deeva collection

8 Tips Memilih Pakaian Anak

10 comments
Konten [Tampil]
Memiliki anak menjadi kebanggaan tersendiri bagi orang tua. Seluruh perhatian dicurahkan untuk bisa membahagiakan anak. Tak hanya itu, orang tua biasanya sangat memperhatikan penampilan anak agar terlihat semakin menarik. Apalagi ibu-ibu tidak segan untuk memborong baju bagi anaknya karena gemas melihat baju-baju yang beraneka. Saat memborong, perlu memilih pakaian yang tepat untuk anak. Tidak hanya karena menarik, tapi juga perlu memperhatikan hal lainnya.
deeva collection
Designed by Using Canve

A. Pakaian Anak

Pakaian anak sering kali membuat para orang tua gemas untuk memilikinya. Padahal pakaian anak di rumah juga masih banyak. Model pakaian anak yang imut, kasual, dan begitu menarik saat dilihat menjadi alasan kenapa orang tua membelinya.

Dalam membeli pakaian anak, tidak cukup dengan hanya melihat model pakaian saja. Misal membeli pakaian karena suka modelnya, padahal warnanya tidak sesuai atau tidak ocok untuk anak. Apakah cukup membeli hanya dengan melihat model saja? Apakah sudah tepat membeli pakaian anak karena suka dengan warnanya atau suka modelnya yang lucu dan imut? Tetu tidak, memilih pakaian anak sama halnya dengan memilih pakaian orang dewasa. Orang tua perlu mempertimbangkan beberapa tips memilih pakaian anak berikut.

B. 8 Tips Memilih Pakaian Anak

Memilih pakaian anak harus betul-betul teliti karena sangat berhubungan dengan kenyamanan anak dalam mengenakannya. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memilih pakaian anak, yaitu

1. Pilih ukuran yang sesuai

tips memilih pakaian anak
Designed by Using Canva

Ukuran menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Ini karena sangat berhubungan dengan kenyamanan anak dalam mengenakan pakaian itu sendiri. Ukuran yang terlalu kecil akan menghambat gerak anak. Aktivitas bermain akan terganggu karena tidak bisa bergerak bebas. Bahkan tak jarang membuat anak tersiksa, merasa gerah, karena tak ada ruang untuk bergerak.

Sebaliknya, ukuran yang terlalu besar juga akan membuat anak tidak nyaman mengenakan pakaian. Anak tidak bisa bergerak lincah. Terganggu dengan pakaian yang terlalu longgar atau bahkan kebesaran.

Untuk mendapatkan ukuran yang tepat sebaiknya orang tua melihat detail ukuran yang tersedia sebelum memutuskan membeli pakaian untuk anak. Perhatikan ukuran lingkar badan, panjang lengan, panjang celana atau panjang baju.

Jadi hindari membelikan anak pakaian yang ketat, sebaliknya carikanlah anak pakaian yang agak longgar namun tidak kedodoran.

2. Perhatikan bahan yang digunakan

Kulit anak biasanya lebih sensitif dibandingkan kulit orang dewasa. Tidak selalu cocok dengan bahan-bahan pakaian tertentu. Akibat salah memilih bahan pakaian anak bisa mengalami alergi. Untuk itu, pilihlah pakaian dengan bahan yang lembut, seperti pakaian berbahan kain katun. Bahan yang kasar membuat anak merasa gerah, tidak nyaman, dan terasa panas atau bahkan lecet karena gesekan terus menerus dengan permukaan kain yang kasar.

3. Pilih model yang sesuai kebutuhan

Pilih model pakaian anak yang sederhana agar anak merasa nyaman menggunakannya. Sebaiknya orang tua juga lebih banyak membeli model pakaian untuk di rumah. Mengapa? Karena aktivitas anak di rumah sangat banyak. Anak yang aktif, suka main kotor, main air atau tanah, sehingga harus sering-sering berganti pakaian.

Dalam memilih pakaian anak, orang tua juga perlu mempertimbangkan kebutuhan anak akan pakaian itu, seperti membeli pakaian untuk acara formal, pakaian olahraga, pakaian untuk bermain, beribadah, dan pakaian untuk tidur.

Jangan sampai sudah membeli begitu banyak pakaian, ternyata pakaian itu hanya cocok digunakan untuk olahraga saja. Sehingga saat membutuhkan pakaian untuk acara resmi harus bingung, dan menambah pengeluaran isi dompet yang seharusnya bisa digunakan untuk pemenuhan kebutuhan keluarga lainnya.

Masih berhubungan dengan model, saat membeli pakaian sebaiknya memilih pakaian dan perpaduannya. Misal sudah membelikan anak atasan berupa kaos, maka perlu ditambahkan dengan bawahan yang sesuai. Artinya antara atasan dan bawahan bisa dipadu padankan dengan tepat. Seperti menggunakan kemeja lengan panjang dan celana panjang, ditambah paduan aksesoris lain.

4. Motif dan warna yang sesuai

Baju anak selain memiliki model yang menarik, biasanya memiliki motif yang beraneka ragam pilihannya. Anak-anak biasanya sangat suka dengan pakaian yang memiliki gambar karakter kartun kesayangan. Namun tetap perlu diperhatikan jenis gambar kartunnya, haruslah gambar yang yang mendidik, atau memiliki kata-kata yang positif.

Jika pakaian yang dipilih berisi gambar kartun yang menarik, namun ada kata yang kurang bagus, maka sebaiknya mencarikan karakter yang lain. Mengapa? Karena kata-kata adalah doa.

5. Berkaitan dengan memilih warna cerah untuk anak-anak

Saat masih anak-anak, hampir semua warna bisa dikenakan. Tidak terlalu berpengaruh terhadap penampilan anak. Akan tetapi sebagai orang tua juga bisa mengarahkan anak untuk memilih warna yang tepat. 

Memilih pakaian dengan warna cerah untuk anak bisa menjadi salah satu kriteria dalam memilih pakaian. Pilihan warna cerah bagi anak laki-laki dan anak perempuan pastinya berbeda. Untuk anak laki-laki bisa memilih warna biru, atau putih. Sedangkan untuk anak perempuan bisa memilih warna pink, putih, atau kuning soft. Namun demikian pilihan warna di atas tidaklah paten, orang tua juga bisa memilih warna lain, seperti warna kesukaan anak-anak.

6. Cari pakaian yang tidak ribet

Pakaian yang tidak ribet di sini adalah pakaian yang mudah untuk dikenakan dan dilepaskan. Ketika orang tua memilih pakaian jenis ini, maka akan memudahkan anak dalam belajar melepas pakaian secara mandiri. Kita bisa memilihkan anak-anak baju berkancing, kaos model V neck atau O neck karena anak bisa mengenakan dan melepasnya dengan mudah.

7. Pertimbangkan Faktor Cuaca

Selain mempertimbangkan model dan bahan, dalam memilih pakaian anak, orang tua juga perlu memperhatikan faktor cuaca. Untuk itu, orang tua perlu memilih jenis pakaian yang tepat bagi anak.

Sebagai contoh orangtua bisa memilihkan anak pakaian tipis untuk digunakan saat cuaca panas. Memilih pakaian berbahan tebal seperti sweater untuk dikenakan saat cuaca dingin.

8. Harga yang sesuai

Tips yang kedelapan sangat berhubungan dengan harga yang sesuai dengan keadaan kita. Orang tua hanya perlu lebih teliti dalam melakukan transaksi secara online. Memilih pakaian dengan harga murah atau mahal tergantung pada masing-masing personal. Setiap orang memiliki pilihannya sendiri.

Mengajak anak ke toko untuk memilih pakaian akan memberikan pengalaman tersendiri bagi anak, dan tentunya akan menguatkan bounding antara orang tua dan anak. Mengajak anak ke toko juga bertujuan untuk memudahkan orang tua mendapatkan pakaian dengan ukuran yang tepat.

Demikian delapan tips yang bisa kita jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika memilih dan membelikan pakaian untuk anak. Sesekali kita bisa mengajak anak untuk ikut pergi ke toko pakaian dan meminta anak ikut membantu memilih produk yang akan di beli. Semoga 8 Tips memilih pakaian ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

Related Posts

10 comments

  1. Lah selama ini kalau milih pakaian anak selalu ukuran lebih besar satu atau dua keatas. Karena anak-anak masih dalam masa pertumbuhan jadi cepat besar dan bajunya cepat kekecilan. Padahal masih bagus. Ini tips dari bunda super irit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh nih bun, asal yang makai nyaman it's okay sih.

      Delete
  2. Makasih sharingnya emang bener banget tips diatas dalam memilih baju buat anak

    ReplyDelete
  3. Anakku banget ni sekarang udah bisa pilih pakaian untuk dia mau yg warna apa. Kalo urusan bahan memang harus yg nyaman dan nyerap keringat ya untuk anak yg aktif

    ReplyDelete
  4. Terima kasih tipsnya. Untuk pemilihan baju anak-anak saya sekarang sudah tidak mau saya pilihkan, maunya milih sendiri. Kadang habis mandi pagi keukeuh pengen pakai baju tidur 😅

    ReplyDelete
  5. pas banget besok mau belikan baju buat keponakan aku kak, tipsnya pastinya bermanfaat banget niy buat aku, karena maklum belum jadi momi jadi kadang kalau beli pakai suka asal aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yey, selamat mb, eh, apaan. Pokok selamat semoga segera punya sendiri.

      Delete

Post a Comment