deeva collection

Belajar Bersama Komunitas ODOP

4 comments
Konten [Tampil]
Malam itu semua lagi ramai memperbincangkan open recruitment ODOP 9. Semua bermula dari flyer yang dibagikan salah seorang teman di grup WA. Melihat obrolan mereka saya jadi tertarik untuk belajar bersama Komunitas ODOP.

Kami sedang asik mengobrol di grup WhatsApp. Maklum sebagian besar yang ada di group ini adalah emak-emak produktif. Suka sekali sih ketika mereka mengobrol, suka benar dan selalu nyambung satu sama lain.

Mulailah jadinya fokus pada obrolan tentang ODOP ini. Saya hanya tahunya One Day One Post adalah kita melakukan post satu tulisan setiap hari seperti judulnya.

kesempatan belajar bersama komunitas odop

Semakin malam obrolan semakin asik. Kompor-kompor mulai menyala dan semakin panas. Terasa membakar semangat untuk bisa ikut.

Keinginan untuk mengikuti open recruitment ini sudah menggebu, tetapi saya tidak langsung mendaftar. Masih berpikir bisa apa tidak membangun ritme menulis setiap hari dengan segala kesibukan.

Dalam hati saya bermonolog, “Kalau sekedar ikut pasti bisa, tapi esensinya bukan di sana. Poin utamanya adalah bagaimana bisa konsisten dalam menulis sesuai waktu yang sudah ditentukan."

Beberapa waktu kemudian grup kembali ramai, “Siapa yang udah daftar ODOP9?”

Berbagai respon bermunculan, ada yang menjawab tidak ikut, ada yang mengutarakan belum bisa ikut karena masih dalam event lain. Pokoknya jawaban yang keluar bervariasi.

A. Open Recruitment ODOP 9

kesempatan belajar bersama komunitas odop

Saya semakin penasaran dengan ODOP. Rasa penasaran membuat saya berkunjung ke media sosial komunitas ODOP (One Day One Post). Kembali membaca tulisan yang tertera pada flyer.

Pertama saya membaca waktu pendaftaran untuk memastikan saja sih. Tertulis dalam flyer, waktu pendaftaran 17-24 Agustus 2021. Untuk pengumumannya adalah pada 29 Agustus 2021.

"Masih ada waktu untuk melakukan registrasi," pikirku. Saya kembali mengarahkan netra pada flyer yang ada di post feed Instagram @komunitas.odop.

Pada sisi kanan flyer terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mengikuti seleksi event one day one post. Persyaratannya sangat mudah yaitu:
  1. Follow akun instagram @komunitas.odop dan fanspage One Day One Post.
  2. Repost postingan oprec ODOP Batch 9 ke feed/story dan mention media sosial One Day One Post.
  3. Menulis di blog/akun media sosial masing-maisng dengan tema: MERDEKA DI TENGAH PANDEMI dengan memberi tagar #OprecODOP9 #KomunitasODOP #OneDayOnePost #MerdekadiTengahPandemi.
  4. Bersedia menulis selama 40 hari berturut-turut di blog pribadi jika lolos seleksi.
  5. Tulisan dikumpulkan paling lambat tanggal 24 Agustus 2021 pukul 23:59 WIB melalui pranala pendaftaran.

B. Mendaftarkan diri mengikut ODOP 9.

Melihat masih ada waktu, saya mengakses pranala pendaftaran. Setelah terbuka mulai mengisi satu persatu data yang dibutuhkan. Kemudian mengumpulkan formulir pendaftaran yang disediakan.

Hati terasa tenang saat sudah melakukan pendaftaran. Beberapa waktu kemudian saya baru ingat kalau link tulisan yang saya kirimkan salah.

Mau mengisi lagi khawatir terjadi duplikat dan tentunya akan membingungkan panitia. Lebih tepatnya menambah pekerjaan panitia. Akhirnya saya biarkan berjalan dengan natural. Saya pun pasrah dengan apapun hasilnya.

Jika memang tidak lolos saya akan mencoba lagi di waktu akan datang. Kalau lolos, Alhamdulillah.

Notifikasi di grup Whatsapp yang selalu ramai membuat saya tertarik untuk membukanya. Ternyata sudah ramai dengan berbagai obrolan, salah satunya menanyakan, “Siapa yang ikutan odop 9 nih?”

Saya menjawab dan memberikan penjelasan kepadanya. Dia tetap memberikan semangat. Senang dan bangga bisa berteman dengan mereka di grup belajar bersama blogspedia. Selalu ada aura positif yang muncul. Orang-orangnya pun orang-orang yang kreatif, dan easy going.

Semangat dari mereka saya yakini sebagai sebuah doa. Semoga benar-benar bisa lolos dalam Open Recruitment ODOP 9 ini. Pasrah namun tetap berharap agar bisa ikut.

C. Kabar Gembira Lolos Seleksi

kesmepatan belajar bersama komunitas odop

Malam itu, tepatnya 26 Agustus 2021 saya mendapatkan pesan WhatsApp dari salah seorang admin pendaftaran. "Ini saya ***** dari panitia oprec ODOP batch 9, tadi saya cek persyaratan tulisan di blognya Kang Ugi. Tapi kok disitu ga ada tagar ODOPnya ya kak? 
Atau mungkin sayanya aja yg kurang teliti." tulisnya.

Saya yang saat itu sedang di luar rumah, dan sedang ada kegiatan langsung membalas pesan itu. Menyampaikan untuk mengecek kembali, karena kesalahan upload saat pendaftaran.

Empat jam kemudian saya di rumah. Setelah menutup pagar dan pintu rumah, langsung menuju kamar. Mengambil tas berisi laptop. Membukanya di ruang yang biasa saya gunakan untuk aktivitas menulis.

Laptop sudah terbuka, tombol power sudah ditekan. Proses loading pun mulai berlangsung. Laptop yang sudah cukup berusia dan data yang begitu banyak membuat performa-nya tak seperti waktu mudanya (baru.red) dulu.

Proses loading start up yang begitu lambat membuat saya haru bersabar. Sambil menunggu proses start up sempurna, saya melangkah ke belakang untuk mengambil minuman.

Setelah kembali saya langsung membuka peramban google chrome. Seperti biasa, menunggu beberapa saat hingga program berjalan.

Tanpa basa-basi segera menuju ke blogger.com dan membuka akun untuk mengelola. Masuk ke dashboard dan membuka beranda post. Terang saja, post itu ternyata masih ada di dalam draft.

Segera saya buka draft yang ada untuk dipublikasi. Namun, sebelum mempublikasi, terlebih dahulu saya mengecek isinya satu-persatu dari awal hingga akhir tulisan.Dirasa sudah cukup, sayapun memilih opsi untuk mempublikasikan tulisan.

Tulisan sudah terpublikasi, segera saya salin link url tulisan berjudul Berjuang Melawan Pandemi. Menempelnya pada pesan singkat, dan mengirimkan link itu sembari berterima kasih.

Tanggal 29 Agustus 2021, saya kaget melihat ada group baru ODOP. Awalnya saya mengira ini adalah grup ODOP pada Kelas Blogspedia, karena memang sedang ada ODOP untuk tugas selama satu minggu.

Setelah melihat kembali grup dengan seksama, saya baru sadar ternyata ini Group ODOP 9.
Pada grup terdapat sapaan dari admin, “Assalamualaikum wr.wb... Selamat malam teman-teman yang berhasil melengkapi syarat pendaftaran Rekrutmen ODOP Batch 9”

Aku bersyukur ternyata lolos seleksi dan bisa mengikuti event keren yang diselenggarakan Komunitas ODOP. Terima kasih panitia dan admin #OneDayOnePost yang sudi memberikan saya kesempatan bergabung dalam event ini. Semoga tidak hanya lolos seleksi, tapi bisa lolos sampai akhir sesi.

Related Posts

4 comments

  1. Semangat mas, teman pertama di odop😊. Makasihy bantuanya

    ReplyDelete
  2. dan gak nyesel kaaan daftar di tantangan ini hehe. saya juga punya pengalaman dan perasaan yang sama pada ODOP dan segala aktivitasnya. saya kenal ODOP dari teman dan ikut tantangan menulis 30 hari selama puasa kmrn dan jadi keterusan suka sama ODOP

    ReplyDelete
  3. Semangat, kak. Semoga kita semua lulus bareng sampai akhir, ya

    ReplyDelete

Post a Comment