Manfaat dan Cara Mudah Eksfoliasi Wajah Untuk Pria

Konten [Tampil]
Sudah pakai produk perawatan wajah, tapi belum atau bahkan tidak ada perubahan? Kira-kira kenapa ya? Salah satunya bisa jadi karena melewati proses eksfoliasi wajah. Apa itu eksfoliasi? Jadi, sederhananya eksfoliasi adalah proses membuang kotoran dari kulit.

Memang sewajib itukah eksfoliasi wajah? Daripada bertanya-tanya, mending kita simak nih beberapa alasan kenapa perlu melakukan eksfoliasi, dan bagaimana caranya? Simak penjelasannya di sini yuk.
apa itu eksfoliasi

Apa itu eksfoliasi?

Dalam perawatan kulit, eksfoliasi ternyata memiliki peranan yang penting dalam menentukan keberhasilan. Sebenarnya apa sih eksfoliasi wajah itu? Mungkin sebagian dari kita sudah tahu dan sudah rutin melakukan eksfoliasi wajah, tapi ada juga sebagian yang mungkin masih bertanya-tanya tentang apa itu eksfoliasi wajah.

Jadi, eksfoliasi adalah proses perawatan kulit wajah dengan mengangkat kotoran dan debu, serta sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Bisa dibayangkan kan, bagaimana kalau kotoran dibiarkan begitu saja tidak dibersihkan, pasti akan menyebabkan gangguan pada kulit. Pastinya ini akan tidak menyenangkan, dan menurunkan rasa percaya diri.

Sebaliknya, dengan melakukan eksfoliasi wajah, wajah akan menjadi bersih karena kotoran terangkat. Pastinya wajah akan terlihat lebih cerah, dan tidak lagi kusam.

Selain bersih dan cerah juga ada banyak manfaat lain dari melakukan eksfoliasi wajah.

Manfaat eksfoliasi wajah

Dalam perawatan kulit wajah untuk memaksimalkan hasil perawatan diperlukan yang namanya eksfoliasi. Eksfoliasi adalah pembersihan kulit wajah dari kotoran, debu, dan pengangkatan sel kulit mati dari kulit.

Manfaat dari eksfoliasi wajah ini ada banyak, diantaranya:

1. Mencegah munculnya jerawat.

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah karena pori-pori kulit wajah yang tersumbat oleh kotoran. Agar kotoran terangkat maka harus dilakukan pembersihan dengan melakukan eksfoliasi wajah.

Eksfoliasi yang dilakukan secara rutin, dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati, sehingga terhindar dari penyumbatan kotoran yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

2. Membantu Penyerapan Skincare

Wajah yang penuh dengan kotoran, akan menjadi penghalang terserapnya skincare secara optimal. Agar penyerapan optimal, maka perlu dilakukan eksfoliasi wajah.

Eksfoliasi ini akan menjadikan kulit wajah dapat menyerap produk skincare dengan mudah, seperti produk serum dan pelembab untuk wajah.

3. Mencegah kulit kusam

Regenerasi kulit merupakan proses yang dialami setiap orang. Namun demikian, proses eksfoliasi pada setiap orang akan berbeda. Ada yang bisa optimal sehingga sel kulit mati terangkat sempurna. Ada pula yang tidak terangkat optimal, sehingga masih ada sisa-sisa sel kulit mati.

Jika sisa sel kulit mati dibiarkan begitu saja tanpa dilakukan perawatan, maka akan menjadikan kumpulan atan tumpukan sel kulit yang pada akhirnya menjadikan kulit terlihat kusam.

4. Memperbaiki tekstur kulit

Manfaat dari eksfoliasi wajah selanjutnya adalah memperbaiki tekstur kulit. Tekstur kulit akan menjadi kasar dan tidak rata karena banyaknya sel kulit mati yang terus menumpuk dari waktu ke waktu.

Maka dari itu, untuk memperbaiki tekstur kulit perlu dilakukan eksfoliasi wajah. Ini karena eksfoliasi adalah salah satu cara yang digunakan untuk mengangkat sel kulit mati.

Jadi, bagi yang ingin tekstur kulitnya tetap halus dan rata, maka eksfoliasi adalah hal yang harus dilakukan secara rutin.

5. Membantu mengoptimalkan Regenerasi Kulit

Sel kulit mati yang dibiarkan akan seperti timbunan sampah yang akan terus bertambah dari waktu ke waktu jika tidak diangkat dan dibersihkan.

Jika kondisi ini dibiarkan, maka akan sangat mengganggu proses regenerasi kulit. Maka dari itu, untuk meminimalisasi gangguan proses regenerasi kuli, eksfoliasi bisa menjadi salah satu upaya pencegahan yang banyak dijadikan pilihan.

Langkah-langkah eksfoliasi wajah

cara eksfoliasi wajah pria
Eksfoliasi dapat dilakukan di mana saja, baik dengan memanfaatkan layanan klinik atau dilakukan secara mandiri. Untuk melakukan eksfoliasi secara mandiri, langkah yang bisa dilakukan yaitu

1. Pilih produk yang biasa digunakan

Untuk melakukan eksfoliasi mandiri, sebaiknya mencari produk yang sudah biasa digunakan. Mengapa demikian karena produk skincare biasanya sudah dibuat dengan formulasi khusus yang merupakan rangkaian perawatan. Tujuannya agar perawatan bisa mencapai hasil yang optimal.

2. Gunakan Produk eksfoliasi yang sesuai jenis kulit

Mengetahui jenis kulit merupakan hal penting. Maka dari itu sebelum membeli produk harus tahu jenis kulit kita, apakah masuk dalam kulit sensitif, kulit normal, kering, atau berminyak.

Kita bisa memilih produk yang sesuai dengan jenis kulit kita, sehingga tidak menimbulkan efek bagi kulit wajah.

3. Lakukan eksfoliasi dengan lembut

Satu hal yang harus menjadi perhatian saat melakukan eksfoliasi adalah melakukannya dengan lembut. Dalam setiap aturan pakai biasanya sudah disebutkan bagaimana seharusnya mengaplikasikan pada wajah.

Saat melakukan eksfoliasi disarankan melakukan gerakan memutar dengan pijatan lembut pada wajah selama beberapa detik. Setelah itu diamkan sejenak, lalu bilas wajah dengan air. Akan lebih baik jika menggunakan air hangat,

4. Lakukan eksfoliasi secara rutin

Cara eksfoliasi wajah secara mandiri di rumah selanjutnya adalah melakukannya secara rutin. Eksfoliasi yang dilakukan secara rutin akan sangat membantu dalam menjaga kebersihan dan kesehatan wajah dari kotoran yang menempel pada wajah. Baik itu debu atau kotoran karena polusi, maupun sisa dari make up yang digunakan.

Bagaimana mudah bukan untuk melakukan eksfoliasi secara mandiri di rumah? Bisa dilakukan kapan saja dengan sambil menikmati kebersamaan dengan pasangan.

Metode Eksfoliasi

metode eksfoliasi
Selain eksfoliasi mandiri, ada beberapa metode lain yang bisa diterapkan, dan bisa dipilih sesuai dengan keinginan atau kebutuhan yaitu

1. Metode eksfoliasi fisik

Metode ini menghilangkan sel-sel kulit mati dengan menggunakan peralatan khusus yang digunakan untuk mengikis atau menyedotnya. Alat yang digunakan dikenal dengan sebutan mesin mikrodermabrasi. Karena menggunakan peralatan khusus, tentunya ini haru dilakukan oleh profesional. Jadi tidak sembarangan melakukan sendiri di rumah.

2. Metode eksfoliasi kimia

Metode eksfoliasi kimia ini biasanya menjadi metode yang biasa digunakan dalam mengangkat sel-sel kulit mati. Metode ini juga bisa dilakukan dirumah. Metode ini menggunakan bahan kimia tertentu untuk membantu melarutkan dan mengangkat sel-sel kulit mati, seperti asam alfa hidroksi (AHA), asam beta hidroksi (BHA), atau enzim tertentu.

Contoh eksfoliasi kimia yaitu menggunakan produk seperti toner, serum, atau masker. Namun demikian, untuk menjaga agar tetap aman, kita harus memastikan produk yang digunakan aman dan cocok untuk kulit. Kata orang cari yang sudah berizin BPOM, dan lihat kandungannya apakah cocok dengan kulit kita.

3. Metode eksfoliasi mekanis

Metode ini biasanya dilakukan dengan menggunakan bantuan alat khusus untuk mengangkat sel kulit mati. Metode ini merupakan metode tradisional yang biasanya menggunakan sikat atau kain khusus sebagai alat bantu. Namun ini harus dipertimbangkan dengan matang, karena bisa menyebabkan goresan atau luka pada kulit yang jika terjadi bisa menimbulkan iritasi.

Selain menggunakan alat khusus, eksfoliasi kulit wajah juga dilakukan dengan menggunakan scrub wajah. Scrub wajah bisa menjadi pilihan karena lebih aman daripada menggunakan metode tradisional di atas. Menggunakan scrub wajah yang lembut menjadikan proses pengangkatan sel kulit mati lebih aman bagi kulit.

Melakukan eksfoliasi bisa dilakukan oleh semua orang baik perempuan maupun laki-laki agar bisa tampil sempurna di depan pasangan dan di depan umum. Bagi kaum ada, salah satu produk eksfoliasi yang bisa menjadi pilihan yaitu Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub.

Scrub Wajah Pria Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub

eksfoliasi adalah
Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub adalah sabun cuci muka khusus pria yang lembut dan ampuh membantu mengangkat sel kulit mati dari wajah. Kahf Gentle ini sangat cocok digunakan untuk menghilangkan noda hitam dan kusam pada wajah sehingga akan tampak bersih dan cerah.

Kandungan Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub

Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub ini memiliki bebrapa kandungan yangs angat bermanfaat untuk menjaga kulit wajah tetap sehat. Beberapa kandungan dan khasiatnya yaitu

Brazilian Coffee Extract

Kandungan ini memberikan manfaat dalam meningkatkan kualitas tekstur kulit wajah

Hydro Balance

Manfaat dari kandungan ini adalah menjaga kelembaban alami dari kulit wajah

Korean Ginseng

Korean ginseng ini memiliki khasiat untuk menghilangkan noda hitam pada wajah

Hydra Silica Scrub

Hydra Silica Scrub ini adalah kandungan yang bermanfaat dalam mengangkat sel kulit mati pada wajah.

Itulah beberapa kandungan yang terdapat dalam Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub yang dapat dibawa kemana saja dengan kemasan praktis 100 ml.

Cara Penggunaan

Bagaimana cara menggunakan scrub wajah pria ini? Penggunaannya sangat mudah dan bisa dilakukan di mana saja yaitu
  1. Basahi wajah dengan air
  2. Keluarkan sabun secukupnya pada telapak tangan.
  3. Ratakan sabun ke seluruh wajah dengan lembut dan perlahan..
  4. Bilas wajah hingga bersih.

Kesimpulan

Setiap orang pasti akan mengalami wajah kotor baik karena debu, kotoran lain akibat polusi, atau karena sel kulit mati. Untuk menjadikan wajah terlihat cerah dan bersih dapat dilakukan dengan eksfoliasi wajah.

Eksfoliasi adalah proses perawatan kulit wajah dengan mengangkat kotoran dan debu, serta sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Di antara cara eksfoliasi wajah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan scrub. Salah satu produk yang bisa menjadi rekomendasi dan pilihan dalam mewujudkan wajah yang cerah adalah Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub. Selain karena kandungan dan khasiatnya yang bagus untuk wajah, produk ini layak menjadi pilihan karena mudah untuk didapatkan.

Tunggu apalagi? Segera wujudkan impian memiliki wajah cerah dengan melakukan eksfoliasi menggunakan sabun muka pria, Kahf Gentle Exfoliating Face Scrub.
Newest Older

Related Posts

1 comment

  1. waah samaan, suamiku juga pakai kahf scrub wajah dan sunscreen nya ^^ sepertinya cocok di suamiku, wajahnya lebih bersih keliatannya

    ReplyDelete

Post a Comment