Wajib Tahu 16 Manfaat Jamu Kunyit Asam Bagi Pria dan Wanita

Konten [Tampil]
Jamu kunyit asam atau orang-orang jawa terkadang menyebut minuman jamu tradisional ini dengan sebutan kunir asam. Orang banyak mengonsumsinya karena percaya bahwa ada banyak manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan tubuh. Baik untuk pria maupun wanita.

Kunyit asam merupakan jamu tradisional warisan nenek moyang. Terbuat dari racikan dua rempah pilihan berkualitas yaitu kunyit atau kunir, dan asam. Di Indonesia sendiri sudah ada dalam kemasan praktis jamu kunyit asam sidomuncul.

Kunyit atau kunir merupakan tanaman rempah yang terdapat di berbagai wilayah di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia. Kunyit yang memiliki nama latin Curcuma Longa termasuk dalam kelompok jahe-jahean atau Zingiberaceae. Memiliki warna kuning terang, biasa digunakan oleh masyarakat sebagai minuman herbal atau tradisional, sebagai bahan bumbu masakan, dan juga pewarna alami.

Sedangkan asam jawa (Tamarindus Indica) adalah tanaman buah yang memiliki rasa asam, namun buah yang sudah matang akan terasa tidak terlalu masam, dan ada rasa manis. Buah ini banyak digunakan untuk campuran masakan, minuman seduh bahkan minuman gelas. Tidak hanya itu, buah yang satu ini juga banyak digunakan sebagai campuran dalam jamu tradisional, salah satunya kunyit asam.

Untuk membuat jamu tradisional kunyit asam, juga sangat sederhana. Cukup dengan mengambil beberapa ruas kunyit, lalu haluskan, masak dengan air, peras dan ambil sarinya. Kemudian tambahkan kunyit, maka sudah jadi minuman kunyit asam.

Meskipun sederhana, namun tetap membutuhkan waktu untuk membuatnya. Bagi yang tidak memiliki waktu banyak atau memiliki banyak kesibukan, tentu ini bukanlah hal sederhana. Namun demikian, jangan khawatir, kita tetap bisa merasakan manfaat jamu kunyit asam dengan membeli kunyit asam kemasan sachet. Jadi ga perlu ribet, dan bisa dibawa ke mana-mana.
jamu kunyit asam Sidomuncul

Apa saja manfaat dari kunyit asam?

Kunyit asam dan berbagai jenis jamu tradisional yang dibuat orang tua kita bukanlah sekedar minuman biasa. Minuman itu ternyata memberikan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Bahkan sering kali digunakan sebagai bahan pengobatan.

Berikut beberapa manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan baik bagi pria maupun wanita yang perlu kita ketahui.

1. Sebagai antioksidan dalam mencegah penyakit

Kunyit asam adalah bukan sekedar minuman rempah tradisional. Di dalamnya terdapat kandungan antioksidan, termasuk vitamin C. Kandungan ini berperan dalam melawan radikal bebas dalam tubuh.

Mengonsumsi kunyit asam akan membantu melindungi sel-sel dalam tubuh dan menjaga kesehatan. Tidak hanya itu, mengonsumsinya secara teratur dapat meningkatkan imunitas tubuh dan membantu mencegah terjadinya penuaan dini. 

2. Melawan infeksi

Manfaat kunyit asam kedua adalah melawan infeksi. Kandungan antioksidan di dalamnya mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Sifat antibakteri dan antivirus di dalamnya bermanfaat membantu melawan infeksi dan penyakit.

Meminum kunyit asam dengan berbagai kandungan di dalamnya akan sangat membantu dalam menjaga tubuh tetap sehat dan terlindungi dari bakteri dan virus penyebab penyakit.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Salah satu kandungan yang terdapat dalam jamu kunyit asam adalah sebagai sumber antioksidan yang kuat, termasuk vitamin C. Antioksidan adalah senyawa aktif yang berperan dalam mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel dalam tubuh. Antioksidan juga berfungsi membantu tubuh dalam melawan radikal bebas berlebih yang bisa menyebabkan penyakit dan infeksi pada tubuh.

Melihat kandungan yang terdapat dalam kunyit asam, mengonsumsinya akan menjadikan sistem kekebalan tubuh akan meningkat dan menjadi lebih kuat. Sehingga dapat melawan infeksi dan menjaga kesehatan tubuh secara optimal.
manfaat jamu kunyit asam

4. Menjaga kesehatan tulang

Mengonsumsi kunyit asam dipercaya dapat menjaga kesehatan tulang. Ini karena kandungan asam yang kaya akan mineral, magnesium, kalsium, dan kalium. Kandungan ini sangat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

Menjaga kesehatan tulang merupakan hal penting yang harus dilakukan semua orang. Selain mengonsumsi jamu kunyit asam, juga perlu melakukan olah raga secara rutin.

5. Mengontrol kadar gula darah

Kadar gula darah saat ini menjadi hal yang cukup mengkhawatirkan bagi banyak orang. Kunyit asam bisa menjadi salah satu cara untuk mengontrolnya.

Salah satu manfaat kunyit asam bagi kesehatan adalah membantu mengontrol kadar gula darah. Manfaat ini diperoleh dari adanya kandungan senyawa yang terdapat dalam jamu kunyit asam. Senyawa yang terkandung seperti serat yang sangat berguna dalam membantu memperlambat penyerapan glukosa dalam darah dan meningkatkan sensitivitas insulin sehingga tubuh bisa menggunakan glukosa dengan lebih efektif.

6. Membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi

Kolesterol seringkali menjadi bayangan saat kita akan mengonsumsi makanan tertentu. Seiring dengan bertambahnya usia memang kita harus menyadari untuk membatasi mengonsumsi jenis makanan tertentu yang bisa menjadi pemicu tingginya kadar kolesterol dalam tubuh.

Selain menjaga pola makan, hal yang bisa kita lakukan adalah mengonsumsi jamu kunyit asam. Kandungan senyawa aktif yang terdapat dalam minuman kunyit asam dapat membantu mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh. Di mana kolesterol jahat ini bisa menjadi penyebab terjadinya penyumbatan arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

7. Kunyit asam menjaga kesehatan jantung

Kandungan senyawa aktif yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung dan menjaga tekanan darah dalam keadaan normal.

Salah satu manfaat jamu kunyit asam bagi kesehatan yaitu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.
manfaat kunyit asam

8. Meredakan radang sendi

Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi jamu kunyit asam secara teratur adalah membantu meredakan radang sendi. Manfaat ini diperoleh dari kandungan senyawa anti-inflamasi yang terdapat di dalam kunyit asam.

9. Membantu mengatasi maag

Memiliki masalah pencernaan, termasuk masalah lambung seperti maag? Sepertinya harus mencoba mengonsumsi kunyit asam untuk mengatasinya. Ini karena sifat anti asam yang terdapat pada kunyit asam. Sifat anti-asam ini memberikan banyak manfaat seperti membantu menetralkan kelebihan asam dalam lambung, mengurangi iritasi, dan mengurangi gejal anyeri perut serta rasa tidak nyaman.

10. Membantu meredakan sembelit

Manfaat jamu kunyit asam lainnya adalah membantu meredakan sembelit. Sembelit adalah kondisi di mana seseorang mengalami kesulitan dalam buang air besar. Salah satu penyebabnya adalah malas bergerak yang berpengaruh juga pada pergerakan usus di dalam tubuh. Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan mengonsumsi kunyit asam.

Kandungan serat dalam kunyit asam yang cukup tinggi dapat membantu memperlancar proses pencernaan dengan meningkatkan pergerakan usus. Kemampuan serat dalam menyerap air akan membantu menjadikan kotoran lebih mudah dikeluarkan.

11. Meredakan nyeri haid

Manfaat jamu kunyit asam bagi wanita yaitu membantu meredakan nyeri haid. Nyeri haid umumnya terjadi pada wanita di saat siklus menstruasi datang. Meskipun tidak semua mengalami, namun tidak sedikit yang merasakan nyeri saat haid. Mengonsumsi kunyit asam bisa menjadi solusi untuk meredakan nyeri haid.

Obat tradisional yang sudah ada sejak lama ini, memang resep andalan para pendahulu yang digunakan untuk meredakan nyeri haid. Peradangan nyeri haid dan kram pada saat menstruasi ini bisa diredakan dengan mengonsumsi jamu kunyit asam karena jamu ini memiliki kandungan anti-inflamasi alami yang bisa membantu meredakan peradangan.

manfaat jamu kunyit asam untuk kesehatan

12. Menjaga kesehatan kulit dan mencerah kulit

Menjaga kesehatan kulit saat ini banyak dilakukan orang, khususnya kaum hawa. Kandungan curcumin dalam kunyit dapat membantu mencerahkan kulit dengan mengurangi produksi melanin yang berlebih. Sehingga tidak heran, jika beberapa produk kecantikan juga menggunakan bahan kunyit.

Rempah yang satu ini juga memiliki sifat anti peradangan dan antibakteri yang baik untuk kesehatan kulit yang bisa membantu mengurangi jerawat, mencerahkan kulit, menghilangkan noda hitam, dan memberikan kilau alami.

13. Membantu menurunkan berat badan

Mengonsumsi kunyit asam bisa menjadi salah satu cara dalam membantu mengatasi masalah jarum timbangan terus ke kanan atau berat badan terus bertambah. Jika mengalami masalah ini, selain melakukan olahraga teratur, bisa juga ditambah dengan mengonsumsi kunyit asam.

Senyawa yang terdapat dalam kunyit asam dapat mengendalikan nafsu makan dan mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Tidak hanya itu, metabolisme tubuh juga meningkat sehingga pembakaran kalori yang lebih efisien.

14. Mengatasi masalah keputihan

Manfaat jamu kunyit asam bagi wanita berikutnya adalah membantu mengatasi masalah keputihan. Keputihan adalah sebuah kondisi keluarnya lendir atau cairan dari vagina. Kondisi ini membuat wanita merasa tidak nyaman.

Bagi yang mengalami masalah ini, jangan panik, cobalah untuk mengonsumsi kunyit asam. Dalam kunyit asam terdapat sifat antimikroba dan antijamur. Keduanya dapat membantu mengontrol pertumbuhan mikroorganisme penyebab keputihan.

15. Mengoptimalkan kesehatan vagina

Manfaat jamu kunyit asam bagi wanita berikutnya yaitu membantu mengoptimalkan kesehatan vagina. Kabarnya jamu ini sudah biasa digunakan dalam pengobatan tradisional khususnya untuk kesehatan reproduksi wanita.

Tidak hanya itu, minuman ini juga membantu melawan infeksi vagina, seperti infeksi infeksi bakteri, membantu meredakan gejala gatal, peradangan, dan bau yang tidak sedap.

16. Meningkatkan kesuburan pria

Selain wanita pria juga bisa merasakan manfaat khusus dari mengonsumsi kunyit asam. Hasil penelitian menunjukkan kurkumin diyakini memiliki efek positif bagi sperma. Di antara efek positif yang merupakan manfaat jamu kunyit asam bagi pria adalah meningkatkan motilitas, meningkatkan konsentrasi, melindungi dari kerusakan oksidatif, dan meningkatkan kadar hormon testosteron.

Itulah manfaat jamu kunyit asam bagi tubuh. Berbagai kandungan yang dimiliki sangat membantu dalam menjaga daya tahan tubuh dan mencegah berbagai penyakit. Selain itu kandungan di dalam kunyit asam juga memiliki manfaat khusus baik untuk wanita maupun pria.

Beli Kunyit Asam dan Jenis Jamu Lainnya di Sidomuncul

kunyit asam untuk kesehatan
Sidomuncul adalah perusahaan yang konsen dalam industri jamu dengan pengalaman lebih dari 70 tahun. Berbagai jenis jamu bisa didapatkan di sini, termasuk kunyit asam yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kehadiran Sidomuncul memberikan kemudahan untuk dapat merasakan manfaat jamu kunyit asam. Minuman serbuk yang enak dan menyegarkan badan untuk dikonsumsi tanpa perlu repot membuatnya.

Selain kunyit asam, kita juga bisa menemukan berbagai jenis jamu lainnya, di Sidomuncul. Sidomuncul ini sudah terpercaya dan terbukti memiliki beragam produk yang bermanfaat bagi kesehatan.

Tidak hanya itu, lebih dari 300 produk kesehatan yang diproduksi Sidomuncul dibuat dari bahan-bahan pilihan berkualitas, dan diproses secara hygienis dengan teknologi canggih.

Mau dapat diskon? Segera beli kunyit asam dan berbagai jenis jamu lainnya melalui www.sidomunculstore.com.

Related Posts

23 comments

  1. Sebanyak itu manfaatnya kunyit asam buat tubuh kita. Ini sih bisa dikonsumsi secara rutin ya agar dapat khasiatnya, dan bisa untuk satu keluarga

    ReplyDelete
  2. Ternyata bisa menjaga kesehatan tulang, jantung, dan reproduksi pria juga. Kirain kunyit asam itu hanya untuk para wanita saja manfaatnya

    ReplyDelete
  3. Jamu kunyit asam adalah minuman tradisional yang menyehatkan dan kaya manfaat. Minum jamu kunyit asam secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Apalagi diminum di pagi hari... seger!

    ReplyDelete
  4. Aku suka minum jamu kunyit asam apalagi kalau ditambah sedikit madu. Seger di badan. Kirain kunyit asam hanya bisa mengatasi masalah perut. Ternyata khasiatnya banyak juga ya.

    ReplyDelete
  5. Waktu kecil saya suka nih minum jamu kunyit asem. Sore sore ada mbok jamu yang suka keliling. Rajin beli karena rasanya enak, ternyata selain enak banyak manfaatnya

    ReplyDelete
  6. Waa bener banget, aku suka pwol sama kunyit asam daridulu, kalo ibuku nawarin jamu pasti aku mintanya yang kunyit asem hehehe karena ngga terlalu pahit

    ReplyDelete
  7. Waaah, baru tahu manfaat jamu kunyit asam sebanyak ini. Sepertinya akan kurutinkan minum deh, soalnya lagi berusaha nurunin berat badan juga.

    ReplyDelete
  8. Ternyata kunyit asam bisa dikonsumsi pria juga, ya. Yang ngetop kan untuk haid itu.

    ReplyDelete
  9. Kunyit asam bisa dibilang jamu paling enak sih menurutku, selain itu manfaatnya juga banyak, bisa buat pria dan wanita pula. Komplet deh.

    ReplyDelete
  10. Manfaat jamu kunyit asam bnyk bgt ya kang. Ini obat paling mujarab tuh. Bahkan sebelum penyakit itu datang. Kita bs minum rutin tuh.

    Dan praktis bgt yg dibikin Sido Muncul. Kita ga perlu lagi parut kunyitnya. Tinggak seduh aja. Beresss.

    ReplyDelete
  11. wah aku juga sering mengonsumsi jamu kunyit asam ini, belinya di penjual jamu keliling. ternyata banyak sekali manfaatnya ya

    ReplyDelete
  12. suka amaze sama mbak-mbak penjual jamu gendong (yg sekarang sudah gak gendong lagi tapi bawa motor hehe) yang rajin bikin sendiri jejamuan ini..alhamdulillah sudah ada jamu kemasan dan praktis dari sidomuncul

    ReplyDelete
  13. Wah ini salah satu jamu andalan apalagi kalau sedang haid! Seperti magic, rasanya semuanya langsung hilang si pegal linunya hehe

    ReplyDelete
  14. Jamu kunyit asem jadi andalan banget kalau lagi dapat tamu bulanan. Tapi emang gak cuma berguna pas haid sih. Dijadikan minuman setiap hari juga enak buat badan. Klo di rumah kami, sampai langganan juga karena kebetulan Pewe juga suka

    ReplyDelete
  15. Kalau bahasa jawanya, rasa kunyit asam ini agak sengar.
    Tapi kalau kunyit dicampur asam jawa, mashaAllaa~ nikmat.
    Rasanya jadi segar dan ternyata manfaatnya untuk tubuh pun banyak. Kudu minum teratur dan kini gak perlu repot-repot bikin sendiri karena uda tersedia di Kunyit Asam Sidomuncul. Rasanya enak dan cara membuatnya pun, mudah.

    ReplyDelete
  16. Ini favorit ya, dan yg aku kenal, jamu itu ya kunyit asam hehe.. sekarang sering bikin sendiri kunyit lemon kak diblender aja gt terus saring, enak jg :)

    ReplyDelete
  17. Dari dulu kalau beli jamu di tukang jamu gendong, pasti pilihnya jamu kunyit asam. Habis minum jamu badan terasa lebih seger, jadi bikin nagih hehehe
    Sekarang udah gak ada tukang jamu gendongnya, beralih ke jamu Sidomuncul aja, deh, ya...

    ReplyDelete
  18. Saya suka nih dengan citarasa kunyit asam dari Sidomuncul. Kerasa banget kunyitnya. Lagian praktis kan tinggal seduh sudah siap untuk dinikmati.

    ReplyDelete
  19. Wah saya baru tahu sebanyak itu manfaat dari jamu kunyit asam, selama ini saya meminumnya untuk kesehatan yang membuat badan saya jadi enakan saja atau meredakan badan kalau sedang pegal linu, ternyata masih banyak manfaat lainnya ya

    ReplyDelete
  20. Nggak rugi minum jamu kunyit asam, karena manfaatnya yang banyak sekali ya kak. Bahkan tidak terbatas pada perempuan saja.

    ReplyDelete
  21. Jamu kunyit asam punya banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kita ya
    Baik bagi perempuan maupun laki-laki

    ReplyDelete
  22. Aku suka sesekali minum kunyit asem, seger banget apalagi yang dingiiinnn.. ternyata kunyit asam punya banyak khasiat untuk kesehatan juga yaaa

    ReplyDelete
  23. Manfaatnya banyak banget, tapi sayang lidahku dak bersahabat dengan kunyit 🥲

    ReplyDelete

Post a Comment