Tips Memilih Genset Berdasarkan Kebutuhannya

Konten [Tampil]
Penggunaan listrik dalam dunia industri merupakan hal yang sangat penting. Berbagai proses kerja dalam industri, mencakup kegiatan produksi, dan kegiatan perkantoran lainnya sangat bergantung pada ketersediaan sumber listrik. Namun demikian, sebuah perusahaan tidak bisa jika hanya bergantung pada satu sumber daya listrik dari perusahaan listrik. Harus ada sumber energi cadangan yang bisa digunakan saat dibutuhkan. Perusahaan bisa mendapatkan sumber listrik cadangan dengan menggunakan genset.

Namun demikian, sebelum membeli genset listrik, memahami jenis-jenis genset sesuai dengan kebutuhan adalah hal penting. Pengetahuan akan jenis genset generator ini penting dimiliki agar dapat memilih mesin yang tepat sesuai dengan kebutuhan daya yang diinginkan. Selain hal ini, juga terdapat beberapa tips memilih genset lainnya yang bisa dijadikan panduan saat akan membeli genset.
Genset

Jenis Generator Sesuai Kebutuhan

Ada beragam kategori jenis generator yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa jenis genset sesuai dengan kebutuhan penggunaannya adalah

1. Generator untuk Kantor atau Komersial

Generator untuk kantor atau generator komersial adalah generator yang umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk mendukung suplai listrik bagi aktivitas bisnis. Generator jenis ini biasanya digunakan di restoran, perkantoran, dan lainnya.

Generator untuk kantor ini biasanya digunakan sebagai cadangan saat terjadi pemadaman listrik, sehingga tidak mengganggu proses kerja. Untuk mendukung fungsinya sebagai cadangan listrik, genset ini dihubungkan dengan fitur otomatisasi, di mana genset akan secara otomatis menyala saat terjadi pemadaman listrik.

2. Generator Industri

Generator industri atau dikenal juga dengan generator industrial adalah jenis generator yang banyak digunakan untuk mensuplai kebutuhan listrik dalam bidang industri. Generator jenis ini memiliki daya yang sangat besar sesuai dengan penggunaannya.

Generator industri ini banyak digunakan untuk kegiatan yang membutuhkan pasokan listrik dalam jumlah besar, misal untuk pabrik, fasilitas produksi, dan lain sebagainya.

Generator set jenis ini dilengkapi juga dengan sistem pendinginan dan kontrol yang lebih canggih untuk mengoptimalkan kinerjanya.

3. Generator panel dan sistem

Generator panel dan sistem merupakan salah satu jenis genset yang dilengkapi dengan sistem yang berhubungan dengan pengoperasian dan pengawasan genset. Menggunakan generator ini dapat menyederhanakan pengoperasian dan pemantauan genset berhubungan dengan suplai listrik dari sumber utama dan cadangan.

4. Generator untuk rumahan

Genset rumahan saat ini sudah banyak digunakan oleh masyarakat. Khususnya saat terjadi pemadaman listrik, mereka masih tetap bisa beraktivitas dengan adanya genset.

Beberapa jenis generator di atas bisa menjadi informasi bagi Anda saat sedang mencari generator yang diinginkan. Saat ditanya produk yang diinginkan, cukup informasikan untuk kebutuhan apa, maka Anda akan mendapatkan rekomendasi produk dan spesifikasinya.
Tips memilih genset

Manfaat Generator Set Dalam Keseharian

Generator set atau genset adalah perangkat pembangkit listrik yang memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Beberapa manfaat generator set dalam kehidupan sehari-hari yaitu:

1. Sumber tenaga listrik

Salah satu manfaat dari adanya genset listrik dalam kehidupan sehari-hari adalah sebagai sumber tenaga listrik. Genset dapat digunakan sebagai penyuplai arus listrik untuk penerangan atau kegiatan lainnya di lokasi yang belum terjangkau jaringan listrik.

2. Sumber cadangan listrik

Selain dapat digunakan sebagai sumber listrik utama pada beberapa daerah yang belum dijangkau jaringan listrik, genset juga memiliki manfaat sebagai sumber cadangan listrik, khususnya jika terjadi pemadaman listrik.

Itulah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan genset untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Memiliki genset listrik menjadikan semua tidak perlu khawatir lagi untuk dapat menyelesaikan aktivitas meskipun terjadi pemadaman listrik.

Tips Memilih Genset Sesuai Kebutuhan

Untuk membeli genset listrik Anda harus memperhatikan banyak hal. Memperhatikan beberapa hal atau tips berikut akan sangat membantu Anda dalam memilih produk yang tepat dan berkualitas. Apa saja tips memilih generator set yang perlu Anda ketahui? Berikut ulasannya lengkapnya.

1. Pastikan Besar Daya yang Dibutuhkan

Tips memilih genset yang pertama adalah mengetahui besar daya yang dibutuhkan. Mengetahui jumlah kebutuhan daya listrik untuk operasional perusahaan atau aktivitas di rumah merupakan hal penting. Mengetahui hal ini akan memudahkan dalam mengambil keputusan untuk membeli genset generator dengan daya berapa watt.

Untuk itu sebelum melakukan pembelian, ada baiknya jika benar-benar melakukan kalkulasi terhadap kebutuhan daya listrik untuk operasional. Misal, untuk kebutuhan perusahaan, maka harus menghitung semua kebutuhan daya listrik untuk satu perusahaan secara terperinci.

Sebagai contoh aktivitas produksi membutuhkan berapa watt, aktivitas layanan, maupun aktivitas lain yang berhubungan dengan akses listrik di perusahaan. Setelah mengetahui semua, maka akan tahu berapa total kebutuhan daya.

Jika Anda sudah menemukan kebutuhan total daya listrik untuk kegiatan operasional, sebaiknya Anda melakukan pembelian mesin genset listrik dengan daya melebihi kebutuhan. Ini bertujuan, agar jika ada penambahan perangkat kerja atau ada event besar, genset tetap dapat dioperasikan tanpa harus mengganggu penggunaan listrik pada aktivitas lain.

2. Perhatikan Tipe Genset

Secara umum ada dua tipe generator set yang ada di pasaran, yaitu tipe Silent dan tipe Open. Tipe genset silent akan sangat cocok jika digunakan untuk sumber daya listrik di dalam ruangan. Seperti namanya, silent atau diam, tipe genset ini tidak berisik karena pabrik sudah melengkapinya dengan peredam suara.

Tipe silent genset yang tidak berisik ini sangat pas untuk digunakan di kantor atau rumah. Menggunakan genset ini di kantor atau sebagai genset rumahan adalah pilihan tepat, karena tidak akan mengganggu sekitar.

Tipe kedua adalah tipe Open. Genset industri dengan tipe ini sangat cocok digunakan untuk mendukung aktivitas outdoor pada pabrik. Penggunaan genset tipe ini di luar ruangan lebih tepat dibanding untuk dalam ruangan karena suara mesin yang bising.

Tempat Penjualan Genset Generator Terpercaya

3. Perhatikan Tipe Mesin Genset

Sebelum membeli genset, ada baiknya Anda bertanya terlebih dahulu mengenai tipe mesin genset yang digunakan. Apakah menggunakan mesin 2 tak atau mesin 4 tak. Terlebih jika untuk kebutuhan industri. Anda harus memastikan hal ini.

Mesin 4 tak biasanya memiliki pembakaran yang lebih sempurna daripada mesin 2 tak sehingga kinerja genset lebih baik. Selain itu, pasokan listrik pada mesin 4 tak juga lebih besar yaitu hingga 10.000 watt.

4. Pertimbangkan Jenis Bahan Bakar

Setiap genset tersedia dalam beberapa macam jenis bahan bakar yang digunakan. Jenis bahan bakar yang digunakan pada genset yang umum di masyarakat adalah bensin dan solar, meskipun sebenarnya masih ada jenis bahan bakar lain yang digunakan. Berdasar jenis bahan bakar ini kemudian di masyarakat dikenal istilah genset listrik dan genset solar.

Pada prinsipnya, yang harus menjadi perhatian saat memilih jenis genset generator berdasar jenis bahan bakarnya adalah kemudahan untuk mendapatkan bahan bakar. Memperhatikan hal ini akan memberikan kemudahan saat akan mengoperasikan genset listrik pada situasi yang darurat.

5. Pastikan Ada Garansi dan Sparepart Tersedia

Tips memilih genset selanjutnya adalah pastikan ada garansi. Garansi adalah hal yang wajib Anda dapatkan saat membeli suatu produk, termasuk genset. Ini sebagai jaminan untuk klaim jika pada masa garansi terjadi masalah pada genset yang Anda beli.

Selain memastikan ada garansi, Anda juga harus memastikan ketersediaan sparepart atau suku cadang. Mengetahui informasi ketersediaan suku cadang asli akan sangat membantu di kemudian hari jika terjadi kerusakan pada genset.
jenis generator set

6. Pastikan Ada Service Centre yang bisa dijangkau

Genset adalah sebuah perangkat dengan berbagai komponen di dalamnya yang berbeda dengan perangkat lain. Tidak semua bengkel dapat mengatasi kerusakan pada genset. Untuk itu, Anda harus memastikan adanya service centre yang bisa Anda jangkau dengan mudah.

7. Pilihlah Tempat Penjualan Generator Terpercaya dan Mempunyai Kualitas Purna Jual Andal

Tips memilih genset yang tidak kalah penting adalah memilih tempat penjualan generator set yang terpercaya. Tempat penjualan generator terpercaya biasanya menyediakan produk generator listrik yang berkualitas. Tidak hanya itu, mereka biasanya juga sudah siap dengan berbagai suku cadang asli untuk membantu konsumen di saat membutuhkan.

Itulah beberapa informasi mengenai tips memilih genset sesuai kebutuhan yang bisa menjadi pertimbangan sebelum membeli Jika Anda sedang mencari genset untuk rumah, genset untuk kantor, atau genset untuk kebutuhan industri, Kawan Lama bisa menjadi pilihan. Perusahaan ini sudah berstandar ISO dan sudah bergerak dalam bidang mesin dan alat industri lainnya selama puluhan tahun.

Temukan berbagai jenis genset yang sesuai kebutuhan Anda dengan mengunjungi Kawan Lama di www.kawanlama.com.

Referensi:
https://www.kawanlama.com/blog/ulasan/jenis-generator
https://www.kawanlama.com/blog/tips/6-tips-membeli-genset-agar-tidak-salah-beli

Related Posts

24 comments

  1. Gemes banget kalau jam kerja tiba-tiba listrik padam dalam waktu yang lama. Sewa genset lumayan mahal. Mau beli masih maju mundur. Baca review di sini jadi paham cara memilih genset dan belinya di Kawan Lama.

    ReplyDelete
  2. Makasih tipsnya. Memang saya awam banget tentang mesin genset. Ternyata setelah milih mesinnya, penting juga ada service centernya juga karena nggak semua bengkel bisa memperbaiki genset

    ReplyDelete
  3. genset ini penting banget bagi yang tinggal di daerah sering pemadaman listrik. apalagi sedang buka bisnis sendiri. jadi pemilihan genset harus tepat biar awet

    ReplyDelete
  4. Jadi teringat teman di sebuah kota di Sumatra. Listrik di kotanya sangat sering padam, bahkan bisa sampai berhari-hari. Genset udah jadi benda yang wajib ada di sana. tentunya genset yang tangguh. Kalau nggak gitu, bisa kacau semua urusan.

    ReplyDelete
  5. perusahaan memang sangat membutuhkan genset dalam operasionalnya. memilih genset juga harus di tempat yang terpercaya. wajib kepoin kawan lama ini sih.

    ReplyDelete
  6. Beli genset emg ga bs sembarangan sih. Ntar ada yg jual murah eh barangnya tiruan. Blm dipake setahun, brgnya udh rusak aja. Mknya hrs beli genset/generator yg pasti2 orisinal aja lah. Pgn cek deh harga genset/generator di Kawan Lama ini. Banyak bngt merek hingga jenisnya tuh. Jadi bingung mau pilih yg mana.

    ReplyDelete
  7. Penggunaan genset untuk kantor atau restoran ini sangat dibutuhkan ya apalagi jika terjadi pemadaman listrik. Kalau tidak ada genset yang menunjang, pekerjaan jadi terbengkalai.

    Pilih genset yang memiliki kualitas yg bagus dan service yang baik agar pekerjaan kita jadi lebih optimal.

    ReplyDelete
  8. Genset untuk kantor dan industri itu butuh yang gede. Tadi siang kantorku mati, punya genset cuma kecil kapasitasnya. Alhasil nungggu listrik idup aja hehe

    ReplyDelete
  9. Memang untuk perkantoran dan usaha baik skala besar maupun kecil, wajib sekali punya genset. Misalnya usaha fotocopy. Kalau listrik padam seharian, maka tidak ada juga penghasilan. Jadi sedia genset yang bagus agar nanti bisa membantu maksimal dan tahan lama juga.

    ReplyDelete
  10. Proses kerja dalam industri, seperti kegiatan produksi, dan kegiatan perkantoran lainnya sangat bergantung pada ketersediaan sumber listrik. Kalau sampai listrik padam, semua kegiatan tersebut pasti akan terhambat. Oleh karenanya ketersediaan genset itu penting sekali, yaa...

    ReplyDelete
  11. Di kampungku nih sering mati lampu. Waktunya lama juga, sempat 3 hari mati total gak hidup sama sekali. Kayaknya perlu deh beli genset kalau gitu.

    ReplyDelete
  12. Baru tahu kalau ada jenis genset silent dan open. Cocok ya yang silent dipakai di rumah. Tapi sepertinya jarang sekali rumah tangga punya genset 🤭

    ReplyDelete
  13. Kalau pas lagi mati listrik, sangat dibutuhkan generator ini, terlebih buat pemilik usaha. Apalagi terkadang suka gak engeh eh tiba² lagi ada pemadaman sementara kan.

    ReplyDelete
  14. Pengin sih beli Genset karena usaha di rumah kebanyakan menggunakan listrik dan sering terjadi pemadaman listrik. Tapi, selalu maju mundur karena harganya yang lumayan dan belum terlalu urgent 😊

    ReplyDelete
  15. Dulu dirumah nenek saya ada sedia genset, karena emang daerahnha sering pemadaman. Dengan adanya genset kita gak perlu khawatir kalau ada pemadaman

    ReplyDelete
  16. Waktu camping tahun baru kemaren, ada yg bawa genset segede koper gitu deh. Jadi mereka listrik dari sana. Bagus itu masak pakai rice cooker terus lampu juga terang. Itu genset jenis apa dan berapa harganya ya?

    ReplyDelete
  17. memilih genset yang tepat tidaklah mudah. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, seperti jenis genset, kapasitas daya, bahan bakar, dan lain sebagainya.
    Jika salah pilih, genset tidak akan dapat memenuhi kebutuhan kita dengan optimal, bahkan bisa mendatangkan masalah.

    ReplyDelete
  18. aku dulu waktu di Balikpapan pernah pake genset. solanya langganan mati lampu. tidur tuh rasanya nggak tenang banget soalnya berisiiik. tapi, kalo nggak pake genset juga panas hehe

    ReplyDelete
  19. Memilih genset untuk kebutuhan itu banyak pertimbangan. Selain itu harus ada tempat dan layanan service yang mudah dijangkau.

    ReplyDelete
  20. Tetangga depan rumah juga ada yang punya Genset, jadi kalau ada pemadaman bisa nunut ngecharge Hape. Tapi untunglah di daerahku jarang pemadaman. Walaupun begitu ga ada salahnha juga sih menyediakan ukuran yang sesuai untuk berjaga-jaga..

    ReplyDelete
  21. Sekarang sekelas rumah juga butuh ya dengan adanya genset untuk alternatif jika ada pemadaman lampu dari PLN, kan jadi ga bakal galau lagi kalau usah sedia genset, ya. Tinggal sat set sat set, bisa nyala lagi dah

    ReplyDelete
  22. Thank you ulasannya, Pak. Pas banget nih lagi mempertimbangkan beli genset untuk bulan depan karena udah gak kuat seringnya mati listrik di sini. Jadi punya bayangan bisa pilih genset yang mana

    ReplyDelete
  23. Kebutuhan akan listrik ini penting sekali.
    Dan dengan adanya genset, maka bisa dengan cepat masalah listrik terpenuhi. Kudu banget memilih genset berkualitas berstandar ISO agar aman.

    ReplyDelete
  24. Genset ini memang termasuk peralatan yang penting dimiliki terutama perusahaan karena sangat membantu dalam hal operasional kantor

    ReplyDelete

Post a Comment