deeva collection

Destinasi Wisata Gratis di Jember Selama Libur Lebaran

Konten [Tampil]
Buat kalian yang di Jember, ada yang baru loh. Kalian bisa menikmati destinasi wisata gratis di Jember saat musim lebaran kali ini. Kalian bisa merayakan lebaran tidak hanya di rumah saja namun juga bisa rekreasi bersama keluarga di kampung halaman.

Apa benar keempat destinasi wisata di Jember itu bisa dinikmati oleh masyarakat Jember secara gratis? Kalau iya, apa saja destinasi wisata yang ada di Jember yang bisa dinikmati secara gratis?

Destinasi wisata gratis di Jember

Pemerintah Kabupaten Jember berusaha memberikan yang terbaik bagi warganya. Salah satunya adalah memberikan solusi dengan menyediakan destinasi wisata gratis di Jember saat musim lebaran 2022 ini.

Bukan tanpa alasan kebijakan ini dimunculkan oleh pemerintah daerah. Bupati Jember, H. Hendi Siswanto berusaha memberikan solusi kepada masyarakat yang merasa tiket untuk masuk ke destinasi wisata terbilang mahal utamanya di Pantai Watu Ulo dan Tanjung Papuma yang menjadi favorit banyak pengunjung.

Selain itu, dengan adanya kebijakan dia juga berharap dapat kembali memulihkan dan membangkitkan perekonomian Jember pasca pandemi covid-19.

Keempat tempat wisata gratis di Jember yang bisa dinikmati warga Jember pada musim lebaran 2022 ini merupakan destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh masyarakat Jember dan pemudik. Tempat wisata gratis Jember itu adalah

1. Puncak Wisata Rembangan

Sesuai dengan namanya, Puncak Wisata Rembangan merupakan salah satu tempat wisata di Jember dengan latar pemandangan alam yang terlihat begitu asri. Pepohonan hijau dengan angin sepoi-sepoi bisa memberikan ketenangan bagi setiap pengunjung.
tempat wisata gratis di jember
Puncak Rembangan (Dokumentasi Pribadi)
Di puncak rembangan kalian bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berenang bersama. Kalian juga bisa keliling di sekitar area puncak rembangan untuk menikmati pemandangan dengan berjalan kaki.

Buat pecinta bunga, kalian bisa mengunjungi taman bunga yang berada tidak jauh dari loket masuk. Bunga krisan dengan aneka warna ada di sini.

Tidak hanya itu, di kaki puncak rembangan, kalian bisa juga membeli susu murni ataupun olah susu sapi. Biasanya orang Jember menyebut susu dari daerah ini dengan susu rembangan. Kalian juga bisa menunjukkan pada anak-anak seperti apa wujud dari sapi perah yang selama ini dikonsumsi susunya.

Jika belum puas berkunjung, dan ingin menghabiskan waktu lebih lama, di puncak rembangan juga terdapat Hotel Rembangan. Saat menginap, tentunya tidak hanya tahu keindahan alam saat siang hari.

Kalian bisa menikmati suasana malam di puncak. Melihat kota Jember dari ketinggian saat malam hari yang berhiaskan cahaya lampu. Menikmati minuman khas, wedang jahe, juga akan menambah kehangatan suasana kebersamaan dalam keluarga atau dengan pasangan.

Dulunya, di kawasan Puncak Rembangan ini ditanami dengan buah naga. Setelah sekian tahun dan tidak lagi produktif, kini akan digantikan dengan tanaman lengkeng.

Ke depan kawasan agrowisata rembangan dengan lengkeng khas Jember akan menjadi destinasi wisata edukasi dan petik buah lengkeng.

Untuk menuju destinasi wisata puncak yang berada di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Patrang ini, sebaiknya membawa mobil pribadi. Ini karena akses kendaraan umum belum menjangkau untuk menuju puncak. Jika tidak, kalian bisa menggunakan jasa taksi atau ojek online.

2. Pemandian Patemon

Selain Puncak Rembangan, wisata pemandian di Jember lainnya adalah Pemandian Patemon. Wisata ini masuk dalam daftar wisata murah di Jember.


Pemandian ini terletak di Bagian Barat Kabupaten Jember. Tepatnya di Desa Patemon, Kecamatan Tanggul. Berjarak 30 km ke arah barat dari pusat kota Jember.
tempat wisata gratis di jember saat libur lebaran
Pemandian patemon (sumber:jembertourism.com)
Bagi yang berasal dari luar kota, khususnya dari arah barat, saat melintas di Tanggul akan mendapati petunjuk menuju lokasi wisata pemandian Patemon.

Tempat wisata murah di Jember dengan spot utama pemandian ini sangat banyak dikunjungi oleh pengunjung pada saat akhir pekan dan liburan panjang seperti liburan lebaran.

Salah satu destinasi wisata Jember ini menawarkan pemandian atau kolam renang yang sangat pas menjadi pilihan menghabiskan waktu bersama keluarga.

Airnya yang segar karena merupakan air pegunungan asli, menjadi salah satu daya tarik, kenapa banyak orang mengunjunginya. Selain itu, juga terdapat beberapa jenis kolam yang bisa dipilih sesuai dengan usia pengunjung.

Kolam untuk anak-anak, untuk remaja, ataupun dewasa ada di sini. Mulai yang dangkal hingga yang dalam tersedia di pemandian ini. Mulai dari kedalaman 50 cm, 100 cm, 130 cm dan 4 meter ada di sini.

Untuk bilas kalian tidak perlu khawatir, terdapat banyak kamar mandi yang bisa digunakan untuk bilas dan ganti pakaian.

Di musim lebaran ini, Bupati Jember, Hendi Siswanto juga memasukkan Pemandian Patemon ke dalam daftar destinasi wisata gratis di Jember saat lebaran.

3. Pantai Watu Ulo

Pantai Watu Ulo adalah pantai yang berada di laut selatan. Berada di Kecamtan Ambulu berdekatan dengan Pantai tanjung Papuma.
Pantai Watu Ulo berjarak kurang lebih 20 km dari pusat kota.  Hamparan pantai yang luas menjadikan pantai watu ulo terlihat indah dan menarik.

Ciri khas dari pantai Watu Ulo adalah keberadaan batu seperti ular bersisik. Watu berarti Batu dan Ulo yang dalam Bahasa Indonesia artinya ular.

Keberadaan Watu Ulo atau batu yang menjorok ke laut memanjang seperti ular ini berada tidak jauh dari loket masuk ke Pantai Tanjung Papuma.

Di sini kalian juga akan mendapati Goa Jepang yang memiliki cerita sejarah tersendiri. Di sampingnya, kalian bisa melihat ribuan kelelawar yang ada di Goa Lowo.

Saat libur idulfitri tahun ini, 2022, Bupati Jember juga menerapkan kebijakan tiket masuk gratis untuk menikmati pemandangan laut Pantai Watu Ulo yang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Jember.

4. Pantai Tanjung Papuma

Tidak lengkap rasanya jika menikmati wisata di Jember hanya berkunjung ke Pantai Watu Ulo. Tempatnya yang berdekatan dengan Pantai Tanjung Papuma akan selalu membawa pengunjung untuk mengunjungi pantai Papuma.
wisata murah di jember
Pantai papuma (sumber:jembertourism.com)
Pantai Tanjung Papuma, atau orang mengenalnya dengan Papuma, merupakan pantai yang berada di balik bukit yang memisahkan Papuma dengan Watu Ulo.

Saat hendak berkunjung ke Papuma, kalian perlu memastikan kondisi kendaraan dalam keadaan siap untuk menanjak. Selain itu, kondisi rem juga harus dipastikan berfungsi dengan baik.

Saat berada di puncak, kalian akan disuguhkan pemandangan laut yang begitu menakjubkan. Batu karang, perahu yang berjajar di pantai, akan mewarnai perjalanan kalian.

Di sini kalian bisa memuaskan diri mengabadikan momen dengan latar deburan ombak pantai selatan. Pasirnya yang putih akan menjadikan foto anda semakin terlihat menarik.

Jika ingin mengabadikan momen dari ketinggian kalian bisa naik ke puncak bikin an ber swafoto dengan latar hamparan laut yang luas dan jernih.

Kalian bisa menikmati indahnya sunrise dan sunset saat berada di Pantai Papuma. Hari kalian akan terasa semakin indah dan berkesan oleh sinar matahari jingga di pagi dan sore hari.

Jika ingin bermalam, pengelola juga menyediakan beberapa  akomodasi untuk bermalam dengan harga yang terjangkau. Menikmati kuliner khas olahan laut akan melengkapi perjalanan kalian di Jember.

Kapan dibuka destinasi wisata gratis di Jember

Buat kalian yang bertanya-tanya kapan dibuka destinasi wisata gratis di Jember. Ada dua waktu yang berbeda dari penerapan kebijakan bebas tiket masuk tempat wisata di Jember selama libur lebaran 2022.
kapan dibuka destinasi wisata gratis di jember
Flyer wisata gratis (sumber:jemberkab.go.id)
Ini dia waktu yang bisa digunakan pengunjung untuk menikmati tempat wisata gratis di Jember untuk menghabiskan libur lebaran bersama keluarga:
  1. Wisata Puncak Rembangan dibuka gratis berlaku mulai tanggal 04 sampai 18 Mei 2022.
  2. Wisata Pemandian Patemon dapat dikunjungi semua dengan bebas tiket masuk pada periode 4-18 Mei 2022.
  3. Pada tanggal yang sama, yaitu 04-18 Mei, pengunjung juga bisa menikmati destinasi wisata Pantai Watu Ulo secara gratis di masa libur lebaran tahun ini.
  4. Khusus Pantai Papuma, bisa dikunjungi secara gratis pada tanggal 4 sampai 10 Mei 2022.
Kapan dibuka destinasi wisata gratis di Jember? Tentunya melalui ulasan ini kalian sudah tahu masa berlaku gratis tiket masuk ke empat tempat wisata Jember yang paling banyak dikunjungi masyarakat saat musim liburan. 

Penutup

Destinasi wisata gratis di Jember yaitu wisata Puncak Rembangan, Pemandian Patemon, Pantai Watu Ulo, dan Pantai Papuma menjadi angin segar bagi masyarakat Jember. Bisa menikmati liburan bersama keluarga dengan bebas tiket masuk.

Bupati Jember berharap kebijakan ini dapat memberikan solusi kepada masyarakat untuk bisa berkunjung ke tempat wisata favorit mereka. Dalam sosial medianya, Bupati Jember juga berharap tempat wisata gratis di Jember bisa terus dinikmati warga.

Sebagai orang Jember tentunya memiliki kebanggaan tersendiri, karena bisa menikmati destinasi wisata gratis di Jember saat musim libur lebaran yang begitu bermakna. Bisa bersama keluarga setelah dua tahun tidak mudik karena pandemi melanda. Yuk jangan lewatkan untuk menikmatinya bersama keluarga.

Related Posts

1 comment

  1. Waktu kecil sering banget ke Patemon, soalnya Deket sama rumah saudara.
    Rembangan memang cocok untuk yang nyari seger seger ya

    ReplyDelete

Post a Comment