deeva collection

Sensasi Bakso Rusuk Sapi Perawan

Konten [Tampil]

Sensasi bakso rusuk sapi perawan sangat menggoda saya untuk menikmatinya. Namanya betul-betul menggelitik. Oh ya, berbicara kuliner, bakso menjadi salah satu pilihan sajian kuliner yang banyak diminati. Semua kalangan dari anak-anak sampai orang dewasa bahkan kakek-nenek menyukainya.

deeva collection
Dokuemntasi Bakso Amat

Hampir semua daerah memiliki kuliner ini. Kalau boleh dibilang bakso ini kuliner warisan nusantara. Semua daerah ada menu bakso. Tak terkecuali di Jember. Ada beberapa bakso yang menjadi idola anak muda sampai orang dewasa di Kabupaten Jember.

A. Warung Bakso di Jember

1. Bakso Kabut Bu Juhairiyah

deeva collection
Foto dari baksoguide


Buat kalian yang baru pertama kali ke Jember mungkin akan bertanya-tanya seperti apa bakso kabut. Apakah bakso yang dijual di tempat yang berkabut atau baksonya dijual hanya saat ada kabut?

Bakso kabut ini diambil dari menu utama yang ada di warung bakso ini. Bakso kabut sama seperti bakso umumnya terbuat dari daging yang dibentuk bola-bola. Pembedanya, bakso ini diselimuti dengan putih telur. Jadi seperti kabut.

Bu Juhairiyah selaku pemilik membuat menu ini karena ingin menyajikan bakso yang berbeda dari yang lain. Selain bakso kabut juga ada bakso lain di sini, seperti bakso iga dan beberapa bakso lain. Harga juga bisa dijangkau oleh dompet semua kalangan. Harganya kisaran dari Rp. 10.000 sampai Rp. 25.000 tergantung jenis bakso yang dipilih.

Tempatnya berupa gazebo-gazebo cukup luas. Ada juga meja-meja. Tenmpat ini cocok buat kalian yang ingin menikmati bakso di tempat yang jauh dari keramaian jalan raya. Utamanya bagi kalian yang ingin menikmati suasana pedesaan. Di sebelahnya kita bisa melihat hamparan sawah yang begitu luas. Padi-padi menghijau membuat segar siapa yang melihatnya.

Bagi yang mau berkunjung, dari pusat Kota Jember bisa mengambil jalur ke arah Bondowoso. Kemudian ambil jalur menuju wisata puncak Rembangan. Kalian akan menemukan alfamart. Ambil jalan lurus di samping minimarket ini sampai menemukan masjid di kiri jalan. Kalian akan mendapati Warung bakso kabut Bu Juhairiyah setelah melewati masjid.

Lokasi: 
Jl. Rasamala II, Krajan, Kemuning Lor, Arjasa, Kabupaten Jember, Jawa Timur 68191

2. Bakso Solo Sampurna

bakso rusuk
Foto travelingyuk.com

Bagi kalian orang Jember sudah pasti familiar dengan bakso ini. Lokasinya sangat mudah untuk dicari. Berada di pusat kota, berdekatan dengan matahari dept store.

Rasa baksonya yang nikmat, membuatnya banyak dikunjungi orang. Dagingnya begitu terasa menjadikan bakso ini selalu ramai pengunjung utamanya saat siang sampai sore hari. 

3. Bakso Pak Fit

bakso rusuk sapi perawan
Foto foursquare.com


Bakso Pak Fit adanya di Jember bagian utara. Cukup jauh dari pusat kota. Butuh waktu kurnag lebih satu jam untuk ke sana. Tepatnya berada di Kecamatan Sukowono.

Baksonya yang ada di sini mulai bakso biasa, jumbo dan super jumbo. Harganya juga beragam mulai dari sepuluh ribuan. Bakso ini terkenal pertama kali karena menunya bakso Pentol Kepala Bayi. Sebuah bakso dengan ukuran super duper jumbo.

Bagi yang mau mencoba bakso ini bisa datang langsung ke Sukowono, ikuti aja google map dengan mencari pasar Sukowono atau terminal Sukowono. Warung ini ada kawasan terminal Sukowono. 

4. Bakso Amat

bakso rusuk sapi perawan
Dokumentasi antri bakso amat


Bakso Amat salah satu bakso yang ada di Kabupaten Jember. Meskipun baru, namun mampu menarik banyak pengunjung untuk datang ke sini.

Sangat berbeda dengan bakso-bakso di tempat lain, bakso amat lebih tampil dengan menu-menu bakso kekinian. Tempatnya juga instagramable.

Saat berkunjung ke bakso amat kita seperti tidak berkunjung ke warung bakso pada umumnya. Saat memasuki halaman kita akan langsung melihat sebuah papan nama besar bertuliskan Bakso Amat.

Langsung aja masuk ke ruang yang ada untuk melakukan pemesanan menu. Setelah melakukan pemesanan, kalian bisa memilih tempat untuk menunggu. Ada dua meja dan empat kursi di tempat reservasi. Satu meja di luar bisa untuk 4 orang.
bakso rusuk sapi perawan
Dokumentasi pribadi

Agar tidak bosan selama menunggu pesanan, kalian juga bisa masuk di ruang utama yang ada di dalam. Kalian akan dimanjakan dengan instagramable corner.

Aneka jenis tanaman bunga ada di taman belakang. Benar-benar terlihat hijau dan sejuk dipandang.

Oh iya, tempat ini cocok bagi semua orang dari kalangan anak muda sampai tua. Dari personal sampai family hingga komunitas. Bagi yang punya anak kecil tidak perlu khawatir. Kalian bisa mengajak mereka melihat-lihat aneka jenis tanaman.

deeva collection
Kolam ikan portable

Oh iya, di sini juga ada kolam ikan portable berisi ikan nila merah dan ikan gabus. Kalian bisa feeding ikan hanya dengan Rp. 2000 rupiah.

Ini dia potret tongkrongan yang biasa di booking untuk tempat meeting atau pertemuan komunitas. Mau booking tempat untuk meeting juga free, yang tidak free beli baksonya. Hehe.

Masak iya, udah dikasih tempat free, baksonya juga mau free. Warung ini buka setiap Sabtu sampai Kamis. Mulai pukul 12.00 sampai pukul 21:00 WIB.

Menu Pilihan Bakso Amat

A. Bakso Bakar

deeva collection
Dokumentasi pribadi

Saya sangat senang dengan bakso bakar di sini. Saya biasanya bisa request tingkat kematangannya agar bakarnya tidak terlalu.

Bakso bakar yang empuk dan bumbu yang meresap hingga ke dalam membuat saya begitu menikmati setiap bakso yang disajikan.

Dalam satu porsi bakso bakar berisi 3 tusuk bakso. Masing-masing tusuk berisi 3 butir. Ditambah juga dengan bakwan goreng yang kres. Menyantab bakso bakar yang disajikan hangat terasa semakin nikmat.

Untuk menikmatinya tak perlu merogoh gocek dalam-dalam, cukup dengan Rp. 10.000,-  sudah bisa mendapatkan seporsi bakso bakar.

B. Bakso Istimewa

Bakso istimewa di bakso amat adalah menu paling murah.  Seporsi bakso istimewa berisi mie putih, mie kuning, bakso, tahu dan bakwan goreng. 

Bedanya dengan bakso bakar, bakso ini disajikan dengan kuah. Harganya sama dengan bakso bakar, hanya Rp. 10.000. Murah kan?

C. Bakso Super

Bakso super di Bakso Amat memiliki dua varian. Bakso super telur dan mozarella.
Menikmati bakso telur di sini akan berbeda dengan bakso telur di tempat lain. Di sini kita bisa menikmati bakso berisi telur asin. Siapa suka telur asin? 

Varian bakso super berikutnya adalah mozarella. Bagi pecinta mozarella tentu ini akan menjadi pilihan yang tak boleh dilewatkan. Rasa kejunya yang khas dipadu dengan bakso dan kuah yang lezat menjadikan makan bakso lebih bersensasi.

Untuk menikmati seporsi bakso super ini hanya perlu mengeluarkan Rp. 15.000. 

D. Bakso Kepiting

bakso rusuk sapi perawan
Bakso Kepiting

Bakso kepiting ini sangat lezat untuk dinikmati. Olahan daging sapi yang membalut kepiting begitu tebal. Apalagi sensasi makan kepiting yang masih hangat, benar-benar membuat ketagihan. Menikmati setiap bagian kepiting. 

Sayangnya tidak selalu ready, karena berhubungan dengan stok kepiting segar di pasaran. Sayang sekali ya, semoga ke depan selalu ready.

E. Bakso Lobster

bakso rusuk
Bakso Lobster

Hujan-hujan menikmati bakso lobster pastinya akan membuat suasana lebih hangat. Membangkitkan selera makan tentunya.

Porsinya yang cukup banyak membuat saya biasanya tidak habis sendiri, dan hanya menghabiskan lobsternya saja. 
Satu porsi bakso lobster dihargai Rp. 45.000. Tergantung ukuran lobsternya juga ya, ada juga yang di atas Rp.45.000.

F. Bakso Rusuk Sapi Perawan

deeva collection
Bakso rusuk


Satu lagi menu varian bakso yang ada di sini. Bakso rusuk sapi perawan. Bakso rusuk yang tak hanya tulang rusuk saja, tapi masih ada dagingnya. 
Kebayangkan pas buka bakso yang melapisi, kalian masih menemukan daging pada tulang rusuk. Coba bayangkan sensasi lagi menikmati daging pada tulang rusuk.

Seporsi bakso rusuk sapi perawan harganya Rp. 30.000 per mangkok.

Saya sendiri juga masih penasaran kenapa disebut Bakso Rusuk Sapi Perawan. Masih menjadi PR bagi saya untuk menanyakan jawaban atau alasan kenapa ada kata sapi perawannya. Penasaran juga?

Bakso amat ini sangat mudah dijangkau karena berada di kota. Akses transportasinya juga mudah di dapat. Kalau disuruh kasih bintang 1-5, aku kasih 4,5.

Lokasinya di Jalan S. Parman no. 10 Sumbersari, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Tidak jauh dari Deeva Collection.


Masih banyak lagi bakso yang banyak diburu oleh pecinta kuliner di Jember atau saat berkunjung ke Kota Tembakau, Jember. Bagaimana apa penasaran ingin mencoba bakso rusuk sapi perawan?

Related Posts

22 comments

  1. patut dicoba nih saat traveling ke jember lagi

    ReplyDelete
  2. Makanan yang paling saya sukai, tapi skrg harus dibatasi suka ada efek efek ke kepala,,,nggak tau umur kali yah :D
    Kalau di sukabumi bakso kabut, dinamainyan dgn bakso selimut, mirip bentuknya
    Boleh dikirim ke Sukabumi, mas ....he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget, sekarang kan gampang pak. Bisa secara virtual. Hehe

      Delete
  3. Duuh bakso seafood nya bikin ngiler pak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuz mbak hunting di dekat rumahnya biar terobati...

      Delete
  4. Wah sedap banget, bakso adalah kuliner yang tak tertolak. Semua jenis aku syukaaa.. Apalagi kalau pas gigit ada sensasi krenyes-krenyes sensasi tulang rawan dalam bola baksonya. Hmm nikmatnyaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mb. Bakso makanan yang diterima banyak orang. Bakso kara emang bjkin ada sensasi. Makan tulang rawan memberi sensasi tersendiri.

      Delete
  5. Dari dulu pingin cobain bakso seafood belum kesampaian nih..
    Di jogja ada gak ya bakso ginian?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Jogja mah pasgi ada mb. Ada namanya bakso lobster ada di Jl. Prof. Herman Yohanes No.1110, Terban, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta

      Delete
  6. Astaagaaaa baksooo favoritoo mau diapain bakso tuh emang enak ya :'D,
    jadi pengen huaaa pasti enak banget itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di bikin display seoertinya lebih asik...wkwk. Ya dihabisin lah kak, jangan sampai kepiting ama lobsternya marah karena didiemin.

      Delete
  7. Duh langsung ngiler ngebayangin bakso pake sambel yg byk gitu, itu kepiting ma lobster ga nahan bgt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, kayaknya mb Iva yang suka ngabisin sambal di warung bakso ya. Hehe

      Delete
  8. Baksonya banyak juga ya dijember, jadi berandai andai ini pak. Tertarik bakso kepiting dan bakso lobster....hrga cukup wow ya. But, sesuai lah ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Ini baru sediki. Ada juga bakso pojok mangli, bakso ambuku, bakso tulangan, dll.

      Delete
  9. Noted. Ke Jember buat ngejar Bakso nih...

    ReplyDelete
  10. Bakso kabutnya menggoda banget. Auto laper nih malam2 liat fotonya.

    ReplyDelete
  11. Jadi ngiler nih pak... Bakso rusuk sapi perawan itu khusus untuk mereka yang masih perawan mungkin pak...

    ReplyDelete
  12. Wah.. Bakso sapi perawan, dengan sapi pilihan ya pak wkwk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi, atau tulang rusuknya sapi muda mungkin. Hehe

      Delete

Post a Comment