Rekomendasi Obat Masuk Angin Anak Alami Aman untuk Anak

Konten [Tampil]

obat masuk angin anak alami

Masuk angin bisa terjadi pada siapa saja, tidak terkecuali kepada anak-anak. Masuk angin sebenarnya bisa reda dengan sendirinya, namun jika gejalanya cukup mengganggu kondisi anak, orang tua bisa memberikan obat masuk angin anak alami untuk meredakannya seperti tolak angin anak.

Mengingat anak tidak tahu apa itu masuk angin, dan mereka biasanya hanya akan diam atau menangis, atau bisa jadi rewel, maka orang tua harus tahu ciri-ciri masuk angin pada anak. Saat mengetahui berbagai tanda masuk angin, orang tua bisa mengkonfirmasi anak tentang apa yang dirasakannya.

Ciri-Ciri Anak Masuk Angin

ciri anak masuk angin

Sebagai orang tua, mengetahui tanda anak masuk angin adalah hal penting. Ini karena anak-anak biasanya hanya akan rewel atau menyampaikan para orang tua kalau dia sedang sakit. Meskipun masuk angin bukanlah sebuah penyakit. Orang tua harus tahu bahwa tanda masuk angin antara anak yang satu berbeda dengan yang lainnya. 


Diantara gejala masuk angin yang umum dirasakan penderitanya yaitu pilek dan batuk, hidung tersumbat, demam, perut kembung, mual dan muntah, pusing atau sakit kepala, diare, radang tenggorokan, lemas, nyeri otot dan sendi, cenderung sering buang gas, seperti bersendawa atau kentut.


Tanda anak masuk angin  tidak jauh berbeda dengan gejala masuk angin yang terjadi pada orang dewasa. Anak yang masuk angin cenderung mengalami keluhan seperti mengalami flu, yaitu pilek, hidung tersumbat, batuk, sakit kepala, dan lainnya.


Jika anak mengalami salah satu dari gejala itu, maka orang tua harus segera mengambil tindakan untuk mengatasinya.


Cara Mengatasi Masuk Angin Pada Anak

obat masuk angin anak

Saat anak mengalami masuk angin, orang tua harus sigap untuk mengatasinya sekera. Sebagai pertolongan pertama yang bisa dilakukan orang tua untuk mengatasi masuk angin pada anak yaitu

1. Meminta anak untuk istirahat 

Beristirahat dengan cukup akan membantu mengatasi masuk angin pada anak. Orang tua harus memastikan anak istirahat cukup, yaitu 7-8 jam dalam sehari.


2. Mengolesi tubuh anak dengan minyak angin atau minyak kayu putih

Mengolesi tubuh anak dengan minyak kayu putih atau minyak angin, akan membantu meredakan gejala masuk angin. Oleskan minyak angin pada bagian tubuh seperti punggung, leher, dada, lengan dan kaki.


3. Memberikan makanan hangat

Makanan hangat seperti sup dipercaya dapat membantu meredakan gejala masuk angin pada anak. Makanan hangat berupa sup akan mudah dikonsumsi anak dari pada makanan berupa nasi. Selain itu, sup yang dikonsumsi hangat bisa melegakan tenggorokan, yang juga merupakan salah satu gejala dari masuk angin.


4. Memberikan obat kepada anak

Selain melakukan beberapa hal di atas, untuk mengatasi masuk angin pada anak, orang tua juga bisa menggunakan obat untuk membantu meredakan gejala masuk angin pada anak. Akan lebih baik jika menggunakan obat masuk angin anak alami.


Rekomendasi obat masuk angin anak alami

Ada banyak obat masuk angin anak alami yang bisa dipilih orang tua untuk membantu mengatasi masuk angin pada anak. Beberapa obat masuk angin alami untuk anak yang bisa digunakan orang tua untuk mengatasi masuk angin pada anak yaitu

1. Madu

obat masuk angin alami

Madu seringkali digunakan sebagai obat alami oleh banyak orang karena khasiatnya yang dapat meredakan gejala masuk angin seperti demam, membantu melegakan tenggorokan, dan lain sebagainya. 


Selain dicampur dengan air, madu juga bisa dikonsumsi langsung tanpa bahan campuran lain, seperti air maupun perasan lemon sebagai sumber vitamin C.Minyak 

2. Kayu Putih

Minyak kayu putih merupakan salah satu jenis obat alami yang dapat membantu meringankan gejalan masuk angin seperti perut kembung, sakit perut, atau mual. Minyak kayu putih merupakan obat masuk angin alami yang mudah didapatkan di apotik oleh semua orang.


3. Elderberry

Elderberry adalah buah yang juga biasa digunakan sebagai obat masuk angin anak alami.Manfaat dari buah ini bisa membantu meredakan batuk, dan juga demam.


4. Tolak Angin Anak

obat masuk angin anak alami

Tolak angin anak adalah obat masuk angin anak alami dari Sidomuncul. Tolak Angin Anak terbuat dari ekstrak herbal alami dengan formulasi khusus. Di antara herbal yang terkandung dalam obat masuk angin anak ini yaitu ekstrak buah adas, kayu ules, daun cengkeh, jahe, daun min, madu, dan ekstrak tanduk. 


Kandungan bahan herbal yang terdapat dalam satu sachet Tolak Angin Anak berkhasiat untuk membantu meredakan masuk angin dan gejala-gejalanya, seperti sumeng (meriang), pusing, perut mulas, dan kembung.


Selain sebagai obat masuk angin untuk anak, Tolak Angin Anak juga dapat dikonsumsi secara rutin sebagai ikhtiar menjaga daya tahan tubuh anak. Caranya gampang, . cukup konsumsi sebelum anak beraktivitas, saat perjalanan jauh, dan atau saat terjadi perubahan cuaca sehingga daya tahan tubuh anak kuat dan tidak mudah sakit.


Tolak angin anak cair ini tersedia dalam kemasan botol 60 ml yang bisa jadi stok di rumah. Ada juga kemasan sachet yang mudah dibawa bepergian sehingga mudah dikonsumsi saat dibutuhkan.


Segera beli tolak angin anak dan dapatkan penawaran khusus untuk Anda.


Referensi:

https://www.siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/gejala-masuk-angin

https://www.halodoc.com/artikel/ibu-ketahui-ciri-ciri-masuk-angin-pada-anak-dan-penanganannya


Related Posts

13 comments

  1. Biasanya sih kalau dengan memberikan makanan hangat dan madu sudah reda masuk anginnya, maka ndak perlu obat lagi. Tapi, tolak angin anak bisa jadi pilihan selanjutnya sihh.

    ReplyDelete
  2. Biasanya kalo anakku masuk angin cuma dioles minyak kayu putih ama teh hangat sih yaa. Untung sekarang ada tolak angin anak, jadi bisa diminumkan dan anak kembali sehat.

    ReplyDelete
  3. aku tim yang suka minum herbal kalo sakit daripada obat hehe. termasuk tolak angin ini kayak udah jadi kebiasaan apapun sakitnya pasti minum tolak angin haha. bahkan, sekadar capek nggak enak badan juga minum tolak angin

    ReplyDelete
  4. Cuaca memang kurang bagus ya, Mbak. jadi anak-anak juga mudah masuk angin. Kalau orang dewasa sih bisa dikerok hehehe.
    Makanya anak harus istirahat cukup dan diberikan asupan makanan dan minuman. terus kalau lagi pas di perjalanN memang sedia tolak angin anak.

    ReplyDelete
  5. Cuaca memang kurang bersahabat. Anak-anak jadi mudah masuk angin. Jadi memang harus istirahat yang cukup dengan asupan makanan juga. Terus kalau di perjalanan, sedia tolak angin anak juga.

    ReplyDelete
  6. Tapi kalau elderberry nyarinya agak susah kayanya ya, paling sering pakai madu, jahe, tolak angin kalau anak masuk angin

    ReplyDelete
  7. Masuk angin termasuk sakit yang banyak dialami oleh anak-anak, apalagi di musim penghujan seperti sekarang.
    Jadi orang tua harus extra penjagaan ya kalau di musim seperti anak. Sedia obat-obatan alami seperti madu bisa jadi alternatif yang bagus juga ya buat jaga imun anak

    ReplyDelete
  8. Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran anak, saya selalu sedia madu dan minyak kayu putih. Kalau mereka masuk angin, tinggal kasih air madu hangat dan dibalurin pakai minyak kayu putih. Nah kalau masih belum sembuh juga, baru deh, kasih obat seperti tolak angin.

    ReplyDelete
  9. loh baru tau aku tolak angin ada yang buat anak. emang manjur banget ini tolak angin untuk atasi masuk angin. obat alami favoritku ini

    ReplyDelete
  10. Aku juga ga buru-buru kasi obat kalau anakku summeng atau masuk angin. Karena keduanya bisa dibantu dengan konsumsi obat herbal dari Sidomuncul yang terpercaya berkhasiat memperbaiki daya tahan tubuh anak. Aku selalu sedia Tolak angin anak di rumah.

    ReplyDelete
  11. Banyak juga ya cara untuk mengatasi masuk angin pada anak, dan semakin diandalkan yaa tetap Tolak Angin Anak, produk ini memang cocok dikonsumsi oleh anak.

    ReplyDelete
  12. Berarti gejala masuk angin pada anak itu sebenarnya sama aja gejalanya kayak orang dewasa ya kak. Nah kalau Tolak Angin anak itu kayak keponakanku di rumah pasti stokin Tolak Angin anak biar bebas dari masuk angin

    ReplyDelete
  13. Tolak angin anak emang obat masuk angin andalan unguk anak
    Di rumah aku sedia yolak angin anak

    ReplyDelete

Post a Comment