deeva collection

Blogging: Passion, Skill, dan Consistency

9 comments
Konten [Tampil]
Senang itu, saat bisa bertemu seseorang yang tak pernah kita kenal sebelumnya, namun kemudian bisa sedekat keluarga. Bersyukur sekali saat dipertemukan dengan seorang Coach Marita Ningtyas. Seorang writepreneur, parenting and mental health enthusiast. Bisa belajar tentang tips blogging, kemampuan blogger, dan membuat konten menarik..

Blogging ternyata juga berbicara tentang passion. Sebuah keinginan untuk melakukan sesuatu yang disukai. Skill atau keterampilan juga menjadi bagian yang harus dimiliki seorang blogger, ada keterampilan menulis, membuat desain, atau keterampilan otak-atik template. Terakhir. Last but not least adalah Consistency. Ini menjadi kunci, karena dengan konsisten kita bisa menjadi blogger sejati.


Seperti apa sih ketiga materi yang sangat menarik ini? Ini dia rangkuman dari materi yang disampaikan Coach Marita Ningtyas dalam Blogspedia Coaching Batch 2:

membuat konten menarik
Designed by using canva

A. What is Blogging?

Sebelum membahas ap aitu blogging, ada baiknya sedikit membicarakan tentang blog dan website. Blog dan website secara perwajahan hamper sama, pun dengan isinya, namun blog biasanya lebih personal karena dikelola oleh pribadi. Dalam dunia blog ada istilah blogging, yaitu seluruh aktivitas berkaitan dengan blog, meliputi updating blog dengan konten-konten yang berkualitas.

B. Apa manfaat blogging?

Blogging sebagai sebuah aktivitas tentu memiliki manfaat seperti pada aktivitas-aktivitas lainnya. Di antara manfaat blogging adalah
  1. Menyalurkan hobi
  2. Mengutarakan opini, ide
  3. Berbagi kisah, inspirasi, tips
  4. Mengikat ilmu
  5. Self-healing
  6. Karena pekerjaan
  7. Mengerjakan tugas; perkuliahan/ tantangan grup menulis
  8. Mencatat portofolio anak

C. Why blogging?

membuat konten menarik
Designed by using canva

Why blogging atau mengapa harus blogging? Ada yang tahu alasan kenapa memilih blogging? Tentunya setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa memilih blogging. Ini dia beberapa alasan memilih blogging:
  1. Mudah untuk membuatnya.
  2. Mudah dalam mengarsipkan dan lebih rapi penyimpanannya.
  3. Mudah dibagikan kepada orang lain.
  4. Perawatannya mudah.
  5. Proses publikasi cepat, karena tidak membutuhkan seleksi dari penerbit. Apalagi harus menunggu ACC dari editor, alamak.
  6. Sesuai dengan aktivitas pada blog yang lebih bersifat personal, blog memiliki manfaat personal touch (menjadi diri sendiri)
  7. Bisa menjadi salah satu media dalam membangun branding. Kerennya untuk membangun personal branding.

D. Tips Blogging

Kalau belum punya blog pastinya bertanya tentang tips memulai ngeblog. Kalau sudah punya blog, apakah ada tipsnya juga? Ada dong, ini dia Tips Blogging ala Coach Marita.

1. Fokus

membuat konten menarik
Designed by using canva

Blogging sebagai sebuah aktivitas sama dengan aktivitas lain, membutuhkan konsentrasi untuk dapat menyelesaikan target. Untuk itu diperlukan manajemen waktu sehingga bisa membuat jadwal dan mengalokasikan waktu khusus yang dikomunikasikan dengan setiap anggota keluarga. Hal ini perlu dilakukan agar kegiatan blogging dan mengurus keperluan rumah bisa sama-sama tertunaikan.

Sebagai aktivitas yang berhubungan dengan konsentrasi, maka perlu tempat dan waktu yang nyaman. Rasa nyaman bisa ditemukan saat kita menikmati aktivitas blogging.

2. Memilih Blog

membuat konten menarik
Designed by using canva

Rasa nyaman dalam blogging bisa di dapat dari berbagai hal, salah satunya dari platform blog yang dipilih. Ada banyak platform yang bisa dipilih seperti blogspot, wordpress.com, wordpress self hosted, medium, tumblr, wix, dan lain-lain.

Setiap platform pastinya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Untuk menemukan mana yang cocok bagi kita, tidak ada salahnya jika mencoba semuanya. Jangan hanya memilih plaftorm karena katanya.

Kalau sudah memilih platform, selanjutnya kita bisa menyesuaikan template sesuai dengan selera kita. Namun tetap perlu memperhatikan beberapa karakteristik yang harus ada pada sebuah template yang baik, yaitu:
  1. Google friendly
  2. Reader friendly
  3. Minimalis (jangan terlalu banyak widget dan perpaduan warna sebaiknya tidak lebih dari 3)
  4. Loading cepat
  5. Gambar sebaiknya dikompres agar tidak berat
  6. Background tulisan putih, tulisan warna hitam
  7. Ada page about me, navigasinya mudah
  8. Pilih huruf yang mudah dibaca
Oh iya, hal penting bagi kita juga nih agar bisa nyaman dan fokus dalam blogging, yaitu menentukan niche atau topik yang akan dibahas di blog kita. Kita bebas menentukan mau memilih niche gado-gado (lifestyle) ataukah ingin menggunakan one segmented niche yang hanya fokus pada satu topik. Dlama menentukan niche pertimbangkan juga kenyamanan kita. Sesuaikan dengan passion, jangan hanya berorientasi pada profit. Mulailah dengan apa yang kita suka..

Sudah punya template yang kece dan topik yang sangar tidaklah cukup, kita perlu mengenal lebih dalam pada senjata yang kita gunakan. Artinya jangan malas untuk mempelajari dan mendalami serta memahami fitur-fitur yang ada pada dashboard blog. Semakin sering berlatih akan semakin baik bagi kita.

3. Know what you do, Do what you know.

membuat konten menarik
Designed by using canva

Tips berikutnya adalah memastikan kalua kita tahu apa yang aka ditulis di blog. Hal ini untuk menghindari kemacetan atau bahkan kebuntuan saat menulis. Apa yang bisa kita lakukan untuk menghindari kebuntuan saat menulis? Ini dia beberapa hal bisa dilakukan:
  1. Menggali ide sebanyak-banyaknya dan catatlah setiap ide yang didapatkan.
  2. Membuat mind mapping yaitu dengan menulis poin-poin yang ingin disampaikan melalui tulisan.
  3. Jika mengalami kesulitan untuk membuat mind mapping, setidaknya kita sudah memiliki tema utama sebagai panduan dalam menulis.
  4. Bisa dimulai dengan membuat judul dan kemudian diturunkan dalam sub-sub judul.
  5. Selesaikan tulisan, endapkan, barulah kemudian edit. Jadi selesaikan menulis hingga selesai. Jika semua sudah selesai barulah lakukan proses editing.
Kita juga bisa memperkuat semangat untuk belajar, menambah kosa kata baru, belajar teknik kepenulisan (SEO), template designing dari blog yang kita kunjungi dan memantik ide-ide baru. Semua itu bisa dilakukan dengan banyak mengikuti Blog Walking.

Manfaat lain dari blogwalking yaitu bisa menambah kenalan, membangun jaringan , dan tentunya bagian dari proses membangun branding. Karena bagian proses, jadi harus dialokasikan waktu untuk ikut blogwalking.

Blogwalking ini ibarat bertamu secara online. Ada hal yang perlu diperhatikan. Ada adab yang harus diterapkan, seperti:
  1. Stay di halaman yang ingin dikomentari minimal 3-5 menit.
  2. Berikan kalimat yang sopan, minimal 5 kalimat.
  3. Jangan meninggalkan link hidup di kolom komentar.
  4. Jika ingin memberi masukan, saran atau kritik terhadap penulisan/ tampilan blog sebaiknya lakukan secara japri.
  5. Hindari asal komentar tanpa membaca; "Terima kasih kak, artikelnya bermanfaat sekali," dan sejenisnya. Hindari juga komentar "Endorse ya?" dan sejenisnya.
  6. Akan lebih baik jika mengunjungi satu internal link dari halaman tersebut.

4. Jangan Jadikan Uang sebagai Tujuan Utama

membuat konten menarik
Designed by using canva

Saat blogging jangan hanya berpikir untuk mendapatkan uang. Lakukanlah untuk memberikan manfaat bagi banyak orang. Kerjakan dengan hati yang tulus. Ketulusan hati akan dibalas dengan rezeki dari Allah yang berlipat-lipat, bahkan tidak terduga. Kalau mendapatkan hasil atau uang, maka anggaplah itu sabagai bonus karena keikhlasan kita.

Peluang menghasilkan uang dari blog bisa bermacam-macam, di antaranya placement content, job review (product, event, service), buzzing, blog competition, adsense, dan pemasangan banner. Untuk mendapatkan peluang itu kita perlu melihat ebebrapa pertimbangan seperti blog dengan usia minimal 6 bulan, sudah TLD (Top Level Domain), minimal sudah ada 30 postingan, nilai blog seperti domain age/ Page Authority, Domain Rating, Alexa, Minimum traffic), dan aktif di media sosial.

5. Learn Under Fire

membuat konten menarik
Designed by using canva

Dalam tips ke lima ini sebagai blogger, kita perlu membuat perencanaan. Jangan langsung menuju pada proses menulis tanpa memiliki ide dan rencana. Jagalah semangat untuk terus menulis. Jangan biarkan terbengkalai hingga berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Janganlah menunggu suasana hati yang baik. Justru sebaliknya, belajarlah dari kesalahan dan menjadikannya sebagai penyemangat.

Agar tidak membuat kita bingung hari ini mau menulis apa, besok mau membahas apa, kita bisa membuat rencana dengan membuat content plan.

Kita bisa membuat content plan dengan jadwal postingan bulanan/mingguan/harian. Jangan lupa menuliskan tema, serta mencatat referensi penulis yang akan digunakan. Kita bisa menggunakan excel, canva, buku tulis, atau aplikasi yang memiliki fungsi untuk pencatatan atau penjadwalan.

Content Plan akan memecahkan kita mempersiapkan tulisan yang akan dibuat. Merencanakan berarti mempersiapkan, dan persiapan yang matang adalah setengah jalan menuju kesuksesan.

6. Build Your Personal Branding

deeva collection
Designed by using canva

Membangun personal branding penting bagi setiap orang, tak terkecuali kita sebagai blogger. Personal branding yang jelas akan memudahkan kita dalam menempuh berkarier atau menajlankan job kita sebagai blogger.

Untuk membangun personal branding ada banyak cara, salah satunya adalah melalui media sosial. Media sosial dewasa ini menjadi salah satu corong untuk menunjukkan eksistensi diri. Pun dengan calon mitra juga akan mencoba mengecek akun sosial media kita. Sehingga kita perlu menggunakan secara bijak.

Untuk membangun personal branding melalui media sosial, maka kita harus selalu melakukan update post pada akun dengan postingan yang bersifat positif, tidak mengunci media sosial. Selain itu juga perlu diperhatikan jumlah follower dan engagement sosial media kita.

Hal lain yang bisa mendukung personal branding adalah pilihan niche atau topik yang telah ditentukan pada saat sebelum membangun sebuah blog.

7. Konsisten

deeva collection
Designed by using canva
Agar bisa konsisten dan berkembang dalam ngeblog, skill memang dibutuhkan. Namun menumbuhkan passionate dan happiness while blogging juga tak kalah penting. - Marita Ningtyas
Sebaiknya kita punya jadwal khusus untuk update blog, khususnya untuk blog baru sebaiknya update setiap hari. Ketika branding blog sudah mulai dikenal kita tetap harus aktif untuk update blog, minimal setiap sepekan sekali, jangan sampai sebulan tidak update.

Untuk menjaga konsistensi kita bisa bergabung dengan komunitas-komunitas blogger. Bergabung dengan komunitas akan menjadikan kita semakin bersemangat. Setidaknya malu kalau tidak update blog.
Bikin blog itu gampang, yang menantang itu konsisten update postingan. (Marita Ningtyas)

E. 9 Kemampuan minimal Blogger 

Setidaknya ada 9 kemampuan atau keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang blogger untuk mendukung aktivitasnya mengelola blog, yaitu:
  1. Mengganti template (theme)
  2. Membuat halaman statis umumnya berisi halaman About, Sitemap, dan lain-lainnya.
  3. Memasang widget di sidebar.
  4. Memotong artikel agar yang terpampang di halaman depan hanya potongan-potongan artikel.
  5. Memasang gambar atau foto pada artikel.
  6. Memasang link pada anchor text tertentu.
  7. Memasang link pada gambar.
  8. Memasang banner di sidebar maupun pada badan artikel.
  9. Bermain di dashboard untuk membuat draft artikel beserta pernak-perniknya.

F. Professional Blogger Requirement

Untuk menjadi blogger (menuju) professional ada beberapa persayatan yang perlu dilakukan, yaitu:
  1. Meningkatkan kemampuan menulis artikel yang baik
  2. Artikel yang google friendly, minimal 1200 kata (menyesuaikan algoritma google & kompetitor)
  3. Belajar SEO (search engine optimization)
  4. Tahu tentang google search console, google analytics, keyword planner, DA/PA
  5. Update wawasan tentang dunia blogging terbaru
  6. Belajar teknik fotografi & membuat infografis.

G. Membuat Konten Blog Yang Menarik

Untuk membuat sebuah konten yang bisa menarik pengunjung tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa ada kegiatan pendukungnya.
  1. Lakukan riset
  2. Viral or legendary content?
  3. Tentukan referensi/narasumber
  4. Menentukan judul: clickbait, kata kunci, tidak terlalu panjang/ pendek
  5. Perhatikan penggunaan heading - sub heading
  6. Lengkapi dengan gambar/ infografis, sesuaikan dengan panjang artikel
  7. Gunakan teknik showing, don't tell
  8. Soft selling
Bagaimana setelah melihat materi Blogging: Passion, Skill, dan Consistency ini? Pastinya semakin bersemangat, karena bisa tahu bagaimana perjuangan untuk menjadi seorang blogger (menuju) pro. Semoga bermanfaat bagi semua.

.

Related Posts

9 comments

  1. Kecee bangettt, rangkuman materinya rapii bangett, aku jadi bisa lihat review materi di sini

    Makasih

    ReplyDelete
  2. Mas ugi kereeeeen. Lengkap sekali. Makasih mas. Insyaallah bermanfaat ,pakai bangget.

    ReplyDelete
  3. Konsisten tuh masih PR banget buat aku kak, rasanya tuh masih suka-suka gitu deh nulisnya :D

    ReplyDelete
  4. Bersyukur banget ya pak, emang rezeki bisa jadi murid coach Marita, super deh, rajin banget nulis materi ini.

    ReplyDelete
  5. Tulisannya bermanfaat banget buat aku yang telat ikut materi. Terima kasih.

    ReplyDelete
  6. ternyata ngeblog bukan cuma nulis saja ya Pak, tulisannya bermanfaat sekali

    ReplyDelete
  7. Kece banget rangkuman materinya, bakal sering kunjung ke blog kakak, buat intip-intip materi drpd scroll WA hihi

    ReplyDelete
  8. lengkap banget, Pak materinya,, mantap

    ReplyDelete
  9. Konsisten itu tak semudah menuliskannya, apalagi ngeblog, berat banget. Terlebih setelah kenal SEO, woaaa

    ReplyDelete

Post a Comment