Aktivitas Tanpa Batas Bersama IndiHome, Internetnya Indonesia

Konten [Tampil]
Pagi hari saya mendapatkan tugas untuk mengunjungi salah satu daerah di Jember untuk menyampaikan bantuan bulanan bagi pengajar salah satu TPQ (Taman Pendidikan AlQuran).

Jam menunjukkan pukul 07.00 WIB, dengan mengendarai sepeda motor saya menyusuri jalanan. Melintasi jalanan dari desa ke desa antar kecamatan.

Waktu yang dibutuhkan lumayan cukup banyak. Kurang lebih 1 jam setengah perjalanan untuk bisa mengunjungi salah satu dusun yang ada di timur laut Jember.

Menyusuri jalanan yang menurun dan menanjak. Menikmati pemandangan yang memberikan semangat tersendiri bagi saya.

Betapa tidak, saat berangkat yang saya lihat di kanan dan kiri jalan adalah tanaman beton. Sungguh berbeda dengan kondisi yang ditemui di jalanan pedesaan. Pada sisi kanan dan kiri banyak tanaman hijau yang menghiasi.
Internetnya Indonesia
Semakin masuk dan mendekati wilayah, maka jalan semakin sempit. Saya harus melalui jalanan yang di sisi kanan dan kiri penuh dengan tanaman tebu.

Matahari sudah beranjak semakin meninggi. Jalanan makadam sepanjang kebun tebu waktu itu lumayan mengocok perut dan membuat tangan terasa pegal.

Tapi semua itu hilang ketika disapa dengan wajah akrab dan senyuman oleh Ustad Amir. Seorang penduduk asli Dusun Pace Desa Jambe Arum.

"Tadi pagi saya hubungi ustaz untuk memberi kabar kalau saya mau kesini, Ustaz." Saya membuka pembicaraan.

"Oh, Iya, Ustaz. Disini sinyalnya memang sangat sulit." Ustaz Amir menanggapi.

Saya pun segera menyelesaikan urusan dengan beliau. Menyampaikan amanah masyarakat untuk para pengajar TPQ yang harus menempuh jarak kiloan meter agar bisa mengajar mengaji.

Dia mengajak saya singgah ke sebuah MI yang dikelolanya bersama beberapa orang guru. Saya pun mengikuti. Kurang lebih 10 menit kami tiba di sekolah yang di maksud.

"Di rumah sinyal sangat sulit. Kalau di sini, sekolah juga baru pasang wifi. Jadi kegiatan belajar mengajar bisa tetap terlaksana dengan baik" ujarnya.

Saya ikut senang melihat wajah sumringah para guru di MI itu. Saya pun menyempatkan diri berbincang sejenak. Saling berbagi cerita seputar internet dan pendidikan di era teknologi atau online.

1. Manfaat internet bagi pendidikan

Optimalisasi fungsi internet sangat penting untuk dilakukan dan dipahami oleh orang-orang terutama tenaga pendidik. Manfaat internet bukan hanya untuk memudahkan dalam pengerjaan urusan administrasi, namun juga untuk mendukung kegiatan pembelajaran.
IndiHome
Diskusi singkat dengan Ustaz Amir dan para guru, kami bisa bertukar pikiran. Pengalaman sebagai guru beberapa tahun silam masih melekat pada diri ini.

Selain harus kreatif dan inovatif sebagai guru juga harus mengikuti perkembangan era. Terlebih era teknologi.

Keberadaan internet di tengah-tengah kita saat ini harus dimaksimalkan fungsinya. Bukan hanya untuk kebutuhan administrasi, tapi juga untuk urusan peningkatan kompetensi pengajar.

Setiap pengajar dalam diskusi singkat di ruangan tidak terlalu luas, terlihat antusias. Mereka berbagi pengalaman selama ini ketika mengajar. Ada pula yang mengajak diskusi bagaimana mengembangkan diri sebagai guru.

Saya mengembalikan lagi diskusi pada pembicaraan santai di awal bersama Ustaz Amir, tentang sekolah yang sudah memiliki akses internet.

Saya bercerita tentang manfaat internet yang saya rasakan jauh sebelum pandemi, beberapa tahun lalu. Tepatnya saat saya masih mengajar Bahasa Inggris untuk kelas khusus di SMP Negeri 1 Panji, Kecamatan Situbondo. Saya menjadi salah satu orang yang merasakan manfaat internet untuk mengajar.

Manfaat internet yang saya rasakan dari aktivitas yang mengoptimalkan fungsi internet waktu adalah

a. Memudahkan diskusi jarak jauh

Meskipun blackberry dan whatsapp masih sangat digemari orang waktu itu. Tapi semua akan terbatas, tidak mungkin kita mendiskusikan banyak soal menggunakan HP.

Saya merasakan manfaat internet sebagai media komunikasi. Bersama tim pengajar lainnya yang berbeda mata pelajaran, seperti Matematika. Fisika, dan Biologi komunikasi dan diskusi materi bisa lebih cepat.

Beruntung sekali ada internet, kami bisa saling memberikan masukan pada materi yang disusun, utamanya berhubungan dengan Bahasa Inggris untuk pelajaran lain.

Berkat jaringan internet, materi yang disusun bisa selesai lebih cepat dari semestinya.

b. Mudah membuat materi pembelajaran

Internet keberadaannya sangat penting dan vital bagi dunia pendidikan. Menggunakan internet kita tidak perlu membuat materi baru setiap pertemuan. Cukup membuat di awal kelas, dan hanya menambahkan dengan sentuhan dan materi baru yang dirasa perlu.

Saya menyusun beberapa materi untuk mengajar pada blog yang saya buat khusus waktu itu. Berisi tentang pembelajaran Bahasa Inggris bagi siswa SMP. Juga materi khusus seperti speech, reading, dan lain sebagainya.

c. Memberikan contoh nyata

Keberadaan internet membuat siswa juga makin bersemangat, karena bisa juga melihat dan mendengarkan langsung video yang dibawakan oleh native. Setidaknya membuat mereka lebih dekat dengan kenyataan, mendengarkan langsung pengucapan kata dalam Bahasa Inggris dari penutur aslinya.

"Bagaimana untuk saat ini, apa yang bisa dioptimalkan dari internet?" tanya seorang ibu berseragam batik kombinasi warna hijau, kuning, dengan motif daun.

Saya melanjutkan bahwa keberadaan internet saat ini di era teknologi atau era digital sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Internet sangat dibutuhkan. Selain itu internet sangat memudahkan.

Internet memudahkan bagi banyak guru untuk bisa belajar dari manapun, dengan siapapun. Tanpa ada batas waktu, dan ruang. Asalkan mau dan memiliki kemauan untuk belajar.

Guru bisa mengoptimalkan fungsi internet untuk membangun kompetensinya sebagai seorang guru. Misal mengikuti pelatihan desain media pembelajaran berbasis power point. Pelatihan membuat video pembelajaran, pelatihan membuat animasi untuk mendukung kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Tentunya masih banyak lagi hal yang bisa dilakukan dengan internet untuk mengoptimalkan fungsinya dalam mendukung proses pembelajaran di kelas.

2. Aktivitas Tanpa Batas bersama Internetnya Indonesia

Keberadaan internet membuka mata dan pikiran kita, bahwa dunia begitu luas. Jika buku adalah jendela dunia, maka dengan internet jendela itu terbuka semakin lebar.

Semua bisa beraktivitas dengan lancar dengan dukungan keberadaan internet. Mau mengembangkan diri dalam hal teknologi pembelajaran, bisa dilakukan. Masu belajar tentang manajemen berbasis sekolah bisa dilakukan.

Apapun bisa dilakukan oleh pendidik untuk bisa menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, kreatif, dan inovatif. Tentunya tidak membosankan.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh pendidik berhubungan dengan dunia.pendidikan dan internet. Pendidik bisa juga melakukan aktivitas tanpa batas dengan internetnya Indonesia, IndiHome.

3. Mengenal lebih dekat IndiHome, Internetnya Indonesia

Indonesia Digital Home atau lebih dikenal sebagai IndiHome adalah salah satu produk layanan dari PT Telekomunikasi Indonesia yang biasa dikenal dengan Telkom Indonesia oleh masyarakat. Layanan ini berupa paket layanan komunikasi dan data seperti telepon rumah (voice), internet (Internet on Fiber atau High Speed Internet), dan layanan televisi interaktif (UseeTV Cable, IPTV).
Aktivitas Tanpa Batas
Aktivitas tanpa batas bersama IndiHome bisa dilakukan siapa saja dengan mudah dan cepat. Kecepatannya yang stabil dan tahan terhadap cuaca akan membuat semua bisa melakukan aktivitas tanpa batas. Tanpa takut akan cuaca, tanpa takut akan kecepatan bandwith karena layanan internet IndiHome menawarkan kecepatan internet unlimited hingga 300 Mbps.

IndiHome sebagai internetnya Indonesia yang dipersembahkan Telkom Indonesia kini hadir di tengah masyarakat dan menjangkau hingga pelosok negeri. Untuk memaksimalkan layanan bagi pelanggan, melansir dari myindihome.id, IndiHome membagi area menjadi 7 regional IndiHome, yaitu

a. Regional 1

IndiHome Aceh, Sumut, Medan, Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, Lampung, Sumatera Selatan, Palembang, Sumatera Barat, Padang, Batam, Bangka Belitung.

b. Regional 2

IndiHome Banten, Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi.

c. Regional 3

IndiHome Bandung, Bandung Barat, Cimahi, Sukabumi, Tasikmalaya, Karawang, Purwakarta, Subang, Cikampek, Cirebon, Kuningan, Indramayu.

d. Regional 4

IndiHome Semarang, Ungaran, Kendal, Solo, Salatiga, Boyolali, Sragen, Sukoharjo, Wonogiri, Klaten, Jogja, Yogyakarta, Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, Magelang, Purworejo, Kebumen, Temanggung, Wonosobo, Purwokerto, Banjarnegara, Purbalingga, Cilacap, Tegal, Slawi, Brebes, Pekalongan, Pemalang, Batang, Demak, Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, Cepu, Grobogan, Purwodadi.

e. Regional 5

IndiHome Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Malang, Jember, Madiun, Kediri, Denpasar, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kupang.

f. Regional 6

IndiHome Kalimantan Barat, Pontianak, Kalimantan Utara, Tarakan, Kalimantan Tengah, Palangka Raya, Kalimantan Selatan, Banjarmasin, Kalimantan Timur, Samarinda, Balikpapan.

g. Regional 7

IndiHome Makassar, Maros, Gowa, Menado, Minahasa, Sulawesi Barat, Pare-Pare.

Pembagian regional ini akan pemudahkan PT Telekomunikasi Indonesia atau PT Telkom Indonesia untuk memberikan layanan yang terbaik dan optimal bagi pelangganya. Hal ini karena jumlah pelanggannya yang begitu banyak, bahkan mengalami peningkatan dari tahun ketahun.

Mengutip dari myindihome.id, pada tahun 2020 tercatat IndiHome memiliki 8 juta pelanggan sepanjang tahun. Jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah ini meningkat 1 juta pelanggan.

Berdasarkan laporan Bank Dunia, layanan IndiHome ini digunakan oleh 87% pelanggan jaringan internet tetap pita lebar (fixed broadband) di Indonesia. Tentunya ini tidak lepas dari layanan yang diberikan dan juga paket yang ditawarkan.

⁣4. Bangun kompetensi bersama IndiHome

Internet menjadi salah satu jalan lebar bagi para pengajar untuk bisa meningkatkan kompetensinya. Mengikuti pelatihan, webinar, dan program lainnya yang mendukung keterampilan dan keahlian seorang pengajar bisa dilakukan dengan satu kunci, yaitu Internet.

IndiHome, internetnya Indonesia layak menjadi pilihan bagi para pengajar. Mengapa? Karena IndiHome menyediakan berbagai paket yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Beberapa paket yang ditawarkan IndiHome dan bisa referensi yaitu;
  1. Paket 1P, yaitu paket internet yang menawarkan kecepatan upto 30Mbps dan upto 50 Mbps.
  2. Paket 2P adalah paket yang ditawarkan IndiHome dengan pilihan kecepatan upto 30 Mbps, 50 Mbps, dan 100 Mbps. Paket 2P ini memberikan pelanggan pengalaman menggunakan internet dan TV.
  3. Paket 3P adalah paket bundle dari internet, telepon rumah, dan televisi. Paket ini menawarkan kecepatan masing-masing Upto 30 Mbps, 50 Mbps, dan 100 Mbps.

5. Persembahan IndiHome Untuk Dunia Pendidikan

Dunia pendidikan adalah dunia dengan aktivitas tanpa batas. Setiap hari sejak pandemi, para pelajar, dan pengajar sangat membutuhkan akses akan internet murah dan cepat. Akses internet yang stabil akan memudahkan proses interaksi secara online antar guru dengan siswa.
Internetnya Indonesia
Untuk itu, IndiHome mempersembahkan paket khusus Pelajar, Pengajar, dan Jurnalis. Sebuah penawaran yang menjadi solusi bagi pengajar yang membutuhkan internet stabil saat pembelajaran secara online.

Sebagai pengajar, kita bisa menikmati paket ini mulai Rp. 255.000,- per bulan. Berlangganan paket ini, kita tidak hanya mendapatkan akses internet gratis stabil dan handal, namun juga mendapatkan materi pendukung.

Pelanggan paket ini akan juga dapat mengaskses aplikasi Pijar Belajar yang berisi materi pelajaran, latihan soal, dan berbagai konten edukatif lainnya sepuasnya.

Tentunya sebagai pribadi yang pernah mengajar, saya sangat senang dengan hadirnya paket khusus untuk dunia pendidikan ini, karena pengajar bisa mendapatkan akses internet stabil, dan tidak perlu bingung mencari sumber bahan ajar sebagai pengayaan bagi siswa.

Untuk bisa mengakses paket ini, kita bisa melakukan registrasi berlangganan. Adapun syarat administrasi yang dibutuhkan bagi pelajar wajib mengunggah foto Kartu Keluarga (KK), Kartu Pelajar, dan/atau Kartu Identitas Anak yang masih berlaku melalui form berlangganan paket. Bagi pengajar, silakan memberikan bukti sebagai Guru atau Tenaga Kependidikan (GTK) berupa Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Bagi jurnalis, wajib mengunggah foto kartu identitas jurnalis yang diterbitkan oleh perusahaan atau instansi resmi.

Kehadiran paket ini sesuai dengan visi dari Telkom Indonesia yaitu Menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat. Selain itu juga merupakan perwujudan dari misi untuk mempercepat pembangunan Infrastruktur dan platform digital cerdas yang berkelanjutan, ekonomis, dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat.

6. Kesimpulan

Aktivitas tanpa batas bersama internetnya Indonesia, IndiHome adalah angin sebar bagi semua masyarakat, khsusunya bagi dunia pendidikan. Kehadiran internet khusus pelajar, dan pengajar akan memudahkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang mampu bersaing secara global.

IndiHome, Internetnya Indonesia yang dipersembahkan Telkom Indonesia untuk negeri tercinta senantiasa hadir untuk memberikan solusi bagi siapa saja, utaman bagi pelajat dan pengajar dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Bersama IndiHome saya yakin, kualitas generasi mendatang akan lebih baik seiring dengan semakin luasnya akses internet yang disediakan IndiHome yang menjangkau hingga pelosok negeri yang sudah melayani jutaan pelanggan di Nusantara. 

Referensi:
https://indihome.co.id/
https://myindihome.id/mengenal-regional-indihome/


#InternetnyaIndonesia
#AktivitasTanpaBatas
#IndiHomeBlogCompetition2022

Related Posts

24 comments

  1. Sejak anak-anak harus sekolah daring selama pandemi kemarin, keluarga saya menggunakan indihome. Semuanya jadi lancar dan jadi irit pula...

    ReplyDelete
  2. Kebutuhan akan internet saat ini memang penting ya, karena hampir semua bidang menggunakannya. Keberadaan indihome sangat membantu memperluas akses thdp internet ini..

    ReplyDelete
  3. Manfaatnya internet tuh emang banyak banget ya kak. Apalagi sejak pandemi, semua orang jadi melek internet dan pelosok daerah juga semakin terpapar internet

    ReplyDelete
  4. infrastruktur dan layanan internet IndiHome emang menjangkau ke daerah-daerah juga ya jadi bisa menghubungkan komunikasi sanak keluarga nih

    ReplyDelete
  5. Pakai IndiHome memang bermanfaat sekali khususnya untuk pelajar maupun pengajar.. Dan IndiHome bisa masuk hingga ke pelosok" Nusantara..

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah dengan adanya IndiHome, dunia pendidikan terbantu ya. Saya senang sekali ada dukungan dari provider seperti IndiHome agar pendidikan anak terbantu

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah ya Mbak, berkat internetnya IndiHome membuat dunia pendidikan dan keseharian jadi mudah.
    Punya IndiHome di rumah juga membuat anak saya tidak punya kendala yang begitu berarti saat harus belajar via Zoom dan Gmeet saat pandemi.
    Di waktu sekarang juga tetap bergantung banyak ke internet rumah.

    ReplyDelete
  8. Manfaat utama yang kita dapatkan dari adanya Internet di bidang pendidikan yaitu sebagai sarana mencari dan mendapatkan informasi. Apalagi, informasi yang tersedia di internet lebih update dari buku maupun sumber lain yang tersedia di perpustakaan. Dengan IndiHome kebutuhan internet dapat terpenuhi. Tak hanya ada, tapi juga kencang.

    ReplyDelete
  9. Suka sama tagline nya indihome, relate sekali pokoknya. Smoga smakin byk yg menikmati Internet dan mendapat ilmu dgn mudah

    ReplyDelete
  10. Akupun guru online yang menggunakan fasilitas IndiHome di rumah. Seneng ya bisa ngajr lagi meski memang tak harus bertatap muka

    ReplyDelete
  11. Indihome memang solusi terbaik pendidik untuk terus update dengan kemampuan mengajar jarak jauh maupun mendapatkan referensi pembelajaran yang menarik.

    ReplyDelete
  12. Alhamdulillah ya Pak, internet yang lancar seperti indihome sangat membantu proses belajar dan bekerja kita.

    ReplyDelete
  13. Enak banget pakai IndiHome ada packet KHUSUS Buat t naga pendidik, Lebih murah dari packet biasanyaaa.. Ah mupeng sayang ya aku bukan tenaga pwngajae haha

    ReplyDelete
  14. Internet sudah jadi hal urgen yang mendukung produktivitas manusia ya.semoga kehadiran IndiHome di Indonesia turut membantu mewujudkan kedaulatan digital

    ReplyDelete
  15. semoga semakin baik terus indihome dalam membersamai perkembangan bangsa ini, agar semakin banyak masyarakat yang bisa terbantu dengan hadirnya indihome

    ReplyDelete
  16. banyak banget emang manfaat dari internet saat ini. kalau dulu nggak mengenal internet barangkali aku pun nggak tahu gimana peluang-peluang yang ada.

    ReplyDelete
  17. Dulu di sekolah sudah pasang internet, tapi masih terbatas aksesnya. Paling pakainya saat pelajaran komputer. Well karena sekarang sekolah juga ada yang daring, internet sudah jadi kebutuhan. Aku juga pakai IndiHome

    ReplyDelete
  18. Dulu di sekolah sudah pasang internet, tapi masih terbatas aksesnya. Paling pakainya saat pelajaran komputer. Well karena sekarang sekolah juga ada yang daring, internet sudah jadi kebutuhan. Aku juga pakai IndiHome

    ReplyDelete
  19. Berkah dari pandemi adalah teknologi internet lebih cepat masuk ke pedesaan. Sekolah dari rumah butuh internet dan infrastrukturnya, mau gak mau pembangunan mesti ngarah ke situ. Kalau.ada internet, lebih cepat belajarnya. Bisa cari rumus, tutorial, bimbel daring, dll.

    ReplyDelete
  20. Buat belajar semisal ikut bimbel maupun kursus memang memudahkan pembelajaran dengan hadirnya internet

    ReplyDelete
  21. Alhamdulillah masih dapat yang murah juga pas pasang sebelum pandemi.

    Tiap bulan sekitar 230an.

    Ngebantu sangat saat pandemi anak harus daring

    ReplyDelete
  22. Saya merasakan bagaimana IndiHome mengubah sudut pandang internet yang selama ini lamban menjadi lebih kencang yang mempengaruhi performa kerja

    ReplyDelete
  23. Saya tertarik untuk pakai IndiHome sebagai provider, harga nya terjangkau dan menurut testimoni teman saya emang sinyal WiFi nya bagus, lancar dan pernah ada masalah

    ReplyDelete
  24. Senang Indihome sangan kontributif sama dunia pendidikan. Apalagi jaman sekarang dimana-dimana banyak kelas online. Pendidikan buat semua

    ReplyDelete

Post a Comment