deeva collection

Sarapan Murah dan Bergizi di Jember

Konten [Tampil]
Sarapan murah dan bergizi menjadi salah satu kata kunci saat kita mencari sarapan. Tidak hanya berlaku pada anak kos, atau para pekerja yang tidak sempat untuk memasak, tapi semua orang mencarinya.

Di Jember saya bisa menikmati sarapan enak, murah dan bergizi dengan harga yang terjangkau. Berbagai menu pilihan ada seperti nasi pecel, lontong pecel, nasi bakar, nasi campur, nasi kuning, dan ketan. Masih banyak lagi aneka kuliner dengan harga ramah yang bisa didapatkan.

Ada beberapa tempat di Jember, utamanya di daerah kampus Universitas Jember yang bisa dijadikan rekomendasi untuk mendapatkan sarapan murah dan bergizi.

1. Lontong Pecel

sarapn murah dan bergizi di jember
Lontong pecel

Lontong pecel ini adalah salah satu menu pecel selain nasi yang saya sukai. Irisan lontong, ditambah aneka sayuran seperti toge (cambah), kecipir, kubis, dan potongan kacang panjang di siram dengan bumbu pecel.

Bumbu pecel sendiri terbuat dari aneka bahan seperti kacang goreng, cabe merah, dan daun jeruk yang kemudian dihaluskan hingga menjadi seperti adonan. Jadilah adonan bumbu pecel yang maknyus.

Untuk menyirami lontong pecel kita cukup menambahkan air hangat untuk mengencerkan bumbu yang ada. Barulah kemudian disiramkan.

Bagi orang Jember maupun mahasiswa yang pernah atau sedang kuliah di Jember pasti tahu lontong pecel ini. Lontong pecel Bu To. Oh ya, kalian tidak akan pernah menemukan banner bertuliskan pecel Bu To karena kiosnya hanya satu meja. Jualnya pun di pinggir jalan raya di kawasan Jalan Karimata, tepatnya 100 meter selatan Radio Prosalina.

Pecel ini selalu ramai oleh pembeli yang rela antri. Bukanya setiap hari mulai pukul 06:00 sampai 10:00 WIB. Selain lontong pecel juga ada pilihan menu lain yang bisa dicicipi di sini, ada lupis dan ketan.

Lupis sendiri terbuat dari ketan yang dibungkus daun dibentuk segitiga lalu ditaburi parutan kelapa dan disirami gula aren.

Untuk ketan kita bisa menikmatinya dengan tambahan kelapa, dan bubuk kedelai. Kalau saya selalu minta disiram gula aren. Rasanya mantab.

Tidak hanya ramai di hari biasa, menjelang Idul Fitri biasanya Bu To ini akan mendapatkan banyak pesanan lontong dari para pelanggannya. Maklum sejak saya kecil ibu ini memang sudah berjualan. Jadi hingga saat ini sudah lebih dari 25 tahun dengan makanna khas yang mempertahankan bungkus dengan daun untuk bagian dalam, dan bagian luar dibungkus kertas.

Untuk menikmati setiap menu di sini kita tidak perlu bingung. Tidak perlu lihat rekening dulu. Kita bisa membelinya sesuai yang kita mau. Cukup dengan Rp. 5.000 kita sudah bisa menikmati setiap menu yang ada.


2. Nasi Bakar

sarapan murah jember
Nasi Bakar Murah

Salah satu menu favorit saya sebagai variasi menu sarapan agar tidak bosan adalah nasi bakar. Belinya di tempat khusus di kios yang menjual aneka jajanan tradisional. Buka setiap pagi mulai jam 5:00 sampai pukul 07:00 WIB.

Nasi bakar yang terbungkus daun memiliki aroma yang sungguh menggoda selera. Saat kita buka lapisan daun pembungkus, aroma makanan membuat kita tidak sabar untuk menikmatinya.

Dalam kuliner seharga Rp. 5.000,- rupiah ini kita sudah bisa menikmati sarapan murah dan bergizi. Di dalam nasi bakar terdapat tambahan lauk dan sayur. Irisan daging ayam, ditambah butiran jagung, irisan wortel, dan daun kemangi menjadikan nasi bakar terasa begitu nikmat.

Tertarik untuk mencoba lezatnya nasi bakar dan aneka temannya? Kita bisa membeli di kios jajanan pasar yang ada di sekitaran Universitas Muhammadiyah Jember. Orang-orang mengenalnya di kawasan Semeru. Kalau kehabisan kita bisa mencari di kios jajan lainnya yang berada tepat di kiri jalan di kawasan lampu merah perhutani. Jika masih belum dapat, cobalah mendatangi dua kios lain yang ada di daerah Jalan Sriwijaya tepatnya di sebelum dan sesudah lampu merah PM.

3. Nasi Lapindo

sarapan murah dan bergizi di jember
Nasi Lapindo


Pertama kali tahu menu ini saya bertanya-tanya. Ini menu nasi seperti apa. Apakah asalnya dari daerah semburan Lapindo di Sidoarjo. Rasa penasaran kemudian membuat saya tergoda untuk mencobanya.

Setelah membeli, saat membuka bungkusan nasi Lapindo ini saya begitu senang. Menunya boleh dibilang lengkap. Dalam sebungkus nasi Lapindo terdapat daging sapi, tahu bumbu merah, tempe kecap potong kecil-kecil, mie dan sambal yang di letakkan di atas daun menutupi nasi.

Bagi saya ini menu sarapan murah dan bergizi yang bisa menjadi piliha. Harganya pun sangat terjangkau. Kita bisa menikmatinya hanya dengan Rp. 6.000,-. Bagaimana murah bukan?

Oh iya, untuk mencoba menu ini kalian bisa membelinya di kios-kios jajanan pasar yang ada sudha saya sebutkan di ulasan nasi bakar.

4. Nasi Pecel Dua Rasa

sarapan murah dan bergizi di jember
Nasi pecel dua rasa tanpa lauk


Nasi pecel dua rasa bisa kita dapatkan di kawasan Jalan Riau tepatnya kurang lebih 100 meter ke arah utara Radio Prosalina.

Setiap pagi selalu ramai oleh pengunjung yang antri. Di sini kita bisa memilih makan di tempat atau di bungkus. Kalau saya lebih suka di bungkus. Menikmati sarapan murah dan bergizi bersama keluarga.

Kita bisa memilih mau pecel yang pedas atau yang tidak pedas. Untuk pecel tanpa lauk kita bisa membelinya dengan hanya 7 ribu rupiah. Nasi pecel yang terdiri dari nasi, aneka sayuran yang disiram bumbu pecel, ditambah sayur lodeh, dan rempeyek udang ebi. Kalau mau ditambah lauk kita bisa memilih sendiri. Tentu harganyapun akan berbeda, tergantung jenis lauknya.

Tempat ini buka sejak pagi karena memang memiliki pengunjung yang banyak di pagi hari.

5. Bubur Pasundan

sarapan murah dan bergizi di jember


Buat orang Jawa barat yang ada di Jember pasti bangga bisa mendapati makanan ini di Jember. Di jual oleh orang dengan bahasa Sunda. Sudah lama membuka warung bubur Pasundan di Jember, utamanya di kawasan Jalan Jawa.

Setiap harinya warung ini buka selama 24 jam. Tempat ini sudah menjadi favorit. Tempatnya sederhana namun karena rasanya membuat orang sennag nongkrong di sini. Mulai dari tua, muda, driver ojol ataupun grab biasa nongkrong di sini. Menikmati kopi sambil menunggu orderan masuk.

Tempat ini memang dikenal dengan bubur ayamnya. Saya sangat senang dengan tekstur buburnya yang lembut, tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Apalagi disantap selagi hangat bersama toping pendampingnya. Ada kacang kedelai, suwir ayam, dan kerupuk. Kuah dengan rempah yang begitu kuat membuat bubur ayam terasa semakin lezat. Dinikmati selagi hangat akan sangat tepat.

Warung bubur Pasundan ini berada di kawasan Jalan Jawa tempatnya di depan kantor Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Jember. Tidak jauh dari Radio Prosalina. Selain menjual bubur ayam, disini juga terdapat anek menu lainnya seperti bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, mie goreng, dll.

Seporsi bubur ayam spesial dibanderol dengan harga Rp. 9.000,-. Kalau melihat di daftar menu ini adalah harga menu tertinggi di warung ini. Bagaimana, tertarik untuk mencoba menikmati aneka menu sarapan murah dan bergizi di Jember? Kalian bisa mencobanya saat sedang mengunjungi Kabupaten Jember.

Sarapan murah dan bergizi juga akan banyak kita temui kalau jalan-jalan di daerah pedesaan. Jember juga memiliki aneka kuliner lain yang bisa memanjakan lidah setiap pengunjung dengan harga yang terjangkau. Kalau ke Jember kalian wajib mencari sarapan murah dan bergizi ini. Lumayan kan untuk menghemat anggaran saat travelling.

Related Posts

5 comments

  1. Harganya murah pisan ....
    Ternyata ada bubur pasundan juga ...
    Mudah mudahan suatu saat bisa ke Jember

    ReplyDelete
  2. Wah kalau di Pekalongan khas nya sarapan nasi megono pak.wkwk

    ReplyDelete
  3. Ya Allah sebagai pecinta nasi bakar aku kok ngiler yaa, apalagi tampilan fotonya emang menggugah selera.. Muraah lagi. Ya Allah.

    ReplyDelete
  4. Akk pengen semua Pak, jadi ngiler saya pengen cari buryam juga ahh :D

    ReplyDelete
  5. Lontong pecel. Salah satu makanan favorit saya😍 duh, jadi ngiler, sewaktu melihat gambarnya

    ReplyDelete

Post a Comment