9 Daftar Perusahaan Furniture di Indonesia Beserta Alamatnya

Konten [Tampil]

 Jika berbicara daftar perusahaan furniture di Indonesia jumlahnya mencapai ribuan perusahaan. Setiap wilayah di Nusantara terdapat perusahaan furniture baik skala kecil hingga skala besar. Mulai dari yang dikerjakan secara manual atau handmade hingg yang menggunakan mesin produksi.

Keberadaan daftar perusahaan bisa memudahkan semua orang dalam memenuhi kebutuhan furniture mereka dengan mudah. 

perusahaan furniture terbesar di Indonesia

Daftar perusahaan furniture di Indonesia

Anda tertarik untuk memenuhi kebutuhan furniture baik untuk kebutuhan hunian atau perkantoran? Anda bisa mengunjungi beberapa daftar perusahaan furniture di Indonesia yang memiliki jangkauan terdekat dengan tempat ada berada. 


Memiliki daftar perusahaan furniture, akan memudahkan anda mendapatkan informasi yang anda cari, misal anda mencari peluang kerjasama bisnis furniture, atau mencari informasi usaha furniture multiplek di sekitar anda. 


Berikut beberapa daftar perusahaan furniture di Indonesia sebagaimana didapatkan dari laman daftarperusahaan.com yang bisa menjadi referensi bagi anda.

1. PT. Interkraft  

Daftar perusahaan furniture di Indonesia yang pertama yaitu PT. Interkraft. Perusahaan furniture ini berbasis di Jawa Timur, tepatnya berada di Jalan Raya Babat Jombang 678, Ds. Dradah Kecamatan Kedungpring, Babat, Lamongan 62272, Jawa Timur, Indonesia. 


Anda bisa menghubungi Interkraft melalui nomor (+62) 31 891 0434 atau berkirim email di marketing.interkraft@iil.co.id. 

2. Citra Classic Furniture

Citra Classic Furniture berada di Jalan Raya Solo- Kartasura Km 8, Pabelan, Kartasura 57162, Sukoharjo, Jawa Tengah, Indonesia. Perusahaan furniture ini dapat juga dihubungi di nomor +62 271 719417/719423/721834, +62 271 719509 untuk mendapatkan bantuan atau informasi. Bisa juga melalui email di info@citraclassicfurniture.com.

3. Meubel Indonesia

Meubel Indonesia merupakan salah satu daftar perusahaan furniture di Indonesia yang juga melayani pemesanan furniture sesuai keinginana konsumen. Meubel ini berada di Desa Suwawal Timur RT 03 RW 02 Kecamatan Pakis Aji Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tertarik mengunjungi atau ingin mencari informasi lebih, anda dapat menghubungi nomor +62 823-2356-6234 atau E-mail: marketing@meubelindonesia.com.

4. Meubel Antiqka Indah 

Meuble Antiqka Indah merupakan perusahaan furniture dengan jenis produk furniture meubel industri skala kecil. Perusahaan ini berada di Buru, Maluku, tepatnya di Jalan Dermaga, Namlea, Buru, Maluku, Provinsi Maluku


Produk yang dihasilkan adalah furniture dengan bahan dasar kayu. Untuk anda di daerah Buru, Maluku dan membutuhkan informasi lebih terkait produk, anda bisa menghubungi nomor 0913-21654.

daftar-perusahaan-furniture di Indonesia

5. Gabe International

Gabe International merupakan perusahaan furniture yang berada di Jalan Raya Lebak Bulungan No. 148, Jepara, Jawa Tengah. Untuk layanan informasi Game menyediakan nomor +62291 595555, atau Email: info(at)i-gabe.com yang bisa anda hubungi jika membutuhkan. 

6. Meubel Ananda Jaya

Satu lagi daftar perusahaan furniture di Indonesia yang bisa menjadi pilihan yaitu Meubel Ananda Jaya. Meubel ini tergolong sebagai meubel dengan skala industri kecil. Meubel ini berada di Jalan Jend Sudirman Km 02 Rt 25, Batang Hari, Jambi. Adapun nomor yang bisa dihubungi yaitu (0743) 22284.

7. PT. Desa Kayu

PT. Desa Kayu merupakan salah satu dari banyak daftar perusahaan furniture yang terdapat di Jepara. Industri meubel skala kecil ini, berada di Jalan Pendosawalan Rt 21 Rw 08, Jepara, Jawa Tengah. Jika anda sedang berkunjung ke Jepara dan berniat mengunjungi, anda juga bisa menghubungi nomor 0291-754123.

8. Jati Wangi Mebel

Anda berada di Bantul dan membutuhkan pintu, kusen, dan furniture lain, anda dapat mengunjungi Jati Wangi Mebel yang berada di Jalan Imogiri Barat Km 5 Wojo, Bantul, DI Yogyakarta. Untuk nomor telepon yang bisa dihubungi yaitu 0274-370311.

9. PT. Erinaka Perdana

PT. Erinaka Perdana sebagai salah satu daftar perusahaan furniture di Indonesia yang terdapat di Jawa Barat memiliki beberapa produk furniture, Kitchen Set, alat dapur dari rotan, bambu, dan katu. Tertarik untuk mengunjungi? Anda bisa datang langsung ke Jalan Raya Purwakarta - Subang Km,11, Purwakarta, Jawa Barat. Anda juga bisa mencari informasi melalui nomor 0264-8221733


Itulah beberapa daftar perusahaan furniture di Indonesia baik sekala industri kecil mapun besar yang bisa membantu anda memenuhi kebutuhan furniture baik untuk rumah maupun kantor dan usaha lain yang anda. Tentunya masih terdapat ribuan perusahaan lain di Indonesia, yang tersebar di berbagai wilayah.


Sebagai informasi, selain daftar perusahaan, alamat dan nomor telepon, dalam tulisan ini juga dibahas tentang apa itu furniture, dan bahan yang digunakan.


Pabrik furniture bergerak di bidang apa?

Furniture atau mebel adalah barang hasil produksi berupa perabot rumah atau perkantoran yang memiliki fungsi mendukung proses kerja. Pabrik furniture merupakan industri yang bergerak dalam bidang pengolahan bahan baku seperti kayu menjadi produk furniture atau mebeler yang banyak dimanfaatkan untuk perabot baik rumah tangga atau perkantoran yang memiliki nilai tambah berupa kegunaan dan nilai estetika.


Furniture yang baik seperti apa?

Setelah mengetahui beberapa daftar perusahaan furniture di Indonesia, ada baiknya anda juga mengetahui seperti apa furniture yang baik. Hal ini penting untuk dilakukan agar produk furniture yang anda beli untuk hunian maupun perkantoran bisa tahan lama dan sesuai dengan harapan.


Ada beberapa poin yang harus ada perhatikan saat akan membeli produk furniture berkualitas sebagaimana disebutkan dalam website resmi Binus, diantaranya:

1. Memenuhi standar nasional/internasional

Saat membeli produk furniture di pasaran khususnya pada produk yang diproduksi dalam skala besar, sangat penting bagi anda untuk memastikan bahwa produk yang anda beli sudah memenuhi standar nasional. Produk yang memenuhi standar nasional biasanya akan tertera logo Standar Nasional Indonesia (SNI) atau Standar Internasional (ISO)pada bagian produk.


2. Family - Friendly Product

Salah satu pertimbangan yang harus diperhatikan dalam membeli produk furniture adalah family friendly product. Artinya prduk furniture yang anda beli dipastikan tidak menimbulkan bahaya saat diunakan, khususnya jika digunakan anak-anak.


3. Material

Material yang digunakan sebagai bahan baku maupun untuk finishing harus dipastikan aman. Secara bahan baku material perlu dipastikan kekuatan dan ketahanannya sesuai dengan kegunaan, tidak mudah tergores, dapat didaur ulang, dan tidak mengandung material berbahaya bagi kesehatan.


4. Sesuai dengan standard Ergonomi

Suatu produk yang diproduksi harus memenuhi standar ergonomi. Sebuah standar yang erat kaitannya antara manusia dengan produk yang digunakan. Aspek ergonomi ini biasanya berkaitan dengan ukuran produk sesuai dengan postur dan usia pengguna. Setiap negara akan berbeda ukuran postur tubuhnya. Sehingga dalam memproduksi produk juga disesuaikan dengan target pasar.

peluang kerjasama bisnis furniture

Furniture terbuat dari apa?

Produk-produk furniture yang dibuat oleh pabrik furniture terbesar di Indonesia maupun perusahaan furniture terbaik di Indonesia biasanya terbuah dari bahan baku kayu. Ada pula yang terbuat dari lembaran kayu berupa multiplek yang biasanya digunakan dalam usaha furniture multiplek.


Beberapa jenis kayu yang biasa digunakan untuk bahan baku furniture diantaranya:

1. Kayu Jati

Kayu jati merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak ditanam oleh perkebunan atau PTPN. Kayu jadi merupakan kayu yang menjadi pilihan banyak orang untuk dijadikan sebagai bahan furniture. Kayu jati memiliki warna coklat agak kekuningan dan bisa digunakan sebagai bahan furniture setelah bertahun-tahun lamanya.


Kayu jadi juga banyak dipilih karena terbukti tahan lama saat digunakan sebagai bahan baku produk furniture. Hasilnya pun menjadikan produk furniture berbahan kayu jati memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi atau lebih mahal.


Meskipun memiliki kualitas yang bagus sebagai bahan baku, kayu jati selain memiliki kelebihan juga memiliki kelemahan, seperti pada tabel berikut:


Kelebihan Kayu Jati

Kelemahan Kayu Jati

Lebih awet

Harga mahal

Guratan serat bagus dan menonjol

Tidak cocok menggunakan finishing solid warna terang

Tahan terhadap benturan

Bobotnya berat


2. Kayu Mahoni

Kayu mahoni memiliki warna agak kemerah-merahan pada bagian dalam, serta pada bagian luar berwarna coklat tua. Kayu mahoni diminati oleh masyarakatEropa. Untuk itulah, produk furniture Jepara selain menggunakan kayu jati sebagai bahan baku pembuatan furniture, juga menggunakan kayu mahoni untuk jenis furniture yang dikirim ke luar negeri khususnya Eropa.


Seperti halnya kayu jati, kayu mahoni juga memiliki beberapa kelebihan


Kelebihan Kayu Mahoni

Kelemahan Kayu Mahoni

Harga lebih mewah dibandingkan kayu jati

Serat tidak sekuat kayu jati.

Karakter kayu lebih ringan

Mudah diserang hama jika penanganan tidak tepat dari awal

Cocok digunakan menggunakan finishing warna solid

-



3. Kayu Trembesi

Kayu trembesi seringkali ditemukan di jalan-jalan raya. Selain fungsinya yang meneduhkan, kayu trebesi dipercaya dapat menyimpan air. Sehingga tanaman ini biasanya didapatkan di daerah yang panas atau minim air. Kayu trembesi memiliki guratan serat yang mirip dengan kayu jati. Sehingga seratnya menjadikan kayu yang diproses terlihat elegan. Lantas apa saja kelebihan dan kekurangan dari kayu trembesi jika digunakan untuk furniture?



Kelebihan Kayu Trembesi

Kelemahan Kayu Trembesi

Serat kayu hampir mirip dengan kayu jati, sangat bagus

Tidak terlalu kuat dan mudah pecah

Bisa digunakan sebagai produk mebel satuan berukuran besar.

Mudah diserang hama

Cocok digunakan bahan patung besar

Tidak cocok untuk furniture outdoor

 

Selain ketiga jenis kayu di ata, maih terdapat jenis kayu lain yang lazim digunakan produsen maupun pengrajin sebagai bahan baku pembuatan furniture, seperti kayu jati belanda, kayu sungkai, dan kayu mindi dengan kelebihan dan kelemahannya masing-masing.


Kesimpulan

Ada banyak perusahaan yang bisa dijadikan rujukan untuk mendapatkan barang meubel atau furniture yang berkualitas. Namun demikian, anda harus tetap memperhatikan beberapa faktor dalam memilih furniture yang baik seperti memenuhi standar baik nasional (SNI) maupun internasional (ISO), family-friendly product, memenuhi ergonomi, material berkualitas dan aman.


Untuk mencari produk furniture dalam jumlah besar anda bisa langsung menghubungi salah satu diantara beberapa daftar perusahaan furniture di Indonesia pada tulisan ini.


Referensi

https://www.daftarperusahaan.com/bisnis/produk/furniture

https://uwitan.id/faktor-penting-dalam-pembuatan-furniture/

https://binus.ac.id/malang/2020/09/apasih-furniture-yang-baik-itu

https://binus.ac.id/malang/2020/09/jenis-kayu-yang-tepat-untuk-pembuatan-furniture/


Related Posts

6 comments

  1. Perbedaan antara kayu kayu, mahoni dan trembesi untuk furniture juga mengklasifikasikan nilai jualnya juga ya. Pantas kalau kayu jati tuh masih yang termahal karena kualitasnya masih nomor satu

    ReplyDelete
  2. buat yg mau re-dekor rumah, ini bisa jadi referensi dan rekomendasi pilihan furniture nih yg sesuai sama gaya desain interior dan rumah kita

    ReplyDelete
  3. Cakep! Bener-bener lengkap daftar perusahaan furniturenya nih. Apalagi, ada perbandingan kelebihan dan kelemahan jenis kayunya juga, jadi bisa lebih selektif kalo mau pilih furniture.

    ReplyDelete
  4. Kebetulan saya juga lagi cari furniture custom yang bisa bikin lemari montessori nih.

    ReplyDelete
  5. Jepara masih mendominasi perusahaan furniture nusantara ya kak. Emg kualitas perajin di sana ga perlu diragukan lg deh.

    Dgn stok perusahaan furniture di Tanah Air, kita bs pesan furniture terdekat dgn lokasi2 tsbm jd ongkir ga akan kemahalan deh.

    ReplyDelete
  6. Banyak jugaa yaahh perusahaan furniture asli dari Indonesia, kereen! Bangga deh! Beberapa produk ini juga sampai dijual ke luar negeri yaahh.

    ReplyDelete

Post a Comment