Kereta Api Pandalungan, Rute Jember Jakarta Langsung

Konten [Tampil]
Apakah ada kereta api dari Jember ke Jakarta? Seringkali ini yang ditanyakan orang dari luar Jember khususnya Jakarta kepada saya saat menyebutkan daerah asal saya.

Namun saat itu ketika menyebutkan ada, namun harus transit mereka selalu mengatakan lama juga ya. Mungkin karena harus oper kereta pada stasiun seperti di Surabaya.

Buat teman-teman, melalui tulisan ini saya mau menginformasikan kalau sekarang sudah berbeda. Tidak seperti sebelumnya harus transit di Surabaya, atau di stasiun lain seperti Jogjakarta, lalu berganti kereta ke arah Jakarta. Kali ini, saya bisa langsung ke Jakarta dari Jember dengan rangkaian kereta api Pandalungan.
Apakah ada kereta api dari Jember ke Jakarta?
Gambar: id.m.wikipedia.org

Kereta Api Pandalungan

Kereta api Pandalungan hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Jember dan sekitarnya yang akan melakukan perjalanan ke Jakarta atau sebaliknya dengan lebih mudah. Tanpa perlu turun dan berganti dengan kereta lanjutan.

Kereta Api Pandalungan adalah kereta api kelas eksekutif yang melayani relasi Gambir - Jember dan sebaliknya. Layanan ini dioperasikan oleh Kereta Api Indonesia khususnya di lintas utara Jawa.

Bagi saya, layanan kereta api Pandalungan ini benar-benar menjadikan perjalanan makin mudah. Selain itu juga nyaman karena fasilitas yang tersedia cukup memadai.

Kereta api Pandalungan berhenti dimana saja?

Kereta api Pandalungan melintas di jalur lintas utara Jawa. Kereta ini berhenti pada kota-kota besar antara Jember hingga Jakarta. Di Jember sendiri kereta ini berhenti di dua stasiun, yaitu Stasiun Jember, dan Stasiun Tanggul. Selanjutnya kereta akan berhenti di beberapa stasiun besar ke arah Gambir - Jakarta.

Rute dan Jadwal Kereta Api Pandalungan

Kereta api pandalungan ini melayani rute Gambir - Jember dan Jember - Gambir. Untuk jadwal keberangkatan dari Jember menuju Gambir pukul 15.00 WIB. Sedangkan dari Gambir (Jakarta) ke Jember (Jawa Timur) keberangkatan kereta pukul 20.05 WIB.
Berikut rute dan jadwal keberangkatan serta jadwal kedatangan di stasiun tujuan.

Stasiun Keberangkatan

Stasiun Kedatangan

Jam Keberangkatan

Jam Kedatangan

Jember (Jawa Timur)

Gambir (Jakarta)

15.00

04.45

Gambir (Jakarta)

Jember (Jawa Timur)

20.05

10.45

Fasilitas Kereta Api Pandalungan

Kereta api Pandalungan sebagai sebuah layanan kereta api jarak jauh cukup dilengkapi dengan fasilitas yang cukup baik untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

1.Kursi yang nyaman

kereta api dari Jember ke Jakarta
Kereta api Pandalungan ini dilengkapi dengan kursi double pada setiap gerbongnya. Menaiki kereta ini, saya merasa nyaman karena kursi yang disediakan.

Kursi yang empuk, terdapat footrest sehingga kaki tidak menggantung saat kita akan tidur selama perjalanan. Pengaturan kursi yang nyaman membuat kita bisa mengatur posisi kursi sesuai selera. Mau posisi kursi tegak, atau agak tidur bisa dilakukan dengan mudah dengan menekan tombol yang tersedia.

2. Bagasi luas

Tepat di bagian atas kursi terdapat bagasi yang cukup luas. Kita bisa meletakkan ransel yang cukup besar pada bagasi ini. Pastinya aman karena cukup luas.

3. AC Dingin

Beberapa kali naik kereta eksekutif, kereta api Pandalungan ini juga tidak kalah dari kereta lainnya seperti ranggajati dan lainnya. AC yang terpasang berada pada pengaturan yang tepat, tidak terlalu dingin. Menurut saya pengaturan kali ini sangat cocok dengan yang saya inginkan.

Begitu terasa di sepanjang gerbong yang saya berada di dalamnya. Yaitu di gerbong eksekutif 4. Sengaja memilih gerbong ini agar dekat dengan gerbong resto. Sehingga bisa dengan mudah mengaksesnya.

4. Stop Kontak

Bagi orang yang mobile, stop kontak sangat diperlukan untuk mendukung mobilitas selama perjalanan. Terdapat dua titik yang bisa digunakan untuk mengisi daya baik HP atau laptop. Jadi tidak perlu khawatir akan kehilangan produktivitas selama perjalanan akibat tidak ada tempat untuk mengisi daya.

5. Toilet

Kereta api pandalungan
Toilet pada kereta api Jakarta Jember, Pandalungan sangat bersih. Boleh dibilang kebersihannya sangat terjaga oleh petugas dan juga penumpang. Fasilitas di toilet mulai dari closet duduk, sabun cair, wastafel, cermin, pengering tangan, tissue, dan lampu yang menjadikan toilet terlihat lebih estetik.

6. Musolla

Berangkat dari Jember menuju Jakarta pas pada jam sholat ashar membuat saya berpikir apakah harus sholat duduk saat di perjalanan? Saya pun kemudian berjalan menuju ke kantin setelah melewati stasiun Tanggul. Pas menuju kantin, di lorong saya melihat ada ruang kecil kurang lebih 1,5 meter dengan ornamen mosaic islamic pada pintunya.

Menunjukkan kalau ini adalah mushola. Semakin yakin ketika mengetahui ada dua sajadah terhampar di sana. Menghadap ke depan. Ke arah kereta melaju. Selain itu, di dalam musholla ini juga terdapat rak dengan beberapa mukenah tertata di sana.

7. Kantin atau Resto

Kereta api pandalungan berhenti dimana saja?
Resto berada tepat di belakang gerbong eksekutif 4, menjadi penghubung dengan rangkaian gerbong lain di belakangnya. Tempatnya sangat nyaman. Meja dengan finishing yang mewah, warna yang elegan, dilengkapi dengan sofa yang empuk.

Siapapun akan betah berlama-lama di sini menikmati aneka kuliner sambil menikmati pemandangan sore sepanjang perjalanan.

8. Selimut

Saat melakukan perjalanan dari Jember ke Jakarta,setiap penumpang nantinya akan dibagikan selimut setelah melewati Surabaya. Jadi jangan khawatir, perjalanan selain nyaman juga akan dihangatkan dengan selimut yang tersedia.

Harga Tiket Kereta Api Pandalungan

Kereta api Pandalungan pada perjalanan perdananya memberikan Promo Khusus dengan hanya Rp. 300.000,- sudah bisa sampai ke Jakarta dan sebaliknya ke Jember. Harga ini berlaku pada 01 Juni 2023 silam.

Untuk sekarang bagaimana? Harga normal tentunya. Untuk perjalanan Jember - Gambir (Jakarta) membayar Rp. 660.000,-. Saya melakukan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI. Saya juga mencoba cek harga melalui salah satu aplikasi yang juga melayani penjualan tiket, harga tiket per orang juga sama, Rp. 660.000,-.

Kereta Api Pandalungan Rute Jember Jakarta Langsung

Kehadiran kereta api Pandalungan rute Jember - Jakarta (Gambir) dan sebaliknya Jakarta - Jember memberikan kemudahan tersendiri bagi banyak orang. Tidak hanya orang Jakarta yang mau ke Jember, namun juga orang Jember yang hendak ke Jakarta, atau mau ke Semarang juga bisa menggunakan mode transportasi ini.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kereta api Pandalungan ini menyediakan 8 gerbong eksekutif dalam setiap rutenya. Kereta dengan jarak tempuh terpanjang, hampir 1000 km siap mengantarkan semua sampai tujuan dengan nyaman.

Related Posts

16 comments

  1. Mantap nih udah ada kereta jember jakarta langsung. Kenyamanan jadi hal penting nih soalnya perjalanan jauh ya

    ReplyDelete
  2. Wahh asyik ya warga Jember bisa langsung ke Jakarta naik sepur ehh maksudnya kereta api. Harga tiket juga cukup terjangkau.

    Keretanya bersih dan keren juga karena ada musolanya. Oh iyaa untuk makanan di kereta biasanya mahal apa harganya standar aja Kak?

    ReplyDelete
  3. wah ada saudara di jember, kayanya enak ya naik kereta langsung begini, dulu masih harus transit dulu bukan?

    ReplyDelete
  4. ternyata ada yaa kereta jember jakarta.. bisa mengakomodir rute dari jawa timur tentunya.. semakin menyenangkan dan nyaman kalau mau berjalan-jalan ke ibu kota atau untuk kembali bekerja di sana

    ReplyDelete
  5. Wah, boleh dicoba nih Kereta Api Pandalungan kalau lagi ke Jember. Langsung bisa capcus ke Jakarta. Apalagi fasilitasnya juga bagus.

    ReplyDelete
  6. lumayan mahal juga ya harga tiketnya per orang, tapi cukup sepadan juga sih dengan berbagai fasilitas dan jaminan kenyamanan yang diberikan Kereta Api Pandalungan

    ReplyDelete
  7. Jadi kangen naik kereta dong, di Bali ga ada soalnya, hehe.. Fasilitasnya lengkap banget, bersih dan nyaman kelihatannya.

    ReplyDelete
  8. Dulu saya sering membaca perjalanan teman-teman dari Jakarta menuju Jember, Mas. jadi memang harus transit surabaya dulu. Nah, dengan kereta api Pandalungan ini keren sekali. kereta yang cocok untuk perjalanan jauh. beruntung sekali yang sempat mencoba harga promo 300-an ya, Mas. Semoga bisa coba nih, naik kereta api Pandalungan

    ReplyDelete
  9. Ini keretanya langsung Jember Jakarta berarti nggak pake berhenti-berhenti di stasiun besar lainnya ya? Sorry saya udah lama nggak update per kereta apian soalnya hehe

    ReplyDelete
  10. Wah sayang lewat utara nih. Jd ga ada pilihan lain deh kalo pulang ke Kediri. Ya emg sih jalur selatan msh sampe Malang aja. Kalo utara kan emg udh nyambung sampe Banyuwangi. Skrg pilihan moda ke Jember mkn beragam tuh kalo ga mau naik pswt. hehe

    ReplyDelete
  11. wah pas banget saya pengen banget keliling ke Banyuwangi, bisa ke Jember dulu, gayung bersambut bisa jadi tahu nanti kalau traveling ek Banyuwangi bisa naik kereta api aja apalagi ada yang eksekutif

    ReplyDelete
  12. Waaah langsung terpesona liat fasilitas kereta api pandalungan rute jember jakarta. Ongkosnya masih ramah kantong dengan fasilitas lengkap kayak toilet yang lampunya bikin estetik suasana, ada musholla dan lainnya

    ReplyDelete
  13. Masih kecil dulu pernah naik kereta api. Sekarang nggak pernah lagi. Jadi kangen pengen naik kereta api lagi. Hehe.. Apalagi sejenis kapal api Pandalungan, fasilitasnya lengkap dan memadai..

    ReplyDelete
  14. Jadi ingat Anang-nya Ahsanty pasti senang naik kereta ini
    Kalau saya pribadi juga sangat membantu karena bawa anak-anak enggak harus sambung-sambung kereta

    ReplyDelete
  15. Ah, sayang banget masa promo Kereta Api Pandalungan uda selesai.
    Aku baru tau nih.. ada rute baru Jakarta-Jember.
    MashaAllah~
    Jadi gak perlu repot buat warga Jember yang mau ke Jakarta. Ada Kereta Api Pandalungan. Kalau dari segi harga, mirip-mirip Jakarta-Surabaya yaa..

    ReplyDelete
  16. Wah asyikk. Naik kereta berasa kayak nuansa hotel kak. Pengalaman yang menyenangkan kalau perjalanan jauh tranportasi nya kayak gitu

    ReplyDelete

Post a Comment