Biaya Kursus Menjahit di Surabaya Paling Banyak Dicari Orang

Konten [Tampil]
Biaya kursus menjahit di Surabaya dengan daerah lain tentu memiliki perbedaan. Selisih harga kursus menjahit selain dipengaruhi oleh lokasi juga dipengaruhi oleh pengalaman pengelolaan lembaga kursus itu sendiri.

Kursus menjahit hingga saat masih menjadi pilihan bagi banyak orang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kompetensi mereka. Menjahit bisa dilakukan oleh siapa saja, namun demikian untuk menekuni dan menjadikannya sebagai profesi membutuhkan bekal yang mumpuni.

Biaya Kursus menjahit di Surabaya

Bagi kalian di Surabaya bisa mencari informasi biaya kursus menjahit di Surabaya sebelum akhirnya memutuskan mengikuti kursus. Tujuannya adalah agar kalian bisa mendapatkan informasi biaya untuk menempa diri memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni, dengan kursus menjahit.
biaya kursus menjahit di surabaya paling banyak dicari orang
Mengikuti kursus menjahit bisa menjadi sebuah pilihan tepat. Kalian akan dibimbing secara intensif oleh pengajar di tempat kursus. Mulai hal mendasar tentang menjahit yang akan kalian dapatkan.

Mengikuti kursus tentu lebih baik dibandingkan dengan menjahit tanpa kursus seperti belajar otodidak dan atau bekerja pada pemilik usaha konveksi. Sebagai gambaran bisa dilihat penjelasan berikut.

Belajar menjahit secara otodidak. Cara belajar ini biasanya dilakukan dengan melihat dan mengamati orang lain yang sedang menjahit. Setelah itu mencoba menerapkan di rumah. Cara ini memang bisa dilakukan, tapi tidak semua orang bisa melakukan.

Mencari informasi biaya kursus menjahit di Surabaya tentu tidak menjadi pilihan saat memilih belajar dengan cara otodidak yang memiliki keterbatasan. Ya, kalian hanya akan tahu bagaimana menjahit. Tahu cara memasang benang pada mesin jahit dan cara menjalankan mesin jahit itu sendiri. Kalian tetap tidak akan tahu cara membuat hasil produksi yang tepat.

Cara lain untuk belajar adalah dengan bekerja pada usaha konveksi ataupun pada mereka yang memiliki usaha produksi garmen. Kelemahannya ini sangat membutuhkan waktu dan tentunya sangat memiliki keterbatasan.

Orang yang mengambil jalan ini, belajar dengan bekerja tidak akan bisa menyerap apa yang didapatkan seutuhnya. Meskipun saat bekerja diajar, dibimbing dan diarahkan agar menghasilkan jahitan yang bagus dan halus. Tetap cara ini tidak bisa menjadikan diri kalian menjadi profesional.

Ketika kalian mengeluarkan biaya kursus menjahit di Surabaya tentu akan mendapatkan hasil yang berbeda dengan hanya ikut bekerja. Saat ikut bekerja Anda tidak bisa bebas belajar. Bisa jadi dalam setiap kesempatan Anda merasa belajar. Namun perlu disadari, meskipun bisa ini akan sangat membutuhkan waktu yang panjang. Ini karena dalam setiap waktu kerja kalian dikejar oleh target dan waktu.

Jenis Kursus Menjahit di Surabaya dan Biayanya

biaya kursus menjahit di surabaya
Jenis kursus menjahit di Surabaya yang kalian pilih akan berpengaruh pada biaya yang harus dikeluarkan. Sama dengan yang terjadi pada penyedia layanan kursus di kota-kota lain, seperti Malang dan Jakarta. Berikut informasi jenis kursus menjahit di Surabaya dan biayanya pada salah satu lembaga kursus menjahit yoeyoencourse.

Kursus Menjahit Tingkat Dasar dan Biayanya

Bagi kalian yang belum atau tidak memiliki bekal dalam bidang jahit, bisa memulai dengan mengambil kursus menjahit tingkat dasar. Pada tingkat ini kalian akan diajarkan hal-hal mendasar seputar menjahit.

Materi Dipelajari

Pada tingkat dasar ini, kalian akan diajarkan materi tentang mengukur, teori pola dasar, model-model leher, lengan, dan kerah, menggunting, menjahit (celana, rok, dan blus), dan finishing.

Biaya Kursus Menjahit

Biaya kursus menjahit di Surabaya untuk kursus tingkat dasar yang diselenggarakan sebanyak 24 kali pertemuan bisa dilihat pada tabel. Setiap minggu ada dua kali tatap muka dengan waktu 2 jam per pertemuan. Berikut daftar biaya yang perlu kalian persiapkan untuk bisa mengikuti kursus menjahit tingkat dasar.

Kelas

Biaya

Keterangan

Reguler

Rp. 11.000.000,-

Kelompok 10 Orang

Private I

Rp. 3.000.000,-

Siswa Datang (Biaya per orang)

Private II

Rp. 6.000.000,-

Guru Datang (Biaya per orang)


Biaya kursus menjahit ini sudah mencakup perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan dalam kursus menjahit tingkat dasar. Meliputi pensil, kertas pola, gunting, jarum, jarum pentul, kain, dan perlengkapan lainnya.


Kursus Menjahit Tingkat Terampil dan Biayanya

Bagi Anda yang sudah pernah kursus menjahit tingkat dasar atau sudah memiliki bekal tingkat dasar, tidak ada salahnya mengambil kursus menjahit tingkat terampil. Tujuannya agar kemampuan semakin bertambah dan kalian akan semakin terampil dengan mengambil tingkat ini.

Materi Dipelajari

Pada tingkat terampil kalian akan mendapatkan materi tentang mengukur, teori pola, menggunting, menjahit (dress, rompi, kebaya, dan bustier), dan finishing.

Biaya Kursus Menjahit

Kursus tingkat terampil ini diselenggarakan dalam 20 kali pertemuan. Pada tingkat ini ada dua pilihan kelas private yaitu private 1 dan private 2. Pada Private 1 setiap minggu ada dua kali tatap muka dengan waktu 2 jam per pertemuan. Sedangkan pada Private 2 setiap tatap muka adalah 3 jam per pertemuan. Biaya kursus menjahit di Surabaya untuk tingkat terampil seperti pada tabel berikut.


Kelas

Biaya

Keterangan

Private 1

Rp. 6.000.000,-

20 Pertemuan - Per pertemuan 2 jam

Private 2

Rp. 9.000.000,-

20 Pertemuan - Per pertemuan 3 jam


Kursus Menjahit Tingkat Mahir dan Biayanya

Kalian ingin lebih mendalami keterampilan menjahit yang dimiliki? Tingkat mahir ini bisa kalian ikuti jika memiliki impian ataupun cita-cita untuk bisa menjahit pakaian khusus, seperti modif gaun pengantin.

Materi Dipelajari

Pada tingkat mahir kalian akan mendapatkan materi tentang mengukur, teori pola, menggunting, menjahit (modif gaun pengantin, kebaya, bustier, jarik/sarung tanpa pola), dan finishing.

Biaya Kursus Menjahit

Kursus tingkat mahir ini waktu pembelajaran sama dengan tingkat terampil yaitu 20 kali pertemuan. Pada tingkat ini ada dua pilihan kelas yaitu mahir 1 dan mahir 2. Pada mahir 1, kalian akan dibimbing dua kali tatap muka setiap minggu dengan waktu 2 jam per tatap muka. Sedangkan pada mahir 2 setiap tatap mukanya adalah 3 jam. Berikut informasi biaya kursus menjahit di Surabaya untuk tingkat mahir.

Kelas

Biaya

Keterangan

Mahir 1

Rp. 12.000.000,-

20 Pertemuan - Per pertemuan 2 jam

Mahir  2

Rp. 14.000.000,-

20 Pertemuan - Per pertemuan 3 jam



Memilih Tempat Kursus Menjahit di Surabaya

tempat kursus menjahit di surabaya dan biayanya
Memilih tempat kursus menjahit tidak boleh sembarangan, terlebih ketika kalian merupakan penjahit pemula yang tidak memiliki bekal ataupun peralatan dan perlengkapan untuk menjahit. Perhatikan hal berikut saat kalian memilih tempat kursus menjahit.

Materi kursus yang diajarkan

Pertimbangan pertama yang harus diperhatikan saat akan mengikuti kursus menjahit adalah mencari informasi sedetail mungkin berhubungan dengan materi yang akan dipelajari. Tanyakan pada lembaga penyelenggara mengenai apa saja tingkatan yang ada dan apa yang akan dipelajari.

Tujuan dari mencari informasi ini adalah agar kalian bisa menyesuaikan kursus menjahit yang akan diambil dengan kebutuhan diri kalian.

Biaya kursus menjahit

Saat Anda mencari informasi tentang kursus menjahit, apa yang akan dipelajari, tentu Anda juga akan mendapatkan informasi mengenai biaya kursus. Saat mengetahui biaya kursus maka Anda akan bisa merencanakan keuangan untuk mengikuti kursus menjahit.

Lokasi dan kondisi tempat kursus

Tidak bisa dipungkiri, semakin nyaman tempat atau ruang belajar yang dimiliki, akan semakin mendukung proses kursus menjahit. Tentunya semakin luas dan semakin nyamannya ruang tempat belajar akan berbanding lurus dengan biaya kursus.

Selain tempat kursus itu sendiri, kalian juga perlu mencari banyak referensi tempat kursus di sekitar tempat tinggal kalian. Tujuannya agar tidak menempuh jarak terlalu jauh saat akan mengikuti kelas.

Fasilitas didapatkan

Satu hal lagi yang perlu menjadi perhatian bagi kalian yang baru pertama kali mengikuti kursus menjahit adalah memastikan fasilitas yang diterima. Artinya kalian harus memastikan kepada penyelenggara tentang apa saja perlengkapan dan peralatan yang didapatkan untuk mendukung proses belajar.

Biasanya saat kursus menjahit akan mendapatkan modul tentang cara mengukur, cara membuat pola dasar, mendapatkan juga gunting, pensil, rader, kertas pola, benang, jarum pentul, jarum jahit, dan kain untuk praktik, serta perlengkapan lainnya.

Pengalaman pengajar

Pengalaman pengajar ini bisa diketahui dengan mencari informasi tentang pengajar. Semakin berpengalaman pengajar, makan akan memudahkan proses transformasi ilmu dari pengajar kepada kalian. Lembaga atau tempat kursus yang didukung pengajar berpengalaman akan tetap bertahan lama dan terus berkembang.

Kesimpulan

Mengasah keterampilan ataupun menambah keterampilan baru seperti menjahit membutuhkan biaya. Untuk itu, bagi kalian yang berniat ikut kursus menjahit perlu mengetahui berapa biaya kursus menjahit.

Informasi biaya kursus menjahit di Surabaya ini bisa menjadi gambaran berapa kebutuhan dana yang harus disiapkan. Pada akhirnya kalian  akan bisa merencanakan, memilih dan menentukan tingkat kursus menjahit yang akan diikuti untuk menunjang kebutuhan kalian. Kalian mau mulai dari kursus tingkat dasar atau langsung mahir?

Related Posts

Post a Comment