deeva collection

cara memasang google search console

Konten [Tampil]
Pernahkah kita bertanya pada diri tentang apa sih Google Search Console? Sebagai blogger pemula saya sih mengalaminya. Penasaran dengan platform yang satu ini. Rasa penasaran ini terjawab secara detail di blogspedia coaching batch 2 yang di selenggarakan Blogspedia bersama coach Marita.

Tentunya rasa penasaran terhadap seluruh isi google search console ini akhirnya terjawab. Bukan sekedar mendapatkan pencerahan namun mendapatkan bimbingan secara menyeluruh. Dulunya hanya tahu apa Google Search Console dari Google. Itu pun hanya secara umum, dan secara saya dapatkan dari penjelasan menyeluruh oleh Coach Marita. Tanpa luas-luas (panjang kali lebar.red) ini dia pembahasannya.

deeva collection
Designed using Canva

A. Apa Pengertian dan Fungsi Google Search Console?

Google Search Console is a web service by Google which allows webmasters to check indexing status and optimize visibility of their websites. Wikipedia

Google Search Console adalah platform gratis bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google.

Sebelum melakukan reinkarnasi, Google Search Console ini dikenal sebagai Google Webmaster Tools. Search Console ini dikenal dengan Google Webmaster Console hingga 20 Mei 2015. Barulah pada 2018 tepanya bulan jJanuari Google mengenalkan versi terbaru dari Search Console yang kemudian dikenal dengan Google Search Console.

Google Search Console dapat kita manfaatkan untuk mengetahui referring domain (domain yang memberikan link ke website kita), kinerja blog atau website di perangkat mobile.

Aplagi yang bisa dilakukan dengan platform ini? Ternyata platform, Google Search Console dapat memudahkan kita sebagai pengguna untuk mengetahui kueri dan halaman dengan trafik tertinggi.

Seperti saya sampaikan di awal, saya hanya tahu google search secara umum. Pada awalnya, saya sempat merasa bingung ketika akan menggunakan tools gratis dari Google ini. Banyak sekali data yang disajikan di dalamnya.

Saat tidak bisa membaca data maka data yang disajikan hanya akan terlihat sebagai angka-angka saja. Tidak tahu apa maksud dari data yang ada. Tentunya ini menjadi PR bagi saya untuk bisa membacanya. Jawaban dari semua itu saya temukan di kelas blog coaching blogspedia.

Penjelasan yang diberikan selama kelas berlangsung membuat saya perlahan mulai memahami fitur-fitur bawaan dari Google Search Console (GSC) ini. Diantaranya bagaimana cara menganalisis website, melihat kueri yang paling banyak dicari, dan melihat data yang membuka dengan mobile.

Saat melihat dari dashboard blogspot saya mengira sudah mendapatkan data. Namun kemudian saya mendapatkan tambahan pengetahuan untuk mengetahui jumlah pengunjung. Menganalisa kinerja website dengan sebuah tools yaitu Google Analytics. Ternyata Google Analytics saja tidak cukup. Untuk dapat mengoptimasi blog yang kita kelola kita perlu memasang platform yang satu ini yaitu Google Search Console atau biasa disingkat dengan GSC.

B. Bagaimana Memasang Google Search Console?

Setelah mengetahui apa itu Google Search Console dan fungsinya, sekarang kita akan membahas bagaimana cara memasang google search console seperti disampaikan Coach Marita.

1. Pertama kita akan masuk ke dashboard blogspot. 


google search console
Tampilan Dashboard Blogspot

Setelah masuk pilih menu Setting maka di bagian sisi kanan akan mucul beberapa pilihan menu turunan. Geser kursor halaman ke bawah hingga mendapatkan menu Crawler and Indexing. Carilah Google Search Console pada bagian ini.

Saat sudah menemukan, silahkan klik maka kita akan dibawa ke halaman https://search.google.com/search-console/about
. Saat di halaman ini silahkan pilih start now.

Jika ini adalah pertama kali bagi kita maka kita akan diminta memasukkan memasukkan akun Gmail. Silahkan masukkan akun gmail.

Sedangkan jika kita sudah memiliki akun GSC maka akan secara otomatis masuk ke halaman utama GSC dengan fitur-fitur yang dimiiki di dalamnya.

2. Add Property

Setelah itu, saatnya untuk Add property. Untuk blog berplatform blogspot, pilih saja yang URL lalu klik Continue.

memasang google search console

3. Verifikasi akun Google Search Console.

Verifikasi akun google search console dapat dilakukan dengan cara masuk ke menu Setting, lalu pilih Ownership verification yang ada di sisi sebelah kanan. Ada beberapa cara verifikasi yang bisa kita pilih, diantarany menggunakan HTML Tag, Google Analytic, file HTML, Google Tag Manager dan DNS.

google search console
Tampilan verifikasi ownership

Namun untuk blog dengan platform blogspot, biasanya kita cukup pakai cara HTML Tag dan/ atau Google Analytics. Kalau kita sudah mengaktifkan Google Analytic (GA ) dengan akun gmail yang sama dengan akun Google Search Console, secara otomatis akun kita telah terverifikasi.

Jika tetap mau menambahkan verifikasi dengan menggunakan HTML Tag tetap bisa dilakukan. Kita bisa melakukannya dengan memilih pilihan HTML Tag, lalu copy kode yang tertera dan paste pada bagian bawah <head> di html template blog kita.

4. Sambungkan Akun Google Analytic dan Google Search Console. 

Cara menghubungkan google analytics dengan google search console cukup mudah. Kita masuk ke akun Google Analytics lalu masuk setting pilih admin, pilih property UA yang mau ditautkan, klik All Produk (semua produk). Lalu cari search console dan pilij Adjust Search Console. Kemudian pilih blog atau website kita yang sudah terverifikasi search console dan pilih save.

google search console
Tampilan GA dan GSC terhubung

Kini GA dan GSC sudah terhubung satu sama lainnya. Kita pun semakin mudah melakukan pengecekan GSC hanya melalui akun GA kita.

C. Apa Manfaat Google Search Console?

Menggunakan Google Search Console kita bisa melakukan optimalisasi dalam mengelola blog dengan melakukan perbaikan pada blog berdasarkan analisis dari Google Search Console. Ini dia beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari memasang tools ini seperti dituliskan oleh Ilham Mubarok dalam tulisannya Panduan Lengkap Google Search Console.

google search console
Tampilan website performance 

1. Menemukan Keyword Populer

Pengunjung menemukan halaman melalui bermacam-macam kata kunci. Google Search Console membantu kita untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan orang untuk menemukan blog kita.

Tool ini akan memberi informasi mengenai total munculnya blog di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (impression) dan berapa kali diklik dari hasil pencarian tersebut (click through rate). Jadi kita akan bisa mengetahui mana kata kunci yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO website Anda.

2. Identifikasi Halaman Paling Populer

Setiap blog memiliki halaman yang lebih populer dari halaman lainnya di hasil pencarian. Google Search Console akan menyajikan data halaman mana yang paling banyak mendatangkan pengunjung.

3. Mengetahui Dari Mana Datangnya Pengunjung

Google Search Console juga memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi dari mana datangnya pengunjung blog kita. Fitur ini membuat kita mudah untuk menjangkau target audiens yang tepat.

4. Identifikasi Perangkat yang Digunakan Pengunjung

Selain mendapatkan informasi lokasi, kita juga akan memperoleh data perangkat apa yang digunakan pengunjung kita. Kita akan mengetahui manakah perangkat yang lebih banyak digunakan, desktop atau mobile.

5. Periksa Kompatibilitas di Perangkat Mobile

Kita bisa melakukan pemeriksaan kinerja blog pada perangkat mobile menggunakan bantuan Google Search Console. Google Search Console menyediakan fitur Mobile Usability yang membantu kita untuk mengecek kompatibilitas blog di perangkat mobile. Selain itu, Google Search Console juga akan memberikan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja website di perangkat mobile.

6. Cari Tahu Backlink ke Website Anda

Backlink adalah salah satu indikator penting dalam menentukan peringkat blog pada hasil pencarian. Fitur satu ini cukup penting untuk diketahui, yaitu Links to Your Site.

Fitur tersebut akan mengidentifikasi website yang menyumbang backlink ke blog kita. Google Search Console juga menyediakan informasi halaman mana yang paling banyak mendapatkan backlink beserta anchor text apa yang paling sering digunakan. Hal ini meruakan salah satu satu poin dalam Pentingnya SEO Content Writing.

7. Periksa Broken Link

Selain identifikasi backlink, kita juga dapat memeriksa broken link atau link yang rusak di blog kita. Inspeksi broken link perlu dilakukan agar kita bisa memperbaiki kualitas pengalaman pengunjung. Kita bisa langsung memperbaiki tautan-tautan yang rusak sehingga pengunjung tidak akan diarahkan ke halaman yang salah atau tidak ada.

8. Identifikasi Masalah Keamanan Blog

Semua orang ingin pasti ingin blog atau website-nya aman dari serangan hack, pencurian data, atau masalah keamanan lainnya. Kabar baiknya, Google Search Console dapat membantu mendeteksi masalah keamanan yang terjadi di website Anda dan memberi peringatan. Sehingga kita bisa memperbaiki masalah keamanan lebih cepat sebelum terjadi hal-hal yang membahayakan website Anda.

9. Submit Sitemap

google search console
Memasnag sitemaps

Kita bisa menambahkan sitemap melalui Google Search Console. Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl blog kita sehingga Google bisa mengidentifikasinya lebih cepat.

Caranya adalah memilih fitur sitemap, pada sisi sebelah kanan isikan dengan sitemap.xml lalu klik Sumbit. Pada bagian bawah Submitted sitemaps akan ada keterangan success.

Google Search Console sebagai sebuah layanan gratis dari Google memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kita sebagai blogger dalam mengelola blog kita. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat bagi semua.


Related Posts

17 comments

  1. Lengkap sekali pak, emang bener sebelum ikutan ga ngerti baca grafik wkkwkw

    ReplyDelete
  2. Bener bgt manfaat gsc ini banyak ya, performa bisa jdi makin optimal dgn pakai gsc

    ReplyDelete
  3. beruntung sekali ya Pak, kita dipertemukan di kelas blogspedia... Dapat ilmu yang bermanfaat, dapat keluarga baru,,,

    ReplyDelete
  4. Salah satu Fitur GSC yang paling saya suka adalah ketika ada error pada struktur tertentu, semisal AMP atau gambarnya terlalu kecil, maka kita akan diberikan informasi, termasuk saran panduan untuk memperbaiki, top banget pokoknya!.

    ReplyDelete
  5. mantap tools wajib sih ini bagi seorang blogger, fitur komplit udah tersedia di dalamnya untuk menganalisa dan memperbaiki trafik.

    ReplyDelete
  6. Satu layanan Google favorit saya, soalnya GSC kita bisa dibilang gampang dimengerti, kalau Analytics saya masih ga ngerti. Punya GSC ngebantu banget, kalau ada error ngirim notif ke email, dan panduan buat ngebetulinnya juga mudah dipahami.

    Kemarin iseng juga masukin blog ke Google News, dan alhamdulillah keterima. Ternyata nanti bakal ada fitur Google News nampilin performa dan statistik di GSC ini.

    ReplyDelete
  7. Manfaat GSC banyak banget ya ternyata. Aku pikir cuma ngedaftarin link tulisan kita agar dibaca Google. Ya namanya kita mau dibaca Google ya kita harus familiar dengan tools yang ramah dengan Google. Salah satunya ya GSC ini. Fitur wajib yang harus blogger/content writer ketahui nih.

    ReplyDelete
  8. Saya awal ngeblog dulu enggak paham apa itu Google search console dan apa gunanya. Sekarang agak paham meskipun enggak banyak. Tapi memang merasa butuh banget, sama google analytic juga.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah sudah bisa memanfaatkan GSC. Berkat GSC jadi tahu halaman blog terpopuler dan paling dicari di Google. Thanks GSC dan sharingnya soal GSC

    ReplyDelete
  10. Lengkap sekali kak informasinya, jadi berasa ikut coaching class-nya
    Google Search Console ini memang sangat bermanfaat untuk para blogger, agar artikel lebih mudah dan cepat terindex.

    Saya selalu pakai fitur Google Search Console ini setiap kali cek dashboard blog setiap hari.

    ReplyDelete
  11. aku juga kak awal ngeblog dulu enggak paham apa itu Google search console dan apa gunanya. Sekarang juga lumayan paham meskipun enggak banyak. Tapi emang merasa dibutuhkan, sama google analytic itu juga harus ada.

    ReplyDelete
  12. Menurut saya GSC (Google Search Console) ini sangat fundamental untuk para blogger, salah satunya index artikel atau yang disebut diartikel ini adalah submit artikel

    ReplyDelete
  13. Aku baru tahu kalau google search console bisa check broken link, makasih pak artikelnya lengkap sekali.

    ReplyDelete
  14. GSC emg penting bgt utk blogger bwt menganalisa blognya. Ditambah dgn Google Analytic jd perpaduan yg sempurna.

    ReplyDelete
  15. Aku WordPress kak. Waktu pasang Google console dibantu temen blogger. Soalnya bingung aku tuh. Hehe. Alhamdulillah ada temen blogger yang baik hati

    ReplyDelete
  16. Terimakasih banyak.akan segera Saya praktekkan. Auto save

    ReplyDelete
  17. Sebagai blogger pemula, aku terbantu banget dengan GSC. Terutama dengan fitur inspeksi URL, jadi artikel yang baru di publish bisa segera di index sama google.

    ReplyDelete

Post a Comment