deeva collection

5 Tips Agar Tidak Salah Memakai Batik

Konten [Tampil]
Bangga memakai batik. Inilah yang bisa kita rasakan saat ini. Berbeda dengan beberapa tahun silam, di mana batik hanya dihunakan pada acara tertentu. Tidak semua usia juga mau memakai batik waktu itu. Seperti saya sampaikan batik beberapa tahun lalu hanya digunakan untuk pergi undangan pernikahan atau acara kedinasan. Saat ini, seiring dengan perkembangan zaman dan telah ditetapkannya sebagai warisan budaya Indonesia dan dunia, batik menjadi disukai banyak kalangan. Baik anak, remaja, maupun dewasa bisa dipastikan memiliki koleksi batik di rumah. Namun ada yang perlu dihindari dalam memakai batik, jangan sampai salah memakai batik.
deeva collection
Designed by Using Canva

A. Sejarah Batik

Sebelum kita membahas tentang hal apa yang perlu dihindari dalam mengenakan batik ada baiknya kita mengulas kembali sejarah dari batik itu sendiri.

Dilansir dari laman wikipedia, disebutkan bahwa batik dikenalkan pada dunia internasional pertama kali oleh Presiden Soeharto, tepatnya saat mengikuti konferensi PBB. Pada 04 September 2008, Menko Kesejahteraan Rakyat mewakili oemerintah dan komunitas batik Indonesia mendaftarkan Batik Indonesia agar mendapatkan status Intangible Cultural Heritage (ICH).

Pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, upaya itu membuahkan hasil. Pengajuan batik sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan Dan Non Bendawi UNESCO, secara resmi diterima pada 9 Januari 2009.

Pada sidang keempat Komite Antar Pemerintah tentang Warisan Budaya Nonbendawi yang diselenggarakan oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, batik secara resmi terdaftar sebagai warisan budaya.

B. Tips Memakai Baju Batik

jangan salah memakai batik
Designed By Using Canva

Di sini saya mau berbagi tips yang disampaikan oleh Kevin Sinarli dalam channel youtube-nya tentang 5 Kesalahan Umum Saat Memakai Batik. Mungkin kita sama-sama bertanya, kenapa bisa memakai batik ada kesalahannya juga? Agar tidak penasaran kita lihat satu persatu apa yang perlu dihindari saat memakai baju batik.

1. Memakai batik kebesaran

Aturan pertama dalam memakai baju adalah memilih ukuran yang tepat. Baik itu kemeja biasa atau kemeja batik harus memilih yang fit badan. Ukuran fit adalah ukuran yang pas atau nyaman ketika dikenakan. Fit bukan berarti press body. Fit di sini berarti kita menggunakan baju yang memiliki ukuran badan, bahu, dan panjang yang pas. Tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil.

Memakai batik yang terlalu besar atau kebesaran akan membuat penggunanya terlihat lebih tua. Selain itu, memakai batik yang kebesaran akan menjadikan kita terlihat ringkih atau rapuh. Boleh dibilang tidak lagi terlihat gagah. Ini terjadi karena saat mengenakan kemeja batik yang ukurannya kebesaran akan membuat badan terlihat lebih kurus.

2. Memasukkan batik ke dalam celana

Ada yang suka atau pernah mengenakan batik dengan gaya ini? Memakai kemaja batik dengan dimasukkan ke dalam celana agar terlihat tampil rapi.

Ada hal yang perlu kita pahami dari balik kemeja batik. Batik seperti telah diketahui bersama, memiliki aneka motif atau corak kainn yang menarik.

Sebagai gambaran, saat membeli baju batik, corak yang ada pada kain batik tetap dapat terlihat utuh pada kemeja yang telah terjahit. Corak yang dimiliki menimbulkan kesan tersendiri sehingga orang tertarik untuk memilikinya.

Inilah alasan mengapa sebaiknya kita menghindari mengenakan batik dengan dimasukkan ke dalam celana. Jika dimasukkan ke dalam celana maka coraknya tidak akan terlihat secara utuh.

Jadi, mulai sekarang yuk kita ganti cara mengenakan batik dari dimasukkan ke dalam celana dengan membiarkannya terurai.

3. Memakai batik dan berdasi

Baju batik berbeda dengan kemeja formal lainnya. Seperti pada poin nomor dua di atas, hindari mengenakan batik dengan dimasukkan ke dalam celana.

Mungkin kita beranggapan dengan batik yang dimasukkan ke dalam celana akan menambah kesan formal. Termasuk ketika menambah asesoris lain seperti mengkombinasikan batik dengan dasi.

Untuk tetap tampil formal dengan batik kita tidak pelu memasukkan baju, apalagi menambah dengan dasi. Mengapa demikian? Karena baju batik sendiri sudah masuk dalam kategori pakaian formal.

Saat memutuskan memasukkan batik dan menambah dasi, sebenarnya kita mengurangi nilai yang ada pada batik itu sendiri, bahkan terkesan kurang bagus atau kurang tepat jika dipadu padankan dengan dasi.

4. Memakai batik dan sneakers

Batik sebagaimana kita ketahui adalah jenis pakaian yang sudah memiliki kesan formal. Saat memadukan batik dengan sneakers akan menjadikan tema perpaduannya terlihat rancu.

Maunya terlihat formal tapi karena sepatunya kasual menjadikan kesan formal pada batik tidak bisa terlihat. Sebaliknya kita ingin terlihat kasual namun kesan itu tidak tercapai, justru kesan formalnya di dapatkan.

Kita bisa tetap memunculkan kesan formal dan tetap terlihat keren saat mengenakan batik dengan menggunakan sepatu formal berwarna gelap.

Bagaimana jika ingin tetap terlihat kasual dengan mengenakan batik? Kita bisa memadukannya dengan celana jeans berwarna gelap baik hitam ataupun biru yang tetap akan ada kesan kasual namun juga formal.

5. Memakai batik lengan panjang dengan lengan dilipat

Ini dia hal kelima yang perlu dihindari saat mengenakan kemeja batik. Saat mengenakan kemeja batik dengan lengan panjang, hindari untuk melipat atau menggulung lengannya. Hal ini karena kemeja batik adalah kemeja formal.

Daripada melipat lengan kemeja batik, akan lebih baik memilih batik yang berlengan pendek. Kalau ingin terlihat stylish dengan lengan yang digulung atau dilipat sebaiknya carilah kemeja yang kasual bukan kemeja batik.

Itu dia lima hal yang harus dihindari saat mengenakan batik dalam keseharian kita. Sebagai salah satu warisan budaya Indonesia untuk dunia, sudah sepantasnya jika kita menggunakan batik dengan benar.

Mengenakan batik dengan benar bisa menjadi salah satu cara menunjukkan rasa bangga karena memiliki batik yang beraneka ragam coraknya. Sekaligus sebagai rasa bangga karena batik ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan Dan Non Bendawi oleh UNESCO.

Mari bersama melindungi dan menjaga kelestarian warisan budaya Indonesia untuk dunia dengan mengenakan batik bersama-sama untuk memperingati Hari Batik Nasional 02 Oktober 2021. Selamat Hari Batik Nasional, pastikan jangan salah dalam memakai batik.

Related Posts

24 comments

  1. Wah seriusan aku baru tahu tips ini pak, selama ini beberapa hal salah kaprah aku kayak pakai batik dengan ukuran lebih besar dari tubuh dan kadang iseng dimasukkan ke dalam bawahan. Ternyata gitu toh, terus kadang masih lihat abang-abang di kondangan pake lengen panjang yang digulung bahahak ternyata ga baik ya, alih-alih biar terkesan keren :D nice sharing Pak Sugi :D

    ReplyDelete
  2. Waduh, aku suka pakai batik dengan jeans & sneakers, hehe

    Karena memang tujuanku biar nggak terlihat formal-formal amat sih, soalnya aku anaknya kasual banget. Jadi kalau terlalu formal kayak ada yang salah. Ya, tapi tergantung sikon juga, acara apa yang didatangi :)

    ReplyDelete
  3. sebenarnya ada gak sih pedoman memakai batik untuk acara2 tertentu.
    misalnya batik dengan corak yang seperti apa yg cocok untuk kondangan, rapat kantor, acara keluarga, dll.
    hehe. penasaran aja gitu

    ReplyDelete
  4. Wkwkwkw... emang ada ya, orang pakai baju batik sama pakai dasi? Ya aneh aja kali, yah!

    Btw, aku termasuk yang menyukai pakaian dengan motif batik apa saja. Bahkan, saya juga punya beberapa koleksi kaos batik. :)

    ReplyDelete
  5. Batik emang gak pernah salaaah. Apalagi jaman sekarang udah fashionable semua modelnya. Gak ada yang malu pakai batik deh buat ke acara formal hihi.

    ReplyDelete
  6. Batik emang gak pernah salaaah. Apalagi jaman sekarang udah fashionable semua modelnya. Gak ada yang malu pakai batik deh buat ke acara formal hihi.

    ReplyDelete
  7. Kadang kalo udah pake batik itu berasa bangga aja dan menambah nilai nasionalisme kita sbg anak bangsa yaa. Tapi emang agak lain sih kalo udah gunakan batik namun memadupadankan dgn pakaian kasual ya kak... Nemu artikel ini jadi makin paham deh yg dihindari ketika pakai batik...

    ReplyDelete
  8. Dulu waktu pertama kalau ngajar, kalau pakai batik serasa pergi kondangan
    Sekarang kalau pergi kondangan pakai batik, serasa ngajar wkwkw

    ReplyDelete
  9. Batik adalah warisan budaya yang tak tergantikan
    Batik bisa dipadu padankan dgn beragam style ya kak
    resmi bisa santai bisa

    ReplyDelete
  10. Batik pakai jeans daku pernah lihat, selagi coraknya nge-pas atau tonenya cocok, bagus sih.
    Cuma kalau pakai sneakers apalagi dasi, sepertinya malah aneh hehe

    ReplyDelete
  11. Hahaha aku pernah pakai batik tema sedih di acara nikahan. Alhasil dapat teguran kenapa pakai itu. Tapi emang pada dasarnya aku kurang paham soal batik, jadi asal pakai aja..

    ReplyDelete
  12. Hehe, baru tahu kalau tidak memandankan batik dengan sneaker. Waduh, soale kalau tiap hari Jumat pakai batik, biasanya aku pakai jeans dan sneaker juga biar nda terlalu formal :)

    ReplyDelete
  13. Padahal saya sering juga pake kemeja batik tapi sepatu sneaker, justru niatnya emang biar jadi tampilan santai dan semi-formal. Soalnya sekarang juga model batik beragam model kekinian.

    ReplyDelete
  14. Wahh, selama ini gak ngeh ternyata ada tata cara dalam memakai batik. Cuma ngeh kalau batik akan aneh jika dipadankan dengan dasi atau di masukan ke celana.

    Senang sekali jika image Batik saat ini tidak lagi untuk acara Kondangan, tetapi sudah bisa diterima dan dijadikan fashion acara-acara formal lainnya. Termasuk ada yang mengkomodifikasi batik sebagai masker dan dompet. Semoga semakin lestari Busana Tradisional Indonesia yang sudha diakui UNESCO ini

    ReplyDelete
  15. Waduhhh, nomor 4 euy sering pake batik tapi bawahnya sendal...
    Sama sesekali suka melipat lengan batiknya ...

    ReplyDelete
  16. Belum nemuin nih pake batik plus dasi, hehhe tpi skrg kayaknya mulai byk ya yg pake batik dgn gaya casual tpi harus lihat2 motif atau corak baiknya dlu kali ya

    ReplyDelete
  17. Suami suka banget pakai batik dan entah gimana, memang tidak pernah melakukan 5 pantangan ini. Makanya saya baru sadar kalau ternyata pakai batik ada pantangannya. Saya kira itu emang kebiasaannya suami aja yg kayak gitu hehehe

    ReplyDelete
  18. Duh pernah euy lihat orang datang kondangan pakai batik dengan dimasukkan ke celana pula. Kayak ada yang aneh aja sih. Betul banget, jadi coraknya si batik jadi keliatan ga utuh.

    ReplyDelete
  19. Seru juga tipsnya.

    Jadi ngebayangin pakai batik dengan dasi... 🤔

    ReplyDelete
  20. Tipsnya ini mungkin untuk kemeja batik laki" saja ya pak? Karena makin kesini model busana batik tambah keren-keren nih..
    Apalagi kalau berhijab motif batiknya jadi ketutupan juga ya :D hehee,,

    ReplyDelete
  21. Saya paling suka pakai baju batik. Kesannya klasik gitu. Cocok untuk pria seusia saya. Poin terakhir sering saya lakukan tuh pak... Demi supaya gak merepotkan saat cuci tangan

    ReplyDelete
  22. Ya allah ngakak so hard membaca poin 2 dan 3 hahaha.. bagaimana bisa kepikiran pakai batik di masukkan dan berdasi hehehe

    Eh, tapi aku pernh menemui ada yg pakai batik dipadupandankan dg shortpant.

    Ehm...dan pakai sepatu gaya anak muda gtu. Entahlah tapi kayaknya apa gaya dia ya. Atau karena rasa PD nya tinggi. Dia nyaman aja. Tapi emang batik itu indentik dg suasana formal atau resmi ya

    Oh ya, ada juga publik figur tapi bukan batik. Melainkan kebaya dikasih jeans pakai sneaker. Hehehe

    ReplyDelete
  23. Ah batik di masa sekarang memang dah gampang di mix match. Happy deh. Warna-warnanyapun variatif,, modelnya juga kece. indonesian pride. Cuma agak masih ngebayangin nih, pingin tengok contoh fotonya hehe

    ReplyDelete
  24. Dulu jaman anak2 masih kecil seneng deh bisa sarimbitan berempat, sekarang udah susah banget buat kembaran pakai batik. tp batik memang nggak ada matinya ya oak gee. makasih tips dan triknya pak.

    ReplyDelete

Post a Comment