4 Jenis Lantai untuk Balkon Rumah dan Tips Memilihnya

Konten [Tampil]
Balkon (balcony) atau peranginan merupakan bagian dari bangunan rumah bertingkat yang berupa teras lantai. Banyak masyarakat yang mengira bahwa teras rumah dengan balcony sama, namun ternyata keduanya memiliki perbedaan.

tips memilih lantai balkon
https://www.pexels.com/id-id/foto/black-wicker-bistro-terletak-di-white-terrace-dekat-laut-133920/

Teras merupakan bagian bangunan yang permukaannya lebih tinggi dari tanah sekeliling, sedangkan balcony adalah bagian tambahan dari sebuah bangunan dan cenderung keluar. Namun, hal yang membuat sama adalah bangunan ini sama-sama membutuhkan material lantai untuk pembangunannya.

Pada artikel ini, Anda akan diberikan penjelasan tentang berbagai jenis lantai yang cocok untuk bangunan balcony. Simak tips bermanfaat untuk memilih lantai balcony berkualitas dan terbaik di sini!

Tips Memilih Material Lantai Balkon

Sebelum membeli material lantai untuk sebuah bangunan, disarankan Anda mencari beberapa tips bermanfaat agar tidak salah memilih barang. Balcony merupakan bagian bangunan rumah bertingkat yang wajib diperhatikan bahan material pembangunannya. Simak tips memilih lantai untuk balcony di bawah ini.

1. Pilih Lantai Tahan Cuaca

Pertama, pastikan material lantai yang Anda pilih dapat tahan dengan cuaca ekstrem dan berubah-ubah. Hal satu ini penting, karena bangunan balcony cenderung berada di luar ruangan yang terpapar sinar matahari dan air hujan.

2. Gunakan Lantai Anti Slip

Sangat disarankan untuk memilih lantai balcony yang memiliki sifat anti slip, terlebih ketika cuaca dan musim hujan turun terus-menerus. Hal ini berfungsi agar Anda tetap aman ketika beraktivitas dan tidak terpeleset di area balcony dalam cuaca apapun.

3. Pilih Lantai yang Mudah Dirawat

Tips ketiga adalah memilih lantai untuk balcony yang mudah dirawat dan dibersihkan. Perawatan lantai yang sederhana akan memudahkan Anda untuk memastikan lantai tetap bersih dan terawat. Material lantai yang mudah dirawat banyak sekali variasinya, Anda cukup memilih yang terbaik!

Salah satu perawatan material lantai untuk balcony yang mudah yakni berupa pengaplikasian perekat keramik terbaik. Produk SikaCeram®-255 Big Slab menjadi pilihan tepat yang dapat Anda pertimbangkan.

4. Pilih Lantai dengan Nilai Estetika Tinggi

Terakhir, Anda dapat memilih lantai balcony yang memiliki nilai estetika tinggi. Sesuaikan lantai balcony dengan konsep desain yang telah Anda tentukan. Selain kualitas lantai yang terbaik, tidak ada salahnya Anda memilih lantai dengan warna, motif, tekstur dan tampilan menarik.

perekat keramik
https://www.pexels.com/id-id/foto/kursi-biru-di-balkon-beige-di-samping-fotografi-pemandangan-laut-1662549/

Jenis-Jenis Lantai untuk Balkon

Setelah menerapkan berbagai tips memilih lantai untuk balcony di atas, saatnya Anda mengetahui jenis material lantai terbaik untuk bangunan balcony rumah. Inilah 4 material terbaik yang dapat Anda pilih.

1. Lantai Deck Wood

Material deck wood yang juga dikenal sebagai decking merupakan material lantai yang terbuat dari bahan kayu solid. Apabila Anda menggunakan material satu ini, maka seluruh lantai permukaan balcony Anda akan tertutup oleh bahan kayu asli.

Keunggulan material ini terletak pada tingkat kekuatan dan tahan lama yang tidak perlu ditanyakan lagi. Selain itu, kesan elegan, mewah, dan natural akan lebih terasa jika Anda memasang jenis lantai ini di area balcony rumah.

2. Lantai Semen

Kedua, material semen atau plester cukup umum dan sederhana yang digunakan sebagai material lantai pada area balcony. Material ini memiliki beberapa keunggulan yang memudahkan Anda dalam membangun sebuah balcony di rumah.

Pertama, lantai semen atau plester cenderung cepat dalam proses pengerjaannya. Kedua, biaya yang dikeluarkan tidak begitu mahal. Ketiga, perawatan yang cukup praktis jika terjadi kerusakan atau warna lantai yang memudar, Anda cukup memoles dan menambal lantai kembali.

3. Lantai Marmer

Jika Anda ingin mengutamakan nilai estetika, kemewahan dan kemegahan pada bangunan balcony Anda, maka material lantai marmer adalah pilihan tepat!

Material yang terkenal dengan kekuatannya ini memiliki kilauan bening, sehingga terkesan mewah dan elegan. Lantai marmer tampil dengan tekstur dan pola tak beraturan yang membuatnya semakin sophisticated.

Keunggulan-keunggulan yang dimiliki bahan material lantai marmer tentu sebanding dengan harga yang menyertainya. Perawatan lantai marmer juga ekstra spesial, sehingga Anda yang memiliki budget lebih dapat menggunakan material lantai marmer pada area balcony rumah Anda.

4. Lantai Granit

Tidak jauh berbeda dengan material lantai marmer, material granit juga termasuk ke dalam golongan material kelas menengah ke atas. Namun, lantai yang terbuat dari granit lebih di atas marmer dalam hal ketahanan material.

Lantai granit memiliki pori-pori yang lebih rapat sehingga cairan dan kotoran tidak mudah menyerap ke dalam permukaan lantai. Jika Anda membutuhkan material lantai untuk balcony yang mewah, elegan, serta kokoh, material granit adalah jawabannya!

Kesimpulan

Itulah berbagai tips bermanfaat tentang cara memilih jenis lantai untuk permukaan lantai balcony rumah Anda. Memiliki area teras lantai seperti balcony di rumah bertingkat memang memiliki banyak manfaat, seperti pembentukan area living room untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Membangun balcony pada rumah wajib menggunakan material lantai terbaik yang diselaraskan pula dengan perekat lantai balkon berkualitas. Salah satu produk yang dapat diandalkan adalah produk tile adhesive SikaCeram®-255 Big Slab yang memiliki banyak keunggulan.

Pertama, deformability yaitu pembentukan yang mudah pada bahan material yang padat. Kedua, mudah diaplikasikan serta mengurangi kemungkinan adanya slip. Ketiga, extended open time yang mana berarti waktu buka perekat yang dijamin kuat kurang dari 30 menit.

Untuk urusan material lantai, produk SikaCeram®-255 Big Slab sudah tak perlu diragukan lagi. Alasannya, karena Sika merupakan pencetus produk waterproofing semen pertama di Indonesia dan telah memiliki pengalaman hingga 113 tahun. Tidak hanya itu, Sika berpengalaman menangani beragam proyek global. Salah satunya di Indonesia yakni proyek MRT. Tunggu apalagi? Gunakan produk Sika untuk lantai balkon rumah Anda yang berkualitas dan tahan lama. Untuk pemesanan produk dan berbagai informasi lengkap lainnya, klik di sini!

Related Posts

Post a Comment