Training Karyawan dan Pengembangan SDM Bersama Aplikasi QuBisa

Konten [Tampil]
Dalam perusahaan training karyawan merupakan salah satu program pengembangan SDM yang sangat penting dan harus dilakukan. Melalui program ini, karyawan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaannya dengan lebih efektif dan efisien.

Ada banyak jenis training karyawan yang dapat diselenggarakan oleh perusahaan, mulai dari training keterampilan teknis, training soft skills, hingga training kepemimpinan (leadership). Jenis training yang dipilih harus disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan dan karyawan.

Pengalaman sebagai HRD pada saat bekerja beberapa tahun lalu, memberikan pengalaman kalau dalam pengembangan SDM perusahaan membutuhkan mitra.  Perusahaan bisa mencari lembaga pelatihan karyawan yang dapat menjadi mitra yang baik bagi perusahaan dalam penyelenggaraan program pelatihan. Lembaga pelatihan memiliki berbagai macam program pelatihan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Selain itu, lembaga ini juga memiliki tim instruktur yang profesional dan berpengalaman.

Upskill adalah proses meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki oleh karyawan. Upskill dapat dilakukan melalui program pelatihan karyawan yang diselenggarakan oleh perusahaan langsung atau memberikan kesempatan kepada karyawan untuk belajar secara mandiri.

Upskill penting untuk dilakukan agar karyawan dapat mengikuti perkembangan teknologi dan tuntutan dunia kerja yang semakin dinamis.

Pengembangan SDM adalah proses meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kemampuan karyawan. Pengembangan SDM dapat dilakukan melalui program pelatihan, mentoring, dan coaching.

Pengembangan dan pelatihan SDM penting untuk dilakukan agar perusahaan dapat memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat mendukung pencapaian tujuan perusahaan.
pelatihan karyawan

Manfaat Training Karyawan dan Pengembangan SDM


Training karyawan dan pengembangan SDM merupakan sebuah proses pengembangan diri dan kemampuan karyawan dalam perusahaan. Ada beberapa manfaat dari penyelenggaraan training karyawan dan pengembangan SDM:

1. Meningkatkan produktivitas karyawan

Training karyawan bertujuan membekali karyawan agar memiliki kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni sehingga bisa menjalankan tugas di perusahaan dengan baik. Tentunya ini kemudian akan memberikan semangat kepada karyawan untuk lebih produktif di lingkungan perusahaan.

2. Meningkatkan kualitas produk atau layanan

Pelatihan dan pengembangan SDM akan memberikan dampak positif pada, peningkatan kemampuan SDM. Sejalan dengan ini, maka juga akan berdampak pada peningkatan kualitas produk dan layanan yanggg diberikan perusahaan.

3. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Peningkatan kemampuan SDM melalui training karyawan dan pengembangan SDM lainnya secara tidak langsung akan memberikan keuntungan kepada perusahaan. Karyawan akan meningkatkan layanannya kepada pelanggan atau konsumen, dan konsumen akan merasakan puas dengan layanan yang diberikan.

4. Meningkatkan daya saing perusahaan

Tidak dipungkiri jika SDM merupakan aset penting dalam perusahaan. Perusahaan yang memperhatikan jenjang karir dan pengembangan SDM melalui pelatihan karyawan atau pelatihan SDM lainnya akan menumbuhkan kemampuan dan meningkakan loyalitas SDM pada perusahaan, sehingga perusahaan akan mampu bersaing dengan baik dengan dukungan SDM yang dimiliki.

5. Meningkatkan retensi karyawan

Retensi karyawan adalah hal yang perlu mendapatkan perhatian dari perusahaan. Selain memberikan apresiasi kepada karyawan, perusahaan juga bisa menjaga dan meningkatkan retensi karyawan dengan program pelatihan dan pengembangan SDM atau melalui program upskill untuk karyawan.

Itulah beberapa manfaat dari training karyawan dan pengembangan SDM yang bisa diperoleh perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu berinvestasi dalam program pelatihan karyawan dan pengembangan SDM. Pada akhirnya, perusahaan dapat memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat mendukung pencapaian tujuan perusahaan.

Tips Memilih Lembaga Pelatihan Karyawan


Memilih lembaga pelatihan karyawan dalam rangka program upskill untuk karyawan harus dilakukan dengan teliti agar bisa memenuhi kebutuhan skill yang dibutuhkan.

Berikut adalah beberapa tips dalam memilih lembaga pelatihan karyawan yang harus diperhatikan:
  1. Pastikan lembaga pelatihan memiliki reputasi yang baik
  2. Pastikan lembaga pelatihan memiliki program pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan
  3. Pastikan lembaga pelatihan memiliki tim instruktur yang berpengalaman dan profesional
  4. Pastikan lembaga pelatihan menawarkan harga yang kompetitif
Memilih lembaga pelatihan karyawan yang tepat, akan membuat 
perusahaan mampu memastikan karyawannya mendapatkan pelatihan yang berkualitas dan dapat mendukung peningkatan produktivitas dan kinerja perusahaan. Salah satu lembaga pelatihan karyawan yang bisa menjadi pilihan adalah Platform Training Karyawan QuBisa.
Aplikasi QuBisa

Platform Belajar Online Indonesia, QuBisa

QuBisa merupakan platform belajar online yang memiliki banyak kategori keterampilan atau skill yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Platform training karyawan QuBisa ini sangat cocok menjadi pilihan karena lembaga pelatihan karyawan ini berbasis aplikasi dan platform online sehingga sangat memudahkan dalam mendukung peningkatan kompetensi setiap orang.

Mengapa Memilih Aplikasi QuBisa?

Aplikasi QuBisa sebagai sebuah aplikasi yang hadir untuk memberikan kemudahan dalam peningkatan skill SDM sangat cocok menjadi pilihan aplikasi training karyawan karena beberapa alasan diantaranya

1. Berbasis online

Training karyawan berbasis online memberikan banyak keuntungan baik bagi karyawan maupun perusahaan. Bagi karyawan, mereka bisa belajar dengan lebih mudah karena berbasis aplikasi online. Bagi perusahaan, perusahaan bisa menghemat biaya Pelatihan SDM tanpa mengurangi kualitas pengembangan keterampilan SDM.

Mengikuti pelatihan karyawan pada aplikasi QuBisa bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Ini tentu menjadikan SDM tetap bisa menjaga produktivitas saat di perusahaan.

2. Belajar lebih flexible dan menarik berbasis video

Pelatihan dan pengembangan SDM menggunakan aplikasi QuBisa akan memudahkan perusahaan dalam mencapai tujuan pengembangan SDM yang berkelanjutan dan memiliki kmpetensi yang memadai. Menariknya, pada aplikasi QuBisa ini, training karyawan bisa dilakukan dengan online berbasis video.

3. Dipercaya banyak perusahaan dan konsumen

Aplikasi QuBisa telah menjadi partner pengembangan SDM maupun program upskill untuk karyawan pada beberapa perusahaan besar seperti Pegadaian, JNE, dan masih banyak lagi.

4. Materi Pelatihan Lengkap dan Beragam

Aplikasi QuBisa didukung dengan materi pembelajaran, kursus, maupun peningkatan skill yang beragam dan dapat diplih sesuai dengan kebutuhan perusahaan bagi SDM yang diikutsertakan dalam training karyawan.

5. Instruktur profesional dan berpengalaman

Aplikasi QuBisa meskipun berbasis online, sangat memperhatikan setiap proses yang harus dijalani agar pelanggan bisa mencapai tujuan dengan bagi seperti diinginkan. Untuk itu, QuBisa senantiasa mendukung para peserta pelatihan dan pengembangan SDM dengan menyediakan instruktur yang profesional dan berpengalaman di bidangnya.

6. Memiliki banyak kelas

Aplikasi QUBisa memiliki beberapa kelas yang bsia dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing karyawan di perusahaan. Diantara keas yang disediakan yaitu Kelas Webinar, Kelas Kursus, dan Kelas Bootcamp.

Itulah beberapa keunggulan QuBisa yang bisa menjadi pertimbangan dan penguat bagi perusahaan untuk mewujudkan pelatihan dan pengembanan SDM berkelanjutan.

Program upskill untuk karyawan

Apa Saja Kelas QuBisa

QuBisa memiliki beberapa pilihan kelas yang bisa dipilh sesuai dengan kebutuhan perusahaan untuk pengembangan diri dan kompetensi SDM. DIantara kelas yang tersedia di QuBisa yaitu

1. Webinar

Webinar adalah seminar online interaktif yang dipandu oleh pembicara dan praktisi yang andal sesuai dengan bidangnya. Pada webinar ini, peserta bisa mempelajari berbagai topik, mulai dari bisnis, keuangan, karier, hingga motivasi.

Pada setiap sesi yang diikuti akan memberikan wawasan baru bagi SDM berhubungan dengan dunia industri, dan bagaimana mencapai tujuan dalam karier.

2. Kursus

Bagi perusahaan yang ingin meningkatkan keterampilan SDM nya dalam waktu singkat bisa mengikutkan mereka pada kelas kursus di QuBisa. Dalam kelas kursus ini penyampaian pembelajaran dilengkapi dengan modul, video pembelajaran, serta pre-test dan post-test.

Berbagai pembelajaran interaktif bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan bagi SDMnya, diantaranya keterampilan IT, Digital Marketing, hingga Bahasa. Kabar baiknya, topik kursus yang diikuti bisa diakses seumur hidup dan dipilih sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

3. Bootcamp

Kelas bootcamp pada platform pembelajaran online QuBisa merupakan sebuah terobosan dalam program pelatihan intensif pada berbagai bidang dengan kurikulum sesuai kebutuhan dunia kerja.

Bootcamp ini bisa menjadi pilihan untuk training karyawan perusahaan karena di sini peserta akan belajar bersama para ahli dengan kurikulum yang dirancang sedemikian rupa agar SDM bisa bekerja dengan maksimal.

Sesi belajar pada bootcamp sangat berbeda dengan kelas webinar dan kursus. Pada kelas Bootcamp ini peserta akan betul-betul mendapatkan pendampingan sesuai dengan bidang yang dipilih.

Sesuai dengan namanya, bootcamp maka ada beberapa kelebihan yang didapatkan yaitu waktu pelatihan lebih lama atau dalam beberapa hari dengan beberapa sesi. Kelas diselenggarakan secara intensif sehingga peserta dibimbing untuk menguasai kompetemsi

Kesimpulan

Di era teknologi digital ini, training karyawan dapat dilakukan oleh perusahaan dengan makin mudah. Perusahaan bisa memilik program upskill untuk karyawan sesuai dengan kebutuhan.

Untuk percepatan dinamisasi kerja dalam perusahaan dan proses pengembangan karier berkelanjutan, perusahaan dapat memanfaatkan berbagai kelas yang tersedia di QuBisa. Teukan berbagai pelatihan karyawan, dan program upskill untuk karyawan di aplikasi QuBisa.

Tunggu apalagi, segera download Aplikasi QuBisa untuk iOS atau Aplikasi QuBisa untuk Android sekarang dan segera mendaftar untuk bisa mengakses berbagai jenis pelatihan dan pengembangan SDM yang tersedia di dalamnya.

Related Posts

41 comments

  1. aku tipikal yang seneng belajar. makanya happy banget kalo dapet perusahaan yang juga peduli sama perkembangan karyawananya dengan memfasilitasi training. sekarang ternyata bisa juga ya ikutan training online di Qubisa ini. menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih, paling happy kalau dapat upgrade skill dari perusahaan. Soalnya nanti manfaatnya juga ke diri sendiri

      Delete
  2. Penting banget untuk meningkatkan kualitas dan kapabilitas karyawan. Apalagi saat ini tingkat persaingan semakin tinggi. Kalo nggak upgrade, ya sudah pasti bakalan tertinggal. Sekarang bisa ikutan training dengan mudah lewat QuBisa, lebih praktis dan fiturnya juga cukup lengkap

    ReplyDelete
  3. Qubisa fiturnya lengkap ya, dan bisa online bikin fleksibel. Jadi nilai plus nih kalau perusahaan peduli dengan peningkatan SDM karyawan

    ReplyDelete
  4. Perusahaan dengan daya saing kuat karena para karyawannya punya kompetensi bagus jadi punya gereget ya. Makanya karyawannya perlu terus belajar gali keterampilan

    ReplyDelete
  5. training karyawan emang wajib banget untuk meningkatkan kompetensinya dalam bekerja. Semakin banyak skill yang dipelajari, maka semakin banyak pula SDM yang terampil

    ReplyDelete
  6. saya juga punya aplikasi QuBisa dan sering banget ikutan pelatihan pelatihannya tapi ternyata ada pelatihann yang khusus buat karyawan juga ya, termasuk melakukan pengembangan SDM di perusahaannya

    ReplyDelete
  7. Wah enak ya lewat platform QuBisa ini bisa upskill kemampuan karyawan secara fleksibel. Apalagi ada bootcamp juga ya yang bida dimanfaatkan oleh perusahaan dalam meningkatkan skill karyawan

    ReplyDelete
  8. Dulu kupikir Qubisa hanya berisi kursus2 untuk kartu prakerja. Ternyata ada pelatihan SDM juga ya. Cocok bgt untuk meningkatkan kualitas karyawan.

    ReplyDelete
  9. Hampir setiap perusahaan menyediakan traning bagi karyawannya ya, Kang. karena dengan traning, akan meningkatkan skill atau kemampuan karyawan. Nanti juga akan bermanfaat dalam memajukan perusahaan.
    Dulu itu, kalau ada traning karyawan, bisa mengundang ahlinya. Atau Karyawan ditraning di kantor pusat. Sekarang sudah dipermudah, dengan training online.

    ReplyDelete
  10. Dulu sempet pernah ikutan kursus public speakingnya QuBisa mana gratis pulaaa, makin kereen aja QuBisa ini, jangkauan belajarnya juga makin luass hiihi

    ReplyDelete
  11. Aku yang pernah sebagai karyawan, bakalan happy banget kalau dapat kesempatan menuntut ilmu lagi. Apalagi ini bisa jadi ada kaitannya untuk peningkatan skills di bidang pekerjaan yang digeluti. Semangat belajar melalui Aplikasi QuBisa.

    ReplyDelete
  12. Wah, QuBisa ini bisa menjadi patner perusahaan dalam meningkatkan kualitas karyawannya ya mas

    ReplyDelete
  13. Aplikasi QuBisa sekarang keren, udah banyak bidangnya. awal awal agak susah pengen belajar soal desain, sekarang banyak banget. seneng banget sih.

    ReplyDelete
  14. Aplikasi QuBisa sekarang keren, udah banyak bidangnya. awal awal agak susah pengen belajar soal desain, sekarang banyak banget. seneng banget sih.

    ReplyDelete
  15. Skrg tuh bnyk pelatihan pengembangan SDM di berbagai tempat. Ada yg emg bermutu tp bnyk jg yang sekadar motivasi, bkn pembentukan karakter demi menemukan karyawan ideal/membentuk SDM andal yg diinginkan perusahaan.

    Nah di aplikasi QuBisa ini, pelatihan pengembangan SDM-nya sgt bnyk. Dan yg terpenting berkualitas baik dr mentor maupun tema pengembangan SDM-nya.

    ReplyDelete
  16. jaman sekarang kalau mau upskilling atau reskilling lebih mudah dan banyak pilihan yaaa, dari segi harga lebih terjangkau , waktu juga lebih fleksibel

    ReplyDelete
  17. Waktu pandemi, aku juga belajar dari Qubisa. Penjabaran materinya sederhana, jadi mudah dipahami

    ReplyDelete
  18. wah familier nih aku dengan nama apps QuBisa ini, tapi belum pernah coba sih, hehe xD aku dulu sebagai karyawan, paling seneng kalo udah ada outing dan pelatihan ^^

    ReplyDelete
  19. Aku sempet loh ikut kelas Qubisa untuk Public Speaking. Lumayan banyak dapet pencerahan sih. Sebagai pengajar kan selama ini ya gitu aja ngomong depan kelas. Haha... Pengen cari lagi kategori lain ah...Fotografi ada ga ya?

    ReplyDelete
  20. Training karyawan memang sudah jadi kalender bagi perusahaan ini. Pastinya untuk meningkat SDM, khususnya dalam perusahaan itu. Akhirnya kinerja perusahaan jadi meningkat ya. Dan syukurlah, sekarang training tidak harus offline, tapi juga bisa online. Bahkan bisa lewat Qubisa dengan banyak pilihan training.

    ReplyDelete
  21. Wah pak Ugi ternyata pernah pengalaman di HRD. Jadi tahu bgt ya pak apa yg dibutuhkan oleh karyawan. Dulu aku sebagai karyawan juga seneng bgt kalau ada pelatihan gini. Jadi membuat diriku semakin berkembang. Apalagi tantangan kerja di zaman sekarang tuh makin tinggi perlu banget ada pelatihan. QuBisa pelatihan karyawan yg menarik bgt, banyak pilihan kelasnya.

    ReplyDelete
  22. Enaknya belajar di QuBisa tuh tinggal dilakukan via aplikasi maupun webnya sih ya. Berasa banget beda perkembangan dan semangat kerja kalau di tempat kerja tuh ngasih training khusus buat karyawan atau nggak. Performanya juga berubah sih, dari yang kurasakan selama jadi budak korporat.

    ReplyDelete
  23. Salam hormat bapak HRD, hehe.. Bener banget nih, kang Ugi, zaman sekarang tuh kudu pinter-pinter cari lembaga pelatiha karyawan, supaya nggak salah pilih. Beruntung ya ada QuBisa platform belajar online lengkap dengan instruktur andal di bidangnya.

    ReplyDelete
  24. Klo aplikasi lebih akurat, aplg jaman sekarang harus lebih selektif dalam memilih karyawan (gina)

    ReplyDelete
  25. Senang banget nih banyak informasi tentang kursus dan belajar yang bisa dilakukan secara jarak jauh atau online. Memang jangan sampai salah pilih ya. Cukup pilih yang berpengalaman dan memberikan pelayanan fasilitas baik seperti Qubisa ini

    ReplyDelete
  26. Wah, QuBisa bisa dijadaikan tempat upsklill bagi para karyawan ya kak
    Salut sama perusahaan yang mau memberikan pelatihan bagi para karyawannya

    ReplyDelete
  27. Bener sih, ngga salah pilih QuBisa buat temen belajar online tuh soalnya kelas yg bisa diakses baik gratis maupun berbayar itu beragam buangett jadi bisa pilih sesuai dengan passion gituu. Dlu pernah sempet ikutan kursus public speakingnya

    ReplyDelete
  28. Skrg bljr skill ga hrs dtg ke gedung2 megah atau hrs ikut kursus ke tempat jauh. Bisa dgn duduk di rumah, pny kuota berlimpah, kita bs dpt ilmu dan pelatihan yg sgt mudah. Jenis pelatihannya jg beragam. Yup, belajar pelatihan apapun ada di QuBisa tak terkecuali pelatihan SDM karyawan maupun lainnya.

    ReplyDelete
  29. perusahaan ternyata bisa memanfaatkan berbagai pilihan training online di qubisa ini ya utk mengembangkan kompetensi dan kualitas sdmnya

    ReplyDelete
  30. Platform belajar QuBisa ini memang ciamik, tak hanya untuk pelajar, melainkan untuk semuanya termasuk karyawan dan ibu rumah tangga. Mau belajar apapun, ada. Dan untukku yang berada di luar negeri saat ini juga bisa mengaksesnya melalui websitenya karena aplikasinya memang tidak bisa diinstall di sini. Seneng banget, deh.

    ReplyDelete
  31. Wow, gak nyangka sekarang banyak banget ya platform buat training karyawan yang online. Jadi inget dulu, kalo mau pelatihan harus dateng ke tempat dan repot banget. Tapi sekarang ada QuBisa, bisa langsung training tanpa ribet. Makin maju aja jaman sekarang! Harus cek nih buat perusahaan tempat aku kerja, biar semakin up-to-date skill-nya! 🚀📲

    ReplyDelete
  32. aku merasakan banget sih efek dari ikut kursus-kursus di QuBisa, dan banyak banget yang relate sama keadaan. gak cuma soft skill, tapi juga ke arah kesehatan ada dan lengkap banget

    ReplyDelete
  33. Lengkap banget ya layanan yang ada di Aplikasi QuBisa, nggak cuma menyediakan kursus online tapi ada juga Bootcamp dan webinarnya. Fitur2nya juga sangat menarik . So gak salah nih kalau mau ikut pelatihan online gitu pilihnya di QuBisa aja

    ReplyDelete
  34. Sekarang kalau kita mau bisa upgrade diri dimana aja ya. Salah satunya ya Qubisa ini. Ada banyak pilhan kelas sesuai kebutuhan kita. Apalagi modelnya aplikasi yang hisa diinstal di hp ya. Jadi belajar semakin mudah dan fleksibel

    ReplyDelete
  35. Owh, Qubisa ini ada aplikasinya ya, Asik juga nih kalau pake aplikasi gini. Apalagi kelasnya juga banyak kan. Dari kelas webinar, Kelas Kursus, sampai kelas Kelas Bootcamp juga ada nih. Mau donlot aplikasinya dulu deh kalau gitu.

    ReplyDelete
  36. Karyawan memang memerlukan pelatihan selain untuk menambah wawasan juga untuk meningkatkan keahlian
    Saat ini enak ya sudah ada QuBisa yang bisa diakses kapan saja, banyak pula pilihan pelatihan yang disediakan

    ReplyDelete
  37. Kalau salah satu keunggulannya adalah instruktur profesional dan berpengalaman jadi makin percaya bahwa seluruh program yang ada di QuBisa memang terbaik

    ReplyDelete
  38. Saat upskill SDM kita harus bisa memilih lembaga yang kompeten yang kini ternyata tersedia juga secara digital

    ReplyDelete
  39. Dulu zaman kerja, masih susah ikutan training. Perlu rekomendasi atasan juga. Sekarang giliran remote work, alhamdulillah makin banyak platform buat ikutan training. Emak-emak kerja dari rumah bisa leluasa. Adanya QuBisa ini asyik memang, apalagi instrukturnya profesional.

    ReplyDelete
  40. Di Qubisa ada syarat usia maksimal gak sih Pak Gie? Pingin ikut public speaking tapi takut ditolak... Kalau diterima pun, pasti jadi peserta tertua...
    BTW, emang Qubisa keren ya... Tahu banget sama kebutuhan karyawan,

    ReplyDelete

Post a Comment