deeva collection

Jangan Jadi Blogger Kalau Nggak Mau Ribet

Konten [Tampil]
Jangan jadi blogger karena menjadi blogger itu gampang-gampang susah. Gampangnya hanya dengan membuat akun di blogger sudah selesai dan sudah memiliki akun blog. Untuk menjadi blogger sebenarnya harus menguasai banyak hal untuk mendukung kenyamanan pengunjung blog.
mengapa perlu site audit
Menjadi seorang blogger harus tahu dan memiliki Big Why kenapa menjadi seorang blogger. Mau meluangkan waktu untuk mengelola blog. Bukan hanya membuat, namun mengelola. Seperti mengatur template agar bisa nyaman saat ada yang berkunjung. Ketika template responsive dan layout nyaman dilihat tentu akan membuat pengunjung merasa betah.

Selain berhubungan dengan template, seorang blogger juga harus memperhatikan kaidah untuk optimasi tulisan mulai keyword, optimasi gambar, dan meta description. Tujuannya tidak lain adalah untuk membuat publikasi yang bisa terdeteksi dalam mesin pencarian. Untuk itu juga perlu belajar tentang site audit untuk mendukung optimasi blog.

Tulisan ini sebagai sebuah gambaran bagi saya sendiri dan juga teman-teman pemula yang sama seperti saya. Gambaran kalau menjadi blogger itu membutuhkan effort yang besar. Akan bertemu dengan hal-hal yang membuat ribet, khususnya saat berhubungan dengan kode-kode bahasa pemrograman.

Sebagai gambaran apa sih yang membuat ribet, saya bagikan pengalaman saya melalui tulisan ini. Tujuan agar siapapun yang mau memulai ngeblog memiliki gambaran apa yang akan dihadapi saat menjadi blogger. Kalau tidak mau ribet? Ya, jangan jadi blogger kalau nggak mau ribet.

1. Bagaimana saya terjun di Dunia Blogger?

Bagi saya terjun ke dunia blogger adalah sebuah impian besar. Impian itu bisa menulis di blog, itu saja. Masa lalu membangun blog yang kemudian dihapus adalah bagian dari pelajaran secara otodidak. Barulah kemudian belajar dengan sungguh-sungguh bersama mentor yang ikhlas dan tulus.

Saya menekuni dunia blogger karena pandemi yang melanda. Boleh dibilang hikmah di balik pandemi. Awal pandemi menjelang akhir tahun saya harus menjalani isolasi mandiri. Saat ini saya reaktif setelah dari luar kota. Saya tidak perlu cerita panjang bagaimana perjalanan menuju reaktif.

Saat isoman saya merasa semakin buruk tanpa aktivitas. Hingga suatu hari mendapatkan informasi kelas blogging. Saya ikut kelas preview, dan ikut kelas berbayarnya secara online bersama PritaHW. Saya ikut karena ingin tahu bagaimana bisa menulis dan apa yang harus dilakukan saat mau menulis di blog.

Tidak tahu apa itu TLD hanya tahunya (.com). Saya memberanikan membeli domain untuk parenting dan mengulik cara custom dengan mengikuti panduan dari penyedia domain dan berhasil.

Suatu waktu ada challenge menulis di blogspedia dan itu membuatku mencoba mengikutinya. Saat pengumuman saya mendapatkan kesempatan belajar tentang dunia blogger lebih mendalam. Lagi-lagi semakin belajar semakin banyak yang tidak diketahui. Awalnya begitu berat, apalagi ketika harus masuk pada hal yang berhubungan dengan bahasa pemrograman. Kalau mau menyerah jangan jadi blogger.

Beberapa bulan kemudian setelah berjuang dengan segala tenaga bisa menyelesaikan kelas dan tantangan yang diberikan. Selesai kelas dan selebrasi bersama para alumni blogspedia coaching batch 2 bersama coach Maritaningtyas. Mulailah bergabung dengan beberapa komunitas yang bisa memberikan banyak insight. Tujuan lainnya juga untuk menjaga konsistensi dalam menulis.

2. Bagaimana Cara memulai Ngeblog?

jangan jadi blogger
Saya sudah membagikan sekilas perjalanan bagaimana saya terjun ke dunia Blogger. Lalu, apa sih sebenarnya yang harus dilakukan untuk memulai Ngeblog. Persiapan apa yang harus dimiliki untuk masuk dan memulai Ngeblog? Perlu kita pahami bahwa menjadi seorang blogger tidak langsung jadi begitu saja. Membutuhkan proses untuk memulai Ngeblog. Apa saja proses yang saya lalui untuk memulai Ngeblog?

a. Memiliki kemauan dan tekad kuat

Ngeblog bukan sekedar memiliki akun, kalau sekedar memiliki akun itu bukan blogger tapi membuka akun. Nah di sini, tekad kuat itu bisa dibangun dengan alasan kuat mengapa kita ingin Ngeblog. Apakah untuk memudahkan proses mengajar bagi siswa atau mahasiswa, atau karena hanya ingin share pengalaman sehari-hari. Semua harus dikuatkan.

Untuk itu kita juga perlu memantapkan niat untuk Ngeblog. Niat yang kuat akan memberikan semangat tersendiri dikala kita down.

b. Tentukan niche blog yang akan dibuat

Menentukan niche atau tema blog yang akan dibuat akan mempengaruhi tampilan dari blog yang buat nantinya. Menentukan tema bukanlah hal mudah, karena harus mengukur kemampuan dan wawasan diri. Hal paling mudah bisa dilakukan untuk memilih niche adalah melihat hal tersekat dalam diri. Apa yang biasa kita lakukan, skill apa yang kita miliki.

Penggalian potensi diri ini selanjutnya bisa kita jadikan turunan tema yang kita buat. Misla kita memilih tema lifestyle, apa saja yang akan dibahas di dalamnya, ini harus masuk dalam rencana atau pikiran kita.

c. Pilih template yang tepat dan lakukan pengaturan.

Sudah ada kemauan, sudah menemukan tema yang akan diangkat maka selanjutnya adalah memilih template yang tepat dan sesuai dengan pilihan kita. Pertimbangan dalam memilih template yang perlu diperhatikan yaitu pilihlah template yang ramah SEO atau SEO Friendly, loading cepat.

Jika sudah menemukan template yang tepat dan bisa mendukung optimasi blog kita, selanjutnya adalah melakukan pengaturan template sesuai dengan keinginan. Dalam melakukan pengaturan template gunakan fitur yang penting saja, kalau tidak penting jangan digunakan. Mengapa? jawabnya karena ini akan menambah lamanya waktu loading saat blog di akses. Kalau sudah yakin mau upgrade Top Level Domain, segera lakukan.

d. Konsisten

Konsistensi dalam menulis menjadi modal utama bagi seorang blogger. Kata Mbak Marita, jangan sampai jadi sarang laba-laba. Artinya saat memiliki blog harus diisi dengan perabotan yang bagus (tulisan atau artikel kita).

Konsistensi ini tergantung pada masing-masing pribadi. Mau setiap hari, mau dua hari sekali, 3 kali seminggu, atau seminggu sekali. Semua kembali pada diri. Karena kita juga memiliki kegiatan atau aktivitas selain Ngeblog, maka sebagai blogger harus bisa mengatur waktu mengelola blog sehingga tidak mengganggu satu sama lain.

3. Apa Niche Blog Saya? Mengapa Memilih Niche Tersebut?

Saya membangun blog www.deevacollection.com dengan tema lifestyle. Tema ini dipilih agar dapat memberikan pilihan kepada pengunjung tentang topik tertentu yang berhubungan dengan keseharian.

Pada awalnya sebenarnya hanya akan memilih blog bertema fashion, namun karena ada beberapa topik yang saya tulis, maka jadilah bertema lifestyle.

Meskipun bertema lifestyle, ke depan blog ini tetap akan dijadikan sebagai blog sekaligus toko online. Sebagai nilai lebih bagi pengunjung maka dibuatlah topik seperti tentang blog and write, travel and food, dan daily and tips.

Alasan lain mengapa memilih niche ini adalah agar blog tidak hanya digunakan sebagai informasi namun juga bisa menjadi blog yang menyediakan layanan transaksi. Selain itu saya juga membangun diri untuk bisa dikenal sebagai Lifestyle Blogger.

4. Bagaimana Menjaga Konsistensi dalam Menulis?

Dalam aktivitas blogging, menjaga konsistensi menulis menjadi hal yang berperan penting dalam blog kita. Semakin sering menulis, semakin kaya blog kita dengan artikel. Tapi kita juga menyadari kalau konsisten itu memang berat. Butuh perjuangan, seperti memperjuangkan seorang kekasih. Membutuhkan tekad kuat, dan pengorbanan. Makanya kalau tidak siap jangan jadi blogger. hehe

a. Membuat rencana tulisan

Dalam menjaga konsistensi yang bisa dilakukan adalah membuat rencana. Membuat rencana tulisan akan memudahkan kita dalam membentuk konsistensi. Kita memiliki target tulisan yang akan ditulis dan di publish. Tentu ini akan menjadi penyemangat untuk menyelesaikan tulisan.

b. Bergabung dalam komunitas

Komunitas bisa menjadi tempat bertumbuh bersama dalam membesarkan blog. Di dalam komunitas bisa sharing ataupun mengikuti aktivitas menulis bersama yang itu biasanya dibatasi dengan waktu tertentu.

Mau tidak mau maka akan terpantik untuk menulis seberat apapun kondisi kita. Secara kalau kita bergabung dalam komunitas, terus yang lain pada membagikan tulisannya, terus kita tidak pernah membagikan tulisan kita, pastinya akan malu sendiri dong..

c. Mengikuti tantangan menulis

Selain membuat rencana dan bergabung dengan komunitas blogger, kita juga bisa bergabung dengan komunitas lain.

Komunitas yang bisa dipilih adalah komunitas yang sesuai dengan passion kita. Di mana kemudian dari pertemuan di komunitas bisa juga menjadi ide dalam menulis.

Mengikuti challenge dalam menulis juga bisa membentuk konsistensi kita. Seperti yangs aya lakukan di awal setelah selesai kelas blogging. Saya mengikuti program one day one post. Saat target hanya menulis rutin 300 kata, saya tetap menuliskan minimal 800 kata. Tujuannya adalah untuk membangun kemampuan menulis itu sendiri dan menambah kosa kata, serta agar bisa bersaing dengan kompetitor.

Konsisten untuk menulis itu penting. Konsistensi kita akan memberikan banyak keuntungan bagi kita. Salah satunya kita akan sering mengenalkan diri kita, dan orang akan mengenal kita sebagai blogger yang bagaimana.

5. Apa saja langkah Saya dari Menulis Hingga Publish?

Menulis pada blog sebenarnya sama dengan menulis pada platform lain ataupun pada karya tulis ilmiah. Tujuannya agar kita tidak terlalu melebar dari apa yang dibahas dengan apa yang akan dibahas dalam tulisan kita. Langkah-langkah yang saya lakukan dalam menulis yaitu:

1. Pra menulis

Tahap pra-menulis adalah tahap yang dilakukan untuk mempersiapkan tulisan sebelum kemudian memulai menulis.

a. Riset Kata Kunci (Keyword)

Saat pra menulis beberapa hal yang saya lakukan adalah melakukan riset keyword. Meskipun yang saya lakukan sifatnya sederhana dan belum profesional seperti blogger profesional. 

Research dilakukan dengan menggunakan google search, kemudian mencari kata kunci yang lebih panjang atau long tail. Karena jelas jika yang pendek pasti kalah dengan yang sudah ada di peringkat atas.

b. Membuat outline

Ini bagian penting yang tidak boleh dilupakan dan dilewatkan. Membuat online atau kerangka tulisan akan memberikan kita gambaran tentang ide besar yang akan kita tulis. Apa saja yang akan menjadi pembahasan di dalam artikel kita.

2. Menulis dan Mempersiapkan Gambar

Langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam langkah inti yaitu menulis artikel yang akan dibuat. Dalam menulis yang bisa dilakukan adalah mengembangkan kerangka menjadi paragraf yang utuh dan saling memiliki keterkaitan satu sama lain. Di mana paragraf yang satu dan yang lain saling mendukung dan menguatkan.

3. Editing dan Publish

Setelah selesai menulis sesuai dengan kerangka dan target kata yang diinginkan tahap selanjutnya adalah melakukan preview tulisan. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan kesalahan penulisan kata.

Jika sudah dirasa cukup, maka dilanjutkan dengan melakukan optimasi tulisan agar bisa SEO Friendly, yaitu dengan mengatur Heading, memasukkan meta description, memasukkan gambar dan melakukan pengaturan image title dan alt image, serta memastikan permalink tulisan.

Selanjutnya adalah publish tulisan dan melakukan pengindeksan tulisan melalui google search console yang sudah dibuat.

6. Perlukah Blogger Paham SEO?

Blogger Paham SEO bagi saya sangat perlu. Mengapa? Karena kita berharap tulisan yang kita tulis memiliki manfaat lebih luas. Kalau seorang blogger paham SEO makan akan menunjang tulisannya bisa memiliki peluang untuk diakses lebih banyak orang.

Untuk memahami SEO pun bisa bertahap sesuai kemampuan masing-masing. Lakukan hal paling sederhana dengan konsisten hingga bisa sepenuhnya paham di kemudian hari.

Memang kita tidak akan bisa belajar semuanya dalam satu waktu bersamaan, namun dengan konsisten satu hal akan menjadi nilai lebih bagi kita, salah satunya dengan berusaha belajar tentang SEO itu sendiri.

Namun demikian ini kembali kepada diri setiap pribadi, apakah artikel yang dibuat akan di cek sudah SEO atau belum sebelum publish. Apakah dia hanya akan menulis sekedar menulis asal bisa menyalurkan ide di blognya. Saran saya, kalau kata orang sekali nyemplung menyelam sekalian.

7. Sejauh mana pemahaman Saya tentang SEO?

mengapa perlu site audit
SEO atau Search Engine Optimization adalah sebuah upaya untuk bisa membuat blog kita muncul di peringkat atas pada mesin pencarian. Ini juga merupakan tantangan bagi seorang blogger, karena nyatanya membuat artikel yang SEO tidak semudah yang kita bayangkan.

Seringkali kita menargetkan untuk bisa muncul pada halaman pertama, namun kenyataannya berada di halaman di luar halaman 1, bisa di halaman 2, 3 atau bahkan di halaman 10.

Upaya untuk mencapai blog yang SEO khususnya pada SEO Content Writing, kita perlu melakukan optimasi dengan dua hal yaitu

a. SEO On Page

SEO On Page adalah proses optimasi blog dengan memperhatikan hal-hal yang terdapat di dalam tulisan. Selain optimasi keyword atau kata kunci, kita juga perlu optimasi struktur heading pada tulisan kita. 

Struktur heading akan memudahkan orang untuk membaca tulisan kita dan turunan dari tulisan itu sendiri. Selain itu, optimasi gambar juga perlu kita lakukan dari judul gambar dan alt image yang ada di dalamnya. Serta mengisi kolom meta description pada halaman tulisan.

b. SEO Off Page

SEO Off Page adalah proses optimasi blog melalui hal yang ada di luar tulisan itu sendiri. Seperti membagikan tulisan melalui media sosial, atau pemberian backlink pada sumber yang terpercaya dan memiliki peringkat di mesin pencarian.

Manfaat dari penerapan menulis dengan SEO akan memberikan peluang tulisan kita bisa ditemukan oleh banyak orang. Harapannya, bisa menaikkan traffic ke blog kita.

8. Bagaimana Cara Menaikkan Traffic?

jangan jadi blogger
Saya terkadang tertawa sendiri melihat angka kunjungan yang jauh di bawah blog milik teman-teman. Mungkin saja usaha saya menaikkan traffic belum sekuat mereka. Perjuangan belum sekeras mereka.

Bisa juga karena saya belum paham bagaimana cara menaikkan traffic sebenarnya,namun belajar dari para pendahulu, dari webinar yang saya ikuti, ataupun kelas sharing bersama teman-teman blogger ada beberapa cara yang bisa dilakukan.
  1. Sebelum membuat tulisan pastikan melakukan riset kata kunci, dan perlu memperhatikan banyaknya kompetitor yang menggunakan kata kunci yang kita cari. Bersainglah dengan menggunakan long tail keyword. Kalau pakai yang pendek, tentu akan kalah sama yang sudah lebih dulu.Kemudian menerapkan kaidah SEO dalam tulisan kita.
  2. Gunakan sosial media untuk membagikan artikel kita kepada khalayak misal twitter dengan kata-kata yang menarik orang untuk membaca, thriller tulisan yang membuat orang mau menuju blog kita. (Membuat call to action kadang sulit dilakukan)
  3. Bergabung komunitas, saling blogwalking atau mengunjungi blog sesama blogger. Namanya orang baru perlu banyak waktu untuk mengunjungi tetangga sekaligus berkenalan dengan mereka. Memberitahukan alamat rumah kita dimana, meskipun ini tidak mendukung kunjungan organik, namun setidaknya ada yang mendatangi blog kita.

9. Apa Pencapaian Terbesar di Dunia Blogger?

Menjadi blogger adalah hal yang sudah lama saya impikan. Setiap berkunjung ke google dan mencari referensi untuk tugas kuliah, seringkali berpikiran apakah saya bisa memiliki blog seperti ini. Berisi informasi yang bisa dimanfaatkan bagi orang lain.

Saya pun belajar secara otodidak dan membuat blog untuk diisi dengan bahan mengajar Bahasa Inggris SMP. Berjalan beberapa tahun, kemudian saya hapus blog itu. Setelah sekian lama, saya bertemu dengan seorang blogger. Ikut kelas membuat blog, bertemu dengan blogspedia dan belajar banyak hal tentang blogging lebih mendalam.

Seiring perjalanan waktu, bergabung dengan beberapa komunitas blogger. Semakin bersama dengan mereka, semakin banyak hal yang diketahui. Semakin belajar semakin banyak pembahasan dunia blog yang tidak diketahui sehingga memantik untuk terus belajar.

Capaian terbesar dari dunia blog ini bagi saya adalah bisa bertemu dengan mereka yang sudah lebih awal beraktivitas sebagai narablog, tidak hanya bisa sharing, namun bisa mendapatkan banyak pengetahuan dan kesempatan. Tentunya menambah pundi-pundi rezeki.

10. Harapan saya untuk Dunia Blogger?

Sebagai blogger tentu memiliki harapan besar agar blog yang dikelola bisa mudah dicari oleh orang melalui mesin pencarian google atau yang lainnya. Tentu untuk kesana membutuhkan usaha dan konsistensi untuk mencapainya.

Ada banyak hal yang perlu dilakukan berulang untuk bisa mewujudkan harapan itu misal dari membiasakan melakukan research keyword secara mendalam. Mungkin selama ini hanya sekilas saja dan tidak maksimal dalam menentukan kata kunci. Butuh banyak latihan dan uji coba hingga kelak bisa menemukan alur agar keyword sesuai dengan yang diinginkan pembaca.

Harapan paling besar dari saya adalah bagaimana blog bisa teroptimasi dengan baik. Bisa dikelola secara konsisten dan lebih baik lagi. Contohnya dalam penyebaran artikel yang merata pada masing-masing kategori. Selain itu lebih memahami lagi hal-hal lain yang mendasar seperti mengatasi broken link dan lain sebagainya.

11. Pandangan tentang Dunia Blogger di Indonesia saat ini?

Dunia blogger di Indonesia semakin berkembang dengan pesat, sehingga perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak, misal pemerintah. Dalam hal apa? Dalam hal dukungan terhadap infrastruktur jaringan yang bisa menjangkau hingga pelosok negeri.

Keberadaan blogger di Indonesia bisa menjadi sebuah kekuatan besar untuk membangun persatuan dan kesatuan. Merekatkan ikatan antar daerah, yang kemudian saling menguatkan kebersamaan semua orang dari berbagai latar belakang.

Dunia blogging sekarang tidak hanya dilakukan oleh orang-orang tertentu saja. Siapapun yang memiliki keinginan, dan didukung kemauan bisa menjadi narablog. 

Apapun profesi mereka. Seperti teman-teman blogger saya, ada yang full freelance, ada yang seorang guru, ibu rumah tangga. Ada juga yang berprofesi dokter, seperti teman saya yang di tengah kesibukannya sebagai Spesialis Anak masih menyempatkan diri berbagi seputar dunia kesehatan melalui blognya.

Selain itu, Dunia Blogger saat ini bukan hanya digunakan untuk menulis kepentingan pribadi, namun juga sudah bisa mendukung Blogger untuk lebih produktif. Sehingga bisa menjalin kerjasama dan partnership dengan mereka yang di luar blogger, semisal ikut dalam kampanye kesehatan, kampanye lingkungan, atau bahkan mempromosikan produk.

Keberadaan blogger di Indonesia yang merupakan negara kepulauan sangat besar perannya dalam mewujudkan pemercepatan penyampaian informasi kepada masyarakat. Seperti ikut mengkampanyekan program kesehatan, program lingkungan, yang kemudian juga disebarluaskan melalui media sosial yang mereka miliki.

12. Apa yang Perlu diperbaiki pada Blog Anda?

Apa sih yang pelru diperbaiki dari blog yang saya kelola? Sejujurnya saya terkadnag merasa bingung saat menemukan permasalahan berhubungan dengan blog yang saya kelola.

Seperti ketika mendapatkan informasi artikel yang valid with warning, dengan keterangan terindeks meskipun diblok oleh robot.txt. Tentu membutuhkan solusi bagaimana agar bisa terindeks tanpa ada diblok.

Saya yakin masih terdapat beberapa hal yang perlu dilakukan perbaikan dari blog saya. Seperti penulisan agar bisa menjadi lebih mengalir dan tidak terasa kaku saat dibaca meskipun menggunakan bahasa formal.

13. Apa itu Site Audit?

jangan jadi blogger
Seringkali mendengar pembicaraan beberapa blogger tentang site audit. Tapi saya tetap tidak ngeh, belum paham bagaimana cara melakukan audit pada website atau blog. Saya pun mencari informasi tentang apa sebenarnya site audit.

Ternyata site audit menjadi proses yang penting yang bisa dilakukan oleh pemilik blog. Dikutip dari niagahoster.co.id disebutkan bahwa audit website adalah memeriksa dan memperbaiki berbagai aspek website secara menyeluruh. Terutama dari sisi teknis, user experience, serta SEO.

Berdasarkan penjelasan tersebut bisa ditangkap bahwa dengan melakukan audit site audit kita akan mendapatkan temuan-temuan berhubungan dengan blog yang kita miliki. Apakah blog kita sehat-sehat saja atau perlu penanganan untuk menyehatkan kembali.

Sehat atau tidaknya blog yang kita miliki salah satunya bisa dilihat dari link yang ada di dalamnya. Adakah link pada blog kita semuanya sehat atau ada yang broken link. Melalui site audit kita akan tahu bagian mana saja yang perlu mendapatkan solusi sehingga blog kita kembali sehat.

14. Mengapa Anda ingin Mempelajari Site Audit Web?

Site Audit Web adalah hal yang baru bagi saya, saya belum pernah mengerti, apalagi memahami apa saja yang ada di dalam site audit secara teknis. Selama ini hanya tahu site audit secara sekilas sesuai pengertiannya, dan itu pun bersifat umum.

Setelah membaca sebuah artikel saya membelalakkan mata. Banyak sekali hal yang perlu dilakukan di dalam site audit. Saya pun jadi bertanya-tanya, apakah blog saya sudah sehat? Apakah blog saya sudah betul-betul memenuhi kaidah SEO?

Inilah alasan kenapa saya ingin mempelajari Site Audit Web? Karena ingin mengetahui setiap tahap dalam proses site audit. Bagaimana langkah yang harus diambil untuk mengatasi temuan dalam site audit sehingga bisa memperbaiki performa dari blog kita.

15. Kenapa Anda Harus Ikut Pelatihan Site Audit ini?

Kenapa saya harus ikut pelatihan site audit bersama Coach Irwin ini? Jawabannya tentu karena saya sangat membutuhkan skill ini. Sebagai seorang blogger ibarat memiliki rumah harus tahu apakah kondisi rumahnya baik-baik saja atau sedang tidak baik-baik saja.

Saya harus mengikuti Pelatihan Site Audit ini agar bisa mengetahui secara mendalam bagaimana step yang harus dilalui, tools apa yang harus digunakan dalam site audit, bagaimana cara membaca hasil audit, dan dari mana harus memulai untuk meningkatkan performa blog.

Saya berharap memiliki kesempatan untuk bisa belajar dalam Pelatihan Site Audit ini. Karena memang saya belum pernah melakukan site audit sejak dari awal memulai Ngeblog hingga saat ini.

16. Kesimpulan

Itulah sekilas perjalanan saya sebagai seorang blogger yang memulai dari sesuatu yang asing, bertemu dengan hal yang asing, namun semakin sering berinteraksi dengan dunia blog menjadikan sedikit demi sedikit saya memahaminya.

Saya berharap semakin menambah pengetahuan dan pemahaman terhadap blog yang saya kelola dengan memiliki kesempatan bersama blogger lain untuk mengikuti Pelatihan SIte Audit bersama Coach Irwin.

Semoga melalui artikel berjudul Jangan Jadi Blogger Kalau Nggak mau Ribet ii bisa menjadi penyemangat bersama bahwa untuk menjadi seorang blogger sama seperti kita menjalani profesi, membutuhkan perjuangan dan kesungguhan.



Related Posts

39 comments

  1. Apakah aku harus berhenti jadi blogger,, karena aku gak mau ribet.. Aku mau nulis aja mikirnya susah.. Masasih harus memahami seo, tool, dsb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, ga juga sih, Kak. Memikirkan ide juga bagian dri keribetan yang sudah dijalani loh. Kalau malaha mau nerapkan SEO atau tidak kembali pada masing-masing pribadi. Jadi tetap semangat dong menulis.

      Delete
  2. Jadi blogger tidak se simpel nulis dan publish ya.. Banyak 'kejutan' di dalamnyaa.. Meski ribet aku tetap mau jadi blogger haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, meskipun ribet tetap jadi blogger, karena dibalik keribetan kita banyak blogger di luar sana yang juga menghadirkan solusi untuk kita.

      Delete
    2. Betul Pak, asal mau saja mencari, selalu ada tempat untuk dapat solusi. Aku juga lagi pengen ikutan kelasnya Coach Irwin.. Semoga kita bisa ikutan kelas ini ya.

      Delete
  3. Makasih pak pencerahannya seputar dunia blogging. Lengkap bin detail lho penjelasannya. Saya tuh sering lupa kaidah SEO. Ini jadi titik lemah blog ku, padahal itukan vital banget ya... Btw, saya tertarik dg site audit pak... Belajar yuk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk belajar, saya juga mau belajar loh Pak Dokter. Sama-sama belajar, wajar kalau ada lupa.

      Delete
  4. Judulnya nonjok banget...
    Saya masih nulis kalau lagi mood nya bagus.... Konsisten nya masih kurang bagus,,
    Tapi alhamdulillah tulisan ini seprti mengingatkan kembali terhadap tujuan ngeblog dan jadi ingat lagi ucapan coach Mbak Marita saat ikut coaching... He
    Terima kasih, sukses buat Mas Ugi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga, Pak Hamdan. tulisan ini juga mengingatkan diri, kalau menjadi blogger banyak tantangan yang harus ditaklukkan, termasuk tantangan menaklukkan diri

      Delete
  5. masya Allah aku dikelilingi olehorang-orang kerennih semangat belajarnya bikin auranya menular .. doakan untuk bisa saling menyemangati ya pak site audit ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. SIap, saling mendoakan, saling mendukung, saling menyemangati. Together we can

      Delete
  6. Menjadi bogger sama dg profesi lain yang membutuhkan perjuangan dan kesungguhan..ah noted pak..
    Semoga kita bisa ikut belajar site audit ya pak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mbak. Betul, butuh perjuangan. Aamiin semoga bisa belajar bareng mb

      Delete
  7. Akhir tahun lalu blog saya kena dampak kebakaran kantor cyber, yang lain seminggu dah bisa normal tapi blog saya gak kunjung balek, huhuhu. Setelah bisa normal sebulan yll, mulai lagi memang berat tapi untung ada komunitas yang bisa selalu support. Terima kasih juga kak tulisannya juga jadi motivasi saya untuk membangun blog saya kembali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Kak. Waktu itu memang cukup berdampak bagi banyak blogger. Beruntung ya, kita bisa di komunitas jadi ada yang saling menguatkan

      Delete
  8. Lengkap bange semua pointnya untuk membangun sebuah blog yang baik, jadi pengingat aku banget untuk lebih banyak belajar gimana optimasi blog nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, Mba. Sama, saya juga masih terus belajar. Semakin belajar semakin banyak ga tahu

      Delete
  9. Artikelnya insightful bangeett, memompa semangat utk menjadi a better blogger!
    Site audit kudu dilakoni secara kontinyu ya.
    sip, sipp, tetep semangat buat blogging yak.

    ReplyDelete
  10. Memang menjadi blogger itu perlu perjuangan keras ya. Pintar2 manage waktu. Aku sj d blog cm nulis tok, dn pasang logo. Selebihnya minta web desain. Seo mikirnya lilahitaala ajalah. Heheh. Bisa ada di page utama adalah bonus. Setidaknya dg bw, blogku jd hidup.

    ReplyDelete
  11. Bener banget kakak. Mau jadi bloger emang butuh strong why banget. Soalnya memiliki profesi sebagai bloger itu tidaklah mudah, tapi kalau sudah tahu caranya enak banget

    ReplyDelete
  12. Meski aku ngga paham SEO dan jarang konsisten tapi aku masih ttp mau jadi blogger ...

    ReplyDelete
  13. Lengkap sekali poin-poinnya kak, nice sharing! Berguna banget kalo mau jadi blogger yang profesional, semua aspek harus dilihat salah satunya optimasi SEO. Kebetulan saya belum paham soal ini, jadi sambil dikit-dikit belajar hehe

    ReplyDelete
  14. Lengkap banget mbak, klo saya jadi blogger awalnya coba-coba dan karna punya hobi nulis,, eh makin hoby ternyata makin asik mbak.

    ReplyDelete
  15. Bisa dikatakan yang orang lihat soal blogger, adalah mengasikkan dapat cuan. Tapiiii....padahal yang dipikirin banyak, ya itu html nya yang sesuatu hehe

    ReplyDelete
  16. setuju banget

    profesi blogger gak bisa sambil merem :D

    bahkan sesudah melakukan semua kiat, tetep aja blog saya majunya pelan banget

    ReplyDelete
  17. Teman-teman sering sekali bilang : "enak ya jadi blogger, bisa dapat endorse". Mereka ga tau aja bagaimana awal memulainya dan menjaga konsistensi menulis, selain itu kita juga harus punya skill lain, seperti foto dan video untuk bantu promosikan tulisan kita di social media. Memang terasa berat, namun jadi blogger juga sangat menyenangkan, dapat bertemu dan tukar informasi dengan blogger-blogger seluruh Indonesia. Untuk masalah SEO, sepertinya saya masih harus banyak belajar, nih 😊

    ReplyDelete
  18. Mantap nih, beneran totalitas untuk jadi blogger. Tapi emang harus gitu sih, apalagi kalau sudah berani bilang "pekerjaan saya blogger"

    Kalau saya masih belum berani bilang gitu, ngeblognya baru sebatas nulis dan publish, masih angin-anginan pula

    ReplyDelete
  19. waaah keren bgt kak, masih mulai ngblog tp udah ngebahas seo dan site audit, hohoho saya malah gak pernah tuh site audit, paling ngecek di google analytic aja

    ReplyDelete
  20. Setiap pekerjaan tentunya membutuhkan keahlian, ketekunan dan semangat untuk menjadi lebih baik di bidang yang sedang ditekuni. Begitupun yang terjadi saat menjadi blogger. Jika ingin "naik kelas" menjadi blogger pun harus mau belajar banyak hal yang membuat blog kita lebih baik dan lebih professional. Apalagi jika ingin menjadikan nge-blog sebagai salah satu sumber nafkah atau malah sebagai sumber nafkah utama. Jadi apapun pekerjaan kita, menjadikan diri berkualitas terus menerus adalah sesuatu yang harus dan wajib dipertimbangkan dan dikerjakan.

    ReplyDelete
  21. Jangan jadi blogger? iya jangan mau jadi blogger tentu akan banyak sekali hal yang perlu dipelajari stepnya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Hanya orang2 tertentu saja yang bisa melaluinya. Jadi kesimpulannya ya biar aku aja yang jadi blogger wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh, closing statement yang mengena Kak. Biar aku aja yang jadi blogger. Hehe

      Delete
  22. Iya jadi blogger memang tidak mudah harus terus belajar dan belajar serta memperbanyak buku bacaan agar tulisan semakin baik.

    ReplyDelete
  23. Nah betul itu. Dikira jadi blogger mudah, menulis lalu dapat duit? Tidak semudah itu ternyata ya .... artikelnya nambah wawasan saya juga Mas. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga mb, udah berkunjung dan membaca. Hehe, perjuangan banget pokok ya, mb

      Delete
  24. Pengalaman dan konsistensi blogging dibutuhkan agar semakin kuat menghadapinya, karena blog sebagai aset digital perlu dirawat dan bermanfaat bagi pembaca. Seo, audit seo, keyword menjadi penting sebagai tools ngeblog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali, Kak. Buat konsisten butuh kerja keras ya, dan butuh mencoba berukang, apalagis ebagai pemula

      Delete
  25. Yup bener banget mbak, jadi blogger tuh gak mudah. Aq sendiri awalnya mikir cuma sekedar nulis ya udah. Eh ternyata nggak semudah itu Fergusso, ada banyak hal lain yang perlu dipikirkan.

    ReplyDelete
  26. To be honest aku lom paham sama seo dan semestanya tapi aku terus aja ngeblog, konsisten pasti.

    Yang penting jadi blogger emang harus mau ribet hehe

    ReplyDelete
  27. Setuju sih, jadi blogger itu engga mudah butuh kesungguhan, konsistensi, dan banyak lagi lainnya.

    ReplyDelete

Post a Comment