapa hari. Penyebab waktu service membutuhkan waktu yang lama hingga beberapa hari adalah karena tidak tersedianya komponen yang dibutuhkan. Sehingga harus mendatangkan komponen yang sesuai dengan spesifikasi kebutuhan dari luar kota.

Kesimpulan

Laptop saat ini menjadi hal penting bagi setiap orang mulai dari siswa, mahasiswa, hingga pegawai. Mengingat fungsinya yang bergitu penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari, maka anda harus lebih berhati-hati dalam merawat dan menggunakan laptop. Jangan sampai di saat dibutuhkan laptop tidak bisa difungsikan akibat keteledoran diri, misal terkena tumpahan air saat sedang bekerja.

Jika hal tersebut terjadi maka, hal yang bisa dilakukan adalah melakukan pencegahan terjadinya kerusakan komponen yang lebih parah dengan melakukan langkah-langkah penanganan laptop kena air di atas. Setelah dirasa aman, sebaiknya segera dibawa ke tempat service untuk dilakukan pengecekan. Tentunya anda akan mengeluarkan biaya sesuai dengan harga service laptop kena air dan sesuai dengan tingkat kerusakan komponennya.


Referensi:
https://lenovoku.com/laptop-konslet-kena-air/
https://suwun.co.id/blog/service-laptop-mati/
https://kumparan.com/how-to-tekno/biaya-service-laptop-mati-total-siapkan-bujetnya-1yQEAADYbll/3

Related Posts

Post a Comment