Eduwisata Terbaru Kebun Binatang Jember, Jember Mini Zoo

Konten [Tampil]
Kebun Binatang Jember tergolong wisata baru di Kabupaten Jember. Mengusung konsep wisata edukasi yang sangat cocok untuk anak-anak dan keluarga.

Jadi kalian tidak perlu bingung lagi mencari destinasi wisata berhubungan dengan binatang. Cukup mengunjungi Jember mini zoo kalian bisa mengenalkan aneka satwa pada anak-anak.

Kebun Binatang Jember

Kebun binatang Jember yang ada di Jember secara luasan area kebun binatang memang jauh jika dibandingkan dengan kebun binatang yang ada di Jawa Timur dan di daerah lainnya. Pun koleksi satwa juga belum selengkap kebun binatang yang memang sudah ada sejak lama.

Kebun Binatang Jember yang menjadi daya tarik adalah Jember Mini Zoo. Kebun binatang yang bisa kalian kunjungi untuk mendapatkan pengalaman baru bersama keluarga khususnya anak-anak sebagai media edukasi.

Jember Mini Zoo

kebun binatang jember
Image source: instagram jemberminizoo
Jember Mini Zoo atau Kebun Binatang Mini adalah Kebun Bintang Jember yang mengusung konsep wisata edukasi. Kehadiran Jember Mini Zoo juga menghadirkan kebahagiaan bagi masyarakat Jember. Pasalnya mereka tidak perlu lagi menempuh jarak ratusan kilometer. Tidak perlu merogoh kocek banyak karena semua bisa melihat aneka satwa di sini.

Kapan Jember Mini Zoo Dibuka?

Jember Mini Zoo secara resmi dibuka dengan diresmikan oleh Bupati Jember pada awal tahun 2022. Namun keberadaannya sudah mulai diketahui masyarakat sejak Juni tahun 2021 melalui Soft Opening Jember Mini Zoo.

Bulan Juni 2022 ini, mereka baru saja merayakan First Anniversary Jember Mini Zoo. Semoga makin terus berkembang dan makin lengkap koleksi satwanya.

Apa saja satwa di Jember Mini Zoo?

Sebagai kebun binatang jember yang baru, Jember Mini Zoo termasuk sudah cukup lengkap koleksinya. Ada beberapa jenis koleksi satwa yang ada di sini. Semua satwa ini sudah didapatkan secara legal ya. Jadi sudah ada kelengkapan dokumennya.

Sebagai wisata edukasi, Jember Mini Zoo, kebun binatang Jember akan memberikan pengalaman lebih dekat untuk bisa mengenal aneka satwa yang ada di alam ini.

Ini dia beberapa satwa yang bisa kalian kunjungi saat di Kebun binatang Jember.

1. Kura-Kura sulcata

Sudah tahu jenis kura-kura yang satu ini? Kura-kura spesie ini adalah kura-kura yang menghuni tepi selatan gurun sahara. Sudah tahu kan gurun sahara itu di mana? Yap, betul, gurun sahara itu di Afrika. Tapi kalian tak perlu jauh-jauh ke Afrika, karena di Jember Mini Zoo kalian bisa melihat spesies yang satu ini.

2. Burung unta

Burung unta seperti kita pernah baca bersama merupakan burung terbesar yang masih ada hingga saat ini. Tingginya bisa mencapai 2 meter lebih. Lebih tinggi sari saya jadinya. Burung unta ini ikut melengkapi koleksi satwa di Jember Mini Zoo.

3. Kuda Poni

Kuda poni dibandingkan kuda biasa, ukurannya lebih kecil. Sehingga terkadang akan susah membedakan antara kuda poni dan anak kuda biasa.

4. Kelinci

Satwa yang banyak digemari anak-anak ini, menjadi salah satu satwa yang menarik perhatian pengunjung. Mereka bisa memberikan makan pada satwa yang bisa lari dengan cepat ini. Satwa yang lucu dan gesit ini, membuat semua gemes saat melihatnya.

5. Burung Hantu

Serem banget ya, namanya. Tapi saat bertemu dengan satwa ini tidak seram loh. Namanya saja yang menyeramkan karena aktivitasnya biasanya di malam hari.

Tentunya masih banyak lagi satwa yang bisa menemani kalian dan keluarga untuk belajar bersama tentang aneka satwa di sini, seperti berbagai jenis unggas, Ular, Iguana, Sugar Glider, Musang, Macaw Ara ararauna, Kera Ekor Panjang, African Gre,Burung Nuri Bayan, Rusa Tutul,

Selain hewan, ada sejumlah wahana seperti kolam renang dan lokasi pemberian makan kelinci di kebun binatang tersebut. Muhammad juga akan membuka kolam pancing dan pemberian makan ikan koi. “Kami juga ada paket edukasi untuk anak sekolah. Nanti ada tour guide,” katanya.

Apa saja wahana Jember Mini Zoo?

kebun binatang jember
Image source: instagram jemberminizoo

Jember mini zoo sebagai kebun binatang jember yang mengangkat konsep wisata edukasi tidak hanya memberikan pengalaman bagi pengunjung untuk melihat-lihat koleksi satwa. Pengunjung juga bisa menikmati berbagai wahana yang disediakan owner.

1. Danau Cinta

Namanya bikin mengenang masa berdua dengan sidia. Danau Cinta, namnya bau-bau romantis. Bikin penasaran yang membaca pastinya. Danau Cinta, adalah danau buatan yang ada di kawasan Jember Mini Zoo. Di sini pengunjung bisa keliling danau dengan menaiki perahukayu atau sepeda air. Pastinya akan romantis sekali naik perahu berdua dengan pasangan. Kalau jomblo? Ajak temen dong, biar ramai,

2. Taman Pelangi

Buat kalian yang suka mengabadikan momen bersama teman, ataupun suka selfi, wahana Taman Pelangi bisa menjadi pilihan. Kalian bisa berswafoto dengan latar warna-warni bunga yang ada di taman ini.

3. Taman Kelinci

Taman kelinci salah satu wahana yang patut untuk dikunjungi. Ada beberapa spot foto instagrammable di ini. Tentunya akan membuat kalian makin tidak mau pergi dari sini. Kalaian bisa juga melakuakn Feeding Kelinci.

4. Panahan

Memanah salah satu aktivitas yang banyak dilakukan ornag belakangan ini. Buat kalian yang suka cabang panahan, bisa mencoba wahana panahan yang ada di Jember Mini Zoo. Kalian bisa mengasah fokus kalian di sini.

5. Wahana Gardening

Mau liburan makin produktif? Tidak salah jika mengunjungi Jember Mini Zoo, karena disini ada wahana gardening. Gardening berasal dari Bahasa Inggris artinya berkebun. Di sini anak-anak bisa merasakan pengalaman berkebun. Mulai menanam benih, merawat tanaman, dan memanenya.

6. Mini Water Boom

Untuk melengkapi kebersamaan liburan bersama keluarga, Kebun Biantang Jember, Jember Mini Zoo melengkapi wahana dengan menghadirkan Mini Water Boom. So, kalian bisa merasakan segarnya air Jember, di Jember Mini Zoo. Kalian bisa juga menikmati Mandi Busa di sini. Seru bukan?

7. Wahana ATV

Buat kalian penyuka tantangan, jangan khawatir. Tidak perlu risau, karena di sini juga terdapat whana ATV yang akan menjadi teman kalian untuk mendapatkan tantangan mengendarainya.

8. Cafe dan Resto

Berkunjung ke Jember Mini Zoo, dan lupa untuk membawa bekal? Kalian bisa mengunjungi Menjangan Cafe and Resto, yang menyajikan aneka kuliner bagi kalian. Kalian bisa melepas dahaga dengan menikmati Korean Strawberyy Milk, perpaduan rasa strawberry dan susuk segar.

Ada juga Rimba Resto, salah satu restoran yang ada di Jember Mini Zoo. Tentunya kalian akan diberikan pengalaman menikmati kuliner yang enak-enak di sini.

Masih banyak lagi wahana yang bisa kalian nikmati saat berkunjung ke Jember Mini Zoo, Kebun Binatang Jember. 

Berapa Tiket Masuk Jember Mini Zoo?

Jember Mini Zoo, sebagai salah satu destinasi wisata edukasi di Jember bisa dikunjungi dan dinikmati bersama keluarga, teman atau pasangan dengan harga tiket yang terjangkau. Ada beberapa paket yang bisa dipilih saat mengunjungi Kebun Binatang Jember ini. 

1. Paket Wisata Terusan

a. Paket Macau

Harga tiket untuk paket Macau adalah Rp 44.000,00. Membeli paket ini, kalian sudah mendapatkan fasilitas tiket masuk, sepeda air, memberi makan kelinci, mini train, dan panahan.

b. Paket Sulcata

Untuk membeli paket Sulcata ini kalian hanya perlu mengeluarkan Rp 28.000,00. Biaya ini meliputi tiket masuk area, sepeda air, dan memberi makan kelinci.

2. Paket Satuan

Paket satuan ini bisa kalian pilih jika ingin memilih paket yang tidak ada dalam paket wisata terusan. Harga tiketnya adalah

Wahana

Harga Tiket

Masuk Area

Rp. 20.000,-

ATV

Rp. 25.000,-

Mini Waterboom

Rp. 10.000,-

Wahana Mini Train

Rp. 10.000,-

Panahan

Rp. 10.000,-

Wahana Sepeda Air

Rp. 10.000,-

Feeding Kelinci

Rp.   5.000,-


Itu dia informasi harga tiket masuk dan tiket wahana yang ada di Jember Mini Zoo. Kalian juga bisa menyimak informasi seputar Jemebr Mini Zoo ataupun discont pada event tertentu dengan mengunjungi instagramnya @jemberminizoo.

Dimana lokasi Jember Mini Zoo?

Kebun Bintang Jember, Jember Mini Zoo ini berada di Jalan Brawijaya, Kompleks Redjo Agung, Tanjung, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.

Untuk menemukan Jember Mini Zoo ini sangat mudah. Setelah terminal tawang alun, kalian akan mendapati rest area Jubung. Tidak jauh dari sana kalian akan bertemu dengan Lampu Merah Mangli. Posisinya di kiri jalan sebelum lampu Merah Mangli.

Jam Operasional Jember Mini Zoo

Buat kalian yang mau datang dan berkunjung ke Kebun Binatang Jember, Jember Mini Zoo buka setiap hari. Biar tidak bingung ini dia jam operasionalnya.

Hari Operasional

Jam Operasional

Senin – Kamis

09.00 – 16.30 WIB

Jumat - Sabtu

08.00 – 17.00 WIB


Penutup

Berniat untuk liburan bersam akeluarga, dan menghabiskan akhir pekan bersama dengan kegiatan yang produktif? Kalian bisa mengunjungi Jember Mini Zoo.

Kalian yang di luar Jember dan berniat berkunjung ke Kabupaten Jember dalam waktu dekat, jangan lewatkan kesempatan untuk mampir dan menikmati wahana yang ada di Kebun Binatang Jember.


Kapan Jember Mini Zoo Dibuka?

Jember Mini Zoo secara resmi dibuka dengan diresmikan oleh Bupati Jember pada awal tahun 2022

Apa saja satwa di Jember Mini Zoo?

  • Kura-Kura sulcata
  • Burung untua
  • Kuda poni
  • Kelinci
  • Burung hantu

Apa saja wahana Jember Mini Zoo?

  • Danau Cinta
  • Taman Pelangi
  • Taman Kelinci
  • Panahan
  • Wahana Gardening
  • Mini Water Boom
  • Wahana ATV
  • Cafe dan Resto

Berapa Tiket Masuk Jember Mini Zoo?

  • Paket Terusan - Macau Rp. 44.000,00
  • Paket Terusan - Sulcata Rp. 28.000,00
  • Paket Satuan Rp. 10.000,00 - Rp. 25.000,00

Dimana lokasi Jember Mini Zoo?

Kebun Bintang Jember, Jember Mini Zoo ini berada di Jalan Brawijaya, Kompleks Redjo Agung, Tanjung, Kelurahan Mangli, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur.


Jam Operasional Jember Mini Zoo

  • Senin – Kamis : 09.00 – 16.30 WIB
  • Jumat - Sabtu : 08.00 – 17.00 WIB

Related Posts

Post a Comment