Wajib Tahu, 8 Peraturan Sepak Bola

Konten [Tampil]
Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang digemari oleh banyak orang. Tidak hanya di Indonesia, olah raga ini sudah sangat populer di berbagai kalangan di seluruh belahan dunia. Bahkan, setiap benua sudah memiliki wadah tersendiri untuk memfasilitasi pertandingan sepak bola antar club antar negara dalam satu benua, antar negara di seluruh dunia.
peraturan sepak bola
Image by Canva
Menariknya lagi, sepak bola ini ternyata tidak hanya digemari oleh kaum ada saja. Kaum hawa pun banyak yang menyukai pertandingan sepak bola ini. Sehingga tidak heran jika kemudian bukan hanya ada sepak bola putra saja, namun juga ada sepak bola putri atau wanita.

Sepak bola, baik itu dimainkan sebagai hiburan maupun pertandingan resmi, akan selalu diatur dengan peraturan sepak bola. Adanya peraturan ini untuk menjamin pertandingan dapat berjalan dengan mulus tanpa adanya kecurangan. Lantas apa saja peraturan sepak bola yang ada selama ini?

Sebelum membahas tentang apa saja peraturan sepak bola, tidak ada salahnya jika kita membahas secara singkat tentang permainan sepak bola.

Apa sih pengertian dari permainan sepak bola?

teknik dasar sepak bola
Image by Canva
Permainan sepak bola atau olahraga sepak bola adalah jenis olahraga yang dimainkan oleh dua tim atau dua regu. Jumlah pemain sepak bola pada setiap regu adalah 11 orang. Sehingga tidak heran jika penyebutan tim terkadang menggunakan istilah kesebelasan.

Setiap orang dalam kesebelasan memiliki tugas yang berbeda-beda. Ada yang berperan sebagai keeper atau penjaga gawang, bek, gelandang, dan penyerang.

Untuk itu, agar dapat menjalankan peran masing-masing dengan baik, setiap pemain harus memahami dan menguasai berbagai teknik dasar sepak bola.

Macam - macam teknik dasar sepak bola yang perlu dikuasai setiap pemain yaitu tackling, menggiring bola, menendang bola, mengoper bola, menghentikan bola, menyundul bola, merebut bola, menyapu bola, lemparan ke dalam, menangkap bola, dan juggling bola.

Berapa lama waktu permainan sepak bola?

Permainan sepak bola merupakan permainan yang cukup menantang. Permainan berdurasi 2 x 45 menit ini sangat mengandalkan kekuatan fisik setiap pemain. Selain dituntut memiliki kekuatan fisik, juga memiliki pernapasan yang baik.

Bisa dibayangkan bagaimana jika seorang pemain sepak bola tidak memiliki kekuatan fisik dan pernapasan yang baik. Pastinya tidak akan dapat menjalankan pertandingan dengan baik.

Jenis-Jenis Peraturan Sepak Bola

Menjadi pemain sepak bola tidak sesederhana yang kita lihat. Ada banyak jenis peraturan sepak bola yang harus ditaati oleh setiap pemain dalam setiap pertandingan. Berikut beberapa peraturan dalam permainan sepak bola:

1. Durasi permainan

Permainan sepak bola dilaksanakan dalam durasi 2x45 menit. Jika dalam waktu itu salah satu tim unggul dari tim lain maka akan keluar sebagai pemenang dalam pertandingan itu.

Namun, jika hingga akhir pertandingan skor bertahan imbang, maka akan dilakukan tambahan waktu, dan jika masih imbang akan dilakukan adu tendangan penalti. Tim yang bisa mencetak gol paling banyak, akan keluar sebagai pemenang.
jumlah pemain sepak bola
Image by Canva

2. Kick Off

Dalam setiap pertandingan sepak bola, akan selalu dimulai dengan Kick-Off. Kick Off atau tendangan pemula atau bisa juga disebut sepak awal adalah tendangan bola yang dilakukan pertama kali saat akan dimulai laga atau saat setelah terjadi goal.

3. Offside

Offside adalah sebuah posisi di mana pemain menerima umpan bola dari teman satu tim di mana posisinya berada di belakang atau melebihi pemain lawan, sedangkan di sana tidak pemain lawan lagi selain penjaga gawang.

4. Throw in

Throw in adalah lemparan bola ke dalam yang dilakukan melalui sisi samping lapangan. Thrown in ini dilakukan oleh tim yang tidak menyentuh bola hingga bola keluar dari garis lapangan.

5. Kartu Kuning

Kartu kuning adalah jenis kartu peringatan yang diberikan oleh wasit dalam pertandingan kepada pemain karena melakukan pelanggaran, seperti keluar masuk lapangan tanpa izin dari wasit, menjatuhkan kiper di area gawang, dan lain-lain.

6. Kartu Merah

Kartu merah adalah kartu yang sangat dihindari oleh para pemain dalam sepak bola. Kartu merah ini akan diberikan oleh wasit ketika pemain mendapatkan dua kali kartu kuning selama pertandingan berlangsung. Kartu merah ini juga bisa dikeluarkan oleh wasit jika pemain melakukan pelanggaran keras selama pertandingan seperti memukul, dan lain sebagainya.

Dalam sepak bola, pemain yang mendapatkan kartu merah ini secara otomatis akan keluar dari pertandingan yang sedang berlangsung. Tidak hanya itu, pemain itu pun tidak bisa mengikuti laga berikutnya sesuai dengan peraturan yang ada.
kartu dalam sepak bola
Image by Canva

7. Tendangan bebas

Tendangan bebas adalah tendangan yang diberikan oleh wasit kepada salah satu tim karena pelanggaran yang dilakukan oleh tim lain yang terjadi di luar area penalti. Tendangan bebas ini memberikan kesempatan kepada pemain untuk melakukan tendangan dengan bebas. Tanpa ada tekanan dari pemain lawan yang melakukan pelanggaran.

8. Tendangan penalti

Tendangan penalti adalah tendangan yang dilakukan pada jarak 11 meter dari garis gawang. Dalam eksekusi tendangan penalti ini, seorang pemain hanya akan berhadapan dengan seorang penjaga gawang. Tendangan penalti ini diberikan karena adanya pelanggaran kepada lawan di dalam area kotak penalti.

Selain itu, tendangan penalti juga dapat dilakukan karena hasil imbang yang dicapai dalam pertandingan. Bahkan setelah adanya penambahan ekstra waktu skor masih tetap imbang, maka akan dilakukan adu penalti.

Itulah beberapa peraturan sepak bola yang perlu dipahami dan dikuasai oleh seorang pemain atau seorang wasit. Selain peraturan bola di atas, masih ada banyak peraturan bola lainnya.

Untuk mengetahui berbagai peraturan sepak bola lainnya dan hal lain berhubungan dengan sepak bola dan berbagai informasi lain bisa mengunjungi tokopedia.com.

Tokopedia
Image by Canva

Tokopedia dan dunia sepak bola

Sebagaimana kita ketahui bersama Tokopedia merupakan sebuah perusahaan teknologi Indonesia yang memiliki visi pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia juga sudah sangat dikenal masyarakat luas sebagai perusahaan e-commerce tempat jual beli online.

Melalui tokopedia kita bisa melakukan banyak transaksi seperti jual beli online, membeli tiket, berdonasi, dan layanan finansial. Sehubungan dengan dunia sepak bola, tokopedia juga melayani pembelian voucher streaming olahraga.

Itulah beberapa informasi seputar permainan sepak bola yang harus diketahui semua orang. Mengetahui peraturan sepak bola, jumlah pemain sepak bola, dan teknik dasar sepakbola dapat memudahkan semua orang saat bermain atau menonton sepak bola.

Semoga informasi ini menjadi informasi bermanfaat bagi semua dan khususnya pecinta bola.

Referensi:
https://www.tokopedia.com/blog/peraturan-sepak-bola-fbl/
https://id.wikipedia.org/wiki/Aturan-Aturan_Permainan_(sepak_bola)






Related Posts

Post a Comment