Cara Digital Agency Membantu UMKM dan UKM Go Digital

Konten [Tampil]
Saat ini kita berada di era digital. Sebuah era dimana kehadiran internet dan teknologi digital telah menjadi bagian penting dari kehidupan masyarakat. Tidak terkecuali bagi pelaku usaha. Baik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) maupun Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sangat memiliki kepentingan untuk mengembangkan usahanya.

Untuk mengembangkan usaha yang memiliki jangkauan lebih luas pelaku usaha UMKM dan UKM mau tidak mau harus bertransformasi dari konvensional ke digital. Ini harus dilakukan agar pelaku usaha bisa ikut berkompetisi dalam memasarkan produk secara digital. Ini perlu dilakukan karena adanya perbedaan antara pemasaran pada masa lalu dengan masa kini.
agensi digital di Jakarta
Pada masa lalu, UMKM dan UKM lebih mengandalkan pemasaran tradisional, seperti melalui penyebaran brosur atau iklan di media cetak. Namun, dengan perkembangan teknologi digital, pelaku usaha kini dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan melalui berbagai platform digital, seperti website, media sosial, dan e-commerce.

Untuk mencapai transformasi digital ini tentunya tidak bisa dilakukan sendiri oleh pelaku usaha baik UMKM dan UKM. Untuk itu, mereka dapat bekerja sama dengan digital agency Indonesia yang menjangkau lebih luas. Bagi pelaku UMKM dan UKM di Jakarta bisa bekerjasama dengan digital agency Jakarta.

Apa itu Digital Agency?

Digital agency adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemasaran digital, seperti pembuatan website, pengelolaan media sosial, dan optimasi mesin pencari (SEO). Digital Agency bisa juga disebut sebagai agensi yang hadir untuk membantu pelaku usaha termasuk UMKM dan UKM dalam memasarkan produk atau jasanya secara digital atau melalui digital marketing. Secara sederhananya mereka hadir untuk membantu pelaku usaha dalam mencapai rencana dan target perusahaan yang ditetapkan, khususnya dalam hal marketing.

Ada banyak digital agency Indonesia yang bisa kita pilih sesuai domisili atau sesuai target pasar kita. Misal kita memiliki target pasar di Jakarta, akan lebih baik jika menggunakan Jasa digital agency Jakarta. Kita tidak perlu bingung ada banyak digital agency Jakarta yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita.

Cara Digital Agency Membantu UMKM dan UKM Go Digital

Memanfaatkan agensi digital di Indonesia untuk mendukung digitalisasi usaha akan memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha. Terlebih bagi pelaku usaha UMKM dan UKM keberadaan agensi digital akan sangat membantu proses go digital. Baik agensi digital di Indonesia maupun agensi digital di Jakarta akan sangat membantu pelaku usaha UMKM dan UKM untuk go digital.

Cara digital agency membantu pelaku usaha UMKM dan UKM untuk go digital diantaranya:

1. Membantu mengembangkan strategi pemasaran digital

Digital agency dapat membantu pelaku usaha UMKM dan UKM dalam mengembangkan strategi pemasaran secara digital dengan lebih tepat dan terukur. Bekerjasama dengan agensi digital di Indonesia akan sangat membantu pelaku usaha UMKM dan UKM mencapai target pemasaran.

Strategi ini akan mencakup tujuan pemasaran, target pasar, dan saluran pemasaran yang akan digunakan. Menerapkan strategi yang tepat, pelaku usaha UMKM dan UKM dapat menjangkau lebih banyak calon pelanggan dan meningkatkan penjualan. Hal ini juga akan bisa dicapai meskipun kita bekerjasama dengan agensi digital di Jakarta. Ini karena agensi digital sudah memiliki pengalaman di bidangnya dan didukung sumber daya profesional.

2. Membantu membuat website yang profesional

Di era digital ini, memiliki website sama halnya membangun kantor. Bedanya, website ini bisa menjadi kantor virtual yang bisa diakses kapan saja oleh banyak orang. Website adalah salah satu saluran pemasaran digital yang penting bagi UMKM dan UKM.

Website dapat digunakan untuk menampilkan informasi tentang profile UMKM dan UKM, informasi produk dan jasa, serta untuk memberikan informasi kepada calon pelanggan.

Digital agency Indonesia terpercaya dapat membantu UMKM dan UKM membuat website yang profesional dan menarik. Website yang profesional akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap UMKM dan UKM.

agensi digital di Indonesia

3. Mengelola media sosial

Saat ini media sosial merupakan salah satu ceruk pemasaran yang tidak boleh dipandang sebelah mata. Semua orang dari berbagai kalangan mmemiliki media sosial. Tentu ini merupakan peluang yang cukup menjanjikan.

Media sosial adalah saluran pemasaran digital yang efektif untuk menjangkau calon pelanggan. Digital agency Jakarta bisa menjadi mitra kerjasama pelaku UMKM dan UKM untuk membantu dalam mengelola media sosial dengan efektif.

Digital agency nantinya dapat membantu UMKM dan UKM dalam membuat konten yang menarik. Sesuai dengan target pasar yang dibidik. Selain itu, agensi digital di Jakarta juga dapat membantu UMKM dan UKM memantau dan menganalisis kinerja media sosial.

Menjalin kerjasama dengan digital agensi di Indonesia akan semakin memudahkan kita selaku pelaku UMKM dan UKM dalam menjangkau segmen pasar dengan lebih tepat, terrencana, dan terarah.

4. Melakukan optimasi mesin pencari (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah upaya untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencari. Melalui upaya ini website UMKM dan UKM akan lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan.

Digital agency Indonesia dapat membantu UMKM dan UKM melakukan optimasi SEO pada website. Mereka dapat memberikan saran dan rekomendasi tentang cara meningkatkan peringkat website di mesin pencari, seperti dengan riset kata kunci, dan SEO Content Writing.

5. Membantu menganalisis data

Digital agency Indonesia terpercaya akan memudahkan pelaku UMKM dan UKM dalam mengelola dan mengolah data dengan lebih baik daripada dikelola sendiri. Ini karena data merupakan aset yang berharga bagi UMKM dan UKM. Melalui analisis data, UMKM dan UKM dapat memahami kinerja pemasaran digital usaha yang dijalankan. Ini akan sangat berguna dalam membuat keputusan yang lebih tepat.

Jasa digital agency Jakarta dapat membantu UMKM dan UKM menganalisis data pemasaran digital. Mereka akan menggunakan berbagai alat dan teknik untuk membantu UMKM dan UKM memahami data yang dimiliki sehingga bisa memaksimalkan pencapaian target perusahaan.

Melalui bantuan digital agency Indonesia terpercaya, pelaku UMKM dan UKM dapat go digital dengan lebih mudah dan efektif. Digital agency dapat membantu UMKM dan UKM mengembangkan strategi pemasaran digital yang tepat, membuat website yang profesional, mengelola media sosial dengan efektif, melakukan optimasi SEO, dan menganalisis data.

Digital Agency Indonesia Terpercaya

Keberadaan digital agency di era digital akan banyak membantu pelaku usaha, khususnya UMKM dan UKM untuk bisa go digital. Ikut bersaing dalam ranah persaingan global. Untuk itu kita perlu mencari digital agency Indonesia terpercaya.

Salah satu digital agency Jakarta yang bisa kita jadikan pilihan untuk kerjasama adalah REDComm. REDComm sebagai salah satu agensi digital Jakarta sudah memiliki banyak pengalaman dalam kerjasama di bidang digital.
Redcomm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut


Mengapa memilih REDComm?

REDComm sebagai salah satu agensi digital di Indonesia ini sudah memiliki pengalaman lebih dari 22 tahun. Selain itu sudah bermitra dengan lebih dari 300 Brand dalam memenangkan pasar dan atau membuat pasar sendiri. Agensi ini juga sudah menangani lebih dari 1000 kampanye digital yang kreatif dan bermakna, serta berdampak positif bagi brand.

Pengalaman REDComm sebagai sebuah digital agency terpercaya di Indonesia tidak perlu diragukan lagi. Pelaku usaha UMKM dan UKM bisa bekerjasama dengan digital agency Jakarta ini sebagai mitra dalam transformasi digital.

REDComm sebagai Campaign Asia Agency of the Year 5 tahun berturut-turut bisa menjadi pilihan tepat bagi pelaku usaha UMKM dan UKM dalam mewujudkan digitalisasi. Memilih REDComm sebagai mitra kerjasama adalah pilihan tepat. Ini karena REDComm juga mendapatkan pengakuan secara global. 

Itulah cara digital agency membantu UMKM dan UKM Go Digital. Bagi pelaku usaha UMKM dan UKM yang butuh digital agency untuk melejitkan omset dan memperluas jangkauan bisa bekerjasama dengan salah satu digital agensi di Indonesia, REDComm.

Related Posts

60 comments

  1. UMKM Indonesia sangat banyak dan beragam ya, Mas. Makanya harus terus dibantu promosikan biar produknya semakin luas sampai ke manca negara.
    Nah, Digital Marketing Agency ini akan sangat membantu. Dari membuat website, sampai promo di media sosial.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mas Bambang, kalau ga ada kolaborasi dan sinergi, UMKM tidak bsisa go global

      Delete
  2. Zamannya digital sih, memang udah seharusnya pelaku UMKM dan UKM Go Digital. Bukan cuma berjuang sendiri, karena sekarang ada digital agency Redcomm yang bisa maksimalin pemasaran mereka yah, Kang. Jadi jangkauannya lebih luas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju kak. zaman berubah pelaku umkm juga harus mengikuti zaman supaya tetep update. kalau jangkauannya bisa lebih luas kan salesnya juga meningkat yak hihi

      Delete
    2. Betul kak, saat ini konsumen lebih banyak riset produk secara online sebelum membeli daripada tanya langsung ke toko

      Delete
  3. Bener banget. Sekarang produk dari UMKM bisa banget dibantu oleh digital marketing agency. Tinggal memilih digital marketing agency yang tepat sih. Agar targetnya sesuai dengan yang diinginkan.

    ReplyDelete
  4. Dengan adanya digital agency, promosi di media sosial jadi semakin optimal ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju kak,
      karena dilakukan oleh yang memang ahlinya dalam urusan pemasaran ya.

      Delete
  5. Sepakat nih, UMKM harus sudah go digital. Kalau belum bisa melakukan sendiri pemasaran digitalnya, bisa menggunakan jasa dari digital marketing agency. Saya ada kenalan, masih saudara, sampai saat ini belum mau go digital. Sangat disayangkan, padahal produknya bagus, tas rajut dari bagan alam.

    ReplyDelete
  6. Saatnya UKM dan UMKM Go Digital ya. Berkolaborasi dengan digital marketing agency membuat mereka lebih memperoleh target pemasaran. Dan tentunya diharapkan pendapatan meningkat, bisa sejahtera.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar. Biar semakin berkembang pangsa pasar terus bisnisnya pun makin maju...

      Delete
  7. Wah keren banget sih Redcomm ini baca dari situsnya kliennya udah perusahaan kelas kelas atas dan udah sampai 22 tahun juga ya, pastinya secara kualitas sudah tidak diragukan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mbak. pengalamnnya yang udah lama gini dijamin bakalan bisa handle client berkualitas ya

      Delete
  8. Sekarang era digital emang semua jadi serba canggih dan praktis. Brand bisa kerja sama dengan digital marketing agency buat promosi. Lebih hemat juga karena ngga perlu hiring orang buat promosi produknya. Tim agency mah lebih handal. Yang di Jakarta bisa pilih Redcomm aja deh yang udah pro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memilih Digital Agency Indonesia Terpercaya dan terbaik uda yang paling tepat sih yaa.. Redcomm uda pengalaman di bidang Digital Agency Indonesia selama lebih dari 2 dekade. Semoga bisa membantu UMKM dan UKM Go Digital dan lebih dikenal semakin luas.

      Delete
  9. UMKM yang baru melek digital pasti terbantu banget dengan adanya digital agency. apalagi yang udah berpengalaman kayak Redcomm ini. dijamin semuanya serba beres. owner UMKM nya bisa lebih fokus ke pengembangan produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju kak, karena banyak kemudahan ya. Apalagi bis amembantu urusan buat bikin web dan pakai teknik SEO pula ini nih.

      Delete
    2. Nah iya soalnya digital marketing itu gak gampang juga buat dipelajari dalam waktu singkat. Jadi biar hemat waktu dan bisa fokus ke produk aja

      Delete
  10. Pakai digital agensii jadi memudahkan pelaku usaha untuk mengembangkan bisnisnya. Karena memang harus mengikuti jaman sih di masa sekarang ini, biar perkembangan bisnis yg dijalankan sesuai haraoan

    ReplyDelete
  11. Paket lengkap ya digital agency ini dalam membantu UMKM bisa Go Digital dengan mudah. UMKM cukup fokus untuk meningkatkan value, soal digital marketing biar digital agency

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar , Mbak. Promosi akan semakin maksimal, karena semua dioptimasi dengan baik. Misalnya website harus tahu soal SEO juga. Digital Agency yang membantu promo online membuat pebisnis fokus pada pengembangan produk.

      Delete
  12. Sangat membantu pelaku UMKM banget kalau menggunakan digital agency dalam rangka go digital, pemilik usaha tinggal duduk manis. Tapi harus pilih agency yang terpercaya seperti Redcomm.

    ReplyDelete
  13. Kerenn RedComm ini, suatu saat pengen deh collab sama digital agency kek gini, hihi siapa tahu ya kaan bisnis tahun depan jadi lebih besar dan butuh penanganan Redcomm biar lebih melesat, aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, aku juga mikirnya gitu nih MbakJi, pengen collab sama digital agency ciamik ini.. Ayok Jingga Group semoga bisa melesat bareng Redcomm, aamiin..

      Delete
  14. Redcomm boleh jadi solusi bagi pemilik usaha UMKM dalam rangka memasarkan produknya di era digital spt sekarang ini.

    Tidak bisa dipungkiri bahwasannya dunia digital berkembang pesat dan kita harus bisa memaksimalkannya.

    ReplyDelete
  15. Banyak banget ya kerjaan UMKM biar makin dikenal khalayak. Kalo emg ga mau pusing ngerjain sendiri, lebih baik pake jasa agensi ini dah. Dijamin urusan digital agency dikerjakan mereka dgn baik. Apalagi ini Redcomm loh. Udh pasti berkualitas dan keren.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa hahaha PR nya udah segunung kalo ngga ada Redcomm kayaknya kita ngga akan fokus sama kualitas produk/jasa yah

      Delete
  16. Seneng banget banyak program yang terus membantu dan memberi solusi terbaik untuk pelaku usaha khususnya UMKM untuk Go Digital, tentu menjadi peluang emas yang menjanjikan.

    ReplyDelete
  17. Setuju banget sih kalau UMKM dan UKM Go Digital.
    Karena branding ini gak sebentar dan kudu dilakuin dengan digitalisasi sesuai zamannya agar dikenal lebih luas bahkan sampai luar negeri. Bersama Redcomm, yang sudah terpercaya, UMKM dan UKM Go Digital semakin melejitkan omset.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, Mba Lend. Digital marketing itu harus mengikuti perkembangan zaman. Jangan sampai enggak bisa memasarkan produk karena promosinya masih kurang oke.

      Delete
  18. Telah masuk ke era digital. Jadi segalanya ahrus menyesuaikan dengan sikon ya, Mas. termasuk promosi.
    Dan Digital Agency ini sangat membantu untuk promosi online, agar hasilnya maksimal. Termasuk lewat website yang sudah sesuai SEO dan promosi di media sosial juga.

    ReplyDelete
  19. Bagi UKM dan UMKM, menjalin kerja sama dengan digital marketing agency memang hal yang penting. Jangkauan pemasaran produknya bisa jauh lebih luas daripada kalau pemasarannya dengan cara konvensional.

    ReplyDelete
  20. Adanya digital agensi memungkinkan kita memproduksi konten yang bagus dan berkualitas. Perlu banget dipertimbangkan.

    ReplyDelete
  21. Digital Agency ini memang penting bagi UMKM dan UKM Go Digital. Sudah deh, tinggal serahin aja ke RedComm, beres!

    ReplyDelete
  22. Digital agency emg pntg bngt sih diketahui ama UMKM saat ini. Mereka tuh bs ngebantu UMKM dlm pemasaran. Jd UMKM tdk hrs pny tim marketing sndiri. Serahkan urusannya ke digital agency. Nanti tergantung tujuan yg mau dicapai. Smg UMKM kita naik kelas ya.

    ReplyDelete
  23. RedComm ini sudah puluhan tahun dan klien yang dipegang pun sudah bukan perusaan baru tapi sudha perushaan kelas atas semuanya, pastinya seara kualitas dna jam terbang pengalamn sudha tidka diragukan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Redcomm si asli, rekomendasi digital agency terpercaya yah, Kak. Udah puluhan tahun kan ya..

      Delete
  24. Personal branding nya tentunya cocok buat umkm, tpi dgn kolaborasi digital agency Redcomm tentunya dpt berkembang sesuai kemajuan jaman.

    ReplyDelete
  25. Personal branding nya tentunya cocok buat umkm, tpi dgn kolaborasi digital agency Redcomm tentunya dpt berkembang sesuai kemajuan jaman.

    ReplyDelete
  26. Keren dwh RedComm bisa bertahan hingga 22 tahun, apalagi sampai mendapatkan award 5 tahun terakhir...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Persaingan di dunia Digital Agency Indonesia pastinya juga ketat yaa..
      Dan Redcomm membuktikan dari sederet pengalaman dan prestasi dalam membantu perusahaan besar di INdonesia dan kini saatnya UMKM untuk Go Digital juga.

      Delete
  27. Digital agency sangat diperlukan saat ini mengingat banyak yang butuh jasa digital marketing.

    ReplyDelete
  28. UMKM sudah saatnya maju
    Mainkan dunia digital untuk hasil lebih baik
    Bahkan bisa mendunia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan sekarang sudah banyak jalan untuk bantu UMKM lebih terkenal di dunia maya
      Saya pun sekarang membantu teman di media sosial

      Delete
  29. Keren banget deh REDComm ini. REDComm udah 5 kali berturut-turut menangin Campaign Asia Agency of the Year ya kak. Gak kaleng-kaleng ini mah pasti mantul campaign digital marketing buat pelaku bisnis sama UMKM

    ReplyDelete
  30. Tapi jujur ya. Kehadiran digital marketing agency memang penting loh. Apalagi untuk promosiin UMKM. Itu ngefek banget. Mereka tahu cara promosiin yang efektif dan sesuai target pasar.

    ReplyDelete
  31. Bagi para UMKM emang hars jalan selaras dengan perkembangan teknologi digital sih. Jangan sampai masih menggunakan pemasaran tradisional yhaa hehehe. Bisa banget kerja sama dengan digital agency buat mengembangkan strategi pemasaran digital. Makanya pilih redcomm yang udah pro.

    ReplyDelete
  32. UMKM dan UKM harus memanfaatkan digital agency seperti REDComm ini untuk go digital ya. Karena sekarang pasar dan gaya hidup semuanya serba online. Pasar UMKM akan semakin luas, bahkan bisa lintas wilayah dan negara.

    ReplyDelete
  33. UMKM saatnya hrs naik kelas sih. Agar mereka bs bersaing dgn UMKM asing yg udh mulai mendominasi.

    Peran digital agency ini sgt pntg sih. Terutama utk membantu UMKM mempromosikan barang dan jasanya. Biar UMKM terbanth pemasarannya dan ga repot hrs mengurus sendiri.

    ReplyDelete
  34. Kehadiran digital agency seperti Redcomm harus dimaksimalkan oleh para pelaku UMKM dan juga UKM agar peluang bisnis terus maju dan berkembang dalam bidang marketing sehingga UMKM bisa naik level menjadi bisnis besar

    ReplyDelete
  35. Alhamdulillah berkat bantuan REDComm pengusaha UMKM jadi terbantu ya. Bisnisnya jadi naik ke level profesional karena punya website sendiri dan akun sosial medianya dikelola dengan baik. Pasar pun makin luas dan pembelinya nambah.

    ReplyDelete
  36. Adanya digital agency ini pastinya sangat membantu UMKM di daerah yang saya lihat masih banyak yang kesulitan dalam memasarkan produk secara digital.
    Kalau ada digital agency kan mudah ya sudah disediakan layanan pemasaran digital, seperti pembuatan website, pengelolaan media sosial, dan optimasi mesin pencari (SEO). Usaha makin lancar melalui digital marketing.

    ReplyDelete
  37. Usaha kecil dan menengah sih sudah waktunya untuk terus mengikuti perkembangan jaman sih biar tetap bisa bertahan di jaman sekarang. Tapi memang mendalami dunia digital yang nggak bisa asal, Kolaborasi dengan agency digital termasuk salah satu pilihan yang layak dipertimbangkan.

    ReplyDelete
  38. Digital Agency emang penting banget untuk membuat tujuan bisnis bisa tercapai. Salah satu yang bisa dipilih REDComm. Pasti akan lebih memudahkan banget sih ini

    ReplyDelete
  39. oh redcomm ini kayanya banyak handle brand umkm yaa, keren juga sih komitmennya untuk mensupport para pelaku umkm kaya gini

    ReplyDelete
  40. Klo belum punya ilmunya terus menerapkan digital marketing, apalagi pakai ads yang berbayar, bisa boncos sih. Better memang belajar. Atau kalau nggak ya bekerja sama dengan digital marketing agency gitu ya

    ReplyDelete
  41. Digital agency memang penting untuk belajar digital marketing apalagi sosial media harus update. Info yang menarik. Terima kasih kak

    ReplyDelete
  42. di jaman yang udah serba teknologi digital, UMKM mau gak mau harus ikut beradaptasi ya dengan perubahan ini. digital agency bisa bantu banget nih pelaku UMKM biar usahanya tetap berjalan bahkan makin berkembang dengan memanfaatkan teknologi internet dan digital

    ReplyDelete
  43. di jaman yang udah serba teknologi digital, UMKM mau gak mau harus ikut beradaptasi ya dengan perubahan ini. digital agency bisa bantu banget nih pelaku UMKM biar usahanya tetap berjalan bahkan makin berkembang dengan memanfaatkan teknologi internet dan digital

    ReplyDelete
  44. betul sih kak, banyak peran digital agency untuk membantu UMKM go dgital terutama dalam hal pemasaran digital. soalnya emang agency yang lebih tau step by stepnya

    ReplyDelete

Post a Comment