Ini Lho Tips & Cara Beli dan Menggunakan Meterai Digital di Privy

Konten [Tampil]
Setiap dari kita yang bersinggungan dengan dokumen penting tentunya sudah tidak asing dengan satu label kecil yang bisa disebut meterai. Meterai yang umum digunakan di masyarakat selama ini adalah meterai tempel. Namun ternyata jenis meterai ini beragam, selain meterai tempel, saat ini juga tersedia meterai digital. Meterai jenis ini dikenal juga dengan e-meterai atau Meterai Elektronik.

Sejak 1 Oktober 2021, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Keuangan Republik Indonesia sudah meluncurkan e-meterai untuk berbagai keperluan. Meterai elektronik ini memiliki kekuatan yang sama secara hukum dengan meterai tempel yang sudah banyak diaplikasikan pada dokumen sejak beberapa tahun lamanya.
cara menggunakan meterai digital

Apa Itu Meterai Digital?

Dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai, Pada Pasal 1 disebutkan bahwa Meterai adalah label atau carik dalam bentuk tempel, elektronik, atau bentuk lainnya yang memiliki ciri dan mengandung unsur pengaman yang dikeluarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia, yang digunakan untuk membayar pajak atas Dokumen.

Untuk memberikan kemudahan baik bagi masyarakat maupun perusahaan dalam memenuhi kebutuhan industri digital yang semakin berkembang pesat, pemerintah menerbitkan meterai digital.

Meterai elektronik atau Meterai Digital adalah meterai yang tersedia dalam bentuk digital atau elektronik yang digunakan secara elektronik pada dokumen elektronik.

Kenapa Pakai e-Meterai?

kenapa meterai digital

Penggunaan e-meterai atau meterai digital dalam keseharian memiliki beberapa kelebihan atau keuntungan bagi setiap penggunanya. Di antara keuntungan e-meterai yaitu

1. Mudah Mendapatkannya

Berbeda dengan meterai tempel, meterai digital yang notabene-nya berbasis teknologi digital lebih mudah didapatkan secara online melalui penyedia e-meterai yang ada. Cukup menggunakan layanan internet, kita bisa mendapatkannya di mana pun kita berada.

2. Mudah Penggunaannya

Untuk membubuhkan meterai digital pada dokumen eletronik kita tidak membutuhkah perekat atau lem, sehingga bisa dilakukan dengan mudah hanya menggunakan aplikasi.

3. Mencegah Pemalsuan

Satu lagi keuntungan menggunakan meterai digital adalah terhindar dari meterai palsu atau penyalahgunaan. Ini terjadi karena Peruri sudah memberikan dukungan fitur keamanan berupa segel khusus yang bisa terbaca dengan aplikasi khusus.

Meterai Digital Apakah Sah?

Meterai digital atau meterai elektronik merupakan salah satu jenis meterai yang sudah diatur di dalam undang-undang. Selain itu, e-meterai ini juga sudah diterbitkan secara resmi oleh pemerintah melalui Kementerian Keuangan. Jika merujuk pada produk hukum di atas, maka sama halnya dengan meterai tempel, meterai digital juga sah dan memiliki kekuatan hukum yang sama. Jadi, tidak perlu khawatir untuk beralih ke e-meterai untuk kelengkapan dokumen kita.

Tips Beli Meterai Digital

meterai digital
Meterai elektronik saat ini menjadi solusi dalam urusan kecepatan administrasi dengan kekuatan hukum. Saat akan membeli meterai digital, beberapa tips berikut bisa diterapkan, yaitu

1. Beli di Distributor atau Penyedia Resmi

Tips pertama membeli meterai digital adalah membelinya melalui distributor resmi yang terpercaya. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah Privy.

2. Pahami Ciri-ciri e-Meterai

Memahami ciri-ciri meterai elektronik akan menjadikan transaksi pembelian terjaga keamanannya. Di antara ciri-cirinya yang paling mencolok, yaitu terdapat tulisan METERAI ELEKTRONIK dan gambar lambang negara.

Ciri lainnya, meterai berbentuk persegi dengan warna dominan merah muda, terdapat angka 10000 dan tulisan “SEPULUH RIBU RUPIAH”, serta dilengkapi dengan kode unik berupa nomor seri.

Nah, kamu sudah tahu tips beli meterai digital, kan? Jadi, pastikan untuk selalu membelinya melalui distributor resmi.

Meterai Digital Beli di Mana?

Kemajuan dunia digital, dan peralihan dokumen dari fisik ke elektronik, diikuti dengan langkah pemerintah menerbitkan meterai digital.

Untuk mendapatkan meterai jenis ini juga tidaklah sulit. Sudah banyak platform yang menyediakan meterai elektronik untuk mendukung kemudahan proses administrasi menggunakan dokumen elektronik.

Buat kalian yang belum pernah menggunakan e-meterai dan ingin menggunakannya dalam waktu dekat, dapat menggunakan platform Privy.

Bagaimana Cara Membeli Meterai Digital di Privy?

Ada banyak distributor yang bisa menjadi mitra atau tujuan untuk membeli e-meterai. Salah satu di antaranya adalah Privy. Bagaimana cara membeli meterai digital di Privy?

Berikut langkah mudah yang bisa kita ikuti:

1. Kunjungi Laman Resmi

Tahap pertama yang pelru dilakukan adalah mengunjung website resmi Privy melalui browser yang biasa digunakan.

2. Buat Akun Privy

Buatlah aku dengan melakukan registrasi di Privy. Ikuti semua langkah mulai dari awal hingga liveness detection. Setelah proses ini kita akan mendapatkan ID dan melanjutkan dengan set password. Selamat sudah berhasil membuat akun dan kini bisa langsung log in ke aplikasi.

Bagaimana cara membeli meterai digital di Privy

3. Top Up Balance E-Meterai

Langkah selanjutnya adalah melakukan top-up melalui aplikasi dengan memilih tombol “Top up e-Meterai”.

4. Masukkan Jumlah e-Meterai yang Dibutuhkan

Pada bagian ini, kita bisa memasukkan jumlah jumlah e-meterai sesuai kebutuhan. Setelahnya akan ada informasi jumlah yang harus dibayarkan.

5. Lakukan Pembayaran

Lanjutkan transaksi pembelian dengan pembayaran. Untuk pembayaran kita bisa memilih metode pembayaran sesuai yang diinginkan. Metode yang tersedia seperti internet atau mobile banking, virtual account maupun GoPay/GoPay Later.

Itulah cara membeli meterai digital di Privy yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat.

Bagaimana Cara Menggunakan Meterai Digital?

cara menggunakan meterai elektronik
Setelah melakukan Top Up E-Meterai, kini kita sudah bisa menggunakannya untuk dipasangkan ke dokumen yang dimiliki. Caranya adalah dengan masuk ke aplikasi Privy dan ikuti langkah di bawah ini:

1. Pilih Workflow dan Unggah Dokumen

Untuk menggunakan Meterai DIgital pada dokumen, silakan lakukan upload dokumen, pilih dokumen yang dimaksud, tunggu hingga proses selesai.

Pastikan bahwa dokumen yang diunggah betul-betul dokumen yang dapat dibubuhkan meterai seperti AKta Notaris, Berita Acara, dan dokumen lain sebagaimana sudah diatur dalam undang-undang.

2. Pilih Dokumen yang Akan Dibubuhkan e-Meterai

Pada tahap ini, pilihlah halaman dokumen yang akan dibubuhi meterai digital. Pilih “Sign with E-Meterai” untuk menempelkan cap pada dokumen elektronik yang dimaksud.

3. Atur Posisi e-Meterai

Jika sudah berhasil mengunggah dokumen yang diinginkan, silakan atur posisi letak e-meterai pada posisi yang diinginkan.

Pada bagian ini yang perlu diperhatikan adalah memposisikan e-meterai di atas nama dan berada di sisi kiri tanda tangan, dan pastikan tanda tangan terpisah atau tidak bertumpuk dengan meterai elektronik.

Jika pengaturan posisi sudah selesai, pilih Continue untuk menyelesaikan. Proses yang berhasil akan ditandai dengan munculkan notifikasi ‘Completed’.

Mudah sekali bukan cara menggunakan meterai digital di Privy. Hanya hitungan menit, kita bisa menyelesaikan penandatanganan dan pemasangan meterai elektronik pada dokumen elektronik yang kita miliki.

Tips Menggunakan Meterai Digital

Untuk menggunakan meterai digital di Privy, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipastikan, yaitu

1. Format Dokumen PDF, Word, JPEG, atau PNG

Untuk membubuhi sebuah dokumen dengan e-meterai, sebelum mengunggahnya, kita perlu memastikan format dari dokumen yang ada.

Pastikan Dokumen berformat PDF, Word, JPEG, atau PNG agar dokumen yang dibubuhi e-meterai tetap sah.

2. Tidak Menempelkan Tanda Tangan Basah di Atasnya

Saat menggunakan e-meterai, hindari untuk menempelkan tanda tangan basah di atasnya. Ini karena nilainya tidak sama dengan meterai tempel. Selain itu, jika meterai digital dibubuhi tanda tangan basah, akan menjadikan dokumen tidak 
dapat di validasi.

3. Gunakan pada Dokumen yang Sesuai

Gunakan e-meterai secara tepat sesuai dengan jenis dokumen yang tertera dalam peraturan Pemerintah Nomor 86 Tahun 2021 pada Pasal 3 Ayat 2. Dokumen-dokumen itu adalah
  1. Memorandum of Understanding (MoU).
  2. Surat pernyataan, surat rekomendasi, surat berharga.
  3. Akta notaris dan grosse.
  4. Akta PPAT dan salinannya.
  5. Dokumen lelang, berita acara.
  6. Dokumen terkait transaksi.
  7. Dokumen lainnya sesuai yang dimaksud pada UU Bea Meterai.
Itulah beberapa tips menggunakan e-meterai yang perlu diberikan perhatian. Pastikan semua tips di atas sudah dilakukan, agar mempermudah proses validasi dokumen.

Privy Bergerak di Bidang Apa?

Privy adalah
Jadi, Privy adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan identitas dan tanda tangan digital di Indonesia. Ini tentu kabar baik bagi semua, mengingat Indonesia merupakan salah satu negara yang ikut melakukan percepatan dalam transformasi digital.

Perusahaan ini hadir dengan komitmennya memberikan kemudahan, dan kecepatan kepada semua khususnya dalam proses administrasi yang dilakukan secara elektronik. Baik untuk tanda tangan digital maupun penggunaan meterai digital pada dokumen elektronik.

Fitur Lengkap Layanan Privy

Untuk menghadirkan kemudahan bagi semua orang baik untuk kebutuhan personal maupun kebutuhan perusahaan, Privy menyediakan dua layanan utama yaitu Personal dan Bisnis.

Di mana masing-masing memiliki fitur yang sangat mendukung pemenuhan kebutuhan pengelolaan dokumen secara digital.

Layanan Personal

Fitur Privy Personal

Fitur Privy yang tersedia pada Layanan personal meliputi

1. Tanda Tangan Digital Bersertifikasi

Menggunakan aplikasi mobile dan web Privy tanda tangan dokumen bisa dilakukan dengan mudah.

Selain itu kita juga membubuhkan e-meterai pada dokumen dengan fitur tanda tangan ini. Fitur e-meterai merupakan salah satu fitur terbaru yang disematkan pada Privy.

2. Kelola Dokumen secara Digital

Mengelola dokumen semakin mudah karena bisa dilakukan secara digital. Melalui fitur ini, kita cukup mengunggah dokumen yang dibutuhkan, mengelolanya, dan mengirimkannya hanya melalui satu platform.

3. Verifikasi Identitas Pengguna (Digital Certificate Issuance)

Fitur Verifikasi Identitas Pengguna atau Digital Certificate Issuance sangat bermanfaat untuk membantu mempercepat proses verifikasi pengguna untuk berbagai keperluan, misal untuk pembukaan rekening tabungan atau kartu kredit.

4. Onboarding dengan Aplikasi Privy

Proses onboarding menjadi lebih cepat dengan Login with Privy. Fitur ini memberikan kemudahan dalam mengakses merchant favorit dan kita bisa membagikan data secara aman melalui Privy.

Itulah fitur-fitur Privy yang dapat dinikmati oleh semua orang pada Layanan Personal. Berapa biaya untuk Layanan Personal ini? Sebagai informasi Layanan Personal ini dapat kita akses secara gratis.

Layanan Bisnis

Privy Indonesia
Selain Layanan Personal, Privy juga menyediakan Layanan Bisnis dengan fitur yang ditawarkan lebih lengkap dari fitur personal. Layanan ini dihadirkan untuk mendukung percepatan proses dalam bisnis secara digital.

Fitur-fitur Privy yang dapat dioptimalkan untuk mendukung proses digitalisasi dokumen bisnis di antaranya:

1. E-Meterai untuk Tanda Tangan Privy

Fitur ini merupakan fitur baru di Privy. Keberadaan fitur ini sangat membantu dalam menggunakan meterai elektronik yang diterbitkan oleh Peruri pada dokumen digital.

2. Privy Sign untuk Bisnis

Fitur ini memungkinkan kita sebagai pelaku bisnis untuk menandatangani dan mengelola dokumen dengan fitur-fitur enterprise yang disediakan.

3. PrivyCorp - On Premise

Fitur ini memberikan kemudahan bagi kita untuk melakukan Tanda Tangan Digital On-Premise. Pengintegrasian Privy Corp ke sistem kerja dapat menjadikan sistem administrasi yang lebih baik dan aman.

4. API Integration

Fitur ini memberikan kemudahan bagi kita untuk dapat mengintegrasikan API dengan software yang kita miliki.

5. Digital Certificate Issuance (Verifikasi Identitas Online)

Perusahaan dapat dengan mudah melakukan verifikasi identitas pelanggan menggunakan teknologi Liveness Detection dan Digital Certificate Issuance dari Privy.

6. PrivyPass - Costumer Onboard

Cukup menggunakan satu ID kita bisa mendapatkan kemudahan untuk registrasi. Identitas digital Privy menjadikan kita tidak perlu mengingat username dan kata sandi, bahkan dokumen fisik pun tidak perlu, karena semua sudah terdapat dalam satu aplikasi.

Layanan Bisnis merupakan layanan berbayar dengan harga Rp. 175.000/akun perbulan. Menggunakan layanan ini ada banyak layanan yang bisa didapatkan.

Layanan ini tidak dimiliki oleh Layanan Personal yaitu tanda tangan banyak dokumen, segel perusahaan, mengunduh banyak dokumen, dan pengaturan pengelolaan dan user.

Layanan bisnis ini sangat cocok untuk digunakan oleh perusahaan karena bisa mendukung perusahaan lebih produktif, efektif, dan efisien.

Kesimpulan Cara Beli dan Menggunakan Meterai Digital di Privy Sangat Mudah

Privy sebagai perusahaan yang memiliki visi “Menjadi pemimpin global dalam bidang layanan identifikasi dan otorisasi elektronik” ini tumbuh dengan begitu sangat cepat. Bahkan dalam 7 kurun waktu 7 tahun sudah memiliki 40 juta pengguna dan 2.600 pelanggan perusahaan. Tentu ini capaian luar biasa yang membuktikan kepercayaan masyarakat bagi Privy Indonesia.

Pada platform Privy, ada banyak layanan yang kita pilih baik untuk personal maupun bisnis. Di antara sekian banyak fitur layanan yang dimiliki, e-meterai merupakan fitur terbarunya. Fitur ini disediakan untuk mendukung kemudahan dalam mendapatkan dan menggunakan meterai elektronik untuk dibubuhkan pada dokumen elektronik.

Tunggu apa lagi? Segera daftar sekarang di Privy dan nikmati kemudahan membeli dan menggunakan meterai digital di Privy.


Referensi:
https://privy.id/id/about-us
https://blog.privy.id/cara-membeli-e-meterai/
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2020 tentang Bea Meterai
























Related Posts

38 comments

  1. kenal meterai digital karena mau daftar cpns kemarin dulu itu. tapi emang gampang banget sih dipakainya. praktis beli dan bayarnya, praktis pakainya juga

    ReplyDelete
  2. Pertama kali pakai e-materai terasa sedikit ribet karena belum terbiasa. Sekarang udah lebih gampang makenya, apa lagi gak ribet kalau mau beli

    ReplyDelete
  3. Enaknya pakai meterai digital gini jadi tidak perlu nempel-nempel ya. Selain itu, tidak perlu surat atau dokumen hardcopy. Semuanya serba digital, sehingga untuk pendistribusian pun menjadi lebih mudah, karena tinggal kirim file atau softcopy yang sudah dibubui meterai digital.

    ReplyDelete
  4. Lah baru tahu aku, kalo ada meterai digital,, ini buat bayar urusan Pembayaran pajak doank atau gimana pak, klo bisa digunakan untuk kebutuhan Lain kan enak, sangat bermanfaat untuk orang-orang kaya aku yang jauh dimato

    ReplyDelete
  5. Aku beberapa kali ke kantor pos mau beli materai, selalu kosong. Adanya di Indomaret/ toko buku, tapi kan harga beda. Nah, kebetulan nih, dokumennya toh digital. Bagus nih ada e-materai. Engga ribet lagi, scan dokumen segala. Ke PrivyId aja...

    ReplyDelete
  6. Wah baru tahu ada materai digital. Tahu gitu nggak susah-susah cari materai. Lebih praktis dan cepat bikin surat perjanjian yang pakai materai.

    ReplyDelete
  7. Makin praktis berarti ya kalau pale Privy buat urus dokumen digital yang biasanya butuh meterai dan tanda tangan basah.

    ReplyDelete
  8. Privy emang selalu membantu untuk urusan dokumen digital. Apalagi sekarang udah jamannya serba online. Aku sering pakai Privy dan sangat mudah

    ReplyDelete
  9. Penggunaannya yang sah jadinya untuk urusan dokumen legalitasnya terjamin ya kak. Se-praktis itu pakai privy yang memudahkan baik dari kedua pihak ya

    ReplyDelete
  10. Kehadiran e-meterai ini sebenarnya sudah lama ya. Hanya masih banyak orang belum tau atau familier. Padahal meterai digital sangat memudahkan. Banyak Keuntungan juga. Salah satunya tidak mudah rusak.

    ReplyDelete
  11. Senang sekaligus merasa terbantu nih dengan adanya Privy perusahaan yang bergerak dalam bidang penyediaan identitas dan tanda tangan digital di Indonesia urusan dokumen digital kita jadi makin mudah

    ReplyDelete
  12. Eranya serba digital, semua lini kehidupan jadi ikut berubah mengikuti perkembangan zaman. Termasuk penyediaan materai dalam bentuk digital, jadi lebih mudah dan praktis

    ReplyDelete
  13. Ah sekarang apa-apa dipermudah. Butuh materai digital aja sekarang tinggal beli di Privy udah praktis. Mau butuh berapa aja tak masalah nih.

    ReplyDelete
  14. Setuju banget kak. Sejak kenal Privy, aku ga pernah kerepotan tuh dlm mengirim dokumen online yg butuh tanda tangan. Tinggal koneksikan dgn akun Privy, bisa langsung terbubuhkan tuh tanda tangan digital kita. Hdp emg butuh kemudahan. Dan Privy menyediakannya.

    ReplyDelete
  15. Awalnya saya tahu Privy itu hanya sebagai tanda tangan online. Kebetulan juga pernah pakai soalnya. Ternyata, sekarang juga ada materai onlinenya juga, ya. Keren nih.

    ReplyDelete
  16. Privy ini memudahkan urusan digital ya, dari meterai dan tandatangan pula bisa dilakukan secara digital

    ReplyDelete
  17. Wah, keren banget langkah Privy nih! Dengan e-meterai, proses beli dan pakai meterai jadi lebih simpel buat semua orang. Bener-bener ngebantu banget buat keperluan personal sampe bisnis. Gak sabar buat coba sendiri! 👍🔖

    ReplyDelete
  18. Wih, canggih bener ya. Karena sekarang bisa beli dan menggunakan meterai digital di Privy. Fitur sama layanan Privy juga komplit, jadi makin praktis buat kebutuhan personal dan bisnis.

    ReplyDelete
  19. Aku baru tahu ada materai digital, dan cara menggunkannya juga mudah ya
    praktis ya, memudahkan dalam bertransaksi digital

    ReplyDelete
  20. Dengan kehadiran meterai digital, tentu dapat mempermudah banyak urusan ya kang. Saya rasa setiap orang harus menguasai penggunaannya agar tidak ketinggalan.

    ReplyDelete
  21. Semudah itu ya membeli e-meterai digital yang resmi. Legalitasnya jelas pun jelas. Jadi nggak perlu panik kalau tiba-tiba mesti menandatangani dokumen plus nempelin meterai di dokumen itu.

    ReplyDelete
  22. Cukup mudah juga ya cara membeli materai digitalnya.. ini sangat memudahkan untuk yang punya kepentingan legal

    ReplyDelete
  23. Nah, tidak membubuhkan tanda tangan basah pada e-meterai begini juga pernah disampaikan oleh rekan kerja saya beberapa waktu lalu. Soalnya memang peruntukan e-meterai ini kan berbeda dengan meterai tempel ya kan.

    ReplyDelete
  24. Jangan lupa pas masang e-meterai di dokumen secara digital, atur dulu tata letaknya... hahaha. Aku pas pertama kali pake sempat gak perhatian perkara ini, akhirnya ga bisa kepake. Cuma sekali sih karena baru pertama. Sekarang mah tiap butuh ttd digital lebih memilih pakai meterai digital saja

    ReplyDelete
  25. awalnya aneh karena belum familiar, menggunakan e materai dan tanda tangan digital. tapi ternyata ini memudahkan banget semua urusan dokumentasi dan legalitas. praktis dan bisa real time. naaah prixy ini aku belum nyobain nih, fiturnya banyak juga. semua produk dan layanan dalam satu aplikasi aja

    ReplyDelete
  26. Teknologi semakin berkembang, makin praktis saja nih menggunakan e-meterai. Kalau butuh meterai, nggak perlu jauh-jauh ke kang fotokopi, tinggal beli online aja di privy.. Masyaallah semudah itu..

    Vita mamanesia.com

    ReplyDelete
  27. Aku pernah nih pake materai digital, tapi waktu itu bingung cari cari tempat belinyaaa.. eh ternyata bisa dibeli juga di privy ya Kak, praktis niiih soalnya aku dah ada appnya juga.. hihi

    ReplyDelete
  28. Jaman sekarang semakin simple ya, semua bisa banget dibuat serba digital. Termasuk tanda tangan. Kalau dipelajari cara membeli meterai digital seperti di Privy tidak susah dan relatif bisa diikuti oleh orang sepertiku yang lumayan gabtek. Bisa banget nih pakai ttd digital..

    ReplyDelete
  29. Kalau ada privy ini pekerjaan yang membutuhkan legalitas dari materai bisa dengan mudah dilakukan, gak perlu print, tempel materai, scan, ribet. Praktis banget pakai privy.

    ReplyDelete
  30. Makin memudahkan kita dalam hal tanda tangan dokumen resmi yang mengharuskan ada materainya nih. Malah lebih praktis ya, kita bisa langsung mendapatkannya melalui Privy, sekaligus nanti menandatangani dokumen yang ada e-materainya itu.

    ReplyDelete
  31. Urusan legalisasi dokumen penting jadi lebih praktis sejak ada e-meterai dari Privy ya, Kak. Sebagai pekerja freelance di dunia digital, saya pun merasakan manfaat Privy ini, memudahkan banget.

    ReplyDelete
  32. Simple banget Ternyata cara beli materai digital di privy. Dan setuju banget kalau penggunaan meterai digital ini lebih memudahkan soalnya bisa dibeli secara online kalau materai biasa itu kadang nyari-nyari di fotokopian terdekat suka kosong

    ReplyDelete
  33. Privy nih berguna banget untuk ngurus berkas dokumen digital. apalagi sekarang banyak juga perusahaan yang ttd kontrak kerja pun digital, jadi perlu pakai Privy.

    ReplyDelete
  34. baru ngeuh lho pak kalo tulisan yang baku itu meterai bukan materai hehe,,btw privy keren banget layanannya

    ReplyDelete
  35. Lengkap juga ya layanan privy id ini. Aku pernah pengalaman sekali menggunakan tanda tangan surat atas permintaan dari bank komunal yang saat itu juga menggunakan privy.

    ReplyDelete
  36. Baru beberapa waktu lalu, atas rekomendasi klien aku beli e-materai di Privy untuk kepentingan tanda tangan kontrak. Mudah dan simple banget.

    ReplyDelete
  37. Semua sekarang serba digital ya.. Untung nya ada yg bs dipercaya seperti Privy jd bs cegah kepalsuan

    ReplyDelete
  38. Ini keren banget sih yaa..
    Adanya kemudahan membeli hal-hal yang berkaitan dengan dokumen digital namun tetap memiliki kekuatan hukum melalui Privy.

    ReplyDelete

Post a Comment