Mengenal SEO Planning dan Optimasi SEO

Konten [Tampil]
Mengenal SEO Planning bagi seorang blogger merupakan hal penting. Tujuannya adalah agar sebagai blogger tidak hanya menulis, namun bisa ikut bersaing dalam menyajikan tulisan yang berkualitas dan sesuai dengan yang diharapkan oleh search engine. Mengenal SEO Planning dan Teknik SEO adalah cara yang digunakan untuk bisa mengoptimalisasi blog atau website agar berada di peringkat atas pada mesin pencarian google.

Mengenal SEO Planning dan Teknik SEO
Create SEO Planning inilah sebuah tema yang diangkat dalam kelas yang diselenggarakan oleh BloggerHub pada beberapa waktu lalu. Acara ini diselenggarakan sebagai bagian dari kegiatan rutin dari Bloggerhub yaitu bloggertalks.

Dalam sebuah pekerjaan perencanaan menjadi hal yang penting dan urgent untuk dilakukan. Adanya rencana konten atau content plan akan memudahkan kita dalam mengeksekusi sebuah pekerjaan. Termasuk di dalamnya untuk menghindari resiko-resiko yang bisa timbul atau terjadi dalam pekerjaan di kemudian hari.

Narasumber yang dihadirkan malam itu adalah Grabdhi Raditya Astrotama. Seorang Digital marketing specialist pada Asuransi Sinar Mas jiwa. Posisinya saat ini sebagai Digital marketing specialist di asuransi Simas jiwa khususnya pada channel digital insurance.

Sebagai digital marketing specialist dia menghandle SEO pada beberapa Digital Marketing specialist. Selain itu, dia juga memiliki pengalaman sebagai SEO Specialist pada fintech dan aktif pada kelas-kelas SEO.

A. SEO Planning

Pemaparan materi oleh narasumber sangat menarik. Membahas secara khusus tentang SEO Planning yang meliputi SEO secara keseluruhan, bagian SEO yang perlu direncanakan dan perlu dioptimasi.

Selain hal ini, narasumber juga memberikan insight kepada peserta frame bagaimana meletakkan apa yang akan dilakukan secara runtut. Sehingga bisa melihat apa yang perlu dilakukan. Seperti kita ketahui 

B. Apa itu SEO?

SEO atau Search Engine Optimation adalah aktivitas (marketing) yang dilakukan untuk mencapai tujuan melalui ranah search engine.
SEO atau Search Engine Optimation adalah
Dalam dunia blogging ataupun digital marketing kita mengenal berbagai macam jenis search engine seperti Google, yahoo, bing, ask, Baidu, AOL, duckgo, aol.

Tujuan dari SEO adalah untuk memberikan jawaban kepada pengguna atau user yang mengalami kebingungan atau kesulitan mencari jawaban atas suatu hal. Misal kita sedang travelling ke suatu daerah, kita mencari alamat ataupun kuliner khas, maka kita akan mengakses search engine, yang biasa dan banyak digunakan adalah google. Saat mencari tujuan, kita akan menemukan jawaban dari google.

C. Fungsi SEO Dalam Digital Marketing

Dalam dunia digital marketing SEO bisa digunakan untuk mendukung proses marketing itu sendiri yang meliputi beberapa proses
  1. Awareness, awareness ini bisa untuk membangun awareness dari brand ataupun oersonal branding kita, misal sebagai blogger.
  2. Conversion, salah satu yang bisa kita lakukan ketika terjun di dunia digital marketing atau sedang berjualan adalah conversion.
  3. Leads
  4. Traffic
  5. Loyalty
  6. Advocacy

D. Cara kerja google

Saat berbicara SEO kita perlu tahu bagaimana cara kerja google. Kita tahu search engine terbesar yang menjadi idola dan pilihan banyak orang adalah Google.
Sebagai SEO specialist kita berharap ada banyak yang menemukan kita. Proses yang perlu dilalui atau proses yang dilakukan google untuk menampilkan artikel kita.
Mengenal SEO Planning dan Teknik SEO

1. Crawling

Google adalah perusahaan yang juga memiliki tujuan salah satunya profit. Google akan melakukan pencatatan produk apa saja yang ada di market yang dikenal dengan istilah crawling.

2. Indexing

Google kemudian akan melakukan pencatatan dan grading mana yang bagus, sedang, atau yang tidak memenuhi syarat. Pilihan-pilihan ini akan dikelompokkan sesuai dengan kualitasnya.

3. Ranking

Google kemudian akan memilih produk untuk di display pada raknya. Tentunya yang ditampilkan di rak paling atas adalah yang paling bagus kualitasnya.

Jika konten kita bagus dan berkualitas maka dia akan menampilkan dan merekomendasikan tulisan kita pada peringkat atas.

E. Cara Agar SEO

Apa saja cara yang bisa dilakukan atau tahap yang bisa ditempuh agar bisa SEO? Ada enam cara atau tahap yang bisa kita lakukan.

1. Customer Persona

Mengenal audiens kita akan mempermudah dalam menentukan apa informasi yang dibutuhkan dan gaya bahasa konten yang bisa dibuat.

Contoh saat menjual kaca mata, kita akan membuat rencana atau gambaran sari target pasar misal melihat siapa yang akan membeli, kenapa mereka membeli kaca mata, apa yang mereka cari.

2. Keyword Research

Keyword research merupakan salah satu hal yang harus kita lakukan sebelum menulis konten. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang dicari oleh orang, keyword apa saja yang ada pad aperingkat atas, dan apa LSI yang berkaitan dengan keyword yang kita cari.

a. Keyword Research-Helping tools

Dalam menentukan keyword kita bisa menggunakan tools untuk membantu proses riset kita. Beberapa tools seperti ubersuggest, keywordtool.io, dan google keyword planner.

b. Keyword Research Analysis

Keyword intent atau kita mengenal juga dengan search intent. Search intent adalah sebuah process yang kita lakukan sebelum menentukan keyword agar lebih mengena kepada pembaca.

Search intent atau keyword intent ada beberapa jenis yaitu
  1. Informational search intent contoh cara memberishkan noda bandel, siapa…, dimana…, mengapa…, tutorial…, belajar…, tips…, contoh…, dll.
  2. Commercial investigation search intent ini biasanya berhubungan dengan review produk. Kata yang digunakan biasanya paling baik…, review…, fitur…, perbandingan…,dll.
  3. Transactional search intent, transactional ini terjadi saat user mau membeli produk tertentu. Mereka sudah ada niat untuk membeli. Untuk konten ini biasanya sudah menggunakan kata seperti Beli, diskon, voucher, cashback, murah, jual, order, dll.
  4. Navigational search intent orang langsung mengeskplore pada nama atau merk produk misal menggunakan kata merek, nama produk, nama layanan.

3. Competitor Research

Competitor research ini bisa dibagi menjadi dua yaitu competitor by industry dan competitor by SERP.
technical SEO atau teknik SEO

Apa perbedaanya, industry belum tentu kuat secara seo. Dia kompetitor dalam bisnis tapi tidak menang di SERP. Berbeda dengan SERP mereka bersaing secara SEO untuk produk-produknya.

4. Technical SEO

Dalam technical SEO atau teknik SEO setidaknya ada tiga teknik yang perlu kita pahami yaitu

a. Accessibility 

Accessibility meliputi beberapa poin yaitu server/web hosting, security, core web vital. Accessibility seperti namanya sangat berhubungan dengan bagaimana sebuah website saat di akses.
  1. Server atau webhosting adalah pusat server bagi kita saat mengakses suatu informasi. Misal user di Indonesia, server di luar negeri, maka user harus mengakses server terlebih dulu sebelum kemudian masuk dalam web atau blog yang diakses. Tentu ini akan membutuhkan akses waktu yang lama.
  2. Security ini berhubungan dengan ssl atau https atau enkripsi data. Saat menggunakan SSL maka proses akan secure dibandingkan dengan tidak menggunakan SSL atau https. Ini perlu diperhatikan, karena google ingin menampilkan konten yang aman kepada pembacanya. Kalau tidak aman, maka google akan terkena dampak, dimana user tidak mau berkunjung lagi.
  3. Core web vital adalah algoritma update dari google. Tujuan utamanya adalah untuk memperjelas user access seperti akses cepat, download tidak lama, saat interaksi tidak ada kesalahan. Dalam Core web vital ini kita mengenal beberapa istilah seperti LCP (Largest Contentful Paint), FID (First Input Delay), dan CLS (Cumulative Layout Shift).  

b. Crawlbility 

Crawlbility merupakan kemampuan google untuk melakukan crawling
  1. Robot.txt berhubungan dengan proses google melihat-lihat apa yang ada di website kita. Ini memperlihatkan apa yang boleh dan tidak boleh dilihat google.
  2. Sitemap adalah informasi yang berisi list url dalam web yang perlu dilihat oleh google untuk proses index. 
  3. Website arcithecture berhubungan dengan pemetaan flow dari user kita, misal saat masuk dia ke home,ke blog, kemudian membaca topik yang ada. Ini bertujuan untuk mempermudah google dalam memahami website kita dan jug amempermudah user dalam mengakses blog atau website kita.
  4. Redirection adalah halaman yang tidak ingin dilihat oleh user sehingga ada respons code. Misal 301 redirection, 200 normal, 404 error, 500 server error. Misal tahun 2020 cara maska nasi goreng, kemudian di 2022 di redirection masakan nasi goreng 2021, sehingga di arahkan ke artikel baru.

c. Content Delivery

Content Delivery mencakup page structure dan structure data. Ini sangat berhubungan dengan seberapa jelas konten dibaca oleh sistem. Page structure meliputi beberapa komponen diantaranya
  1. Meta title tag berfungsi memunculkan secara jelas meta judul dengan tidak lebih dari 60 karakter, ada keyword atau kata kunci, dan menjawab intens audience.
  2. Meta description adalah deskripsi tentang artikel atau website kita yang terdiri dari 120 – 158 karakter. Tujuannya untuk memberitahukan konten ini tentang apa. Konten ini menjawab inten yang diperlukan
  3. Heading tag berfungsi untuk memberikan informasi tentang artikel yang ditulis. Apa topik yang diangkat, sub topik dan sub sub topiknya apa. Tujuan memberikan highliht artikel ini tentang apa dan apa saja detailnya.
heading tag

d. On Page SEO

1. Konten

Dalam menuliskan konten yang baik kita pelru memperhatikan beberapa hal diantaranya sesuai dengan keyword intent, memiliki alur informasi yang jelas dan tidak bertele-tele, keyword di judul karena akan menjadi meta title sehingga saat ditampilkan di google user bisa melihat, dan memasukkan sinonim kata kunci atau LSI pada konten. 
Saat kita menulis dan mengoptimasinya hingga menjadi tulisan ramah SEO maka kita akan mendapatkan manfaat dari menulis SEO itu sendiri.

2. Gambar

Gambar dalam optimasi memberikan dua manfaat yaitu bagi user dan bagi google. Bagi user gambar dapat memberikan manfaat istirahat mata saat membaca konten kita. Bagi google akan memperlihatkan bahwa konten kita kaya akan visualisasi, dan juga ada image title dan alt text yang bisa dioptimasi. 

Dalam optimasi gambar yang perlu kita perhatikan adalah memilih gambar yang sesuai dengan isi konten yang kita tulis. Pun secara ukuran, atau kapasitasnya, juga perlu diperhatikan agar gambar tidak terlalu besar yang berdampak pada beratnya proses saat membaca.


3. Internal link

Internal link adalah link yang berisi informasi terkait artikel kita yang berasal dari dalam blog atau web sendiri. Tujuannya untuk meningkatkan engagement user dengan konten kita.

Link bersifat relevan dengan konten. Analoginya link adalah sebuah pintu masuk sedang google adalah orang yang melihat konten. Sehingga google akan tahu link saat menelusuri konten mengarah kemana saja.

e. Off Page SEO

Off page SEO berhubungan dengan hal-hal di luar blog atau website itu sendiri namun juga memiliki pengaruh sepertid alam menghadirkan pengunjung atau menaikkan traffic pada website atau blog kita.

1. Rich Content

Lakukan pembuatan konten yang menarik dan bisa menjadi referensi pada topik tertentu. Saat menarik dan dijadikan referensi, orang akan memberikan link pada website kita. 


2. Public Relation Approach

Biasanya digunakan perusahaan untuk menjalin bekerjasama dengan media digital untuk menampilkan konten yang diinginkan. Harapannya kemudian adalah mendapatkan backlink dari konten yang ada


F. SEO Planning

Dalam SEO planning kita bisa membuat beberapa bagian kecil dengan kegiatan-kegiatan tersendiri . Misal kita membagi menjadi 4 qkatu atau quartal 1, 2 ,3, dan 4.
mengenal seo planning dan optimasi seo

1. Aktivitas Q1

Pada quartal 1 yang bisa kita lakukan adalah melakukan perencanaan berhubungan yang meliputi customer persona, keyword research dan competitor research.

Pada quartal 1 ini tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran umum target audiens, mendapatkan gambaran jumlah konten yang perlu dikerjakan, mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor.

Melalui semua ini akan memberikan kita gambaran bagaimana kompetitor kita dan bagaimana agar bisa mengalahkan kompetitor.


2. Aktivitas Q2

Target aktivitas pada Quartal 2 ini adalah menyelesaikan optimasi technical part 1 dan Optimasi On Page Part 1. 

Optimasi technical part 1 meliputi optimasi website arcitecture, security - https, sitemap.xml, dan robot.txt.

Sedangkan optimasi on page part 1 kita fokus pada pembuatan konten berkualitas secara optimal.

3. Aktivitas Q3

Target aktivitas pada Quartal 3 ini adalah menyelesaikan optimasi technical part 2 dan Optimasi On Page Part 2. 

Dalam optimasi teknikal atau technical optimation part2 maka kita melakukan optimasi pada meta title tag, meta description tag, heading tag, dan core web vital part 1.

Jika semua sudah dipastikan teroptimasi maka lanjutkan dengan optimasi on page part 2 dengan pembuatan konten secara optimal.

3. Aktivitas Q4

Setelah semua sudah rapi dan optimal maka kita bisa melakukan optimasi off page. Ini bisa dilakukan dengan membuat 1 konten yang memang masuk kategori rich content. Pada Q4 ini kita juga melakuka optimasi On Page untuk Part 3 berupa pembuatan konten optimal.

G. SEO Review

mengenal seo planning dan optimasi seo

Tujuan review ini adalah untuk melihat efektivitas ataupun capaian dari target yang kita buat, apakah target yang ditetapkan tercapai atau belum. Melalui review secara berkala akan memberikan kita informasi apakah yang kita lakukan sudah berhasil atau belum? Jika tidak berhasil maka cari tahu, apa kira-kira penyebabnya.

H. Kesimpulan

Sebagai blogger mengenal SEO Planning dan Optimasi SEO akan membuat kita semakin aware tentang perlunya membuat konten yang berkualitas. Baik dari segi isi ataupun visualisasi pendukungnya. Tentunya dengan menggunakan dan menerapkan kaidah-kaidah SEO dalam aktivitas menulis kita.

Setelah tahu tentang SEO Planning, sudah siapkan kita untuk mengaplikasikan dalam kepenulisan kita? Meskipun membutuhkan usaha yang ekstra, sebagai seorang blogger tetap harus mencoba untuk menerapkannya.

Related Posts

35 comments

  1. Wah rupanya panjang penjabarannya tentang seo planning ini ya. Jadi pengen duplikasi.

    ReplyDelete
  2. Semakin belajar SEO, semakin sadar bahwa jadi bloger itu tidak mudah ya, Pak. Butuh skill khusus. Gak cukup hanya modal nulis. Aku sebenarnya kurang senang sama SEO ini. Apaan sih, ribet banget... Aku maunya yang instant aja...
    MAkasih pak sudah direfresh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya memang yang instan itu enak dok. Tapi ga sehat gitu sih. Wkwk. Belajar bersama

      Delete
  3. Belajar seo itu susah2 gampang. Mesti sabar dan trial and error sampe bisa. Terakhir lakukan dengan konsisten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, da kalanya berhasil, ada kalanya gagal. Semua adalah proses yang perlu dinikmatinya mb moly

      Delete
  4. Walau suka lupa buat menerapkan, tapi memang udah jadi keharusan sih kalau dipikir-pikir penerapan SEO ini, apalagi buat blogger kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, setidaknya seo dasar tidak dilewatkan dan dilupakan mb

      Delete
  5. Baca artikel kakak saya jadi rada paham tentang seo karena Kemaren sempet ikut webinar yg membahas ini tapi saya ga mudeng sama sekali.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, yang jelas terus berproses, terus belajar meskipun hanya paham sebagian kecil.

      Delete
  6. Seo itu udah jadi temennya blogger yaa, saya selalu terapkan seo dalam artikel saya. Nggak ada kata berhentilah belajar SEO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, iya kak. Temen bligger, gemen digital marketer, temen semua yang berhubungan dengan search engine

      Delete
  7. Apalagi seo planning ini bisa mendatangkan traffic buat blog kita, sangat menarik. Saya mau nonton ulang lo, materi ini biar bisa menerapkan sedikit sedikit buat blog saya. Soalnya saya masih perlu konsisten di keyword research.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul,Kak. Research kw gampang-gampang susah ya.

      Delete
  8. duh seneng banget jadi anggota Blogger Hub

    sering dapat ilmu agar sebagai blogger bisa naik kelas

    ngiriiii.... ^^

    ReplyDelete
  9. SEO dan Blogger udah kayak bestie aja ya, hihihi. Bener banget, SEO sangat membantu buat para Blogger. Kudu dipahami bener-bener nih

    ReplyDelete
  10. Saya belajar ini baru sedikit² memang harus langsung di terapkan ya, melihat tulisan ini jadi pengen nambah ilmu SEO lagi 😀

    ReplyDelete
  11. Baca ini lagi jadi inget bahwa saya masih punya pe-er besar untuk blog saya pribadi. Belum pernah ditelaah lebih lanjut soal SEO nya. Pengen deh bisa menemukan seseorang yang mau melakukan ini dan memberikan masukan-masukan profesional agar blog saya menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  12. Artikel yang sangat edukatif dan informatif banget, Pak Gie. Aku bakal sering bolak balik baca artikel ini nih biar bisa kayak pak Gie, page one terus :D

    ReplyDelete
  13. Ini yang seringkali terlupakan dalam menulis.Tidak memperhatikan SEO, nulis saja. Padahal ini penting banget ya. Thanks kak sudah berbagi ilmunya

    ReplyDelete
  14. mantap banget ini ilmunya. Saya jadi mudah memahami apa maksud crawling dan indexing setelah membaca artikel ini. Sebelumnya sering bingung kalau dapat email dari GSC, yang salah satu isinya menyatakan "artikel di crawl"

    Kebayang ini kalau menyimak langsung dari sumbernya, pasti saya bakal sambil manggut-manggut

    ReplyDelete
  15. Saya tetap harus mencerna dengan pelan ketika belajar tentang SEO. Memang seharusnya jangan mengabaikan hal ini. Apalagi kalau berniat mencari penghasilan lewat blog.

    ReplyDelete
  16. Belajar seo memang asyik, semenjak belajar seo saya sedikit ngerti riset keyword, keyword turunan, backlink dan semacamnya

    ReplyDelete
  17. Sebagai blogger pun tentunya penting sekali mempelajarinya nih. Saya beberapa kali pernah ikutan kelas juga untuk belajar tentang optimasi SEO ini memang menyenangkan jika ditekuni dengan baik.

    ReplyDelete
  18. Saya termasuk yg belum menerapkan SEO, jadi harus mengenal SEO Planning dan Optimasi SEO, biar jd blogger beneran hehe

    ReplyDelete
  19. Dulu awalnya ngeblog tuh cuma modal nulis dan platform aja eh ternyata banyak yang harus dipelajari termasuk tentang SEO Planning dan Optimasi SEO. Biar tulisan kita banyak pengunjung.

    ReplyDelete
  20. Saya dulu cita-cita pengin jadi penulis, tapi beneran nggak kebayang malah sekarang jadi penulis blog yang selain harus bisa menulis juga harus tahu minimal basic SEO. Tapi saya menikmati sekali dan belajar banyak banget hal-hal baru tentang tetek bengek per-blogger-an termasuk SEO.

    ReplyDelete
  21. Belajar SEO terlebih yang memang bidangnya di digitalisasi maka akan lebih memahami cara membuat konten pemasaran digital yang berkualitas serta berkaitan dengan keyword yang banyak dicari oleh pengguna

    ReplyDelete
  22. nambah ilmu baru lagi nih buat belajar SEO. semenjak menerapkan SEO di blog, artikelku banyak banget yang mejeng di page one. emang dahsyat keuatan SEO. hihi

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah jadi makin tercerahkan nih tentang SEO mulai planing sampe optimasinya. Ilmu penting buat kita yang ngeblognya emang pengen joss ya..

    ReplyDelete
  24. Makin ke sini nulis blog bukan sekedar nulis ya, lebih tertantang dengan adanya SEO, pastinya lebih asik dan seneng kalo banyak yang baca, tentunya dengan strategi tepat

    ReplyDelete
  25. Wah jd tau teknik SEO. Agak ribet kl blm biasa ya, tp ini tantangan bg seorg blogger,agar tulisannya bs ranking teratas d google.

    ReplyDelete
  26. Fix kak paket lengkap Menjadi Seorang blogger emang kudu paham tentang seo ya, agar tulisan Kita semakin mudah terindex Dan dicari di mesin pencari

    ReplyDelete
  27. PR banget nih buat aku. Blog baruku belum dioprek2 lagi buat SEO Planning dan Optimasi SEOnya. Semangaaaaaaat.

    ReplyDelete

Post a Comment