Kursus Komputer Berapa Lama Untuk Kelas Intensif

Konten [Tampil]
Berniat untuk mengikuti kelas intensif. Butuh informasi kursus komputer berapa lama untuk kelas intensif? Sekarang kalian sedang membaca tulisan yang tepat untuk mendapatkan informasi itu.

Di dalam tulisan ini kalian akan mendapatkan informasi seputar kursus komputer. Bukan hanya informasi tentang berapa lama kursus komputer, tapi juga informasi kira-kira berapa biaya kursusnya.

Kursus Komputer Berapa Lama

kursus komputer berapa lama
Kalau bertanya kursus komputer berapa lama, setiap lembaga kursus memiliki target tersendiri bagi pesertanya. Satu lembaga dengan lembaga yang lain memiliki perbedaan.

Saya akan memberikan beberapa informasi tentang durasi waktu kursus dan apa yang dipelajari selama kursus. Informasi ini saya peroleh dari IT Komputer salah satu lembaga kursus komputer murah di Jakarta.

1. Paket Microsoft Office

Paket ini menawarkan paket lengkap aplikasi Ms Office yang meliputi Ms. Office Word, Ms. Office Excel, dan Ms. Office Powerpoint. Biaya untuk mengikuti kursus ini pada kisaran Rp. 2.500.000,-. Waktu kursus selama 17 pertemuan dengan masing-masing pertemuan 2 jam.

2. Paket Ms. Office Terpisah

Jika tidak ingin mengambil paket lengkap Ms Office, kalian juga bisa memilih salah satu sesuai dengan kebutuhan. Apakah mau mengikuti kursus Ms. Office Word, Ms. Office Excel, atau Ms. Office PowerPoint.

Waktu dan biaya dibutuhkan tentunya berbeda dengan paket lengkap. Untuk program Ms. Office kalian dikenakan biaya Rp. 1.200.000,- untuk 6 kali pertemuan. Sekali tatap muka lamanya belajar adalah 2 jam.

3. Web Design

Waktu yang dibutuhkan untuk kursus Web Design adalah 8 kali pertemuan. Masing-masing pertemuan 2 jam. Untuk mengikuti kursus ini biaya yang perlu dikeluarkan mulai Rp. 1.400.000,-

4. Web programing

Untuk bisa belajar web programing sebanyak 9 kali pertemuan atau 18 jam kalian hanya perlu mengeluarkan Rp. 1.400.000,-

5. Webmaster

Program Web Master membutuhkan waktu lebih banyak lagi. Dengan biaya Rp. 2.600.000, kalian akan bisa mengikuti kursus ini sebanyak 18 kali dengan waktu tatap muka 2 jam per pertemuan.

6. Jaringan Komputer

Waktu yang perlu kalian sediakan untuk mempelajari jaringan komputer melalui kursus komputer adalah 12 jam atau setara 6 kali pertemuan dengan waktu 2 jam per pertemuan. Biaya kursusnya adalah Rp. 1.800.000,- untuk kelas reguler.

7. Teknisi Komputer dan Jaringan

Cost yang perlu kalian keluarkan untuk mengambil kursus ini adalah Rp. 2.600.000,- untuk 11 kali pertemuan. Waktu setiap pertemuan adalah 2 jam.

8. Design Grafis

Saat mengambil kursus ini kalian akan mempelajari tentang Adobe Photoshop, CorelDraw, dan Adobe Illustrator. Paket design grafis ini dipatok Rp. 3.500.000,- sedangkan untuk satu program kalian hanya mengeluarkan Rp. 1.500.000,-.

Lama waktu kursus paket design grafis adalah 14 kali dengan satu pertemuan 2 jam.Sedangkan untuk paket satu program waktunya 6 kali pertemuan, dimana satu pertemuan adalah 2 jam.

9. Bahasa Pemrograman

Berbagai macam bahasa pemrograman bisa kalian ikuti melalui kursus komputer seperti Visual Basic, VB.Net, CodeIgniter, SQL Server, dan Java.

Kisaran biaya mulai dari Rp. 2.500.000,- , Untuk waktunya pertemuan rata-rata 12 kali pertemuan dengan durasi 2 jam untuk satu kali pertemuan,

Kursus Komputer Bisa Langsung Kerja

jurusan kursus komputer

Kursus komputer bisa langsung kerja karena semua yang dibutuhkan dunia kerja diajarkan dalam pelatihan yang diikuti. Kalian tidak perlu khawatir. Ini dia gambaran keterampilan yang akan dipelajari di kursus komputer sebagai bekal untuk bekerja.

1. Paket Microsoft Office

Paket microsoft office adalah paket keahlian dasar yang banyak dicari oleh lulusan SMA/SMK atau bahkan lulusan perguruan tinggi sebagai bekal melamar kerja.

Mengikuti kursus Ms. Office kita akan mempelajari program yang ada di dalam Ms Office yang meliputi Ms. Office Word, Ms. Office Excel, dan Ms. Office Powerpoint.

a. Ms. Office Word

Dalam kursus Ms. Office Word kalian akan belajar tentang Pengenalan Ms. Office, Word Art, Header & Footer, Simbol, Hiperlink, Table, Chart, Smart art, Page Layout, Mail Merge (surat dan Amplop surat). 

b. Ms. Office Excel

Kursus Ms. Office Excel yang banyak bersinggungan dengan fungsi-fungsi dan sangat cocok sebagai bekal untuk melamar kerja berhubungan dengan dunia keuangan.

Kalian akan dikenalkan pada Ms. Office Excel dan beberapa fungsi vital lain di dalamnya. Format angka dan laporan, Fungsi IF, SUMIF, COUNTIF, Fungsi Text, Fungsi Logika OR ,AND, Fungsi Statistik, Hlookup dan Vlookup, Grafik dan Printing, Pivot table, Conditional Formatting, dan Latihan soal studi kasus

c. Ms. Office Powerpoint

Keterampilan mengoperasikan Ms. Office Powerpoint sangat dibutuhkan semua orang untuk mendukung presentasi yang lebih tersusun dan meyakinkan.

Mengikuti kursus ini kalian akan belajar dan dibimbing mulai dari Pengenalan Ms Powerpoint, Membuat Presentasi, Animasi slide, Insert Audio dan video, dan juga Hyperlink.

2. Webmaster

Program Web Master sebenarnya merupakan paket yang terdiri dari web design dan web programing. Sehingga materinya juga merupakan perpaduan dari kedua program itu, ditambah dengan materi SEO.

a. Web Design

Buat kalian yang ingin bisa membuat web dengan tampilan menarik bisa mengambil kursus ini. Mengambil kursus ini kalian akan mempelajari tentang Pengenalan DreamWeaver. Perintah-perintah HTML, CSS, Belajar javascript, JQuery, Teknik design berbasis div, Membuat animasi banner, Upload website dengan FTP dan cpanel.

Selain itu juga ada materi Trik bagaimana mempromosikan website di internet(SEO), Memilih web Hosting, Berbagai Tips dan Trik menarik tentang web design, Responsive web design web yang dibuat tetap rapi dilihat Desktop, atau smartphone.

b. Web programing

Selama mengikuti kursus web programing kalian akan dibimbing dalam mempelajari tentang 
  1. Pengenalan php dan database mysql.
  2. Membahas variabel pada php.
  3. Perintah POST 
  4. Perintah GET 
  5. Kondisi if, While, switch case 
  6. Validasi form input 
  7. Fungsi pada php 
  8. Menjaga keamanan pada form input 
  9. Merancang database dan table 
  10. Belajar perintah query 
  11. Belajar cara upload data dan gambar 
  12. Belajar cara menampilkan data dari database ke halaman design web 
  13. Belajar membuat readmore 
  14. Belajar membuat halaman login admin memakai session 
  15. Belajar memakai perintah cookies pada form input 
  16. Belajar membuat level akses pada halaman admin

3. Jaringan Komputer

Saat mengambil program keahlian jaringan komputer kalian akan mempelajari banyak materi, diantaranya Pengenalan Jaringan, Pengenalan IP address, Setting IP Address kelas (A,B dan C), Subnetting ip address, Setting DHCP modem, Cramping Cable UTP, Internet sharing, Sharing file dan Sharing Printer. 

Kalian juga akan diajarkan Praktek Mengkonfigurasi Jaringan Wifi (Wireless), mengkonfigurasi jaringan WAN dengan wireless outdoor, Pengenalan mikrotik, Pembagian bandwidth dengan mikrotik router, Mikrotik sebagai router proxy, Blok alamat website dengan Mikrotik router, dan Setting DNS server mikrotik. 

Keterampilan yang juga ada dalam kursus ini adalah bekal untuk Setting DHCP Server mikrotik, Setting DHCP Client mikrotik, Pemecahan masalah jaringan, Konfigurasi switch cisco, Konfigurasi Router cisco, dan Berbagai Tips dan Triks seputar jaringan.

4. Teknisi Komputer dan Jaringan

Sudah tahu belum apa yang perlu kalian pelajari saat mau menjadi seorang teknisi komputer dan jaringan? Kalau belum ini dia yang akan menjadi bekal kalian:

Teknisi komputer akan memperoleh bekal meliputi pengenalan hardware, memilih hardware komputer, merakit komputer sendiri, memecah masalah hardware komputer, Seting bios, Install OS( install windows dan linux), Optimasi windows, Install driver mainboard, install berbagai aplikasi.

Disini kalian juga akan mempelajari beberapa materi berhubungan dengan jaringan komputer. Pengenalan Jaringan LAN, Pengenalan IP address, Setting IP Address, DHCP, Cramping Cable UTP, Internet sharing, Sharing file, Sharing Printer, Praktek Mengkonfigurasi Jaringan Wifi (Wireless), Setup mikrotik, Seting mikrotik, Bebagai Tips dan Triks menarik seputar jaringan LAN.

5. Design Grafis

Saat mengambil kursus ini kalian akan mempelajari tentang Adobe Photoshop, CorelDraw, dan Adobe Illustrator. Ini dia yang akan kalian dapatkan di kelas saat mengikuti kursus komputer pada masing-masing program.

a. Adobe Photoshop

Belajar Adobe Photoshop kalian tidak hanya mengenal Adobe photoshop beserta toolbar & Ikon-ikonnya, tapi juga Mengenal palet, Mengenal Layer, Mengubah bentuk area seleksi.

Teknik untuk tingkat pemula, Teknik untuk tingkat menengah, Teknik untuk tingkat mahir, Manipulasi dan rekayasa Foto digital jua diberikan di kursus.

b. CorelDraw

Saat kursus kalian akan mendapatkan materi Mengenal software CorelDraw, Mengenal Pointer pick tool, Mengenal color palette, Mengenal Posisi object, Mengenal Kurva sebagai object dasar, Membuat Logo, Membuat peta 3D dengan Coreldraw, dan Teknik mencetak.

c. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator salah satu program desain grafis yan juga banyak diminati orang. Saat mempelajarinya, kalian akan mendapat materi Mengenal software illustrator, kalian juga akan mendapatkan materi tentang Definisi vector, Tool box utama, User interface.

Kalian juga akan dibimbing membuat lembar kerja pada illustrator, Membuat lembar kerja kosong, Menggunakan tool dan membuat bentuk-bentuk dasar, Membuat lembar kerja template, Menggunakan tool dan mengerjakan projek, Penerapan Design Dilingkungan kerja, Tips dan Triks menarik lainya

6. Bahasa Pemrograman

Belajar bahasa pemrograman memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dibandingkan dengan Ms. Office ataupun design grafis. Bahasa pemrograman membutuhkan ketelitian dan pemahaman yang lebih. Sehingga belajar bahasa pemrograman memiliki waktu lebih lama.

Apa yang akan kalian dapatkan saat mengikuti kursus bahasa pemrograman?

a. Visual Basic.Net

Visual Basic.Net akan memberikan kalian pengalaman dalam mempelajari Interaksi Visual basic.net dan MYSQL, Database server MySQL, Pengolahan data, dan MySQL Connector/NET.

Kalian juga akan dibekali tentang Binding data, Pencarian dan Relasi data, Validasi data dan Regular Expression, Manajemen transaksi, Mengelola data gambar, Mencetak document dan table, Mengelola Laporan dengan Cystal report, Packaging dan Development, Solusi MyODBC, My OLEDB, dan MYSQLDirect.NET

b. Visual Basic

Visual basic sebagai bahasa pemrograman menuntut konsentrasi yang tinggi. Pengenalan Visual Basic, Perancangan Interface, Struktur kontrol vb, dan Latihan perintah if (kondisi) tentu akan kalian dapatkan.

Selain itu juga akan dibimbing membuat Database dan Tabel, Kontrol Data, Koneksi Database, Pencarian Data Dengan Index, Pencarian Data, Menampilkan Data Dengan DBGrid, Mengenal SQL, Data Report, dan Pembuatan Laporan Dengan Data Report

c. SQL Server

Dalam kursus komputer tentang SQL Server kalian akan mendapatkan beberapa pengetahuan dan tentunya latihan berhubungan dengan Desain Logika Database, Normalisasi dan Denormalisasi, Query Fundamental, Membuat Database, Membentuk tabel dengan Integritas Data, Manipulasi Data, Mengimplementasikan Index, Mengimplementasikan View.

Materi lain dalam kursus yaitu Pemrograman Dalam SQL, Implementasi Stored Procedure, Implementasi Transactions, Begin tran,Commit tran, rollback tran, Reporting service, Business Intelligence Service, Implementasi Triggers, SQL server dba, Menggunakan BCP dan DTS,Backup dan restore.

d. Java

Disarankan bagi kalian yang ingin belajar Java pemrograman, sebaiknya sudah memiliki bekal basic sistem operasi windows. Apa saja yang akan kalian pelajari selama mengikuti kursus?

Kalian akan belajar Introduction to Java Applications, Classes and Objects, Control Statements, Methods, Arrays, Object-Oriented Programming, Inheritance, Polymorphism, GUI Component, Graphics 11. Exception Handling, Files and Streams, Recursion, Searching and Sorting, Data structures, Multithreading, Networking, dan Manipulating Database with JDBC

e. CodeIgniter

Bagaimana dengan CodeIgniter? Belajar CodeIgniter memiliki hubungan dengan program lainnya, seperti web design ataupun webmaster. Sehingga disarankan bagi kalian jika belum memiliki bekal, bisa mengambil dan menyelesaikan kursus webmaster terlebih dahulu.

Ada banyak sekali yang akan kalian pelajari melalui PHP Framework ini, diantaranya:
1 .Instalasi CodeIgniter
2. Mendapatkan CodeIgniter
3. Proses Instalasi CodeIgniter
4. Mengenal CodeIgniter
5. Apa itu Framework?
6. Mengapa Memilih CodeIgniter?
7. Fitur-Fitur CodeIgniter
8. Kebutuhan Sistem
9. Aliran Data CodeIgniter
10. Struktur Folder CodeIgniter
11. Macam-Macam File CodeIgniter
12. Konfigurasi Dasar CodeIgniter
13. config.php
14. database.php
15. Model-View-Controller (MVC)
16. URL CodeIgniter
17. URI Segment
18. Menghilangkan index.php
19. Controllers, Membuat Controller
20. Method/Fungsi
21. Memberi Method untuk Controller
22. Default Controller
23. Menyimpan Controller ke dalam Sub-Folder
24. Constructor Controller
25. View, Membuat View, Memanggil View
26. Memanggil Beberapa View Sekaligus
27. Menyimpan View ke dalam Sub-Folder
28. Menambahkan Data pada View
29. Melakukan Perulangan (Looping)
30. Model, Membuat Model, Memanggil dan Menggunakan Model
31. Auto-Loading Model
32. Menghubungkan Model dengan Database
33. Constructor Model
34. Library,Membuat Library,Constructor Library
35. Memanggil dan Menggunakan Custom Library
36. Menggunakan Resource CodeIgniter Custom Library
37. Me-Replace Native Library,Meng-Extend Native Library
38. Core Class,Helper,Memanggil dan Menggunakan
39. Helper,Membuat Helper
40. Meng-Extend Helper
41. Auto-Loading
42. URI Routing
43. Error Handling
44. File Bahasa

Mempelajari program keahlian melalui kursus komputer akan memberikan kalian peluang untuk bisa langsung kerja setelah kursus komputer. Selain mendapatkan materi, kalian dibimbing intensif untuk bisa menguasai program keahlian yang kalian ambil.

Pilihan Kelas Kursus Komputer

kursus komputer murah di Jakarta
Dalam kursus komputer sendiri secara umum ada dua pilihan kelas yang bisa kalian ikuti, yaitu: kelas intensif, dan regular. Namun pada aplikasinya juga ada satu kelas lagi yaitu kelas private. 

1. Kelas Intensif Kursus komputer

Kelas intensif kursus komputer adalah kelas yang biasanya dilaksanakan setiap hari dengan pertemuan 2-4 jam perhari. Kelebihan mengambil kelas intensif ini adalah kalian bisa memulai kelas tanpa harus menunggu minimal jumlah peserta kursus. Sendirian pun kalian bisa memulai kelas ini.

2. Kelas Reguler Kursus Komputer

Pembeda kelas reguler dengan kelas intensif kursus komputer adalah pada waktu pelaksanaannya. Kelas reguler biasanya diselenggarakan 2 sampai 3 kali setiap minggunya dengan pertemuan 2 jam pertatap muka.

Di kelas intensif kita bisa belajar sendiri tanpa menunggu kuota. Sedang di kelas reguler akan bisa dimulai jika sudah memenuhi kuota minimum, misal 4 orang.

3. Kelas private

Kelas private bisa menjadi pilihan bagi kalian yang sibuk. Mengikuti kelas private kalian bisa mengatur sendiri waktu untuk pertemuan.

Alasan Memilih Kursus Komputer

Mengikuti kursus komputer memiliki beberapa kelebihan atau keuntungan yang bisa didapatkan peserta, yaitu 
  1. Saat ini lembaga kursus sudah banyak yang memiliki izin dari Dinas Pendidikan.
  2. Siapapun bisa mengikuti kursus komputer. Biasanya diikuti oleh anak-anak lulusan SMA/SMK, Mahasiswa, dan Karyawan.
  3. Waktu kursus lebih cepat daripada kuliah.
  4. Mendapatkan sertifikat pasca kursus yang bisa menjadi bukti kalau kalian memiliki keterampilan yang dibutuhkan.
  5. Saat kursus kalian akan lebih banyak didampingi praktek.
  6. Waktu bisa menyesuaikan sesuai kesiapan kita.
  7. Mendapatkan modul layaknya dalam kuliah di perguruan tinggi.
  8. Satu lagi kelebihan, tentor bisa saja juga berasal dari kalangan profesional yang sudah lama menekuni program keahlian yang diikuti

Kursus Komputer Berapa Lama

Sudah mendapatkan informasi kursus komputer berapa lama untuk kelas intensif? Setelah mengetahui apa yang akan dipelajari, gambaran biaya, dan waktu pelaksanaan, tentu akan memudahkan kalian dalam mengambil keputusan mengikuti kursus.

Selain itu, kalian yang mengikuti kursus komputer juga bisa langsung kerja karena sudah dibekali dasar-dasar pengetahuan dan pengaplikasiannya. Tidak perlu khawatri, saat kalian punya kemauan kalian akan bisa memenuhi apa yang dibutuhkan dunia kerja dan dunia industri.

Related Posts

1 comment

Post a Comment