deeva collection

Pentingnya SEO Content Writing Bagi Pemula

Konten [Tampil]
Belajar SEO Content Writing menjadi kebutuhan yang perlu saya miliki sebagai seorang blogger. Terlebih sebagai blogger pemula saya perlu sekali mempelajari dan mengetahui tentang semua itu.

Sebagai blogger tentunya sangat senang saat mendapatkan ilmu dari para senior tentang SEO friendly artikel. Beberapa bulan ini belajar bersama Coach Marita tentang dunia blogger seperti mengganti template, dan kepenulisan. 

Dalam perjalanan seiring berjalannya waktu, semakin banyak hal baru yang betul-betul baru saya ketahui. Bersyukur juga dalam dunia blogger banyak sekali wadah yang bisa diikuti, salah satunya Bloggerhub. 

BloggerHub merupakan komunitas yang menaungi blogger di seluruh Indonesia. Memiliki beberapa program diantaranya:

  1. Blogger Story – Berisi Cerita Blogger dari Indonesia
  2. Blogger Talks – Seminar dari ahli di bidangnya.
  3. Blogger Connect – Kerjasana antara Blogger dengan pihak Luar
  4. Blogger Academy – Kelas untuk menaikkan kapasitas kemampuan blogger
  5. Blogger Update – Menulis dari blogger di platform website BloggerHub.
  6. Blogger Meetup – Meetup blogger di berbagai acara offline.
Ceritanya nih saat di dalam whatsapp group Bloggerhub Family menemukan flyer bloggertalks. Kali ini bloggertalks membahas tentang SEO Content Writing.

Khawatir ketinggalan dan takut kehabisan kuota peserta, saya langsung mengaskses link formulir pendaftaran peserta blogger talks bersama Kak Rini Novita Sari. Sudah tahu kan siapa Kak Rini Novitasari? 

seo friendly
Property of Bloggerhub.id

Kenalan dulu sama nara sumbernya yuk. Nah jadi, Rini Novitasari akrab disapa Rini ini seorang lulusan akuntansi dan pernah bekerja pada salah satu perusahaan swasta sebagai staff accounting.

Saat memulai blogging dia lebih banyak menulis tentang curhatan pada blog pribadinya. Semua dilakukan murni hanya mengisinya dengan curhatan, dan hobi. Tidak terlintas untuk menghasilkan unag dari blognya.

Pun dengan SEO Content Writing, dia tidak menghiraukannya. Terpenting bagi dia adalah bisa menuliskan apa yang dirasakan dan dialami.

Waktu terus berjalan, roda terus berputas, pergaulan semakin bertambah, jaringan semakin luas. Jadilah dia bertemu dengan para blogger. Setelah sharing dengan mereka yang lebih senior barulah menyadari betapa pentingnya SEO Content Writing.

Diapun mengelola blognya hingga menjadi blog yang bisa mendapatkan peringkat pada halaman google. Blog yang dikelola adalah celotehdinihari.

Kan Rini ini orang yang sumeh atau akrab, friendly. Terbuka banget orangnya. Kitapun yang menjadi peserta seakan sudah mengenalnya dalam waktu yang cukup lama. Easy going person lah. Dalam menyampaikan materinya juga sangat enak dan runtut. Mau kenalan langsung dengan Blogger, Content Writer dan Reviewer bisa langsung DM instagramnya. Jangan lupa perkenalkan diri dulu ya biar tidak bingung. hehe

seo content writing
Dokumentasi Bloggertalks


Kembali ke laptop ya, ternyata agar blog kita ramai oleh pengunjung kita harus membuat artikel yang ramah dengan mesin pencari. Blogger mengenalnya dengan istilah SEO Content Writing.

Dalam menulis konten sebagai blogger kita perlu memahami teknik agar bisa menempati peringkat atas pada halaman google. Teknik ini kita ketahui sebagai SEO. 

1. Apa itu SEO

SEO yaitu Search Engine Optimization atau optimasi mesin pencari. Lalu apa yang dimaksud dengan SEO Content Writing?

SEO Content Writing merupakan usaha membuat artikel yang diupayakan sesuai dengan kaidah SEO atau artikel yang dibuat dengan mengikuti algoritma terbaru.

Tujuannya untuk memaksimalkan blog beserta isinya atau artikel agar bisa muncul di halaman pertama pada mesin pencari seperti Google dan lainnya.

Tahu sendiri kan, tampil di halaman pertama apalagi pada peringkat atas menjadi impian dari setiap bloger. Saat artikel bisa tampil pada peringkat atas maka juga akan memberi dampak baik bagi keberadaan blog kita.

Berbicara tentang SEO dari waktu ke waktu selalu ada penambahan atau update. Dalam sebuah tulisan saya pernah membaca bahwa pernah google melakukan update algoritma hingga lebih dari 3000 kali dalam satu tahun.

SEO dalam dunia blogging dibagi menjadi dua yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

a. SEO On Page

SEO On Page adalah proses optimasi blog dengan memperhatikan hal-hal yang terdapat di dalam blog atau artikel yang kita tulis. Pada SEO On page selaku blogger harus bisa mengoptimalkan setiap tulisan yang dibuat.

b. SEO Off Page

SEO Off Page adalah proses optimasi blog dengan mengoptimalkan hal-hal yang terdapat di luar blog atau artikel yang kita tulis. Pada SEO Off page ini bisa dioptimasi pemberian backlink atau media lain yang tujuannya untuk mendatangkan trafik pada blog kita agar bisa masuk peringkat atas.

2. Apakah SEO itu wajib diterapkan oleh blogger?

Kak Rini dalam kesempatan itu menyampaikan,“Tidak ada keharusan, tergantung tujuan menulis atau tujuan si pemilik blog.”

Lantas siapa saja yang wajib menerapkan SEO itu? Ada tiga wilayah yang dibagi oleh narasumber yaitu menjadi wajib, tidak terlalu wajib dan sangat tidak perlu.
  1. SEO itu Wajib bagi mereka yang mencari penghasilan dari pengunjung atau dikejar target. Misal pada mereka yang menjalankan bisnis, dengan menerapkan SEO Content Writing akan bisa meningkatkan konversi.
  2. SEO tidak terlalu wajib bagi mereka yang masih tidak ada tuntutan target.
  3. SEO Sangat tidak perlu bagi konten khusus yang membutuhkan estetika seperti puisi, cerpen, karya ilmiah, dsb.
seo content writing
Screenshot Materi Bloggertalks


3. Siapakah yang sebaiknya menerapkan SEO Content Writing

Siapa saja kah yang sebaiknya menerapkan SEO Content Writing ini? Apakah hanya bloger saja ataukah semua penulis konten seharusnya menerapkan kaidah SEO ini? Nara sumber yang seorang blogger dan content writer ini memaparkan bahwa yang sebaiknya menerapkan SEO Content Writing ini adalah

a. Pebisnis yang ingin meningkatkan konversi penjualan.

Pebisnis yang menerapkan SEO Content Writing dalam setiap artikelnya akan sangat membantu dalam meningkatkan penjualan. Mereka akan dapat membuat peta penjualan berdasarkan data yang di peroleh.

b. Blogger yang ingin mendapatkan trafik organik dari mesin pencarian google. 

Mengapa demikian? Karena trafik organik yang tinggi akan memberikan manfaat bagi blogger misal mendapatkan tawaran kerjasama.

c. Content writer yang ingin meningkatkan kualitas dan memuaskan pelanggan.

Content Writer berbeda dengan bloger. Seorang Content Writer biasanya hanya fokus pada keyword yang diinginkan oleh klien atau mitra yang menggunakan jasa content writer. Ketika sudah selesai maka akan dikirimkan dan memperoleh imbalan sesuai dengan yang disepakati.

Sedangkan blogger selain menulis juga mengelola blog. Blogger banyak belajar tentang kepenulisan. Menunjukkan keseriusan dengan membeli domain. Terus belajar dalam mengoptimalkan blog agar bisa terindeks oleh google.

Alangkah akan menjadi lebih baik jika seorang Content Writer juga bisa menerapkan kaidah SEO dalam karya yang ditulisnya. Jika ini dilakukan maka akan memudahkan dan menjadikannya lebih profesional.

4. Manfaat Menulis Artikel SEO

Tujuan utama dari penerapan SEO adalah untuk memperoleh trafik organik. Page view yang memang diperoleh dari hasil pencarian menggunakan mesin pencarian google. Beberapa manfaat dari menulis artikel SEO adalah

  1. Artikel bisa bersaing dengan kompetitor bahkan menempati puncak pencairan.
  2. Meningkatkan kunjungan atau page view blog atau web yang dikenal dengan trafik. Kita bisa melihat trafik ini dengan memanfaatkan google analytic dan google seacrh console agar tahu kategori pengunjung.
  3. Bagi web bisnis, manfaat dari menulis artikel SEO adalah meningkatkan penjualan.
  4. Meningkatkan penghasilan bagi blogger seperti melalui adsense dan non adsense (content placement, link placement, content review, dsb). Misal content review produk. Saat dapat job, maka akan semakin banyak pemberi job yang langsung menghubungi kita. Tentunya yang kita dapatkan akan berbeda dengan yang kita dapat melalui melalui agency.
  5. Branding Blogger. Banyak artikel yang menang, misal branding lain bisa mengalir ke penghasilan. Artikel SEO dengan peringkat atas akan memberikan keuntungan misal banyak pemilik web atau produk yang meminta dipromosikan. Ini dilakukan karena mereka melihat atau menganggap blog kita layak untuk menaikkan trafik blog mereka naik.

Dalam acara yang terlaksana selama dua jam ini nara sumber juga menyampaikan materi secara spesifik bagaimana mengoptimalkan SEO pada artikel. Next saya akan mengulasnya pada tulisan selanjutnya. 
Sekarang kita sudah tahu beberapa manfaat yang didapat ketika bisa mengoptimalkan penerapan SEO pada setiap artikel dalam blog kita.

Setelah mengikuti event blogger talks yang diselenggarakan bloggerhub ini saya semakin tahu dan semakin tertarik untuk bisa melakukan optimasi pada setiap artikel yang dibuat. Menurut kalian, membuat artikel memenuhi kaidah SEO atau SEO Content Writing penting atau tidak?

Related Posts

26 comments

  1. Wah keren. Aku ikut event ini juga. Tapi nggal bikin catatan jadi lost deh nggak bisa mengulas. Jadi reminder nih bacanya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya ngertinya cjma mb R Palupi yang ikut. Karena pas bertanya. Next tinggal lanjutan materi intinya.

      Delete
  2. Wah makasih pak..jadi menambah wawasan tentang seo..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, sebenarnya juga sudah dibahas oleh coach Marita juga ya

      Delete
  3. Wohoo kok aku ketinggalan informasinya ini pak, diem-diem bae wkwk...
    Aku setuju itu SEO content writing tergantung tujuannya. Tapiiii... Apapun tujuannya biasakanlah menggunakan SEO CW (kusingkat aja biar ga capek ngetik wkwk) agar secara ga sadar prakata kita sudah terbiasa dengan konsep SEO CW ini. Nah apabila dikemudian hari kalau mau monetize tinggal gampil dah. Begitu menurut akikah, pak Sugi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja ga ikutan paling.. Hehe. Iyes, enting kerjakan, lakukan, hasil apakata usaha kite.

      Delete
  4. Alhamdulillaah, pas even ini saya bisa ikutan juga walaupun tidak dari awal banget. Jujur, merasa beruntung bisa berada di komunitas yang kebanyakan berisi orang-orang berkualitas dan selalu produktif, termasuk blog juga blog ini.

    Salam kenal, ya! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, Kang. Ada di komunitas yang selalu memberikan insight dan pembelajaran, utamanya seperti saya yang baru.

      Delete
  5. Aiiih saya berasa ketinggalan baru tahu 6 program BloggerHub πŸ˜… Keren² programnya. Sebagai member, saya berharap semoga bisa terlibat dan ikut di tiap program yg dilaksanakan.

    Alhamdulillah kemarin juga ikutan kegiatan Blogger Talks seperti yang dibahas. Senang bisa ikut belajar dan nimba ilmu dari Mbak Rini. Semakin senang karena Mas Sugianto merangkum dan membagikannya di sini.

    Terima kasih ya mas πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bloggerhub.id bukan sekedar komunitas, tapi betul-betul menjadi wadah. Seperti keluarga, dengan segala programnnya. Salam kenal mb Kate

      Delete
  6. Aiiih saya berasa ketinggalan baru tahu 6 program BloggerHub πŸ˜… Keren² programnya. Sebagai member, saya berharap semoga bisa terlibat dan ikut di tiap program yg dilaksanakan.

    Alhamdulillah kemarin juga ikutan kegiatan Blogger Talks seperti yang dibahas. Senang bisa ikut belajar dan nimba ilmu dari Mbak Rini. Semakin senang karena Mas Sugianto merangkum dan membagikannya di sini.

    Terima kasih ya mas πŸ™

    ReplyDelete
  7. Saya jugamerasa senang sekali mengikuti bloggertalk dg Kak Rinu yg membahas SEO kmrn, maklum meski sudah ngeblog sejak 2011 tapi ssta masih awam banget ttg SEO ini..hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah lama ya,mb. Apalagi saya, yang masih baru. Bisa ketemu dengan bloggerhub menjadi tempat untuk meng upgrade diri.

      Delete
  8. Wahh kebetulan banget saya juga buat catatan tersendiri tentang materi SEO yang dibawakan oleh Mbak Rini. Artikelnya mas Sugianto melengkapi catatan tentang SEO di blog saya..
    Terima kasih.

    Salam dari Pejuang artikel SEO friendly dan human friendly hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mb. Iya, nih lagi jadj pejuang yang harus siap siaga untuk bisa friendly dengan semua. Salam kenal mb.

      Delete
  9. Saya ketinggalan terus untuk webinar online BloggerHub karena waktu pelaksanaannya nggak cocok terus dengan jam aktivitas.

    Dan kalau ditanya penting apa enggak SEO Content Writing, penting nggak penting sih, tergantung tujuan penggunaannya.

    ReplyDelete
  10. Ga ikut pas sesi zoom euy, tapi untung BloggerHub ngerilis videonya di YouTube. Saya juga awalnya ngeblog ya untuk iseng ngisi waktu sejak kuliah dulu, baru pake SEO akibat pandemi karena mengejar kebutuhan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bloggerhub baik banget ya, ada video youtubenya, bisa digunakan untuk clarify materi yang mjngkjn erlewatkan karena seusfu dan lain hal. Samoai ketemu di event akan datang.

      Delete
  11. SEO itu penting banget ya. Dulu waktu jadi blogger pemula, aku ga ngerti apa itu SEO. Allhamdulillah lama lama ketemu juga aku buat belajar SEO. Sampai sekarang dunia SEO terus dipelajari. Karena SEO ini terus berkembang mengikuti perubahan alogaritma google yang suka berubah

    ReplyDelete
  12. Wah aku telat ikut pelatihan ini. Soalnya abis pemulihan dari COVID. Jadi ga nyimak obrolan di group apapun, termasuk di BloggerHub. Semoga ntar ada webinarnya lagi ya. Biasanya BloggerHub juga nyimpen webinarnya di YouTube. Ntar cek ah.

    Mentornya mbak Rini lagi. Dia sering berceloteh soal SEO tuh di group. Wkwkwk.

    ReplyDelete
  13. Saya ikut pelatihan SEO Content Writing di bloggerhub jg ka. Iya, penting banget SEO Content Writing buat Blogger, bisa dapet trafik organik secara berkelanjutan tanpa ngeluarin biaya sepeserpun. 😊

    ReplyDelete
  14. Makasih banyak Kakk udah dikasih resume dari event BloggerTalks kemarin, kebetulan aku berhalangan hadir nih. Jadi abis baca-baca di sini jadi ikutan paham deh dan bisa ikut belajar hihi. Semoga event BloggerTalks berikutnya aku bisa ikut deh, jd bisa kasih ulasan di blog juga kayak gini πŸ˜…

    ReplyDelete
  15. Keren bgt kak, event kmren dibikin catatan bgini. Jd bs bwt reminder jg ya. Aku malah g nyatet apa2, ntr aku balik lg kesini ya pas butuh materinya hehe.

    ReplyDelete
  16. Daku belum ikutan acara Blogger Talks karena waktunya belum cocok, alias pas di jam waktu tepar hehe.

    Belajar SEO memang perlu, dan tambah perlunya adalah konsisten menerapkannya

    ReplyDelete
  17. eventnya bagus kak.. aku sendiri masih pemula dan baru mulai belajar sedikit sedikit ttg SEO..jadi termotivasi untuk bisa menulis artikel yang ramah SEO..

    ReplyDelete
  18. Kemaren aku juga ikutan webinar ini dan semakin dicerahkan dengan penjelasannya. Memang tanpa SEO, tulisan jadi kurang cepat sampainya ke user yang kita tuju.

    ReplyDelete

Post a Comment