deeva collection

5 Rekomendasi Kedai Mie di Jember

Konten [Tampil]
Jember salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Timur. Jaraknya dengan ibu kota provinsi juga cukup jauh. Perlu waktu berjam-jam untuk bisa sampai ke Jember.

Jember merupakan sebuah kota yang sejak 2016 dikenal sebagai kota pandhalungan. Meskipun sudah cukup lama, namun masyarakat Jember sendiri belum banyak tahu akan Jember sebagai Kota Pandhalungan.

Mengutip dari laman mojok dtituliskan bahwa Pandhalungan berasal dari salah satu istilah Jawa, yaitu ‘dhalung’, yang berarti ‘periuk besar’. Makna dari Pandhalungan adalah suatu kawasan luas yang di dalamnya menampung banyak kelompok etnik, serta melahirkan kebudayaan baru yang diadopsi dari perkumpulan etnik tersebut.

Pandhalungan merupakan gabungan dari dua budaya yang berbeda, yaitu Jawa dan Madura. Tidak hanya dalam segi bahasa dan logat saja yang membaur, namun kesenian-kesenian dan budaya hidup masyarakatnya pun turut membaur, termasuk kulinernya.

Pandhalungan ini juga melahirkan suatu kekhasan dalam kulinernya juga, yaitu percampuran budaya Jawa dan Madura membuat daerah ini memiliki aneka sajian kuliner yang bisa dinikmati kapan saja.
kuliner jember
Designed by Using Canva
Salah satunya adalah mie. Ada berbagai macam jenis mie yang bisa kita nikmati, misalnya mie pangsit ayam dan mie ayam solo. Kedua jenis mie ini tak pernah sepi dari peminatnya, setiap hari selalu ramai oleh pengunjung.

Ini dia beberapa rekomendasi kedai mie di Jember yang bisa menjadi pilihan untuk menikmati kuliner mie bersama keluarga atau teman.

1. Mie ayam Pak Setu

Mie ini terletak di Jl. Sumatra No.55, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember. Tepatnya ke arah selatan dari bundaran DPRD Kabupaten Jember.

Saat kuliah seringkali menghabiskan waktu sepulang kuliah untuk menikmati mie ayam di kedai ini bersama teman-teman. Rasa mienya begitu nikmat. Apa lagi ketika ditambah dengan topping ceker atau bakso, makin nikmat rasanya.

Selain menyediakan mie ayam, tempat ini juga menyediakan bakso dan minuman yang berbeda dengan tempat lain. Jika di tempat lain hanya menyediakan es teh atau es jeruk, di sini juga terdapat es kacang hijau.

Pun ketika sudah berkeluarga, mie ini masih tetap bertahan dengan menunya mie ayam dan bakso. Saat kembali mencoba beberapa waktu lalu, rasanya masih tetap sama.

Untuk bisa menikmati semangkuk mie ayam, kita hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp.7.000. Warung mie ini buka mulai pukul 08:00 sampai 21:00 WIB. Tempatnya yang luas dan mudah dicari menjadi salah satu pilihan untuk dikunjungi selain rasanya yang nikmat.

2. Mie Ayam Tunggal Rasa

kuliner jember
Mie ayam tunggal rasa
Mie ayam tunggal rasa lokasinya tidak jauh dari Mie Ayam Pak Setu. Meskipun tempatnya tidak begitu luas, namun setiap harinya selalu ramai oleh antrian pengunjung. Bahkan untuk saat ini sudah mengalahkan mie Pak Setu.

Apalagi saat jam makan siang atau sore hari biasanya akan penuh sesak dengan pengunjung yang mengantri untuk menikmati mie ayam. Jadi harus sabar menunggu giliran. Tapi, tidak perlu khawatir karena di sini terdapat beberapa orang yang melayani pembeli yang datang, jadi tidaklah terlalu lama menunggunya.

Seporsi mie ayam di sini dibanderol dengan harga Rp. 7.000 saja. Ya, dengan harga tersebut kita sudah mendapatkan seporsi mie ayam lengkap dengan tambahan sayur sawi, topping ayam kecap dan kerupuk pangsit kecil-kecil. Bisa juga kalau mau menambahkan olahan ceker ayam yang dibumbu kecap sebagai pelengkap tambahan. Rasa kaldu pada kuahnya juga begitu terasa.

Bagi yang ingin mencoba mengunjungi bisa menuju ke Jl. Sumatra No.94, RT.2/RW.33, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kec. Sumbersari, Kabupaten Jember. Sejak pagi, pukul 09:00 warung ini sudah bisa dikunjungi.

3. Mie Ayam Pojok Mangli

Mie ayam ini terletak dari daerah Pasar Mangli, tepatnya di perempatan lampu merah Mangli. Bakso Solo Mangli ini terkenal dengan bakso pojok mangli karena tempatnya yang berada di pojokan perempatan lampu merah.

Kita bisa menikmati semangkuk mie yang disajikan dengan irisan sawi rebus dan topping ayam masak bumbu kecap dengan harga Rp. 8.000.

Saking ramainya pengunjung dan banyaknya peminat, bakso ini membuka beberapa cabang. Cabang terdekat berada di seberang jalan pada sisi lain perempatan. Cabang lainnya berada di kawasan Kecamatan Sumbersari, tepatnya di seberang jalan lapangan sukorejo. Tempat ini bisa dikunjungi mulai pukul 08.00 sampai pukul 22.00 WIB.

4. Mie ayam bakso tok tok

kuliner jember
Pelayan menyakikan mie
Mie ayam tok tok, adalah salah satu kedai mie dan bakso yang sudah cukup lama menghiasi jagat kuliner di Kota Pandhalungan.

Pemiliknya berasal dari Pacitan, namun saat ini sudah menetap di Kabupaten Jember. Tempat ini bisa dikunjungi setiap hari dari pukul 09.00 hingga pukul 21.30 WIB.

Di sini kita bisa menikmati aneka varian menu mie ayam, mulai mie ayam biasa, mie ayam ceker, mie ayam bakso, mie yam bakso ceker, mie ayam bakso jumbo, mie ayam bakso telur, mie ayam bakso super dan ada juga menu bakso.

Harga di sini juga begitu terjangkau. Untuk aneka jenis mie ayam di atas, kita bisa menikmatinya dari harga Rp. 8.000 untuk mie ayam biasa, dan paling tinggi Rp. 17.000 untuk mie ayam bakso super.

Untuk menikmati bakso ini, kita tidak perlu bingung. Tempatnya berada di kawasan jalan Kalimantan tidak jauh dari Toko Stationery Senyum Media. Tempatnya juga cukup luas, sehingga bisa dikunjungi bersama keluarga.

5. Mie Pangsit Mastrip

Saya salut melihat kegigihan penjual mie pangsit ini. Seorang ibu-ibu yang sudah sejak lama membuka usaha ini. Tahun 2002 saya sudah biasa menikmati mie pangsit di tempat ini.

Setelah lebih dari 17 tahun lamanya, saya kembali mencoba untuk menikmati mei pangsit ini. Untuk mengenang masa lalu. Saya memperkirakan harganya akan sama dengan pangsit mie diluaran dikisaran 6 atau 7 ribu rupiah. Namun ternyata saya salah, satu porsi mie di sini bisa dinikmati dengan membayar Rp. 3.500. Murah sekali.

Kita bisa menikmati mie pangsit ini di tempat atau dibungkus. Cukup membayar 3.500 kita sudah mendapatkan seporsi mie pangsit dengan irisan sawi, taburan daging ayam, dan kerupuk pangsit.

Bagi yang penasaran ingin mencicipi rasanya, bisa mengunjunginya di Jalan Mastrip, tepatnya di timur bundaran Mastrip, di sisi selatan jalan. Warung ini bukanya setelah maghrib sampai malam. Ramainya pembeli yang menyerbu, membuat kita harus bersabar mengantri.

Itu dia 5 tempat rekomendasi untuk menikmati mie di Kabupaten Jember yang selalu ramai oleh pengunjung. Jadi, jangan lewatkan untuk mencoba sajian kuliner mie ayam saat berkunjung ke Jember.


Related Posts

4 comments

  1. Ya Allah, mupeng harganya itu lho, dua kali lipat kalau di tempatku Semangku mi pangsit atau mi ayam + minumnya es teh seenggaknya merogoh kocek 25 ribu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini masih bisa menemui banyak makanan murah, Bun. Apalagi ke desa, tambah nikmat, rasa ga kalah

      Delete
  2. Wah ternyata harga-harganya sangat nyaman di kantong, bisa nambah saya kayanya kalau mampir ke jember. Semoga ada rezekinya bisa main ke jember nanti ku hunting rekemondasi kedai mienya

    ReplyDelete

Post a Comment