Cara Memasang Google Analytics GA4 di Blogspot

Konten [Tampil]
Perkembangan dunia blogging dari waktu ke waktu semakin dinamis mengikuti perkembangan yang ada. Mengikuti dinamisasi yang ada blogger harus terus meningkatkan kemampuannya. Salah satunya adalah kemampuan cara pasang GA4. Beruntung sekali di tengah notifikasi dari Google kepada para blogger untuk memasang Google Analytics GA4 ada Kelas BRT Network.

Cara memasang Google Analytic khususnya GA4 masih menjadi sebuah kebutuhan penting bagi blogger. Apalagi manfaat dari menggunakan Google Analytics akan sangat membantu blogger dalam proses pelaporan kinerja dan memantau performa blog yang dimiliki. Untuk memasangnya butuh waktu, terlebih bagi blogger yang baru terjun di dunia blog. Beruntung ada kelas blogger yang diselenggarakan BRT Network sehingga memberikan kemudahan bagi yang menemukan kesulitan untuk mengaplikasikan cara pasang GA4 pada blog yang dimiliki.
Google Analytics GA4

Kelas BRT Network

Kelas BRT Network bukan kali pertama mengadakan kelas blogger yang membahas tentang cara pasang GA4. Beberapa bulan sebelumnya juga sudah menyediakan kelas untuk membekali blogger dalam penyiapan Google Analytics GA 4.

Kelas blogger ini merupakan kelas yang dipersembahkan kepada para blogger agar bisa memasang Google Analytics 4 dengan tepat. Kelas BRT Network 1 ini bertujuan menyemangati, membekali, dan mendukung para blogger berproses, khususnya berhubungan dengan penyiapan GA4.

Sebenarnya Kelas Blogger ini sudah diagendakan pada bulan Mei. Namun karena satu dan lain hal maka dijadwalkan kembali pada Bulan Juni dan terlaksana pada 16 Juni 2023. Adanya kelas ini, diharapkan blogger tahu dan paham cara mempersiapkan dan membaca serta membuat laporan dari menu yang tersedia mengingat tampilan fiturnya sangat berbeda dengan versi sebelumnya Google Analytics UA (Universal Analytics).

Bagi saya, kelas blogger dari Kelas BRT Network ini sangat memberikan manfaat dan dampak dalam perjalanan blogger di dunia blogging.
cara pasang GA 4

Kelas Blogger yang Interaktif

Dapat kesempatan mengenal GA 4 kelas Mas Pewe bersama BRT Network merupakan sebuah keberuntungan. Kelas blogger kali ini menurut saya sangat bagus, karena memang memberikan kesempatan kepada mereka yang mau belajar dan berusaha keras untuk belajar bersama. Tidak hanya untuk yang sudah menjadi anggota BRT Network, namun juga bagi yang belum menjadi anggota. Untuk mengikuti kelas gratis ini cukup menantang. Setiap yang mendaftar harus mencari orang yang direkomendasikan untuk ikut belajar. Ada banyak yang mau belajar, namun ketika diajak belum tentu mau. Ini yang menjadi tantangan sekaligus kendala untuk langsung mendaftar.

Kekurangan pasti ada, karena tidak ada manusia dan kelas yang sempurna. Kekurangan kelas ini hanya secuil, yaitu saat acara dimulai, suara narasumber Mas Pewe terdengar menggema, tapi tidak berlangsung lama karena segera diatasi.

Di balik kekurangan yang hanya secuil itu ada banyak kelebihan yang membuat saya begitu antusias mengikuti kelas ini, diantaranya
  1. Kelasnya berbobot dan gratis. Tentu ini kelebihan yang tidak bisa terhitung nilainya.
  2. Kelas diselenggarakan secara interaktif, sehingga peserta bisa langsung berinteraksi dan bertanya kepada narasumber perihal cara pasang GA 4.
  3. Kelasnya dilaksanakan dengan runtut, sehingga setiap prosedur bisa jelaskan dengan baik oleh Mas Pewe selaku narasumber. Pun dengan peserta bisa dengan mudah mengikuti setiap langkah.
  4. Materi tidak hanya disampaikan satu kali, namun beberapa kali hingga dirasa setiap peserta bisa paham dengan materi yang disampaikan pada Kela BRT Network malam itu.
  5. Waktu diskusi dan konsultasi peserta yang panjang, di mana peserta bisa bertanya tentang kendala yang ditemukan saat pemasangan dengan memanfaatkan whatsapp group yang berisi puluhan peserta terpilih untuk mengikuti kelas blogger yang merupakan salah satu kelas BRT Network.
Itulah kelebihan dan kekurangan kelas blogger yang dilaksanakan. Diantara kelebihan dan kekurangan itu ada sosok luar biasa yang dengan sabar melayani kami para blogger yang merasa pusing saat pertama kali mencoba melakukan pemasangan secara mandiri. Siapa lagi kalau bukan Mas Pewe dan Mbak Monica yang selalu hadir untuk menguatkan, memotivasi dan memberikan solusi bagi semua peserta, tentunya seputar permasalahan yang berhubungan dengan cara memasang Google Analytics GA 4 pada blog.

Cara Memasang Google Analytics GA 4 di Blogspot

Malam itu, kelas BRT Network disajikan berbeda, karena memaparkan dan memberikan tutorial cara pasang GA 4 kelas BRT Network pada dua CMS yang berbeda, yaitu bagi pengguna blogspot dan pengguna Wordpress. Jadi dalam satu kelas dapat lebih dari satu ilmu baru.

Bagaimana cara memasang GA 4 pada blog berbasis blogspot? Ini dia proses yang harus dilalui.

1. Create Property

Kelas BRT Network
  1. Masuk ke akun Google Analytics yang sudah dimiliki. Langkah selanjutnya masuk menu admin, lanjutkan dengan membuat memilih create property.
  2. Pada menu Create a Property, isikan Property Name dengan time zone, dan pengaturan mata uang. Jika sudah terisi dengan benar lanjutkan dengan memilih langkah selanjutnya.

2. Business Detail

Kelas Blogger
Setelah membuat property, tahap selanjutnya adalah mengisi Business Detail. Pad bisnis detail ini kita akan disajikan beberapa pilihan kategori bisnis dan ukuran bisnis, Isikan sesuai dengan skala bisnis yang kita miliki.

3. Business Objective

set up business objectives
Langkah selanjutnya adalah melakukan setting business objective. Sebagai blogger kita cukup memilih Generate Leads saja, lalu lanjut ke langkah berikutnya yaitu Data Collection.

4. Data Collection

kelas BRT Network
Pada bagian Data Collection, kita pilih platform web.

5. Create Data Stream

data stream

Selanjutnya kita lakukan pembuatan Data Stream dengan mengisikan url blog kita dan stream name, jika sudah pilih Create. Setelah membuat data stream kita akan mendapatkan informasi detail data meliputi Stream Name, stream url, Stream ID dan ID Measurenment.

6. Tag Installation

Mas Pewe
Agar data pada blog kita bisa terbaca, maka perlu pemasangan tag pada blog.  Pemangan tag ini bertujuan mengumpulkan data pada blog kita untuk kemudian disajikan dalam grafik pad Google Analytics.  Pada  tampilan Web Data Stream, silakan scroll ke bawah, maka akan ditemukan Menu Google Tag, pilih Configure Tag Setting, maka kita akan dibawa ke menu Google Tag. 

Selanjutnya pilih Installation Instruction. Untuk pengguna blogspot bisa memilih Tab Install Manually. Di sini kita akan disajikan script untuk kemudian di copy dan di paste pada template blogspot yang kita gunakan sesuai dengan petunjuk.

7. Pasang Script Pada Template Blog

cara pasang GA4

Sebelum memasangkan kode pada template blogspot, terlabih dahulu lakukan Parsing terlebih dahulu. Caranta copy kode pada Script Tag Installation buka halaman Script Parsing lalu paste pada halaman kosong. Tekan Parse. Setelah itu muncul kode, silakan copy  kode  yang sudah di parse. 

Langkah selanjutnya setelah kita copy script yang sudah di parsing, buka blog dan masuk ke tema blog, lalu lakukan Backup terlebih dahulu sebelum melakukan edit HTML. Jika sudah di Backup lakukan Edit HTML dan paste script tag yang sudah di-copy tadi sesuai dengan petunjuk pada Tag Installation yaitu di bawah <head>. Lalu Save.

8. Cek Google Analytics

cara pasang GA4
Pemasangan selesai, selanjutnya kita cek apakah sudah berhasil atau belum. Caranya masuk ke Jika data sudah terbaca pada Snapshoot Report, maka berarti GA 4 sudah terpasang pada blog kita. 

Untuk memastikan benar-benar terkoneksi dan berfungsi dengan benar, kita bisa melakukan pengecekan dengan menghubungkan Google Analytics dengan Google Tag Manager (GTM). Caranya adalah dengan membuat akun GTM dan mengikuti langkah penyiapannya. Setelah selesai melakukan konfigurasi Google Analytics, lakukan preview,  sambungkan dengan domain blog yang kita kelola.  Pada tab lain browser buka Google Anaoytics GA 4 dan jalankan debug view.

Itulah cara pasang GA4 dengan mudah yang diajarkan di kelas BRT Network dengan tujuan membekali blogger keterampilan memasang Google Analytics 4 melalui Kelas Blogger yang diselenggarakan khusus oleh BRT dengan pemateri Mas Pewe. Selain cara manual seperti diatas, kita juga bisa mempersiapkan pemasangan GA4 dengan Google Tag Manager. Bagaimana prosesnya? Akan dibahas ditulisan selanjutnya ya.


Related Posts

54 comments

  1. Keren banget bisa ikutan kelasnya BRT. Udah bermanfaat, gratis pula. Kalau aku pribadi msh fokus ke perbanyak artikel dulu sih kak. Ntar kalau udah mulai naik, pengen ikutan pelatihan GA 4

    ReplyDelete
  2. Daku udah pasang GA4, cuma masih belum wokeh cara bacanya itu.
    Apalagi yang angka², ada perbedaan dengan GA Universal

    ReplyDelete
  3. Asik banget bisa menimba ilmu dari ahlinya SEO, mas Pewe.
    Ikutan belajar dari tulisan Mas Sugi yaa.. Alhamdulillah, rejeki berkunjung ke artikel blog dengan ilmu yang pasti dibutuhkan blogger, yakni memasang GA4.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Kak Lendy, bersyukur banget bisa ikut kelas Mas Pewe di BRT, jadi paham step-step dalam membuat GA 4 ini, ditambah penguatan artikel dari Mas Sugianto ini jadi tambah jos lah pasang GA 4 nya

      Delete
  4. Alhamdulillah Mas pewe dan Mbak Monica sangat membantu soal pemasangan GA4 ini ya, Mas. Kita diajarkan step by step pemasangan GA4, baik wordpress maupu blogspot. Apalagi GA4 ini lebih banyak keunggulannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat Mas Bams. Bersyukur banget bisa belajar bareng Mas Pewe dan kak Monica di kelas BRT tentang cara memasang GA4 ini. Penjelasannya runut, tapi sayang saya kemarin terkendala sinyal yang membuat suara jadi ga jelas dan terlempar kelas sebelum selesai

      Delete
  5. Makasih banyak ya, sampai detik ini balum beralih juga. Nanti aja pas lagi libur, hahahaha.... Semoga dengan hadirnya GA4 yang baru ini memberikan dampak yang bagus bagi performa blog kita semua yaaa

    ReplyDelete
  6. mantaappp! kemarin belum sempet ikutan yang BRT hihi.. yang WP kurleb sama kek gini kali yaah. Thankyou Kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Idem kak,
      Daku juga kemarin belum sempat ikutan kelasnya.
      Alhamdulillah bisa kecipratan juga ilmunya lewat artikelnya Pak Sugi ini ya.

      Delete
  7. Baru bisa yg WordPress nih. Yg blogspot belum nyoba pasang. Nanti deh tak coba pasang GA4 di blogspot klo lg free.

    ReplyDelete
  8. Wah mantul tutorialnya, Pak. Kemarin saya mendadak gabisa ikut karena harus ke dokter. Saya izin terapkam tutorialnya ya

    ReplyDelete
  9. Saya kebetulan ga bisa ikut kelas karena ga enak badan
    Untungnya ada rangkumannya disini, terima kasih banyakk

    ReplyDelete
  10. wahhhhh ini nih yang terbaru. aku mau pasang diblogku deh. Biar enak kalau mau bikin laporan kalau ada job nulis blog kan ya.

    ReplyDelete
  11. Nah aku lagi butuh nih cara setting GA4 di Blogspot. Kebetulan kemarin aku baru bikin blog jg di blogspot setelah 7 tahun pake WP. Haha

    Kebalik ya. Biasanya anak BS yg diracunin ke WP. Ini malah sebaliknya. Aku mau cobain kalo pale BS jg bs sesimple kayak WP. Termasuk urusan setting GA4 ini. Dari langkah2nya jg mudah aja sih ya. Mirip WP tp lbh rumit dikit. Salut buat Kelas BRT Network yg udh bikin kelas ini.

    ReplyDelete
  12. Asiiikk sudah dibuat artikel yang cukup lengkap untuk step by step memasang GA4, btwe asik yaahh BRT Network ini pokoknya sukses deh untuk semua anggotanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin.. Berkat ikut kelas BRT ini, saya juga sudah bisa pasang sendiri GA4 di blogspot saya, Mbak hehehe.

      Delete
  13. Google Analityc ku udah berubah jadi GA4 dan masih meraba2 penggunaannya

    ReplyDelete
  14. Mantap memang kelas BRT Network. Aku yang gaptek aja alhamdulillah jadi paham cara pasang aneka fitur yang penting, seperti Google Analytics atau Google Search Console.
    Kalau bukan dari kelas BRT, sampai sekarang mungkin masih belum bisa pasang.

    ReplyDelete
  15. seneng banget ya kak akhirnya bisa khatam cara memasang GA4 karena pas sudah mau dinonaktifkan juga kan GA yang lamanya, mantap lah ya BRT Network yg bikin kelas gratis gini

    ReplyDelete
  16. Terima kasih Mas Ugi untuk sharing informasi dan pengalaman mengikuti kelas BRT. Kebetulan kemarin saya juga ikut, tapi sayang sinyal tak bersahabat jadi tak bisa mengikuti dengan seksama karena beberapa kali ketendang dari kelas dan juga suara yang tidak jelas, maklumlah tinggal di pelosok, sinyal jadi kurang bersahabat kalau dipake acara webinar.. wkwk

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah...kebantu sama tulisan ini...udah tanggal segini tapi belum ngulik GA4 nih...tengkyu

    ReplyDelete
  18. Kalau lihat penjelasan pak Gie looks like easy yaa, tapi percaya lah ini nggak mudah wkwkwk..aku masih belum terbiasa baca GA4, semoga segera beradaptasi dengan perubahan ini.

    ReplyDelete
  19. Pas banget dong ada artikel ini, langsung dipraktekin krn kemarin nggak bisa ikutan kelas BRT.. hehehe

    ReplyDelete
  20. Meskipun belum terlalu paham baca GA, saya sudah mencoba memasangnya di Wordpress dan Blogspot. Tentu saja pasang di WP lebih mudah, hhe.

    ReplyDelete
  21. Mantap, saya belum begitu paham untuk baca laporan GA4 nya, untung ada catatannya pak ugik nih, bisa lebih paham

    ReplyDelete
  22. Komplit tenan Pak Ugi, pengen langsung praktik tapi isi kepala masih penuh. Udah lama nggak ngulik" ginian Soalnya.

    ReplyDelete
  23. Alhamdulillah akhirnya ada tutorial jelasnya hehe. Aku pengen belajar masang GA4 tanpa GTM ini. Kyaknya lebih simpel dan praktis ya.. Makasih tutorialnya Appa... Cuss praktek~~

    ReplyDelete
  24. Wah GA4, matur tengkyu Pak Gie sudah berbagi ilmu, duh deg-degan ini sudah hampir habis batas waktu UA, mau coba pasang lagi ah, la dulu pas pasang kok ya sudah lupa carany

    ReplyDelete
  25. Terimakasih suhu buat penjelasan cara pasang google analytics 4 ke blogspot, secara ada satu blog lagi, nih yg belum disambungkan. Siap ditanya2 lagi ya, pak...hehe.

    ReplyDelete
  26. Otak saya lemot meski diulang dan dipraktikkan lagi dan lagi masih belum lancar juga. Masih salah langkah
    Hehehe...
    Harus terus mencoba praktik ya biar lancar kaya yg universal

    ReplyDelete
  27. Aku juga ikutan kelas BRT pas pasang GA4 ini. Cuma ngga catetin step2nya. Bisa banget nyontek artikel ini biar ngga lupa, barangkali tar bikin blog baru bisa langsung pasang GA4. Makasiiii..

    ReplyDelete
  28. Kalau sudah bisa masang GA4 masih bisa ikut kelasnya ya, Kak? Karena saya udah masang tapi masih bingung gimana cara baca data analyticnya, bikin laporan, dll.

    Bersyukur sekali kakak bisa ikut kelasnya ya dan menambah kemampuan dalam blogging.

    ReplyDelete
  29. yeaaay, ini info tutorial pasang ga4 emang lagi dicari-cari dimana-mana nih, gak heran pasti banyak yg butuh dan bakal praktekkin langkah2nya nih

    ReplyDelete
  30. Eaaa kapancurhatku belum kepasang GA4 dong wkwkw, untung nemu tutorial buat blogspot nih, ntapss. makasii Kang Ugiiii

    ReplyDelete
  31. Nungguin sekalian yang sama GTM nih. Mau pasang di blog satunya udah lupa lagi caranya

    ReplyDelete
  32. Aku kemaren nggak ikut kelasnya nih, karena lagi ada kerjaan, xixixi.. Alhamdulillah udah berhasil move on ke GA4, tapi masih harus pelan² paham fitur²nya, hehe..

    ReplyDelete
  33. Kelas BRT emg cakep2 sih materinya. Tentunya sangat bermanfaat bagi kita kaum pencari cuan dari blogger. Dulu pernah ikut soal digital marketing ampe analisis data. Yg baru ini jg ikut sih tp aku yg WordPress. Ga jauh beda ya settingnya.

    ReplyDelete
  34. Izin simpan artikelnya ya, Mas. Siapa tahu besok saya tergoda pakai CMS Blogspot, tinggal contek langkah-langkahnya di sini meski sedikit rumit dibanding Wordpres.

    ReplyDelete
  35. Pak, saya dulu sudah pasang GA4, tapi lupa-lupa ingat, semisal mau pasang lagi, properti yang lama dihapus dulu ya

    ReplyDelete
  36. Pak, saya dulu sudah pasang GA4, tapi lupa-lupa ingat, semisal mau pasang lagi, properti yang lama dihapus dulu ya

    ReplyDelete
  37. Mantap nih tutorialnya, panjang kali.. plus lengkap. Kalo saya ada kendala, tolong dibantu ya kak..

    ReplyDelete
  38. Aku juga ikutan kelasnya, tapi artikelku enggak lengkap hehehe
    Aku juga masih belum terlalu paham sama GA4 kudu baca lebih banyak artikel seperti ini..

    ReplyDelete
  39. ilmu yang didapat dari kelas BRT sangat berguna banget ya, soalnya kerasa terbantu sekali bisa pasang GA4 dan puas tanya-tanya seputaran GA4 sama ahlinya.. hehe.

    ReplyDelete
  40. kalau udahbelajar ternyata pasang GA4 mudah ya, hahaha. gak serumit yang dibayangkan di awal. tapi emang bingung diawalnya ya. makasih banget loh sama BRT

    ReplyDelete
  41. masih harus dibiasakan untuk pake GA4 ini sih pak, karena banyak fitur baru juga ya, semoga lama2 lancar kalau harus report pake versi yang baru ini

    ReplyDelete
  42. Alhamdulillah, saya juga bersyukur karena ada kelas BRT dan bisa ikutan. Apalagi peserta nggak cuma diajari cara pasang GA4 dasarnya saja. Tapi juga ada materi setting GA4 lanjutannya juga.

    ReplyDelete
  43. per 1 Juli ini meang sudah mulai enggunakan GA4 ya mau ga mau kita wajib bermigrasi ke GA4 dan saya sudah melakukannya namun kadang saat apply ke blog lain suka bingungan masih

    ReplyDelete
  44. wah bermanfaat banget ini pasti para blogger seperti pengguna blogspot bakal banyak nyari nih karena memang harus segera dipelajari secara dalam ya GA4 ini

    ReplyDelete
  45. memasang GA4 di blogspot lebih ribet ya daripada memasang GA4 di wordpress :D Alhamdulillah bisa ikut kelas BRT, bisa tanya2 ini itu dan terpasang deh GA4 nya di kedua blogku ^^

    ReplyDelete
  46. aku udah nih setting dan masih belajar juga untuk tau fungsi lainnya, awalnya nggak sinkron eh ternyata kodenya ada yang salah, emang harus teliti nih

    ReplyDelete
  47. akhirnya aku berhasil ganti ke GA 4, cuman masih bingung sama kerjanya si GA 4 ini. Aku cek PV malah kayak stuck aja
    Sebelumnya aku cek di GA yang lama misalnya angkanya udah ratusan, lah kok di GA 4 malah masih puluhan. Jadi bingung

    ReplyDelete
  48. Makasih banyak kak. Karena saya kemarin gak bisa ikut kelasnya, tapi seneng dapet ilmunya dari sini. Otw pasang di blogspot

    ReplyDelete
  49. Lega banget karena pasang GA4 dipandu di kelas BRT mas Pewe dan mbak Monic.
    Selain pemasangan juga diberikan ilmu lain yang bisa meningkatkan traffic blog dan lain-lain kah?
    Hihii.. mashaAllah, baik banget.

    ReplyDelete

Post a Comment