Hari Blogger Nasional Haruskah Tetap Menjadi Blogger atau Berhenti?

Konten [Tampil]
Dunia blogging menjadi salah satu wilayah yang sangat menyenangkan bagi para blogger. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dari aktivitas membuat, mengelola, dan merawat blog itu sendiri. Kita sebagai seorang blogger tentu akan merasakan pengalaman ini. Setiap dari kita akan punya pengalaman tidak terlupakan dari aktivitas blogging. Salah satu momen tidak terlupakan adalah momen Hari Blogger Nasional. Selamat Hari Blogger Nasional ya, buat kalian para blogger. Semangat selalu dan selalu saling menyemangati.

Kabar kalian sebagai blogger bagaimana? Apakah sama dengan saya? Beberapa waktu terakhir ini akan kerempongan dengan aktivitas baru, tapi tetap berusaha menulis walau satu atau dua tulisan untuk dipublikasi. Semoga kita bisa terus bersemangat ya.
“Lelah boleh, tapi setelah tidak lelah harus semangat lagi ya,”

Biar lebih semangat, ada baiknya kalau kita kembali melihat apa sih Hari Blogger Nasional, nanti sekalian jadi evaluasi diri dan menjawab pertanyaan Haruskah Aku Tetap Menjadi Blogger atau Cukup Sampai di sini?
jangan jadi blogger

Sejarah Hari Blogger Nasional?

Setiap tanggal 27 Oktober para bloger memiliki hari kebanggaan. Pada tanggal ini diperingati sebagai Hari Blogger Nasional di Indonesia. Kalian sudah tahun kan sejarahnya? Kapan Hari Blogger Nasional ini pertama kali ditetapkan? Siapa yang mencanangkan? Buat kalian yang belum tahu, ada sedikit informasi penting nih. Kalian para blogger juga harus tahu tentunya.

Begini ceritanya. Hari Blogger Nasional ini pertama kali dicetuskan pada era Prof Dr Mohammad Nuh, DEA sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika. Tepatnya di tahun 2007. Sebelum penetapan sebagai Hari Blogger Nasional, hari ini dikenal dengan nama Pesta Blogger. Acara yang ditujukan untuk mewadahi para blogger. Jadilah pada 2007, Mohammad Nuh mencanangkan 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

Jadi begitulah sekelumit cerita sejarah Hari Blogger Nasinal yang diperingati setiap tanggal 27 Oktober. Jadi kalian sudah tahu kan jawaban kalau ditanya kapan dan siapa yang mencanangkan?

Kalau Bapak Blogger siapa? Buat yang belum tahu, Bapak Blogger Indonesia adalah Bang Enda Nasution (Sok akrab, padahal ketemu aja belum pernah. Moga suatu saat bisa ketemu langsung).
alasan jadi blogger

Tantangan Menjadi Blogger

Sudah tahu tentang sejarah Hari Blogger Nasional dan Siapa Bapak Blogger Indonesia? Bagaimana, mau Tetap Menjadi Blogger atau Cukup Sampai di sini? Kalau memutuskan melakukan sesuatu maka kerjakan sampai tidak bisa mengerjakan hal itu. Untuk melakukan hal besar memang ada banyak tantangannya, termasuk menjadi blogger.

Ada beberapa tantangan yang dihadapi oleh para blogger, antara lain:

1. Konsistensi

Dalam setiap kelas, setiap pertemuan, baik offfline maupun online kata kunci ini “Konsistensi” adalah kata yang seringkali kita dengar dari para senior maupun narasumber. Menjadi blogger membutuhkan konsistensi dalam menulis konten. Konten di sini tentunya adalah konten yang berkualitas dan menarik bagi pembaca untuk terus berkunjung ke blog.

Konsistensi di sini menurut saya bukan hanya konsisten menulis, tapi juga konsisten membaca dan berkunjung ke blog orang lain. Biar apa? Biar mendapatkan wawasan lebih, dapat inspirasi baik konten, penulisan, atau bahasa yang digunakan.

2. Waktu

Siapa yang saa seperti saya, kadang sudah niat menulis ternyata tergantikan oleh kegiatan lain. Salah satu solusinya adalah berkaitan dengan waktu. Bagaimana kita mengelola waktu. Menetapkan satu waktu sebagai waktu khusus mengelola blog kita.

Buat yang suka nyeletuk, ngeBLOG cuma nulis, kasih gambar, publikasi, udah beres, kayaknya perlu diajak begadang mengelola dan merawat blog. Biar tahu kalau mengelola blog membutuhkan waktu dan tenaga.

Blogger harus meluangkan waktu untuk menulis konten, mempromosikan blog, dan berinteraksi dengan pembaca. Ini yang terlihat ya, yang tidak tampak langsung seperti apa? Melakukan audit blog agar bisa tetap sehat, loading ga lambat, dan lain sebagainya.

3. Keuangan

Ngeblog apa butuh uang? Butuh bangett. Saat memutuskan menjadi blogger, kala itu saya sempat ikut kelas online meskipun sebenarnya udah belajar otodidak Tapi ada ilmu yang meang kita butuhkan, jadilah ikutan. Sampai terbuka jalan ketemu dengan berbagai blogger dari berbagai komunitas.

Setidaknya kalau mau menjadi blogger profesional membutuhkan modal paling sedikit untuk membeli domain dan hosting. Selain itu, blogger juga perlu mengeluarkan biaya untuk upgrade kemampuan diri agar ngeblob makin berwarna dan berkembang dari waktu ke waktu.

Itu beberapa tantangan dalam mengelola blog, tentunya masih ada banyak hal yang menjadi tantangan khususnya bagi pemula. Contohnya ikut kelas riset kata kunci (keyword), kelas menulis,kelas SEO, dan lain sebagainya. Mau tetap menjadi blogger atau berhenti sampai di sini? Kalian juga bisa melihat tulisan ini. Tulisan menarik yang berjudul Jangan Jadi Blogger Kalau Nggak Mau Ribet.
haruskah aku tetap menjadi blogger atau cukup sampai di sini?

Harus Terus atau Berhenti Jadi Blogger?

Pertanyaan ini tentu harus dijawab oleh masing-masing blogger. Jika kalian masih memiliki semangat dan motivasi untuk menjadi blogger, maka harus terus berusaha untuk mengatasi tantangannya. Namun jika sudah buntu tidak memiliki motivasi dan benar-benar mengganggu kehidupan maka keputusan berhenti bisa jadi dapat diambil. Setidaknya ada alasan mengapa harus terus menjadi blogger dan atau berhenti menjadi blogger.

Alasan Terus Menjadi Blogger

Memutuskan sesuatu khususnya untuk terus menjadi blogger tentu ada alasan yang harus menguatkan. Berikut adalah beberapa alasan untuk terus menjadi blogger karena banyaknya manfaat yang didapat.

Menjadi seorang blogger memiliki banyak manfaat, baik secara pribadi maupun profesional. Berikut adalah beberapa manfaat menjadi blogger:

1. Meningkatkan keterampilan menulis

Blogging adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan menulis. Semakin banyak menulis, akan semakin baik dalam hal mengekspresikan diri secara jelas dan ringkas.

2. Membangun personal branding

Blog yang kita kelola dapat menjadi platform untuk membangun personal branding. Bisa membagikan pemikiran dan ide secara online, Pada akhirnya dapat membangun reputasi sebagai ahli di bidang yang digeluti.

3. Memperluas jaringan

Blogging dapat menjadi sarana memperluas jaringan profesional kita. Melalui blogging kita bisa terhubung dengan blogger lain dan terlibat dalam komunitas online. Bisa bertemu orang-orang baru dan membangun hubungan yang bermanfaat.

4. Menghasilkan uang

Tidak bisa dipungliri, kalau blog merupakan salah satu ladang mendapatkan penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang dari blog, seperti melalui iklan, pemasaran afiliasi, atau menjual produk dan layanan kita sendiri.

5. Membantu orang lain

Sebagai blogger kita perlu menyadari kalau blog kita bisa menjadi sumber informasi dan inspirasi bagi orang lain. Saat membagikan pengetahuan dan pengalaman, kita bisa secara langsung atau tidak langsung membantu orang lain memecahkan masalah dan mencapai tujuan mereka.

6. Mengekspresikan diri

Blogging adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan diri dan berbagi minat dengan dengan dunia luas. Kita dapat menulis tentang apa pun yang disukai, baik itu musik, film, perjalanan, atau apa pun.

5. Belajar hal baru

Hal tang perlu disadari dari aktivitas blogging adalah kita bisa menambah pengetahuan dan kemampuan diri. Saat mengunjungi blog orang lain kita bisa mendapatkan pengetahuan baru dan belajar hal baru. Pun saat terlibat dalam diskusi dunia blogging kita bisa menambah pengetahuan dan keterampilan diri. 

Belajar hal baru ini juga bisa didapat dari menulis. Saat menulis kita melakukan hal lain seperti meneliti dan menulis tentang berbagai topik, tentu ini akan terus memperluas pengetahuan.

6. Mengasah kreativitas

Blogging adalah cara yang bagus untuk mengasah kreativitas. Kita bisa melakukan eksperimen dengan berbagai gaya penulisan, format, dan media untuk membuat konten yang lebih menarik dan informatif. Misal membuat infografis sehingga informasi lebih mudah disampaikan kepada pembaca.

7. Meningkatkan kepercayaan diri

Satu lagi manfaat blogging yang bisa didapatkan adalah membantu meningkatkan kepercayaan diri. Saat menuliskan pemikiran dan ide dan membagikannya kepada dunia melalui blog, kita belajar untuk lebih percaya diri dalam mengekspresikan diri.

8. Memiliki dampak positif

Manfaat lain dari ngeblog adalah bisa memberikan dampak positif pada dunia. Saat membagikan informasi yang bermanfaat dan menginspirasi orang lain, kita bisa memberikan semangat kepada orang lain.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh saat kita menjadi seorang blogger. Beberapa manfaat di atas harusnya bisa menjadi penguat bagi kita kenapa harus terus menjadi seorang blogger. 

Alasan Berhenti Nge-Blog

Jika kita merasa bahwa blogging sudah tidak lagi menjadi hobi atau passion-mu, maka kalian bisa berhenti. Setidaknya ada beberapa alasan yang mungkin menjadi penguat kenapa berhenti menjadi blogger, diantaranya:

1. Tidak memiliki waktu

Mungkin kalian merasa tidak memiliki waktu untuk mengelola blog, maka bisa berhenti. Apalagi kalau sudah menjalani 24 jam dalam sehari dan masih belum cukup menyelesaikan banyak pekerjaan lain.

2. Tidak menghasilkan uang

Alasan lain adalah ketika blog kalian tidak mengasilkan uang, sedangkan kalian bertujuan memiliki blog untuk menghasilkan uang. Jika tujuan ini tidak bisa dicapai, kalain boleh berhenti menjadi blogger. Ingat kalau tujuannya adalah mencari uang semata.

Namun, jika ada tujuan lain, misal menebar manfaat melalui tulisan, membagikan pengalaman, maka alasan ini tidak bisa menghentikan kalian menjadi blogger.

3. Tidak ada lagi motivasi

Jika kalian sudah tidak memiliki motivasi untuk menjadi blogger, maka kalian bisa berhenti. Namun demikian, saran saya, sebelum memutuskan berhenti alangkah baiknya mencari terlebih dahulu, apa yang menyebabkan diri kalian tidak memiliki motivasi untuk ngeblog.


Kesimpulan

Pada akhirnya, keputusan untuk terus menjadi blogger atau berhenti adalah keputusan pribadi. Kamu harus mempertimbangkan berbagai faktor, termasuk tantangan, tujuan, dan motivasimu. Apakah di Hari Blogger Nasional ini kalian sudah menemukan jawaban untuk pertanyaan “Haruskah Aku Tetap Menjadi Blogger atau Cukup Sampai di sini?”

Jawaban saya, adalah tetap lanjut meskipun harus berhadapan dengan rasa malas pada waktu tertentu. Ini karena ada kebahagiaan dari ngeBlog, bahagia dapat cuan, bahagia bis menang lomba meskipun jarang (hehe), yang tidak kalah penting adalah membuka diri untuk berpikir lebih jauh ke depan serta mendapatkan pengetahuan dan pengalaman baru dari waktu ke waktu.

Related Posts

2 comments

  1. Selamat Hari Blogger Nasional 2023 ya Kang ... Semoga makin menginspirasi bagi para blogger lainnya.

    ReplyDelete
  2. yang pasti aku akan terus ngeblog, karena suka nulis dan dengan ngeblog juga bisa menambah wawasan dari blogger lain

    ReplyDelete

Post a Comment