Kuliah Online? Ini 5 Cara Memaksimalkannya!

Konten [Tampil]
Perkuliahan online menjadi salah satu jalan bagi mereka yang telah bekerja untuk bisa mengenyam bangku perkuliahan. Tak hanya bagi mereka yang bekerja, kuliah online juga sangat membantu bagi seseorang yang memiliki keterbatasan geografis maupun fisik sehingga tidak memungkinkannya untuk bisa hadir langsung ke kampus.

Metode kuliah menggunakan daring ini membuat semua kegiatan kuliah jadi lebih fleksibel. Mahasiswa bisa dengan mudah mengerjakan tugas, mengakses bahan kuliah, serta berpartisipasi dalam diskusi baik dengan dosen maupun mahasiswa lain dari manapun.
cara memaksimalkan kuliah online
Kuliah online memang memiliki banyak kelebihan, khususnya mereka yang memiliki keterbatasan untuk melakukan kuliah reguler. Namun, menurutku masalah terbesar dari kuliah full online adalah semangat. Perkuliahan dengan metode daring memang nampak ringkas dan praktis, namun karena kontak sosial yang terbatas membuat beberapa orang cepat bosan hingga akhirnya kesulitan melanjutkan sesi perkuliahan.

Nah, bagi kamu yang ingin kuliah online tapi masih ragu karena alasan ‘semangat’, dibawah ini beberapa hal yang bisa kamu coba terapkan. Memang nampak remeh, namun beberapa tips dibawah ini sudah banyak yang mencoba dan cukup berhasil untuk meningkatkan semangat lho.

Cara Memaksimalkan Kuliah Online

Kuliah Online
Perkuliahan bisa jadi membosankan bisa pula menyenangkan tergantung kita sebagai partisipannya. Bahkan kuliah reguler pun bisa sangat membosankan jika kita sebagai mahasiswa tidak ahli dalam mengatur semangat. Dibawah ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk meningkatkan semangat selama perkuliahan, khususnya kuliah daring.

1. Hadir tepat waktu

Kunci dalam memaksimalkan kuliah online adalah menganggapnya sama dengan kuliah reguler. Dan salah satunya dengan hadir tepat waktu. Perkuliahan online memang kian memudahkan mahasiswa karena tak perlu menghabiskan waktu untuk perjalanan ke kampus, meski begitu mahasiswa dituntut untuk mampu bertanggung jawab dengan fleksibilitas tersebut.

Nah, salah satu bentuk tanggung jawab ini adalah kehadiran tepat waktu di kelas virtual. Selain hadir tepat waktu, mahasiswa juga harus aktif selama sesi perkuliahan serta jangan ragu untuk bertanya.

2. Ciptakan suasana perkuliahan yang baik

Mood sangat berpengaruh belajar. Oleh karena itu, agar perkuliahan online bisa berjalan dengan maksimal, kamu harus menjaga mood tersebut. Salah satunya dengan menciptakan suasana perkuliahan yang baik.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan mood antara lain merapikan ruangan yang hendak digunakan untuk kuliah serta menyiapkan perlengkapan yang dibutuhkan selama sesi kuliah berlangsung.

Atau jika kamu ingin mengusir kebosanan karena berada di satu ruangan terus menerus ketika kuliah, kamu bisa lho berpindah ke tempat yang kamu suka. Misalnya café, taman, tempat-tempat liburan, dan sebagainya. Kuliah online sangat fleksibel untuk masalah tempat, jadi kamu bisa lakukan dimanapun asalkan tempat tersebut bisa mendukung perkuliahan.

3. Menyiapkan gawai dan koneksi internet

Dalam perkuliahan online, gawai dan koneksi internet menjadi dua hal yang sangat penting. Oleh karena itu pastikan dua hal ini dalam kondisi baik minimal 30 menit sebelum sesi perkuliahan dimulai.

Kuliah Online

4. Jangan tunda tugas

Cara memaksimalkan kuliah online yang paling penting yakni jangan pernah menunda tugas. Apalagi jika kamu adalah seorang pekerja. Segera selesaikan tugas setelah materi selesai. Jika itu adalah proyek kelompok, segera hubungi teman-temanmu. Menumpuk tugas tak hanya merepotkan namun juga membuat fisik dan pikiran kian terbebani karena kurangnya istirahat.

5. Singkirkan benda yang mengganggu

Menatap layar gawai dalam sebuah sesi perkuliahan bisa sangat membosankan sehingga membuat kita dengan mudah terdistrak. Oleh karena itu sebaiknya ketika sesi perkuliahan hendak dimulai, mulailah dengan membereskan benda yang mengganggu di sekitarmu.
Kamu harus fokus pada penjelasan dosen agar proses transfer ilmu bisa berjalan maksimal.

Nah, diatas adalah beberapa cara memaksimalkan kuliah online yang bisa kamu coba. Kuliah online saat ini menjadi alternatif solusi bagi banyak orang untuk bisa tetap berkuliah. Namun tentu dalam praktiknya harus diimbangi dengan tips-tips khusus agar proses transfer ilmu bisa berjalan maksimal layaknya perkuliahan regular.

Bagi kamu yang juga memiliki keterbatasan misal dari sisi geografis atau telah bekerja, kamu bisa mengikuti program kuliah online dari BINUS. Saat ini BINUS membuka program perkuliahan dengan metode daring yang tak hanya fleksibel dari sisi jadwal, namun juga fleksibel dari sisi harga.

BINUS juga memahami dengan baik jika perkuliahan dengan metode daring bisa sangat membosankan sehingga dalam kegiatan belajar mengajarnya, BINUS telah menyiapkan tenaga pengajar profesional yang mampu membuat kelas bisa lebih hidup. Lantas bagaimana dengan fasilitas? Fasilitas yang diberikan kepada mahasiswa BINUS Online Learning sama dengan fasilitas yang diberikan untuk para mahasiswa regular. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan kualitas yang setara dengan mahasiswa regular. Diharapkan dengan kelengkapan fasilitas ini juga berdampak pada lulusannya yang mampu bersaing dalam dunia kerja. Oleh karena itulah tidak ada perbedaan fasilitas diantara keduanya.

Related Posts

78 comments

  1. buatku biar lebih fokus kuliah online adlaah suasananya sih hehe. karena sering banget jenuh gegara ngadep layar mulu. tapi adanya kuliah online ini snagat memabntu untuk teman-teman yang terkendala waktu dan jarak. Binus bisa kasih solusi yang menarik ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kak. Buat saya yg tinggal di pelosok gini, kuliah online bis jadi pilihan. Adanya Binus, jadi kita ga mesti pilih UT. Hehehe

      Delete
  2. Mantap nih, kuliah online memang pilihan tepat untuk yang punya kesibukan namun ingin tetap belajar. Binus memang inovatif sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan begitu untuk meraih gelar pendidikan bukan lagi hal yang sulit ya kak.
      Cuss semangat daftarnya di Binus

      Delete
  3. Kuliah online memang cocok banget mereka yang tidak punya banyak waktu untuk belajar secara langsung tatap muka. Namun meski demikian, memang jangan anggap sepele kuliah online. Kalau kitanya tidak disiplin, ya sama aja hasilnya nggak bakalan optimal. Jadi, saya rasa tips-tips ini keren banget sih. Patut diterapin.

    Keren juga nih BINUS, sekarang sudah menyediakan belajar online. Cocok bagi para karyawan kayak saya nih, hehehe....

    ReplyDelete
  4. Tantangan kuliah online itu salah satunya atensi pada pengajarnya. Kalau dosennya kurang bisa membawakan materi, biasanya males buat oncam atau interaksi ketika perkuliahan berlangsung. Biasanya malah nyambi yang lain deh. Memang benar harus menjauhkan gangguan. Tapi keren yaa Binus, berusaha menghadirkan pengajar profesional yang pastinga gak bikin bosen, dan otomatis jadi terhindar dari gangguan.

    ReplyDelete
  5. Wah asyik ya, Binus sekarang ada kuliah online nya. Cocok nih buat yang sudah kerja. Sapa bilang kalau sudah kerja gak bisa sambil kuliah? Di binus lagi... Yuk buruan daftar...

    ReplyDelete
  6. nice tips mas.. kalo aku agak susah mengondisikan anak-anak sebelum kuliah online xD harus dipenuhi dulu kebutuhannya, dibuat seneng, dibikin bobo kalo bisa wkwkwk

    ReplyDelete
  7. Sekarang kuliah bisa dengan online maupun offline, jadi ga ada alasan tidak bisa melanjutkan kuliah karena sudah bekerja atau sibuk. Binus online bisa menjadi salah satu alternatif solusi terbaik untuk teman-teman yang ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi tapi harus fleksibel dengan kesibukan yang dimiliki

    ReplyDelete
  8. Dulu aku mikir kuliah online itu ngge efektif tapi setelah aku juga ngejalaninnya tergantung bagaimana kitanya aja sih dan malah bagi diriku yang sembari bekerja, jadi semakin memudahkan dan maksimal hasilnya. Tinggal dipraktekin aja tips nya ini

    ReplyDelete
  9. Sekalipun kuliahnya online, waktunya lebih flesibel dan bisa dari mana saja. Tetap tidak boleh mengentengkan, justru harus lebih serius. Tips di artikel ini wajib banget dilakukan bagi yang ingin kuliah online dengan serius dan lebih maksimal.

    ReplyDelete
  10. Salah satu kendala kuliah Online ini kadang karena nggak ketemu langsung itu bisa nggak semangat yaa. Tapi kalau benar-benar niat kuliah mau Online atau offline insyaAllah bakal serius menjalaninya soalnya biayanya juga nggak murah kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kerasa banget less commitment kalau kuliah online.
      Tipsnya bisa diterapkan nih.. selain kudu bisa memanage waktu, juga memanage mood juga.. Kudu terus semangat hingga perjuangan mendapatkan ijazah.

      Delete
  11. Kuliah online ini memang semakin memudahkan untuk kuliah ya, Mas. Jadi tidak terbatas oleh jarak lagi. Semua bisa kuliah di tempat yang diinginkan. Termasuk kuliah online di Binus.
    Dan bagus sekali tips di atas. Mulai dari tetap disiplin waktu, mempersiapkan ruangan yang dipakai saat kuliah online, sampai jangan menunda mengerjakan tugas. Pastinya inet harus kencang dan lancar.

    ReplyDelete
  12. Kalau membosankan karena lokasi, justru dengan kuliah online bisa belajarnya entah dalam kamar, teras rumah, perpustakaan atau dimana aja yang pasti jaringan internetnya kuat ya kak. Ini nih asiknya

    ReplyDelete
  13. Setuju banget dengan tips-tips diatas kak. Saya yang pengalaman kuliah S2 full online juga mengikuti seperti tips2 diatas. Alhasil bisa tamat 1,5 tahun saja

    ReplyDelete
  14. Perkuliahan daring ini bisa juga menjadi solusi bagi ibu rumah tangga yang ingin melanjutkan kuliah. Tentunya setelah anak-anak sudah bisa diajak kerja sama. Tadinya saya punya anggapan kualitas kuliah daring itu di bawah kualitas kelas reguler. Namun, ternyata kini kualitasnya setara.

    ReplyDelete
  15. Kuliah online juga perlu persiapan yang matang meskipun bisa dilakukan dari rumah. Abis kalau gak serius ya ujung-ujungnya sama, gak ada ilmu, gak paham danainnya

    ReplyDelete
  16. Wah keren skrg binus ada online learningnya, sangat bermanfaat sekali buat para pekerja atau situasi yang tidak memungkinkan untuk kuliah tatap muka

    ReplyDelete
  17. Kalo kuliahnya siang-siang ini beneran ujian banget sih, apalagi kondisi rumah bener2 nyamaan dan pewe, udalaah langsung auto pengen tidurr ajaa rasanya. hahaha, emang kuliah online tuh harus dikondisikan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi deket kipas angin kak. Auto merem-merem bablas ketiduran hehe. Eits tapi kadang di kelas kuliah pun nuga bisa ketiduran aku karena berAC wkwkwkwk. Emang butuh komitmen tinggi kalau kuliah online

      Delete
  18. Keren ya BINUS program kuliah onlinenya. Mengikuti perkembangan zaman, tapi tetap mengedepankan kualitas

    ReplyDelete
  19. Bener banget nih, walau onine harus hadir tepat waktu dan terpenting koneksi internet harus stabil. Biar tidak ketinggalan materi saat internet lemot di tengah-tengah perkuliahan.

    ReplyDelete
  20. Internet nih yg biasanya paling mengganggu. Udh asyik2 connect, eh tiba2 ada sinyal hilang. Apalagi yg jauh dr perkotaan. Gangguannya selalu ada aja. Mknya hrs siap2 tuh pake provider cadangan. Kl tiba2 sinyal satu provider ngadat, bs ganti ke provider sebelah. Hehe

    ReplyDelete
  21. Nah, model kuliah yang satu ini memang sangat cocok bagi mereka yang sibuk, tapi ingin kuliah.

    ReplyDelete
  22. Setuju, kalau belajar online itu jangan sampai menunda tugas. Jangan mentang-mentang guru atau dosen gak ketemu lalu seenaknya nyerahin tugas kapan aja.
    Tetap tugas harus diserahkan sesuai jadwal ya.
    Belajar online memang butuh kedisiplinan tinggi

    ReplyDelete
  23. Binus menunjukkan inovasi dan penyesuaian terhadap tren pendidikan saat ini dengan menyediakan fasilitas yang sama baik untuk mahasiswa regular maupun online. Fleksibilitas dalam jadwal dan biaya menjadi kelebihan besar yang bisa memudahkan banyak orang untuk melanjutkan studi mereka.

    ReplyDelete
  24. Biar pun kuliah online, tapi harus tetap tepat waktu yah, ga boleh sembarangan. Mood juga ga boleh terganggu. Ih, macem ya, haha..

    Kuliah online buat para oekerja nih memang cocoknya di BINUs sih karena waktu dan harganya fleksibel sekali

    ReplyDelete
  25. Seingat saya ketika masih bekerja bagian HRD, Binus yang perdana menawarkan kuliah secara online sehingga cocok buat pekerja.

    Kemudahan-kemudahan yang BINUS tawarkan juga sangat menarik pada saat itu biayanya juga cukup terjangkau.

    ReplyDelete
  26. Mood belajar yang didukung sama keadaan saat pembelajaran akan, saat, dan selesai jam perkuliahan, apalagi buat sesi kelasnya online learning tuh beneran ngaruuuhhh sama kemampuan kita memahami materi yang disampaikan di kelas sih. Jadi walau kuliahnya daring, nyiapin ruangan dan suasana yang pas buat belajar tuh penting.

    ReplyDelete
  27. BINUS termasuk salah satu universitas swasta favorit di Indonesia
    Apalagi sudah terakreditasi A
    Seang ya klo sekarang biss kuliah online di BINUS

    ReplyDelete
  28. karena udah biasa ngikutin webinar, sepertinya kuliah online bisa banget di ikuti nih buat aku. beneran tertarik sih untuk daftar di BINUS Online learning, semoga jurusan yang aku pengen tersedia ya, belum kepo-kepo lebih lanjut nih

    ReplyDelete
  29. Nah, ini barusan kemarin diskusi sama Pewe, sekarang enak ya ada banyak kampus yang juga menyediakan kuliah online. Tinggal mahasiswanya aja lagi yang menyesuaikan diri dan memaksimalkan cara belajar

    ReplyDelete
  30. Mau banget kuliah lagi...
    Bisa coba daftar di BINUS Online Learning yaa..

    Rasanya iya banget.
    Kalau lagi melakukan sesuatu, tapi ada HP, misalnya.
    Jadi kedistrak banget.

    Yang awalnya cuma mau balas WA, jadi merambat ke sosmed lain.
    Bahaya banget kalau gak konsen tuh..

    ReplyDelete
  31. Aku ini seneng banget daftar kuliah online tapi nggak ada yang kelar atau nggak ikutin pelajaran. Mungkin harus memantapkan diri dulu dan konsisten agar hasilnya maksimal.

    ReplyDelete
  32. terima kasih tipsnya Pak, kuliah online tantangannya juga banyak walaupun fkesible dalam hal waktu, apalagi aku gampang kedistraksi hiks

    ReplyDelete
  33. Kuliah online memang tantangan banget. Harus kita sendiri yang memotivasi biar bawaannya ga mager

    ReplyDelete
  34. Saya sekarang lagi kuliah online dan terus terang bagian paling malesin itu adalah bagian mengerjakan tugasnya. Hehehe.

    ReplyDelete
  35. Wah, menarik nih. Sempat kepikiran pengen lanjut kuliah lagi. Tp sekarang kesibukan utama adala anjem anak sekolah. Kalau bs online kenapa tidak coba saja ya, pak Gie?!

    ReplyDelete
  36. Setuju sih, enggak cuma kuliah, kalau belajar apa pun secara online emang perlu banget koneksi internet stabil dan menyingkirkan benda-benda yang sekiranya bisa mendistrak konsentrasi. Waaah Binus ada pembelajaran onlinenya juga ya lewat Binus Online Learning Academy

    ReplyDelete
  37. Inget zaman kuliah sambil kerja dulu nih. Kebayang dong capeknya kayak apa, haha.. Coba aja BINUS Online Learning udah ada dari dulu ya, pasti daftar deh kita, xixixi..

    ReplyDelete
  38. Ijin menambahkan mas, mungkin salah satu cara untuk memaksimalkan kuliah online adalah mempersiapkan seolah-olah seperti kuliah offline.

    Misal kalo kuliah offline mandi dulu, maka begitu juga kuliah online. Moodnya akan terasa berbeda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah tips yang bagus nih, noted banget kalau saya jadi ambil kuliah di BINUS online learning nanti, insyallah. amiin

      Delete
  39. Koneksi tuh penting sih.. pengalaman lihat suami ngajar online pas giliran tanya jawab pada hening.. terua pas ditanya lagi katanya koneksi nggak stabil wkwk

    ReplyDelete
  40. kalau kuliah online memang tantangannya harus ontime yaa.. trus juga harus disiplin dalam mengikuti pembelajarannya biar tetep dapat materi dengan utuh

    ReplyDelete
  41. Keberhasilan kuliah, memang ditentukan oleh kita sendiri ya, Mas. Baik secara offline atau online. Dan harusnya dengan kemudahan sekarang, semakin semangat kuliahnya agar hasinya maksimal.

    ReplyDelete
  42. Fokus dan menyelesaikan tugas nih, bisa jadi kunci penting yang utama. Kalau sampai nunda 1 tugas aja, biasanya bisa jadi efek domino yang bikin tugas-tugas makin numpuk.

    ReplyDelete
  43. sekarang lebih mudah ya buat belajar secara online. BINUS Online Learning salah satunya, bisa jadi rujukan ngampus online. Senapsaran dengan kurikulum yg dipakai

    ReplyDelete
  44. Ini yang penting, meski kelasnya online, tapi BINUS menjamin, jika kualitas fasilitas yang akan didapatkan sama dengan kelas reguler. Jadi tidak perlu kawatir, karena artinya, secara kualitas, lulusan dari kelas reguler dan kelas online sama-sama jempolan nantinya.

    ReplyDelete
  45. Itulah kerennya BINUS, kelas online juga akan mendapatkan fasilitas yang sama dengan kelas reguler. Sehingga mahasiswa dari kelas online akan memiliki kualitas yang sama dengan lulusan reguler nantinya.

    ReplyDelete
  46. Hmmm.. terdengar syulit bagi saya.. meeting online saja banyak terdistraksi oleh internet, apalagi kuliah online. Intinya ambil jurusan yg sesuai passion aja kali yah, biar apapun bentuk perkuliahannya, tetap bisa fokus dan bersemangat.

    ReplyDelete
  47. Emang perlu banget memperhatikan 5 hal di atas kalau mau kuliah dengan hasil maksimal. Dan ternyata di Binus lebih fleksibel ya kak. Kuliahnya bisa diikuto secara online atau daring.

    ReplyDelete
  48. Binus ini memang cocok jadi kampus pilihan, apalagi ada jalur kuliah online juga sehingga belajarnya bisa lebih simple meski gak berada di tempat yang sama

    ReplyDelete
  49. Binus benar benar memberikan solusi kepada mereka yang tetap i gin menu tut ilmu namun waktunya terbatas..

    ReplyDelete
  50. Binis ini benar benar memberikan solusi buat mereka yang ingin menuntut ilmu namun waktunya terbatas

    ReplyDelete
  51. Internet dan tempat hening adalah kunci. Kalo ngadat, bs bahaya tuh pembelajaran daringnya. Bs ketinggalan pelajaran dong ntar.

    Tempat hening mksdnya tenag dr gangguan apapun. Ntr pas kuliah ada suara tetangga lagi nyetel kenceng2 dangdutan/tukang bakso lewat. Kan ga lucu pas lagi presentasi ada suara gangguan itu lewat haha.

    ReplyDelete
  52. Program kuliah online dari BINUS ini memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk bisa kuliah dengan fleksibel ya kak

    ReplyDelete
  53. aku pun akan kuliah lagi jika jurusanku sudah ada di BINUS
    mau upgrade diri biar anak anak juga makin semangat belajar

    ReplyDelete
  54. Yang namanya belajar itu gidaannya gede banget ya..
    Kadang bosen, kadang semangat banget. Tapi kalau kuliah di BINUS Online Learning, semua bisa dikondisikan dan semoga bisa lancar kuliahnya dan seger mendapat pekerjaan sesuai dengan klasifikasi perusahaan.

    ReplyDelete
  55. godaan kuliah online itu ngantuk, hehehe. tapi kuliah online di Binus ini bisa jadi pilihan pas buat aku yang pengen lanjut tapi udah kerja. bisa lah ya

    ReplyDelete
  56. udh paling bener emang menyingkirkan benda yang menganggu, apalagi HP klo ud disamping ada aja yg pengen dibuka jadi menyita waktu belajar

    ReplyDelete
  57. Pentingnya fleksibilitas jadwal dalam pendidikan online adalah nilai tambah yang besar. Ini memungkinkan siswa untuk mengatur waktu belajar mereka sesuai dengan jadwal kerja atau komitmen lainnya. Btw, saya sudah follow blognya ya, folback ya kakak. makasih...

    ReplyDelete
  58. Kuliah online memang ada kekurangannya, terutama dalam segi networking dgn sesama mahasiswa lain. Khususnya jika itu kuliah S2. Tapi, kalau S1 kayaknya cukup jaga hubungan baik dgn dosen dan rajin ngerjain tugas sih. Itu menurut pengalaman saya aja.

    ReplyDelete
  59. Menurut saya, kulon (kuliah online) ada plus minusnya. Plusnya, kulon bisa dilakukan di manapun selama sinyal ada. Tapi, minusnya, kadang kita merasa agak sedikit malas. Belum lagi kalau orang itu mudah terdistraksi sama hal lain.

    ReplyDelete
  60. Ada plus-minus nya sih kuliah online itu. Bisa nyaman karena gak usah keluar rumah, tapi juga kurang mood karena aura kelas gak kerasa nyata

    ReplyDelete
  61. Zaman digital enaknya kuliah pun bisa ambil jalur online. Pembelajaran jarak jauh dan waktu yang fleksibel membantu banget bagi mahasiswa yang kuliah sambil bekerja

    ReplyDelete
  62. Kuliah online memang sangat cocok sekali jika dana terbatas... pengen dapet skill dan ijazah. Tapi untuk pengalaman tetep reguler lebih seru....

    ReplyDelete
  63. Semenjak pandemi, pertemuan perkuliahan memang lebih nyaman dilakukan secara online, karena lebih simpel dan nyaman. Saking nyamannya banyak kampus yang akhirnya keterusan menerapkan hal tersebut. Salah satunya Binus yang kini memiliki alternatif pilihan pembelajaran yang dapat dilakukan secara online. Yang penting sih kalau kuliah online itu tenaga pendidiknya bisa melakukan pembelajaran lebih inovatif, sehingga tidak bosan dikala menyimak materi.

    ReplyDelete
  64. Thanks ka sudah berbagi tips kuliah online! Binus jadi semakin bagus yaa dan menjadi kampus pilihan untuk yang ingin berkuliah online dengan waktu yg fleksibel

    ReplyDelete
  65. Terima kasih tipsnya, Kak. Belajar online tuh sekarang memang bukan sebagai pilihan lagi sih, tapi solusi dan kebutuhan juga. Apalagi BINUS sudah menyiapkan tenaga pengajar profesional yang mampu membuat kelas online bisa lebih hidup. Keren sih ini!

    ReplyDelete
  66. Kuliah online jadi solusi yang positif bagi orang yang terkendala jarak ya. Sekarang semua orang di mana pun bisa memilih kampus-kampus bergengsi seperti Binus untuk jadi tempat studinya. Duh, semoga ada kesempatan untuk saya lanjut kuliah lagi.

    ReplyDelete
  67. Aku kalau pembelajaran online nih struggling bgt, kebanyakan magernya. Memang betul harus menciptakan vibes sendiri agar online learning ttp seseru itu, thank you tipsnya. Ternyata Binus ada kuliah online juga ya? Mantap bgt.

    ReplyDelete
  68. Kuliah online ini cocok banget buat orang-orang yang kayak saya. Pengabdi gajian tapi masih pengen upgrade skill. Bisa milih waktu yang fleksibel dan jurusan yang dimau.

    ReplyDelete
  69. Binus membuka kesempatan bagi mahasiswa yang terkendala jarak dan waktu ya, mantap
    walaupun begitu tetap butuh komitmen yang kuat dengan hadir tepat waktu dan tidak menunda tugas

    ReplyDelete
  70. bahkan untuk ibu rumah tangga kuliah online sangat membantu, belajar dari mana aja

    ReplyDelete
  71. Kuliah online itu enak ya, lebih fleksibel... Meski begitu pasti banyak juga godaannya... Untung ada tipsnya nih...

    ReplyDelete
  72. Sebenarnya kalo ga pandemi ga nyangka kuliah bisa online dan jadi lebih praktis cukup duduk manis dirumah uda dapat ilmu yg sama ya

    ReplyDelete
  73. Kuliah online ini bisa membantu para pekerja yang ingin tetap belajar lagi ya kak

    ReplyDelete

Post a Comment