Jangan Biarkan Tanpa Fungsi, Ini 8 Cara Memanfaatkan Balkon

Konten [Tampil]
Balkon, teras terbatas yang sering menjadi ciri khas rumah atau apartemen, adalah salah satu aset penting dalam mendesain hunian. Lebih dari sekadar elemen arsitektur, area ini menjadi ruang tambahan yang berpotensi besar untuk memperluas fungsi rumah.

Saat ini, pentingnya memiliki area ini di rumah semakin ditekankan karena kebutuhan akan ruang terbuka yang nyaman dan fungsional. Memahami potensinya dan cara optimal untuk memanfaatkannya akan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup di dalam rumah.
waterproofing adalah
Sumber:https://www.pexels.com/photo/round-metal-patio-near-railings-at-night-1638341/

8 Cara Memanfaatkan Balkon

Untuk dapat memanfaatkan area ini menjadi lebih maksimal, Anda dapat menerapkannya untuk beberapa hal berikut:

Membuat Taman Mini

Area ini dapat diubah menjadi berbagai bentuk ruang yang berguna dan menarik. Salah satu cara untuk memaksimalkan potensinya adalah dengan menjadikannya sebagai taman mini.

Menempatkan tanaman-tanaman hijau akan memberikan kesegaran dan keindahan pada rumah Anda, khususnya bagi tempat tinggal dengan lahan terbatas seperti apartemen. Ini merupakan solusi praktis untuk mengoptimalkan ruang yang ada.

Dimanfaatkan sebagai Tempat Menjemur

Selain dapat dijadikan sebagai taman mini, area ini juga dapat difungsikan sebagai tempat untuk menjemur pakaian. Karena kemungkinan besar akan terkena paparan sinar matahari secara langsung, maka tentunya akan sangat bermanfaat bagi Anda yang kekurangan ruang untuk menjemur pakaian.

Tempat Bersantai atau Ruang Baca

Ruangan outdoor seringkali menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai dan membaca. Area ini jika dihias dengan kursi atau sofa minimalis dapat menjadi tempat ideal untuk menikmati udara segar sambil menikmati buku favorit.

Anda dapat bersantai bersama keluarga atau kerabat tercinta sambil berbincang santai atau sekedar menikmati teh bersama saat senja. Dengan begitu, secara tidak langsung dapat mempererat hubungan Anda bersama anggota keluarga lainnya.
waterproofing
Sumber:https://www.pexels.com/photo/man-in-black-jacket-sitting-on-bench-outdoors-1057029/

Tempat Menyimpan Barang

Area satu ini juga dapat berperan sebagai tempat penyimpanan barang atau perlengkapan rumah tangga yang tidak terpakai setiap hari. Hal ini akan membantu mengurangi kekacauan di dalam rumah.

Dengan begitu, bagian dalam rumah akan tertata lebih rapi dan mampu meningkatkan kenyamanan bagi penghuninya. Namun, tetap pastikan pada saat menyimpan barang di area ini, Anda tetap menyusunnya dengan rapi.

Tempat Bermain untuk Hewan Peliharaan

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan di rumah, area satu ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat bermain bagi hewan peliharaan. Hewan peliharaan Anda juga dapat menikmati area ini sebagai tempat bermain mereka.

Tempat Berolahraga

Fungsi selanjutnya, Anda dapat menggunakan area ini sebagai tempat untuk berolahraga, seperti yoga atau senam pagi. Dengan sedikit penataan, area satu ini dapat menjadi alternatif yang ideal untuk beraktivitas fisik di dalam rumah.

Ruang Tamu Outdoor

Area ini juga dapat difungsikan sebagai ruang tamu outdoor. Dengan penambahan kursi atau sofa yang nyaman, serta hiasan-hiasan yang menyenangkan, sehingga dapat menjadi tempat yang menyambut untuk menerima tamu atau bersantai bersama keluarga di udara terbuka.

Jika Anda hendak mengalihfungsikannya sebagai ruang tamu outdoor, penting untuk memastikan bahwa area ini terlindungi dari cuaca dan kelembapan eksternal. Salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan adalah menggunakan waterproofing.

Dapur Mini

Referensi pemanfaatan area ini yang terakhir adalah dapat dijadikan sebagai dapur mini. Dengan menyediakan alat masak dan perlengkapan makan ringan, Anda dapat menikmati suasana memasak di udara terbuka.

Buatlah dapur mini di area ini dengan desain yang minimalis namun tetap elegan. Dengan begitu, tampilan rumah menjadi lebih estetik dan fungsional.

Kesimpulan

Dengan memahami berbagai cara untuk memanfaatkan area ini, rumah dapat menjadi lebih hidup dan multifungsi. Tidak hanya sebagai tambahan ruang, juga dapat menjadi area yang menyenangkan dan bermanfaat bagi penghuninya. Untuk membuatnya tetap terasa nyaman dan aman dari kebocoran atau kelembapan, waterproofing adalah solusi terbaiknya.

Pastikan memilih jenis produk lapisan waterproof yang paling tepat untuk dinding area ini. Pilihlah produk dengan kualitas tinggi! Sebagai rekomendasi, Anda bisa mengandalkan SikaTop®-107 Seal ID.

Produk ini diterapkan untuk menjaga kekedapan air, baik di dalam maupun di luar bangunan pada permukaan beton dan mortar, dengan penerapannya yang mencakup berbagai area seperti kamar mandi, bagian kecil dari atap dak, balkon, teras, kolam renang, tangki air, serta area lain yang memerlukan perlindungan dari air.

Kelebihan dari produk satu ini adalah campurannya telah tertakar, sehingga memudahkan proses pencampuran dan penggunaannya. Selain itu, konsistensinya dapat disesuaikan untuk aplikasi dengan kuas atau trowel, memungkinkan fleksibilitas dalam penggunaan.

Produk ini juga memiliki daya rekat yang sangat baik pada substrat keras. Tentunya ia juga memiliki sifat kedap air dan tahan terhadap abrasi dan pengikisan.

Selain itu, produk ini tidak retak atau menyusut jika digunakan sesuai petunjuk, tidak bersifat korosif, tidak mudah terbakar, dan tidak beracun. Kelebihan lainnya adalah fleksibilitasnya yang cukup memungkinkan untuk berbagai aplikasi.

Sebagai informasi, Sika berpengalaman selama 113 tahun dan berhasil menangani berbagai proyek skala internasional salah satunya yaitu kompleks perumahan Mirador de los Ocobos di Kolombia Tengah. Perlu Anda ketahui juga bahwa Sika merupakan pelopor pertama waterproof semen di Indonesia.

Anda dapat memilih produk lapisan waterproof Sika yang paling sesuai untuk balkon rumah Anda agar terhindar dari berbagai masalah seperti kelembapan hingga kebocoran. Untuk informasi lebih lengkapnya, klik di sini!











Related Posts

6 comments

  1. mimpiku nih, bikin balkon yang ada taman kecil sekaligus bisa jadi ruang santai dan membaca. lengkap dengan sofa juga. tapi kepikiran kalau musim hujan. hehe. mungkin butuh atap yang bisa buka tutup itu ya, biar praktis

    ReplyDelete
  2. Aku pernah ngekost di tempat yang ada balkonnya. Biasanya sih kami pakai buat santai. Karena sama ibu kostnya memang dijadikan lahan terbuka gitu. Asyik banget sih santai di balkon tuh. Sejuk kalau lagi nggak ada panas matahari yang terlalu menyengat.

    ReplyDelete
  3. Sampai saat ini, saya masih berkeinginan punya rumah tingkat dan ada balkonnya. Dan memang balkon banyak manfaatnya juga, termasuk enaknya kalau pagi atau sore-sore, duduk-duduk di sofa empuk sambil membaca buku dan mendengarkan musik. Lalu ada camilan dan secangkir teh hangat hehehe.

    ReplyDelete
  4. Saya banget nih manfaatin balkon buat menjemu karena panasnya emang paling mantep di area balkon.

    ReplyDelete
  5. Intinya biar bisa memanfaatkan semua area rumah dengan maksimal ya temasuk area balkon. Kalo saya suka memanfaatkan balkon untuk bersantai sambil makan cemilan. Bayangin lagi ada di cafe hehe

    ReplyDelete
  6. Wah keren sepertinya kalau balkon dibuat tempat memasak juga
    Bisa buat santai di sana, main di sana dan makan di sana. Apalagi kalau balkon nya gak terlihat secara jelas oleh masyarakat umum. Jadi makin betah main dan beraktivitas di balkon

    ReplyDelete

Post a Comment