IndiHome Wujudkan Transformasi Digital di Indonesia

Konten [Tampil]

Mewujudkan transformasi digital di Indonesia bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan kolaborasi antar berbagai pihak. Baik pemerintah, swasta, maupun masyarakat. Tanpa sinergi maka tujuan untuk mewujudkan transformasi digital di Indonesia akan mengalami hambatan.

Transformasi digital menjadi salah satu perhatian pemerintah Indonesia saat ini. Melalui Kominfo pemerintah terus melakukan percepatan transformasi digital dengan mempersiapkan roadmap digital 2021 - 2024.

Digital roadmap itu mencakup beberapa sektor strategis yaitu infrastruktur, pemerintahan, ekonomi, dan masyarakat digital. Tujuannya adalah untuk meningkatkan konektivitas dan menjembatani kesenjangan digital.
aktivitas tanpa batas
Informasi tentang percepatan ini seperti disampaikan oleh Menteri Kominfo, Johnny G. Plate dalam Forum Asia Tech x Singapore 2021.

Upaya Pemerintah Dalam Akselerasi Transformasi Digital

Untuk mencapai target percepatan transformasi digital di Indonesia diperlukan persiapan yang matang. Strategi yang tepat tidak luput dari sorotan penting dalam menyusunnya.

Strategi yang sudah disusun sedemikian rupa juga harus didukung dengan infrastruktur yang bisa mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia.

Beberapa Upaya yang dilakukan pemerintah sebagaimana disampaikan Menteri Kominfo adalah

1. Penyediaan infrastruktur TIK

Penyediaan infrastruktur TIK dilakukan dengan pemerintah dengan membentangkan jaringan kabel serat optik. Setidaknya pada jalur darat dan laut sudah tersedia sepanjang 342.000 kilometer.

Tentu ini sebuah capaian yang harus diapresiasi karena dengan begitu transformasi digital di Indonesia akan dapat terwujud sesuai dengan target yang ditetapkan.

2. Penyediaan satelit komunikasi

Keberadaan satelit telekomunikasi juga akan sangat penting perannya terhadap ketersediaan dan kecepatan akses internet di Indonesia.

Untuk meningkatkan kualitas ini dalam rangka percepatan transformasi digital di Indonesia, diantaranya kini sudah terdapat sembilan satelit telekomunikasi, microwave link, dan jaringan fiber-link.

3. Menambah Jangkauan Sinyal dengan penambahan BTS

Hal lain yang juga sudah dilakukan pemerintah dalam rangka mendukung transformasi digital adalah dengan adanya lebih dari 500.000 Base Transceiver Stations (BTS) yang dibangun untuk memungkinkan jangkauan sinyal 4G.

Wujudkan Transformasi Digital bersama IndiHome Internetnya Indonesia.

IndiHome sebagai sebuah layanan yang dipersembahkan PT. Telekomunikasi Indonesia (Telkom Indonesia) sebagai sebuah perusahaan BUMN tentu juga turut andil dalam ikut serta mewujudkan transformasi digital ini. Tujuannya adalah agar penyebaran internet semakin menjangkau pelosok negeri dan masyarakat sangat memanfaatkan keberadaanya.

Upaya dari Telkom Indonesia dalam optimalisasi layanan dalam mempersiapkan transformasi digital di Indonesia adalah dengan melakukan langkah-langkah strategis melalui program layanan IndiHome.

Perusahaan ini menunjukkan komitmennya untuk terus mewujudkan Internetnya Indonesia yang bisa membantu masyarakat melakukan aktivitas tanpa batas bersama IndiHome. Hal ini terbukti dengan inovasi yang terus dilakukan oleh perusahaan BUMN yang telah hadir menemani setiap proses transformasi digital di negeri ini sejak 57 tahun silam.

Dalam mempercepat transformasi digital, Telkom Indonesia juga bertransformasi menjadi Digital Telco. Tujuan dari percepatan untuk transformasi digital di Indonesia itu dituangkan dalam sebuah visi dari IndiHome yaitu Menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat.

Beberapa tahap direncanakan sebagai langkah untuk mencapai visi dari IndiHome, Telkom Indonesia sebagai perusahaan pelat merah menuangkan langkah-langkah strategis mewujudkan transformasi digital dengan Internetnya Indonesia yang dituangkan dalam misi IndiHome.
Telkom Indonesia
Langkah - langkah yang dirumuskan dalam misi IndiHome meliputi Mempercepat pembangunan Infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Mengembangkan talenta digital unggulan yang membantu mendorong kemampuan digital dan tingkat adopsi digital bangsa. Mengorkestrasi ekosistem digital untuk memberikan pengalaman digital pelanggan terbaik.

IndiHome melalui akselerasi transformasi digital terus berusaha menjadikan layanannya sebagai yang terbaik. Salah satunya ada layanan internet IndiHome sebagai Internetnya Indonesia.

Penyediaan infrastruktur jaringan kabel serat optik menjadikan IndiHome dapat memberikan pelayanan maksimal bagi seluruh masyarakat Indonesia. Pemerintah maupun swasta, kelompok organisasi maupun Individu bisa merasakan manfaat internet dari IndiHome.

PT. Telekomunikasi Indonesia, melalui IndiHome terus melakukan peningkatan pelayanan agar masyarakat bisa melakukan aktivitas tanpa batas bersama IndiHome pada berbagai ranah kehidupan. Baik di bidang ekonomi, bisnis, oendidikan, pariwisata, dan lain sebagainya.

Untuk menghadapi perubahan makan IndiHome dari Telkom Indonesia terus melakukan inovasi, kolaborasi, dan menjaga kepercayaan masyarakat yang dituangkan dalam nilai-nilai Telkom Indonesia yaitu AKHLAK. AKHLAK ini jika dijabarkan maka ada nilai-nilai strategis yang bisa diketahui masyarakat yaitu Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Manfaat Internetnya Indonesia dalam Transformasi Digital di Indonesia

Keberadaan IndiHome yang memberikan manfaat Internet yang begitu besar dan strategis pada masyarakat Indonesia dalam berbagai bidang.

Internetnya Indonesia yang dipersembahkan Telkom Indonesia mendapatkan sambutan antusias dari masyarakat dari berbagai pihak. Terbukti dari jumlah layanan yang diberikan oleh IndiHome kepada masyarakat.

Mengutip dari databoks.katadata.co.id, jumlah pelanggan pada layanan IndiHome pada semester 1 tahun 2021 mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.
"Sepanjang Januari-Juni 2021, pelanggan Indihome bertambah 285 ribu orang atau 11,4% menjadi 8,3 juta orang yang tersebar di 496 kabupaten/kota."
8,3 juta orang yang menggunakan layanan Internet dari IndiHome yang merupakan salah satu dari 3 domain bisnis Telkom Indonesia. Ketiga domain itu adalah Digital Connectivity yang meliputi Fiber to the x (FTTx), 5G, Software Defined Networking (SDN)/ Network Function Virtualization (NFV)/ Satellite

Domain berikutnya adalah Digital Platform yang mencakup Data Center, Cloud, Internet of Things (IoT), Big Data/ Artificial Intelligence (AI), Cybersecurity. Domain ketiga yaitu Digital Services yang mencakup Enterprise, Consumer.
Internetnya Indonesia

Manfaat internet yang bisa dirasakan oleh masyarakat Indonesia saat IndiHome menghubungkan seluruh pelosok negeri dengan berbagai pilihan tawaran paket internet mencakup beberapa ranah kehidupan seperti ranah pendidikan, ekonomi, bisnis, teknologi informasi dan komunikasi, dan lain sebagainya.

1. Manfaat bagi pendidikan

Persembahan IndiHome bagi dunia pendidikan merupakan sebuah langkah nyata dalam mewujudkan transformasi digital di Indonesia. Menghadirkan paket khusus pelajar, dan guru untuk memberikan pengalaman belajar yang mengesankan dan tentunya terjangkau.

Diantara manfaat internet yang didapatkan dari IndiHome dalam bidang pendidikan adalah percepatan penyampaian informasi dua arah dari pemerintah terkait kepada seluruh komponen pendidikan, akses informasi pendidikan semakin mudah didapatkan.

Manfaat internet lainnya adalah sekolah bisa belajar dari sekolah lain dan bertukar informasi dalam rangka peningkatan mutu sekolah, pemerataan kompetensi guru sehingga tidak ada kesenjangan antara guru yang berada di kota dan di pelosok. Memantik DM pendidikan untuk berlomba melakukan inovasi dan mengabarkan pada publik melalui internet.

2. Manfaat bidang ekonomi

Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi Usaha Menengah menargetkan pada 2024 setidaknya ada 30 juta UMKM yang bisa terhubung secara digital.

Sebagai sebuah informasi bahwa Kementerian Koperasi dan UKM mencatat 17,25 juta pelaku UMKM sudah terhubung dalam ekosistem digital. Jumlah ini tercatat hingga Februari 2022.

Perkembangan perubahan digital atau digital transformasi sangat dirasakan keberadaanya oleh pelaku bisnis utamanya pelaku UMKM pada beberapa terakhir. Terlebih saat pandemi melanda seluruh dunia. Sebuah momentum tepat dalam melakukan transformasi digital.

Manfaat internet ini meliputi kemudahan akses informasi mengenai produk yang sedang dicari banyak orang, kesempatan melakukan promosi bisnis yang semakin luas, mempermudah proses transaksi antara produsen hingga ke tingkat konsumen.

Selain itu manfaat internet dari IndiHome sebagai internetnya Indonesia bisa memudahkan pelaku UMKM dalam scale up usaha mereka. Belajar dari para ahli dan praktisi bagaimana melakukan pemasaran, bagaimana menggunakan copywriting dalam bisnis mereka, mengembangkan strategis bisnis, dan lain sebagainya.

Tentu masih banyak lagi manfaat internet pada bidang ini. Pastinya akan pertumbuhan ekonomi Indonesia akan semakin mudah dan cepat terwujud dengan kesadaran masyarakat dan pelaku UMKM dengan ikut serta dan masuk dalam ekosistem digital.

3. Manfaat bidang bisnis

Kehadiran internetnya Indonesia memudahkan masyarakat melakukan aktivitas tanpa batas. Tidak hanya dapat menghemat waktu namun juga bisa menghemat keuangan. Urusan bisnis kini tidak selamanya harus bertemu langsung untuk membicarakan suatu bahasan.

Transaksi dalam dunia bisnis dengan adanya jaringan internet juga sangat mudah bahkan semakin mudah.

Manfaat internet dalam dunia bisnis yaitu memberikan efisiensi secara waktu dan dana bagi pelaku bisnis, membuat meeting tidak tertunda karena dengan Internetnya Indonesia yang tersebar hingga pelosok negeri.

Transaksi bisnis semakin cepat karena semua dalam genggaman tangan. Portofolio bisnis dan profil dari perusahaan dapat diakses dengan mudah, sehingga memudahkan proses dalam menjalin kerjasama business to business.

4. Manfaat internet dalam bidang informasi

Manfaat pendidikan dalam bidang informasi dan komunikasi memberikan kesempatan luas bagi masyarakat untuk melakukan aktivitas tanpa batas.

Tentunya semua yang dilakukan masyarakat ini menjadi hal positif bagi pemerintah. Contoh dalam informasi bidang pariwisata, melalui media sosial atau tulisan dalam blog seseorang dengan sukarela ikut mengulas bagaiman tempat wisata di suatu daerah dan ikut serta mengajak orang lain untuk berkunjung.

Proses edukasi oleh pemerintah kepada masyarakat juga semakin cepat dengan adanya layanan internet IndiHome. Menangkal hoax dan menciptakan penggunaan internet positif.

Seperti yang saya rasakan dalam menghadapi covid-19 ketika dinyatakan reaktif di awal-awal pandemi. Keberadaan internet membuat saya mendaoatkan akses informasi yang tepat tentang apa yang harus dilakukan saat melakukan karantina mandiri.

Itulah beberapa manfaat internet dalam beberapa bidang yang sangat erat kaitannya dalam kehidupan masyarakat. Tentunya masih banyak lagi manfaat yang dirasakan dan didapatkan dari kehadiran IndiHome dari Telkom Indonesia.

IndiHome solusi internet cepat berkelas, dan cerdas untuk aktivitas tanpa batas

Untuk mewujudkan transformasi digital di Indonesia dibutuhkan infrastruktur yang memadai. IndiHome sebagai internetnya Indonesia terus melakukan inovasi dan langkah-langkah nyata untuk mewujudkannya dan meningkatkan dukungan infrastruktur.

Transformasi digital tidak akan tercapai tanpa adanya kerjasama antar berbagai pihak. Mari ikut serta dalam transformasi digital di Indonesia hingga semua orang bisa melakukan aktivitas tanpa batas bersama IndiHome, internetnya Indonesia.

#InternetnyaIndonesia
#AktivitasTanpaBatas
#IndiHomeBlogCompetition2022


Referensi:
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/21/pendapatan-indihome-tumbuh-242-pada-semester-i-2021

https://money.kompas.com/read/2022/02/24/153800426/kemenkop-ukm--sudah-17-25-juta-umkm-yang-terhubung-ke-platform-digital.

https://aptika.kominfo.go.id/2021/07/akselerasi-transformasi-digital-dalam-roadmap-digital-indonesia-2021-2024/

https://indihome.co.id/

https://www.telkom.co.id/sites/about-telkom/id_ID/page/profil-dan-riwayat-singkat-22

Related Posts

26 comments

  1. Saya merasakan sendiri betapa IndiHome adalah aktivitas internet yang cepat, tanpa batas yang berkelas dan cerdas. Sungguh manfaat yang dirasakan dan didapatkan dari kehadiran IndiHome dari Telkom Indonesia luar biasa, dari berbagai sisi kehidupan ya

    ReplyDelete
  2. Sejak awal pandemi, karena tuntutan sekolah daring anak-anak, saya harus berlangganan internet di rumah. Dan pilihan saya jatuh ke indiHome. Alhamdulillah hingga kini masih setia dengan indihome. Selain terjangkau, aksesnya cepat, juga no komplain sejak pertama pasang. Puas banget milih indihome. 

    ReplyDelete
  3. kerasa banget kemajuan di segala bidang kehidupan sesudah masuknya internet ya?
    UMKM terbantu karena gak harus jualan dari rumah ke rumah
    pendidikan tetap bisa berjalan di saat pandemi
    bahkan konsul ke dokter bisa dilaksanakan via internet

    ReplyDelete
  4. Internet kalau dimanfaatkan sebaik-baiknya memang manfaatnya bisa luar biasa. IndiHome pun jangkauannya luas. Sampai ke perkampungan padat juga kayaknya bisa pakai jaringan internet ini

    ReplyDelete
  5. IndiHome internetnya Indonesia, mengawal transformasi digital

    ReplyDelete
  6. Internet yang stabil dan cepat membawa banyak perubahan digital di setiap lini kehidupan masyarakat ya. Apalagi di masa pandemi kemarin, internet termasuk kebutuhan pokok krn proses belajar mengajar, bekerja, semua dilakukan secara online.

    ReplyDelete
  7. Internet buat kebutuhan bisnis emang penting banget si, apalagi aku pernah menjalankan online shop. Kalau pakai IndiHome jadi nggak khawatir kendala sinyal.

    ReplyDelete
  8. Saat ini UMKM pun harus terjun juga ke dunia digital untuk lebih meluaskan pasarnya apalagi di masa pandemi.
    Dengan adanya akses internet yang mumpuni sangat membantu semua aktivitas di dunia digital untuk membantu mewujudkan transformasi digital

    ReplyDelete
  9. Sekarang sangat terasa manfaat internet, semakin banyak yang membutuhkan, jadi aksesnya harus mudah dan harus tanpa batas seperti IndiHome,

    ReplyDelete
  10. Di jaman serba canggih seperti ini, hampir seluruh aspek kehidupan bersentuhan dengan dunia digital. Listerasi digital pun wajib kita pahami untuk memudahkan kebutuhan dari berbagai sisi. Semoga dengan kehadiran INDIHOME, literasi digital di Indonesia akan semakin mumpuni

    ReplyDelete
  11. sekarang ini penggunaan internet sudah jadi kebutuhan utama juga dalam segala bidang. Apalagi jaringan IndiHome ini meluas juga ya ke semua wilayah

    ReplyDelete
  12. Nah pas nih saya lagi mencari info tentang UMKM dan digital untuk membantu meluaskan pangsa pasar umkm sepupu saya

    ReplyDelete
  13. Kami pun pengguna IndiHome sejak zaman Speedy malahan. Seluruh keluarga akses internetnya ya pakai IndiHome sih. Aman dan lancar saja. Sehari-hari kita tidak bisa lepas dari internet yah...

    ReplyDelete
  14. Dennise SihombingJuly 12, 2022 at 1:15 PM

    Penggunaan internet dari IndiHome memang memberikan dampak yang luar biasa dari berbagai aspek. Bisnis, pendidikan, UMKM bahkan kita yang ibu rumahtanggapun terbantu. Selain itu tidak lemot loh

    ReplyDelete
  15. di era serba digital, memang akses internet menjadi sangat penting nih, saya sebagai pengguna indihome termasuk yang menikmati layanannya sih, semoga di daerah lain pun layanan/akses internetnya juga prima kaya di Jakarta ya

    ReplyDelete
  16. Terasa sekali manfaat kehadiran jaringan internet cepat di Indonesia.
    Mmebawa banyak perubahan dan kecepatan informasi. Semoga anak muda zaman sekarang cerdas memanfaatkan Transformasi Digital di Indonesia.

    ReplyDelete
  17. Karena punya negara Indihome emang salah satu yang paling cepat bangun infrastrukturnya, termasuk di daerah2 terpencil. Harapannya juga makin merata dan makin banyak masyarakat yang memanfaatkan jaringan internet. DI rumah kami juga pakai Indihome. Yaaa mayanlah cukup lancar aja sejauh ini.

    ReplyDelete
  18. Kehadiran Indihome di masa pandemi memang sangat dibutuhkan banget, apalagi internetnya kencang, dirumahku juga pake indihome, bisa dipake untuk semuaa.. irit jadinyaa

    ReplyDelete
  19. saya meyakini, indihome ini bakal jadi anak emas bagi indonesia perihal penyedia internet tercepat dan terdepan, karena banyak yang aku temui, sangat terbantu dengan adanya indihome ini

    ReplyDelete
  20. Bejibun bangett manfaat IndiHome ini yaaa

    Sungguh bahagia karena dgn adanya IndiHome menyatukan Indonesiaaaa

    Yeaayyy

    ReplyDelete
  21. Suami saya ngajar di perbatasan Bandung Cianjur. Akses masih agak sulit. Keberadaan IndiHome masuk desa saat pandemi kemarin sangat membantu sistem pembelajaran.

    ReplyDelete
  22. Ternyata IndiHome udah 57 Tahun aja. Udah menjangkau berjuta-juta pelanggan dan merasakan manfaat internet buat kehidupan mereka.

    ReplyDelete
  23. saya juga merasakan sendiri betapa internet sangat banyak manfaatnya terutama untuk daerah yang masih di desa. ketika internet masuk maka dengan mudahnya informasi bisa didapatkan dan untuk dunia pendidikan memang sangat bermanfaat untuk pembelajaran.

    ReplyDelete
  24. Nita JuwithafinaJuly 12, 2022 at 5:41 PM

    Indihome sekarang sudah luas banget menjangkau pelosok negeri. Aku kapan hari kontakan dengan temanku di pucuk propinsi Indonesia, dia connect paka indiHome

    ReplyDelete
  25. Semenjak adanya internet, kehidupan pun mulai terasa mudah dengan akses informasi yang semakin cepat dan tepat waktu ya. Apalagi IndiHome banyak banget dampak baiknya

    ReplyDelete
  26. Manfaat internet di era digital seperti sekarang memang banyak sekali, hampir di semua bidang pastinya membutuhkan akses internet ya. Apalagi sekarang juga zaman serba online

    ReplyDelete

Post a Comment