Bloggerday 2022, Saat Cinta pada Komunitas Bloggercrony Indonesia Tumbuh dan Mekar

Konten [Tampil]
Bloggerday 2022 merupakan sebuah acara yang diselenggarakan dalam rangka 7th Anniversary Bloggercrony Community. Acara yang diselenggarakan pada Minggu, 27 Februari 2022 ini diikuti oleh 100 peserta yang merupakan blogger terpilih. #7thBloggercrony ini mengangkat tema #ScaleUpYourSkill.
Bloggerday 2022 Bloggercrony Community

Komunitas Bloggercrony Indonesia menghadirkan beberapa narasumber untuk upskilling peserta. Ada Anwari Natari seorang Editor dan Dosen Bahasa Indonesia, Tuhu Nugraha seorang Digital Business Consultant & Trainer. Keduanya berkolaborasi dalam webinar pertama yang membahas tentang “Dunia Digital: Metaverse dan Kejahatan Bahasa.”

Pada sesi webinar ke dua membahas tema “Blogging: Organik vs monetisasi”. Sesi ini menghadirkan Eddy Prayitno seorang Blogger dan Content Creator yang lebih dikenal dengan sebutan Matahari Timoer yang membahas Blogging secara Organik. Sedangkan Blogging berhubungan dengan monetisasi dibahas oleh Joe Chandra. Seorang blogger sekaligus CEO Of Seven Creative Media.

Sesi webinar pamungkas menghadirkan seorang wanita yang berprofesi sebagai Praktisi Psikologi Pendidikan dan merupakan Founder Alfalah.ed & Sayanganak.id, yaitu Tsurayya Syarif Zain, S.Pd.I.,S.Psi.,M.A.

Tak kenal maka tak sayang

Pertemuan dengan Komunitas Bloggercrony Indonesia menjadi hal terindah. Saat itu, tahun 2020 saya yang baru mengenal dunia blogging. Gayung bersambut, seorang rekan blogger senior di Jember mengajak saya untuk ikut acara yang diselenggarakan melalui zoom meeting. Acara keakraban yang membuat saya merasa bertemu keluarga baru. Apalagi diterima dengan sambutan hangat oleh Founder dan Co. Founder Bloggercrony Community, Wardah Fajri dan Satto Radji.
Bloggerday 2022 Bloggercrony Community

Ada beberapa lomba yang diselenggarakan sore itu, saya hanya ingat lomba tebak kata dan lomba menulis cepat dengan tema yang diberikan secara mendadak. Sore itu, saya mengikuti lomba menulis cepat. Begitu bahagia ketika diumumkan terpilih menjadi pemenang. Sejak saat itu saya mulai jatuh cinta pada Bloggercrony Community.

Ada ungkapan tak kenal maka tak sayang. Untuk bisa lebih dekat dan mengenal apa itu Komunitas Bloggercrony Indonesia, saya mencari informasi berhubungan dengan komunitas ini. Mengikuti sosial media yang dimiliki Bloggercrony Community yaitu instagram dan mengunjungi halaman Bloggercrony.

Komunitas Bloggercrony Indonesia adalah komunitas blogger Indonesia yang berdiri pada 24 Februari 2015. Komunitas multiplatform yang berbasis di Jakarta ini lahir dengan tujuan mulia. Tujuan itu untuk mewadahi dan memfasilitasi bloger untuk terus mengembangakan diri dan kompetensinya sebagai bloger. Tujuan itu tertuang dalam tagline Bloggercrony Community yaitu Blogging, Networking, dan Empowering.

Komunitas Bloggercrony Indonesia memiliki beberapa program yang bisa diikuti oleh anggotanya atau BCC Squad.
  1. BloggerView adalah kegiatan offline BCC yang difasilitasi oleh pihak ketiga.
  2. BloggerHangout adalah program yang menjadi ajang diskusi dan saling berbagi pengetahuan dengan sesama bloger yang juga menghadirkan pihak ketiga seperti ahli bahasa, penulis profesional. Tujuannya adalah untuk mengembangkan kapasitas dan kemampuan bloger.
  3. BloggerCare adalah program yang mengajak semua anggotanya untuk bisa ikut memberikan sumbangsih dalam mengangkat isu lokal dan isu-isu yang tidak diangkat oleh media pada umumnya. Dalam BloggerCare juga terdapat aksi saling membantu sesama anggota baik melalui donasi ataupun yang lainnya.
  4. BloggerPreneur adalah program yang memfasilitasi pada anggota yang memiliki usaha melalui promosi dalam kegiatan Bloggercrony baik secara mandiri maupun partnership.

Siapa yang tidak jatuh cinta ketika mengenal komunitas yang begitu peduli dengan anggotanya. Tentu tidak ada yang menyangkal, dan semua setuju untuk bisa dekat dan jatuh cinta dengan komunitas ini.

Bloggerday 2022 Bloggercrony Community

Jatuh Cinta pada Komunitas Bloggercrony Indonesia

Saya masih ingat betul dengan perhatian Bloggercrony Community kepada seluruh anggotanya. Founder dan Co Founder komunitas ini bahkan memikirkan tidak hanya blogger yang menjadi anggota, namun juga memikirkan keluarga yang ada di rumah.

Sebuah bukti ketulusan seorang Wardah Fajri bersama Satto Radji dan Khoirunnisa dalam mengelola komunitas yang mewadahi bloger yang beragam suku, agama, dan latar belakang profesinya.

Pada BloggerDay 2021 memberikan perhatian khusus pada peningkatan kapasitas keilmuan anggotanya. Lebih khusus lagi, perhatian kepada keluarga yang begitu tertekan selama Covid 19 melanda dunia. Bloggercrony Community hadir membahagiakan blogger dan keluarga dengan Virtual Trip To America bersama Kak Idfi Pancani. Sungguh perhatian yang mungkin kalau saya menjadi mereka, tidak akan berpikir sejauh itu.

Saat Cinta Tumbuh dan Mekar

Sudah cukup ya, sekilas cerita perjalanan bagaimana pertemuan dengan Bloggercrony Community. Kini saatnya mengurai cinta yang sudah tumbuh dan mekar itu. Cinta pada Komunitas Bloggercrony Indonesia yang semakin tumbuh dan mekar di acara selebrasi #7thBloggercrony anniversary yang diselenggarakan secara hybrid live dari Hotel Aston Priority Simatupang, Jakarta dan online via Zoom pada 27 Februari 2022.
Bloggerday 2022 Bloggercrony Community

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua panitia BloggerDay 2022 Akbarmuhibar dilanjutkan sambutan oleh Ketua Komunitas Bloggercrony Indonesia sekaligus Co Founder yaitu Satto Radji dan disusul dengan sambutan Founder BCC Wardah Fajri.
Kakak-kakak yang udah senior terima kasih kelapangan hatinya. Memberikan kunci kamarnya kepada teman-teman yang baru karena memang kita ingin ngajak, “Ayo blogger-blogger se-Indonesia kumpul yuk ketemuan yuk.”
Acara ini begitu hidup, penuh dengan semangat, keseruannya begitu terasa. Pun dengan gebyar acaranya, sejak awal hingga akhir berisi kejutan bagi peserta. Seluruh rangkaian acara hingga penutup berisi pemenang.

Keseruan acara Bloggerday 2022 ini karena memang didukung oleh banyak pihak seperti Hotel Aston Simatupang, Mangrove Jakarta, Id Cloud Host, Katalensaku Photoworks, Alagyoza, Digiefood, Nyipede Souvenir, dan Laluna Kitchen.

Satu lagi, setiap blogger terpilih mendapatkan souvenir berupa pin, sticker, dan masker yang dipersembahkan oleh Cera Production. Ada yang belum tahu apa itu Cera Production? Saya berikan sedikit informasinya ya, agar tidak penasaran.


Cera Production adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam layanan produksi (production service) premium gift set untuk kantor swasta dan instansi. Souvenir kantor, seminar kit kantor, seragam kerja dan kebutuhan cetak (percetakan) juga menjadi bagian dari layanan produksi yang disediakan. Kita bisa menjumpai Cera ini di 13 kota di Indonesia. Jika ada kebutuhan souvenir kantor, seminar kit kantor, kalian tidak perlu ragu untuk menghubungi Cera Production, karena sudah lebih dari 10 tahun bergerak di bidangnya dan sudah dipercaya oleh lebih dari 350 kantor perusahaan dan instansi.

Sebuah bukti cinta dari Bloggercrony Community bagi peserta terpilih yang membuat saya sebagai peserta semakin bertambah cinta. Bahkan cinta itu semakin tumbuh dan mekar seiring dengan dukungan yang diberikan kepada BCC Squad melalui webinar yang membahas topik terkini.

souvenir kantor, seminar kit kantor, kalian tidak perlu ragu untuk menghubungi Cera Production
Souvenir kece Cera Production

Dunia Digital: Metaverse dan Kejahatan Berbahasa

Saat ini metaverse sedang menjadi perbincangan bagi banyak orang. Utamanya setelah facebook mengganti nama menjadi Meta. Apa sebenarnya Metaverse dan apa hubungannya dengan kejahatan berbahasa?

Tuhu Nugraha dalam kesempatan ini menjelaskan bahwa dalam dunia metaverse atau dunia virtual setiap orang akan bisa berinteraksi dengan orang lain melalui karakter diri yang ada di dalam metaverse tanpa ada batas negara dan waktu.

Setiap orang bisa melakukan berbagai kegiatan seperti bertemu dengan orang lain di tempat yang sudah ditentukan. Berkunjung ke negara lain tanpa perlu memikirkan tentang bahasa karena setiap orang bisa memanfaatkan alat yang bisa menerjemahkan satu bahasa ke bahasa lain.

Bloggerday 2022 Bloggercrony Community

Keberadaan metaverse ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah setiap orang bisa memanfaatkan peluang dari adanya metaverse ini. Misal sebagai bloger bisa menjadi seorang story teller untuk mendukung interaksi dalam dunia virtual atau metaverse.

Kekurangan atau resiko dari adanya metaverse ini adalah borderless atau tanpa batas. Tentu akan mempengaruhi generasi akan datang dan ini harus diantisipasi oleh orang tua.

Perlu ditanamkan nilai-nilai yang bisa membuat mereka memiliki tanggung jawab pada diri. Bisa membedakan yang baik dan buruk.

Dalam hal berbahasa, Anwar Natari memaparkan bahwa penggunaan bahasa harus dideskripsikan sedetail mungkin agar tidak menimbulkan hal buruk di kemudian hari. Prinsip kehati-hatian tetap harus diterapkan dalam interaksi di dunia metaverse. Hal ini karena semua data terekam selamanya dan dapat dilihat di kemudian hari.

Kebebasan dalam dunia metaverse bisa jadi juga menimbulkan kejahatan berbahasa seperti bullying yang bisa berpengaruh pada kesehatan mental atau bahkan bisa menimbulkan bunuh diri.

Mas Tuhu dan Mas Away dalam kesempatan ini menguatkan semuanya untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi yang ada, dan melakukan mitigasi risiko. Semua kembali kepada diri dalam menyikapi.
Baik dan buruknya teknologi tergantung bagaimana menyikapi. Jika menyikapi sebagai ancaman akan menakutkan, namun jika menyikapi sebagai peluang akan ada hal baik yang bisa kita jadikan kontribusi di dalamnya.

Blogging: Organik vs Monetisasi

Dunia blogging saat ini boleh dibilang sedang naik daun. Pertumbuhannya begitu cepat, terlebih ketika blog menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan penghasilan. Dalam sesi kedua ini ` Joe Chandra membahas tentang monetisasi blog. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seorang bloger dalam monetisasi blog diantaranya adalah terus berusaha mengembangkan kemampuan diri, membangun personal branding, dan berusaha memahami mitra ataupun brand yang bekerjasama.
Bloggerday 2022 Bloggercrony Community

Dalam sesi yang sama, Eddy Prayitno seorang blogger sekaligus content creator memberikan banyak informasi bagaimana blogging organik bisa bisa memberikan manfaat. Dia menceritakan bagaimana kelompok masyarakat di Bali membangun blog. Menulis bersama tentang kendala yang dihadapi dan solusi dari mereka. Hingga suatu waktu mereka mendapatkan penghargaan dan bisa mengembangkan kemampuan mereka. Mereka mendapatkan kesempatan untuk mendalami dunia jurnalisme, dan melakukan penelitian lebih mendalam. Ini adalah manfaat dari blog.

Dalam blogging organik, Bang MT memaparkan bahwa dalam menulis kita tidak sekedar menulis, namun perlu menguatkan fakta yang ada dengan data dan dokumentasi sehingga bisa dipertanggungjawabkan dan tidak menjadi hoax.


Baik Joe maupun Bang MT memberikan penguatan kepada peserta bahwa sebagai narablog untuk mengenali potensi diri dan mengembangkannya. Selain itu kita perlu mengembangkan kemampuan dan keterampilan, serta akrab dengan data dan dokumentasi.

Menggali Potensi Bisa, Yuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik

Webinar terakhir bersama Tsurayya peserta diajak untuk bersama-sama mengenal minat dan bakat. Meskipun memasuki waktu-waktu akhir acara atau menjelang sore, peserta terlihat sangat antusias berinteraksi dengan narasumber. Misal ketika peserta ditanya oleh narasumber tentang mana yang lebih dahulu minat atau bakat?

Minat itu adalah sumber motivasi yang mendorong seseorang untuk melakukan apa yang mereka inginkan saat diberi kesempatan memilih.(Elizabeth Hurlock)
Bakat adalah potensi dasar atau kepandaian yang dimiliki sejak lahir (Howard Gardner)
Sebagai gambaran tentang bakat ini adalah jika seseorang memiliki kemampuan dalam sebuah bidang yang lebih baik dari orang lain, dan butuh waktu sedikit untuk mempelajarinya bisa jadi itu adalah bakat orang tersebut.

Kemudian apa saja hal yang mempengaruhi atau membentuk minat seseorang? Menurut Lester Crow dan Alice Crow ada 3 unsur yang membentuk minat seseorang diantaranya:
  1. Faktor internal, contohnya adalah orang yang suka membaca cenderung memiliki keingintahuan yang tinggi, orang yang suka bola suka kebutuhan bersaing dan bertanding.
  2. Faktor Sosial, berupa dorongan positif dari orang sekitas. Suka sesuatu, lalu dipuji dan didukung oleh orang sekitar.
  3. Faktor emosional adalah faktor yang berhubungan dengan pengalaman yang melekat.

Hal yang menarik bagi saya berhubungan dengan minat dan bakat ini adalah dua data yang dari Indonesia Career Center Network (2017) yaitu:
  1. 87% mahasiswa Indonesia mengaku bahwa jurusan yang diambil tidak sesuai dengan jurusan minatnya.
  2. 71,7% pekerja memiliki profesi yang tidak sesuai dengan pendidikannya.
Sesi ini memberikan pelajaran kepada kita bahwa sebagai orang tua kita perlu melihat potensi anak, apa minat anak-anak, dan apa bakatnya sejak dini. Tujuannya adalah agar mereka bisa lebih terarah di masa depan.
Bloggerday 2022 Bloggercrony Community


Kesimpulan

Bloggerday 2022 dalam rangka Ulang Tahun ke-7 Bloggercrony Community begitu membuat semua orang jatuh hati. Ada yang memang jatuh cinta pada pandangan pertama. Kalau saya, di Bloggerday 2022, merasa cinta pada Komunitas Bloggercrony Indonesia semakin tumbuh dan mekar. Alasannya karena di sini seperti keluarga yang mendapatkan perhatian. Di dalamnya ada kepedulian dan dukungan. Seperti saat ini dukungan untuk #ScaleUpYourSkill  di #7thBloggercrony.

Related Posts

49 comments

  1. masyaallah. keren banget acaranya ya. dapat banyak ilmu yang bermanfaat.
    masih bisa jadi member gak ya? kalau gak salah ingat, saya pernah isi form atau comment ig nya. tapi gak ada balasan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dong Kak. Langsung aja cus ke halaman web bloggercrony nanti ada form yang bisa diisi

      Delete
  2. Seru banget ya rangkaian acaranya, saya juga kemarin ngikutin yang di IG. Gegara baca postingan mba ini aku jadi pengen gabung juga. padahal udah follow sosmednya dari lama, tapi kok malah blm gabung di komunitas ini, atauuuu jangan2 saya udah pernah daftar dan belum di approve ya hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk, cus daftar lagi gpp, Kak. Biar bisa lebih memastikan. Klik aja halaman bloggercrony ada di tulisan ini agak atas

      Delete
  3. Saya itu paling semangat kalau ada info even seperti ini, mungkin karena di kehidupan nyata kurang banyak sekitar yang "satu server", jadi salah satu asupannya ya via acara seperti ini.

    Btw, maskernya keren euy! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iye, Kak Dirman. Apalagi aklau servernya beda tambah sulit nyambungnya.

      Delete
  4. Pertama kali tahu Bloggercronny saat di ajak tmn menghadiri acara di senayan tahun 2019. Dan sejak itu mulai daftar dan kenal dgn tmn tmn blogger lainnya. Sukses selalu buat Bloggercronny, semoga selalu menginspirasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, senang sekali ya, kak bisa kenal Bloggercrony dan menghadiri acaranya langsung

      Delete
  5. Pertama kali tahu Bloggercronny saat di ajak tmn menghadiri acara di senayan tahun 2019. Dan sejak itu mulai daftar dan kenal dgn tmn tmn blogger lainnya. Sukses selalu buat Bloggercronny, semoga selalu menginspirasi :)

    ReplyDelete
  6. Keren banget ya acara Bloggercronny. Aku sering liat di IG acara ini tapi kayaknya acara tertutup member ya? Padahal pengen daftar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh kemarin ga coba daftar? Yuk, cuz sekarang daftar jadi member. Langsung akses laman Bloggercrony

      Delete
  7. Saya termasuk blogger yg banyak mendapat manfaat dari komunitas, sehingga tergabung di bbrp komunitas. BTW, selamat 7 th, Bloggercronny..

    ReplyDelete
  8. Seru banget acara Blogger Day 2022 ya mbak
    Bertabur banyak ilmu dan hadiah

    ReplyDelete
  9. Pengen juga jadi anggota blogger crony. gimana cara daftarnya kak?

    ReplyDelete
  10. seru ya acaranya, bukan cuman kumpul sesama member bloggercrony tapi juga dapet materi daging. upskilling peserta, Metaverse dan yang paling bikin saya penasaran Blogging: Organik vs monetisasi. duh ini gimana ya? jadi pengen tahu materinya, hehehe. semua materi merupakan hal yang update banget ya. semoga tahun depan saya bisa ikutan

    ReplyDelete
  11. Mantab, sekarang makin banyak komunitas blogger di Indonesia. Keren uy, makin banyak yang hobi menulis dan membagikan informasi lewat blognya..

    Semangat dan terus berkarya

    ReplyDelete
  12. Aku juga ikutan acara anniversary bloggercrony kemarin kak, walau gak jadi 100 membernya, hehe memang seru dan bikin jatuh hati saat ikut acaranya... Aku padahal gak bisa ikutan full hari itu, tapi jadi tahu informasi rangkaian acaranya stlh baca ini..

    ReplyDelete
  13. Wah eventnya so insightful ya pak. Pematerinya juga kece. Beruntung masuk ke 100 blogger terpilih, congrats anyway ^^ Meski aku nggak join eventnya masih bisa baca resume dan lihat euforianya di sosmed juga hehe makasiiih

    ReplyDelete
  14. Noted nih, penggunaan bahasa ini jadi hal penting memang. Terlebih lagi buat kita yg bergelut dalam tulisan di blog, biar gak salah persepsi dan ambigu.

    ReplyDelete
  15. Senang banget pastinya bisa ikutan acara BloggerDay ini. Tahun depan semoga bisa ikutan lagi. Banyak ilmu banyak hadiah ya

    ReplyDelete
  16. Pertama kali dengar komunitas Bloggercronny, ternyata lumayan banyak yah komunitas Blog di Indonesia.

    Acaranya keren!! sangat banyak info menarik terutama untuk blogger.

    ReplyDelete
  17. Duh Blogger Crony emang keren ya?
    setiap tahun sukses menggelar Blogger Day yang megah
    Saya hanya berhasil ikut sekali, yang berikutnya gak lolos, hiks

    ReplyDelete
  18. Seru banget acaranya ya apalagi bertabur hadiah wuihh semangat ikuti acaranya sampai selesai kaka

    ReplyDelete
  19. bangga banget bisa menjadi bagian dari BloggerCrony ditambah acara bloggerday nya yang keren

    ReplyDelete
  20. Terlewat kak mengikuti webinar satu ini, tentu informasinya akan menambah jejaring antar blogger

    ReplyDelete
  21. Seru banget ya acara BloggerDay BCC ini. Banyak banget kegiatan yang bisa diikuti sama peserta ya. aku baca tulisan peserta lain, sepertinya ilmu yang diterima banyak banget

    ReplyDelete
  22. Saya mengikuti beberapa postingan tentang event ini. MashaAllah terlihat seru banget. Dengan anggota yang banyak dan jenis kegiatan-kegiatan yang rajin diadakan BLOGGERCHRONY, ikutan komunitas ini pastinya akan membawa banyak kebaikan

    ReplyDelete
  23. Suka lihat di Instagram karena follow dan dari temen blogger yg ikut Bloggercrony, ternyata eman keren banget acaranya ya. Materinya daging empuk semua.

    ReplyDelete
  24. Seru banget ya mba acaranya. Dan pastinya banyak manfaatnya juga. Aku juga udah lama ikut komunitas blogger crony, tapi hanya sebatas di sosmednya aja. Belum pernah ikut acaranya. Baca postingan ini next jadi pengin ikutan juga

    ReplyDelete
  25. Kita sama-sama ikut ya kak.Seru ya acaranya banyak dapat ilmu,bertabur hadiah pula.Btw kemarin kk dapat apa? aku dapat e-wallet doorprize

    ReplyDelete
  26. Segala sesuatunya ada risikonya, begitupun dengan teknologi. Jadi kudu pandai menyikapi dan bijak ketika memanfaatkan nya ya

    ReplyDelete
  27. Acaranya seru sekali ya. Jadi pengen banget ikutan. Huhuhu.
    Bicara monetize blog memang ga ada habisnya. Masih ada yang berpendapat harusnya menulis aja, ada yang untuk pekerjaan. Pilih mana saja menurut saya baik, yang penting menulis sesuatu yang benar dan bisa jadi solusi bagi orang lain.

    ReplyDelete
  28. Senangnya bisa ikutan Blogger Day 2022 ini ya kak
    Banyak ilmu dan bertabur hadiah ya

    ReplyDelete
  29. Semoga bloggerday ke 8 tahun depan bisa dilakukan secara offline ya, jadi bisa benar-benar bertatap muka dengan sesama blogger.

    ReplyDelete
  30. Acara BloggerDay 2022 ini asik banget, ngekek2 dan sekaligus nambah ilmu banyak banget.

    ReplyDelete
  31. seru banget acaranya yaa, materi yang dibagikan juga "daging" semua. Seandainya saja saya juga bisa ikutan acaranya, pasti bahagia banget rasanya

    ReplyDelete
  32. suka banget sama cerita2 blogger day 2022 sama BCC yaa, aku pun ikut di WAG nya aja tuh udah berasa kebersamaan dan positif value yg selalu dibawa sama Mba Wawa dkk di BCC, salut!

    ReplyDelete
  33. Beruntung ya Mas, bisa ikut acara ini. Materi, penyaji dan pesertanya keren masyaAllah. Semoga suatu saat bisa gabung juga. Thankyou for sharing.

    ReplyDelete
  34. Keren dan seru sekali acaranya. Dan memberi banyak sekali manfaat pastinya.
    Saya termasuk yang sangat mendapat manfaat dari komunitas dalam dunia blogger, mulai dari semangatnya sampai info-info keren. Semoga per-blog-an Indonesia semakin berkembang baik.

    ReplyDelete
  35. Saya jadi kepo dengan BCC. Langsung deh aku buka Gugel👍

    ReplyDelete
  36. Makin kesini main blog makin banyak yang belum paham nya, mau dong ikut komunitas kayak gini.. insecure akutuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ups..ga boleh insecure, sama-sama belajar. Yuk gabung aja, Kak. Bloggercrony banyak loh programnya.

      Delete
  37. seru ya acaranya, materi dan pematerinya keren juga. Bagaimana ya caranya supaya bisa gabung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat gabung tinggal isi form member aja, Kak. Bisa akses langsung laman Bloggercrony Kak

      Delete
  38. yeayyy.. selamat terpilih jadi 100 peserta yang ikut.. masuk komunitas memang membantu blogger banget ya pak.. MasyaAllah

    ReplyDelete
  39. Jadi tau bbrp istilah baru, terutama yg terkait dgn issue metavers,... Keren ka ....

    ReplyDelete
  40. Kebayang banyaknya ilmu yang bisa didapat di acara pertemuan blogger day itu ya. Sayang sekali saya belum bisa ikutan.

    ReplyDelete
  41. Wah, aku baru denger nih tentang komunitas Bloggercrony. Seru banget sepertinya acara webinar kemarin yaa. Ikutan banyak komunitas selain semakin semangat, banyak teman baru pastinya dapet banyak ilmu baru.

    ReplyDelete
  42. Seru banget nih acara BloggerDay dari BloggerCrony ini, aku pernah ikutan pas tahun 2019 dan seru banget. Udah lama gak ikutan, kemarin kelewat daftarnya. huhu

    ReplyDelete

Post a Comment