Wajib Tahu, 8 Peraturan Sepak Bola

Konten [Tampil]
Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang. Tidak hanya di Indonesia, olah raga ini sudah sangat populer di berbagai kalangan di seluruh belahan dunia. Bahkan, setiap benua sudah memiliki wadah tersendiri untuk memfasilitasi pertandingan sepak bola antar club antar negara dalam satu benua, antar negara di seluruh dunia.
peraturan sepak bola
Image by Canva
Menariknya lagi, sepak bola ini ternyata tidak hanya digemari oleh kaum ada saja. Kaum hawa pun banyak yang menyukai pertandingan sepak bola ini. Sehingga tidak heran jika kemudian bukan hanya ada sepak bola putra saja, namun juga ada sepak bola putri atau wanita.

Sepak bola, baik itu dimainkan sebagai hiburan maupun pertandingan resmi, akan selalu diatur dengan peraturan sepak bola. Adanya peraturan ini untuk menjamin pertandingan dapat berjalan dengan mulus tanpa adanya kecurangan. Lantas apa saja peraturan sepak bola yang ada selama ini?

Sebelum membahas tentang apa saja peraturan sepak bola, tidak ada salahnya jika kita membahas secara singkat tentang permainan sepak bola.

Apa sih pengertian dari permainan sepak bola?

teknik dasar sepak bola
Image by Canva
Permainan sepak bola atau olahraga sepak bola adalah jenis olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau dua regu. Jumlah pemain sepak bola pada setiap regu adalah 11 orang. Sehingga tidak heran jika penyebutan tim terkadang menggunakan istilah kesebelasan.

Setiap orang dalam kesebelasan memiliki tugas yang berbeda-beda. Ada yang berperan sebagai keeper atau penjaga gawang, bek, gelandang, dan penyerang.

Untuk itu, agar dapat menjalankan peran masing-masing dengan baik, setiap pemain harus memahami dan menguasai berbagai teknik dasar sepak bola.

Macam - macam teknik dasar sepak bola yang perlu dikuasai setiap pemain yaitu tackling, menggiring bola, menendang bola, mengoper bola, menghentikan bola, menyundul bola, merebut bola, menyapu bola, lemparan ke dalam, menangkap bola, dan juggling bola.

Berapa lama waktu permainan sepak bola?

Permainan sepak bola merupakan permainan yang cukup menantang. Permainan berdurasi 2 x 45 menit ini sangat mengandalkan kekuatan fisik setiap pemain. Selain dituntut memiliki kekuatan fisik, juga memiliki pernapasan yang baik.

Bisa dibayangkan bagaimana jika seorang pemain sepak bola tidak memiliki kekuatan fisik dan pernapasan yang baik. Pastinya tidak akan dapat menjalankan pertandingan dengan baik.

Jenis-Jenis Peraturan Sepak Bola

Menjadi pemain sepak bola tidak sesederhana yang kita lihat. Ada banyak jenis peraturan sepak bola yang harus ditaati oleh setiap pemain dalam setiap pertandingan. Berikut beberapa peraturan dalam permainan sepak bola:

1. Durasi permainan

Permainan sepak bola dilaksanakan dalam durasi 2x45 menit. Jika dalam waktu itu salah satu tim unggul dari tim lain maka akan keluar sebagai pemenang dalam pertandingan itu.

Namun, jika hingga akhir pertandingan skor bertahan imbang, maka akan dilakukan tambahan waktu, dan jika masih imbang akan dilakukan adu tendangan penalti. Tim yang bisa mencetak gol paling banyak, akan keluar sebagai pemenang.
jumlah pemain sepak bola
Image by Canva

2. Kick Off

Dalam setiap pertandingan sepak bola, akan selalu dimulai dengan Kick-Off. Kick Off atau tendangan pemula atau bisa juga disebut sepak awal adalah tendangan bola yang dilakukan pertama kali saat akan dimulai laga atau saat setelah terjadi goal.

3. Offside

Offside adalah sebuah posisi di mana pemain menerima umpan bola dari teman satu tim di mana posisinya berada di belakang atau melebihi pemain lawan, sedangkan di sana tidak pemain lawan lagi selain penjaga gawang.

4. Throw in

Throw in adalah lemparan bola ke dalam yang dilakukan melalui sisi samping lapangan. Thrown in ini dilakukan oleh tim yang tidak menyentuh bola hingga bola keluar dari garis lapangan.

5. Kartu Kuning

Kartu kuning adalah jenis kartu peringatan yang diberikan oleh wasit dalam pertandingan kepada pemain karena melakukan pelanggaran, seperti keluar masuk lapangan tanpa izin dari wasit, menjatuhkan kiper di area gawang, dan lain-lain.

6. Kartu Merah

Kartu merah adalah kartu yang sangat dihindari oleh para pemain dalam sepak bola. Kartu merah ini akan diberikan oleh wasit ketika pemain mendapatkan dua kali kartu kuning selama pertandingan berlangsung. Kartu merah ini juga bisa dikeluarkan oleh wasit jika pemain melakukan pelanggaran keras selama pertandingan seperti memukul, dan lain sebagainya.

Dalam sepak bola, pemain yang mendapatkan kartu merah ini secara otomatis akan keluar dari pertandingan yang sedang berlangsung. Tidak hanya itu, pemain itu pun tidak bisa mengikuti laga berikutnya sesuai dengan peraturan yang ada.
kartu dalam sepak bola
Image by Canva

7. Tendangan bebas

Tendangan bebas adalah tendangan yang diberikan oleh wasit kepada salah satu tim karena pelanggaran yang dilakukan oleh tim lain yang terjadi di luar area penalti. Tendangan bebas ini memberikan kesempatan kepada pemain untuk melakukan tendangan dengan bebas. Tanpa ada tekanan dari pemain lawan yang melakukan pelanggaran.

8. Tendangan penalti

Tendangan penalti adalah tendangan yang dilakukan pada jarak 11 meter dari garis gawang. Dalam eksekusi tendangan penalti ini, seorang pemain hanya akan berhadapan dengan seorang penjaga gawang. Tendangan penalti ini diberikan karena adanya pelanggaran kepada lawan di dalam area kotak penalti.

Selain itu, tendangan penalti juga dapat dilakukan karena hasil imbang yang dicapai dalam pertandingan. Bahkan setelah adanya penambahan ekstra waktu skor masih tetap imbang, maka akan dilakukan adu penalti.

Itulah beberapa peraturan sepak bola yang perlu dipahami dan dikuasai oleh seorang pemain atau seorang wasit. Selain peraturan bola di atas, masih ada banyak peraturan bola lainnya.

Untuk mengetahui berbagai peraturan sepak bola lainnya dan hal lain berhubungan dengan sepak bola dan berbagai informasi lain bisa mengunjungi tokopedia.com.

Tokopedia
Image by Canva

Tokopedia dan dunia sepak bola

Sebagaimana kita ketahui bersama Tokopedia merupakan sebuah perusahaan teknologi Indonesia yang memiliki visi pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia juga sudah sangat dikenal masyarakat luas sebagai perusahaan e-commerce tempat jual beli online.

Melalui tokopedia kita bisa melakukan banyak transaksi seperti jual beli online, membeli tiket, berdonasi, dan layanan finansial. Sehubungan dengan dunia sepak bola, tokopedia juga melayani pembelian voucher streaming olahraga.

Itulah beberapa informasi seputar permainan sepak bola yang harus diketahui semua orang. Mengetahui peraturan sepak bola, jumlah pemain sepak bola, dan teknik dasar sepakbola dapat memudahkan semua orang saat bermain atau menonton sepak bola.

Semoga informasi ini menjadi informasi bermanfaat bagi semua dan khususnya pecinta bola.

Referensi:
https://www.tokopedia.com/blog/peraturan-sepak-bola-fbl/
https://id.wikipedia.org/wiki/Aturan-Aturan_Permainan_(sepak_bola)






Related Posts

22 comments

  1. Wah, makasih infonya. Sekarang lagi rame-ramenya sepakbola. Jadi sering nonton. Tapi masih bingung sama aturan-aturannya.

    ReplyDelete
  2. Sangat informatif Bang. Saya sendiri gak terlalu paham sepak bola jadi tahu beberapa istilah yang sering digunakan.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih infonya. Walaupun tahu istilah-istilah, tapi detailnya baru tahu sekarang. Soalnya aku engga nonton bola...hihi. Jadi engga tahu jenis pelanggaran tuh yg kayak gimana...

    ReplyDelete
  4. Sepakbola ini olahraga yang sangat merakyat dan seru. Sayangnya di kita suporternya masih sering bikin keributan ya.

    ReplyDelete
  5. Udah lama juga gak nonton sepakbola jadi tahu peraturannya dikit2 seperti durasi permainan, offside itu apa, dll. Kalau klub sepakbola favorit kakak apakah? Lokal apa luar?

    ReplyDelete
  6. Wah terima kasih rangkumannya kak, bisa aku pelajari dulu nih sebelum nanti nobar sama suami aku hahaha

    ReplyDelete
  7. Besok nih rame sama bola karena ada piala Eropa. Dan memang se-asik itu nonton bola karena bisa nobar, apalagi nontonnya pas bagian tendangan penalti kesukaan daku bingids hehe

    ReplyDelete
  8. Mantap nih Tokopedia sepenuhnya mendukung dunia persepakbolaan. Mulai dari pernak-perniknya, bahkan hingga voucher streaming pun ada. Semangat buat sepakbolamania!

    ReplyDelete
  9. Aku termasuk kaum hawa yg suka sama sepak bola nih, tapi musiman, kayak Piala Dunia aja, xixixi..

    Enw, baru tau kalo di Tokopedia bisa juga beli voucher streaming olahraga. Komplet bangets.

    ReplyDelete
  10. Sampai sekarang saya masih suka bingung kalau pemain di lapangan menggolkan bola, tapi dianulir dengan alasan offside. Nah yg bikin saya bingung posisi offside itu, hehe ... Karena sampai sekarang masih gak ngerti juga

    ReplyDelete
  11. Sekarang mencari perlengkapan sepakbola nggak perlu repot-repot lagi datang ke toko olahraga ya mas, cukup lewat Tokopedia semua perlengkapan sepakbola lengkap, tinggal pilih dan langsung check out aja.. hehehe

    ReplyDelete
  12. Kebetulan voucher streaming bolaku udh abis kemarin. Kyknya hrs perpanjang lagi deh. Tp blm ada kompetisi bola yg bgs nih. Smua lagi rehat. Paling UEFA aja yg mau berjalan.

    Smg ada diskon ya pas beli paket streamingnya nanti.

    ReplyDelete
  13. Sepak bola ini olahraga paling disukai suamiku. Apalagi klo ada live di TV walah auto langsung diganti channelnya sama Dia. Tapi ada ngga ya, cowo yang ngga suka sama sepak bola.

    ReplyDelete
  14. Sebagai orang yang ga pernah main sepakbola dan juga ga pernah main sepakbola jadi mengingat kembali mengenai peraturan sepak bola ini, mungkin dulu pernah belajar waktu pelajaran olahraga tapi sepertinya sudah lupa peraturannya

    ReplyDelete
  15. Bagian yang seru kalau nonton pertandingan sepakbola tuh kalau sama-sama kuat sehingga dilakukan adu pinalti. Tapi kalau pun gak sampai ke titik ini, penonton juga seneng banget bisa menikmati pertandingan yang berimbang karena lawannya gak pantang menyerah.

    Bersama Tokopedia, mari kita hidupkan semangat mendukung tim favorit melalui pembelian voucher streaming olahraga di tempat streaming online yang legal.

    ReplyDelete
  16. Apa sih yang nggak ada di Tokopedia? Apalagi terpercaya karena pro merchant-nya tuh ada banyak.

    Jadi tahu nih soal istilah dalam dunia sepak bola. Selama ini sebagai yang super awam, aku cuma paham tentang tendangan pinalti doang. Hihihi ....

    ReplyDelete
  17. sampe sekarang tuh masih bingung sama istilah-istilah persepakbolaan ini ...kalau lagi nonton suka bertanya-tanya, ini nih offside atau apa ini? hehe

    ReplyDelete
  18. Tokopedia jual voucher streaming sport? whih baru tahu nih, next ba bakalan ribet kalau mau nonton straming bola kalau gini mah, tinggal ke Tokopedia aja. Mantap

    ReplyDelete
  19. Sepak bola jadi satu-satunya olahraga yang aku ngerti tentang peraturannya, karena suamiku pecinta sepak bola banget. Apalagi kalau klub kesayangannya main, otomatis ikutan nonton deh aku.

    ReplyDelete
  20. Jiah,,,Jadi pengin ketawa-tawa sendiri nih. Aku memang nggak paham sih aturan main sepakbola. Lha, pas nonton piala AFC kemarin itu yaa cuma ikutan ramein aja, nggak paham, haha...

    ReplyDelete
  21. Bicafa bola, jadi ingat Timnas Indonesia yang akhir-akhir ini sering menorehkan prestasi. Hehehe. Karena mulai mengikuti, sedikit-sedikit tahu istilah-istilahnya, tapi gak tahu artinya. Baru tahu pas baca ini.

    ReplyDelete
  22. bagi saya yang bukan penggemar bola jadi lebih paham istilah dunia sepakbola nih, terima kasih infonya ya
    baru tahu kalau di tokopedia bisa beli tiket

    ReplyDelete

Post a Comment