deeva collection

Singgah di Desa Wisata Sidomulyo Batu

8 comments
Konten [Tampil]
Beberapa bulan lalu saya berkunjung ke tempat Wisata Bunga di Desa Sidomulyo, Batu, Jawa Timur. Berwisata saat pandemi pertama kali yang saya lakukan. Berbeda dengan saat-saat sebelum adanya Covid-19. Saat pandemi kita betul-betul harus menjalan protokol kesehatan.

Menjaga jarak dengan pengunjung lain, hindari berkerumun dengan pengunjung lain, tetap menggunakan masker dan membawa handsanitizer. Luapkan kebahagiaan dan rasa senang dengan sewjarnya, jangan sampai membuka masker apalagi berteriak saking senangnya.

Oh iya, teman-teman sudah tahu Kota Batu kan. Apa masih ada yang belum tahu Kota Batu yang ada di Provinsi Jawa Timur? Pastinya semua sudah tahu atau bahkan sudah berulang kali berkunjung ke sana.

Apalagi yang suka Travelling pastinya Batu sudah ada dalam kamus Travelling mereka. Menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik banyak wisatawan.

Sebelum menuju destinasi wisata bunga di Desa Sidomulyo, ada baiknya akalu mengenal Kota Batu lebih dekat.

singgah di desa bunga sidomulyo
Deretan tanaman hias

1. Sekilas Kota Batu

Kota Batu adalah sebuah kota baru yang ada di Jawa Timur. Berada pada ketinggian 700-1500 meter di atas permukaan laut. Awalnya Kota Batu merupakan bagian dari Kabupaten Malang. Pada tahun 1963 Kota Batu ditetapkan sebagai Kota Administratif, tepatnya pada 6 Maret 1993. Kemudian Kota Batu berubah menjadi Kota Otonom pada 17 Oktober 2001. Pada saat itu pulalah, kemudian Kota Batu terpisah dari Kabupaten Malang.

Jadi tidak heran jika hingga saat ini, walaupun sudah 20 tahun menjadi kota otonom masih banyak dikenal sebagai Malang oleh masyarakat. Khususnya masyarakat dari luar Batu maupun Malang.

2. Akses Kota Batu

Untuk menuju Kota Batu akses yang tersedia sangat memadai. Kita bisa berkunjung ke Batu untuk mengunjungi berbagai destinasi yang ada.

Bagi yang tidak membawa kendaraan pribadi kita bisa menggunakan mode transportasi umum seperti kereta api dan bis. Kemudian bisa menggunakan transportasi online yang ada untuk menuju tempat-tempat destinasi wisata yang diinginkan.

Kota Batu menyimpan keindahan alam. Konon Kota Batu tepatnya di daerah Songgoriti merupakan tempat peristirahatan raja. Kota batu sebagai kota wisata memiliki banyak destinasi wisata baik objek wisata alam atau buatan.

Objek wisata yang ada selalu ramai oleh pengunjung, apalagi ketika akhir pekan, jalanan akan macet oleh banyaknya kendaraan pribadi pengunjung.

3. Objek Wisata Kota Batu

Seperti saya sampaikan di atas, kota ini memiliki banyak destinasi wisata di antaranya:

a. Museum Angkut

Salah satu pilihan destinasi wisata yang pasti dikunjungi wisatawan adalah museum angkut dengan berbagai koleksi transportasi sesuai dengan namanya. Di sini kalian bisa mengabadikan momen-momen indah dengan adanya suasana kota kuno. Tiket masuk ke museum angkut adalah Rp. 100.000,-

b. Jatim Park 1

Jatim Park 1 merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak hanya utnuk tujuan rekreasi dan menghilangkan penat. Destinasi ini juga sangat cocok digunakan untuk wisata edukasi bagi anak-anak.

Bagi yang suka tantangan di sini juga terdapat wahana yang menguji adrenalin kita.

Untuk tiket sendiri adalah Rp. 85.000 pada hari biasa dan Rp. 100.000, di akhir pekan.

c. Jatim Park 2

Jatim Park 2 sebagai salah satu destinasi wisata memiliki tiga zone yaitu Batu Secret Zoo, Museum Satwa, dan ECO Green. Wahana yang ditawarkan juga sangat beragam. Tiket masuk tidak jauh berbeda yaitu Rp. 84.000 di hari biasa dan Rp.120.000, saat akhir pekan.

d. Jatim Park 3

Di sini pengunjung bisa memilih zone yang mau dikunjungi. Secara umum ada tiga zona yaitu museum patung lilin, museum musik dan taman dinosaurus.

Buat yang suka keliling dunia bisa memilih museum patung lilin. Kita akan dimanjakan dengan view yang Instagramable. Bisa keliling seluruh dunia, berswa foto dengan patung lilin tokoh-tokoh yang sangat mendekati aslinya.

Untuk ke sini sebaiknya berangkat pagi agar dapat lebih lama menikmati wahana yang ada. Untuk tiket bervariasi pada masing-masing zona.

Bagaimana menarik bukan? Masih banyak lagi destinasi wisata yang dimiliki Kota Batu baik buatan atau alami.

Satu lagi destinasi yang tidak boleh di lewatkan yaitu berkunjung ke Desa wisata Bunga, Desa Sidomulyo.

4. Desa Wisata Bunga Desa Sidomulyo

Sudah puas dengan mengunjungi objek wisata yang ada di Batu? Tentu belum ya, karena masih ada destinasi yang tak boleh dilewatkan. Destinasi wisata yang terletak di Desa Sidomulyo.

singgah di desa bunga sidomulyo
Area belakang kios barokah

Akses menuju lokasi tidaklah sulit. Bagi yang bingung arahnya tetap bisa menggunakan bantuan google map ya.

Jika belum pernah berkunjung, maka saya rekomendasikan untuk mengunjunginya. Kita bisa melihat indahnya pemandangan alam yang berhiaskan aneka jenis bunga.

Desa Sidomulyo menyimpan keindahan yang berbeda dari destinasi lainnya. Kita bisa menikmati hamparan bunga.

Saat memasuki Desa Sidomulyo kita akan disambut dengan gapura selamat datang.

Bunga-bunga di tanam di kebun-kebun, dan dan pekarangan rumah warga. Di sepanjang jalan, mata kita akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan.

Sepanjang jalan kios-kios bunga menghiasi. Sejauh mata memandang, makan anek koleksi bunga akan menyambut dan menyapa kita.

Tak hanya bisa menikmati, kalian juga bisa mengunjungi Pasar Bunga Sekar Mulyo utnuk membeli souvenir bunga dengan harga yang sangat terjangkau.


Selain Pasar Bunga Sekar Mulyo kita juga bisa menambah koleksi bunga di rumah dengan mengunjungi kios-kios bunga yang ada di pinggir jalan. Mulai dari yang sederhana hingga yang sudah dikelola dengan greenhouse bisa kita kunjungi.

Saya mengunjungi salah satu kios bunga yang ada di desa ini. Kios Bunga Barokah. Sekolah kios ini terlihat biasa dari luar. Tidak terlihat luas.

singgah di desa bunga sidomulyo
Bagian dalam kios bunga barokah

Hanya tampak sepeti rumah, dengan koleksi anggrek di depan kios. Kiosnya sendiri menjual aneka kebutuhan tanaman seperti pot, benih, dan bibit anggrek.

Saya pun masuk melihat-lihat bunga yang ada di halaman depan kios. Kemudian terus melangkah ke belakang. Terlihat beberapa perkerja sedang melakukan pemindahan tanaman dari polibag ke dalam pot.

Ada yang sedang memindah tanaman dari indukan ke polibag. Semua ornag terlihat sibuk dengan tugasnya masing-masing.

Di dalam sangat senang melihat anek koleksi tanaman seperti kaktus dengan aneka warna bunga yang menarik.

Bunga-bunga tertata rapi di atas rak, tempat yang bersih dan luas menjadikan betah untuk berlama-lama di sini.

Di belakang kita bisa melihat lahan yang begitu luas dengan aneka tanaman perdu berwana hijau. Kita bisa duduk sejenak di gazebo. Berswa foto dengan latar pegunungan yang indah.

Desa Sidomulyo sendiri baru dirilis sebagai desa wisata pada Oktober 2020. Desa Sidomulyo ini ternyata juga memiliki objek wisata lain untuk mendukung wisata bunga yang ada. 

Kita bisa menikmati wisata edukasi batik, edukasi tanaman hias, kuliner, dan petik apel di desa ini. Selain sebagai tempat wisata, ternyata tanaman hias di sini menjadi komoditas yang banyak dikirim untuk memenuhi kebutuhan daerah lain di Indonesia. 

Penasaran untuk mengunjunginya atau ingin memborong aneka bunga untuk menambah koleksi dan memperindah taman di rumah? Kita bisa juga mengunjungi laman resmi Desa Wisata Sidomulyo jika belum sempay ke sana. Jangan lewatkan untuk mengunjungi Desa Wisata Bunga, Desa Sidomulyo, Kota Batu.









Related Posts

8 comments

  1. apalah daya 4 tahun di malang tapi belum bisa banyak tahu wisata indahnya wisata-wisata yang begitu buat mata berbinar-binar. :)

    ReplyDelete
  2. Kota Batu memang tempat rekreasi paling asyik. Ada berbagai rekomendasi tempat wisata yang harus dikunjungi. Dari pemandangannya hingga kulinernya. Meskipun sudah 8 tahun di Malang, belum banyak tempat wisata yg dikunjungi.

    Waah, seeprtinya perlu diagendakan buat jalan-jalan keliling Batu nih...

    ReplyDelete
  3. Tulisanmu mengundang rindu. Terakhir ke Malang tahun 2017 , wow sudah lama banget. Rencana di 2020 yang tertunda hingga kini.

    ReplyDelete
  4. kalau ke batu selalu ke sidomulyo dan sekarmulyo buat cuci mata. Seger liat bunga2 disana

    ReplyDelete
  5. Keren sekali, jadi pengen kesana.. semoga pandemi segera ilang....

    ReplyDelete
  6. Padahal aku tinggal di Malang, tapi nggak tahu tempat ini masa huhu. Semoga suatu saat bisa mampir ke Sidomulyo. Makasih tulisannya, Kak, sukses selalu.

    ReplyDelete
  7. Woaaa berkunjung ke Kota Batu adalah agenda yang ter cancel berkali-kali, pandemi nggak selesai-selesai ni bikin susah mau kemana-mana :/

    ReplyDelete
  8. pasar bunganya menarik, sayang banget sewaktu kesana belum tahu info ini. walau gak bisa beli karena bawanya jauh ke Medan, tapi kan lumayan untuk cuci mata sama yang cantik-cantik dan segar

    ReplyDelete

Post a Comment