Anda Wajib Tahu! 7 Tips Perawatan Motor Sebelum Liburan

Konten [Tampil]
Libur akhir tahun merupaka momen yang ditunggu bayak orang. Pasalnya pada waktu-waktu ini terdapat libur yang cukup panjang. Mulai libur sekolah bersambung libur natal hingga tahun baru. Bagi yang memilih berlibur menggunakan sepeda motor, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga performa kendaraan agar perjalanan lancar dan aman. Mau tahu apa saja tips perawatan motor sebelum liburan yang harus diketahui agar liburan aman dan nyaman?

Salah satu retail Servis Motor dan Pusat Ban Motor ternama di Indonesia, Planet Ban membagikan rahasia seputar tips merawat motor agar setiap komponennya terjaga fungsinya. Mengetahui dan menerapkan beberapa tips perawatan motor sebelum liburan akan menjadikan liburan lancar tanpa kendala.
Planet Ban

Tips Perawatan Motor Sebelum Liburan

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, melakukan perawatan kendaraan secara rutin dan berkala harus dilakukan. Tujuannya adalah untuk menjaga kondisi mesin dan komponen lainnya tetap terjaga dengan baik. Selain itu, dengan perawatan secara rutin, Anda akan tahu apa saja komponen yang masih layak digunakan, dan komponen apa saja yang harus diganti. Berikut beberapa tips perawatan motor sebelum liburan yang harus Anda ketahui:

1. Cek Kondisi Ban Motor

Ban motor adalah komponen penting yang menentukan keselamatan saat berkendara. Agar perjalanan aman dan nyaman, penting bagi Anda sebelum bepergian atau berlibur untuk mengecek kondisi ban. Pastikan ban dalam kondisi prima, tidak ada keretakan atau sobekan, alur yang menipis, maupun tekstur bergelombang.

Jika ban sudah tidak layak atau sudah aus, sebaiknya segera segera mengganti dengan ban baru. ANda bisa melakukan penggantian ban baru motor anda di Planet Ban terdekat. Planet Ban menyediakan berbagai merek, dan ukuran ban motor yang bisa disesuaikan dengan sepeda motor Anda.

Jika semua kondisi dipastikan dalam keadan baik, atau ban motor anda sudah diganti dengan yang baru, yang harus diperhatikan sebelum melakukan perjalanan adalah memastikan tekanan udara dalam kondisi normal.
tips perawatan motor sebelum liburan

2. Cek Kondisi Rem

Salah satu standar komponen yang perlu dipastikan berfungsi dengan baik saat akan melakukan perjalanan adalah rem. Selain ban motor, rem memiliki fungsi penting dalam menjaga keamanan dalam perjalanan.

Pastikan rem betul-betul bekerja dengan baik. Jika kondisi rem sudah terlalu dalam saat tuas ditekan atau diinjak, maka Anda perlu mengganti kampas rem.

Ada cara mengetahui apakah rem sudah aus atau belum yang bisa anda gunakan. ANda bisa memeriksa kkeausan pada rem secara manual menggunakan indikator penunjuk yang terdapat di setiap dinding tromol. Jika dinding tromol sudah sejajar dengan tanda batas yang ada, maka bagian kampas tromol (brake shoe) perlu segera diganti. Sedangkan pada rem cakram, Anda bisa melihat ketebalan dari kampas maupun piringan rem. Mengetahui cara ini akan sangat membantu dalam mengurangi risiko yang tidak diinginkan selama perjalanan.

3. Cek Kondisi Oli Mesin

Tips perawatan motor sebelum liburan lainnya adalah mengganti oli mesin sepeda. Oli mesin memiliki fungsi yang penting bagi mesin yaitu sebagai pelumas. Pelumas ini akan menghindarkan piston dari gesekan kasar yang bisa menyebabkan kerusakan pada silinder atau pada piston itu sendiri.

Sebelum berkendara jarak jauh, yang harus anda lakukan adalah mengecek oli mesin atau mengganti oli mesin dengan oli baru. Pastikan oli yang Anda gunakan cocok untuk jarak jauh. Termasuk juga memeriksa kandungan minyaknya dan kandungan ester.

Ester pada oli merupakan komponen yang dapat mencegah mesih dalam suhu panas terlalu tinggi. Kandungan ester dalam oli akan membantu menjaga suhu mesin sepeda motor dalam kondisi yang stabil. Untuk itu, jika anad akan melakukan perjalanan jarak jauh pilihlah oli ester agar perjalanan makin nyaman.

Untuk mendapatkan oli dengan kandungan ester dengan harga terjangkau, Anda bisa menggunakan Oli eksklusif dari Planet Ban, yaitu oli X-Ten. Oli X-Ten ini memiliki kandungan ester yang dapat menjaga kondisi mesin motor tetap stabil meski dalam torsi tinggi. Kabar baiknya lagi, oli ini bisa digunakan hingga perjalanan 5000 kilometer.

4. Periksa Aki Motor

Tips merawat motor sebelum liburan selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan aki motor. Aki motor terkadang menjadi salah satu komponen yang dilupakan orang untuk dicek saat melakukan servis kendaraan. Padahal fungsi aki ini adalah sebagai sumber daya pada kendaraan bermotor. Untuk itu, anda perlu melakukan perawatan aki dengan melakukan pengecekan sebelum melakukan perjalanan jauh.

Sebelum melakukan pengeceka, anda harus tahu jenis aki apa yang anda gunakan. Apakah aki kering atau aki basah. Jika aki kering, anda harus pastikan aki tidak dalam kondisi bocor, karat, atau bahkan rusak. Jika menggunakan aki basah, Anda harus cek kondisi air aki sebelum melakukan perjalanan. Melakukan pengecekan aki secara berkala, akan sangat membantu Anda untuk mengetahui apakah kondisi aki dalam keadaan baik atau sudah perlu diganti.

5. Cek Sistem Pendingin

Tips perawatan motor berikutnya adalah melakukan pengecekan sistem pendinginan. Sistem pendinginan sangat berperan dalam menjaga kondisi mesin agar tidak mudah panas. 

Jika sistem pendinginan mengalami masalah dalam fungsinya, akan menyebabkan terjadinya overheat pada mesin. Jika ini sampai terjadi, maka selain perjalanan liburan anda terganggu, anda juga harus mengeluarkan biaya lebih untuk mengatasinya.

Untuk mencegah terjadinya overheat pada mesin, sistem pendingin juga harus anda cek secara rutin dan berkala. Sebelum melakukan perjalanan liburan, pastikan Anda memeriksa kondisi air pendingin (coolant) dalam indikator yang cukup. Serta mampu menjaga temperatur mesin tetap optimal.

6. Periksa Busi

Busi adalah komponen kecil yang memiliki peran besar terhadap fungsi mesin kendaraan. Kondisi busi yang baik akan membantu proses pembakaran atau sistem perapian bekerja dengan optimal. Namun sebaliknya, jika busi mengalami masalah misal kotor, atau bahkan sudah rusak, maka sistem pembakaran akan terganggu. Akibatnya motor bisa mogok dalam perjalanan. Tentu kondisi ini akan sangat mengganggu kenyamanan perjalanan Anda.

Oleh karena itu, Anda harus melakukan pengecean busi agar sepeda motor yang akan anda gunakan untuk perjalanan bisa berfungsi dengan baik.

7. Cek CVT dan Rantai

Salah satu perbedaan antara motor matic dan motor biasa adalah jenis komponen sistem penggerak yang mentransfer tenaga hingga menggerakkan roda. Pada motor matic ada komponen CVT sebagai sistem penggerak. Sedangkan pada motor biasa seperti motor bebe/ atau motor jenis moped menggunakan rantai sebagai sistem penggerak.

Untuk itu, salah satu pemeriksaan lebih lanjut saat akan melakukan perawatan motor sebelum liburan adalah melakukan pengecekan pada komponen penggerak. Pada motor matik cek kondisi CVT apakah dalam keadaan baik atau tidak. Jika terlihat kering dan ada retakan, maka sebaiknya lakukan penggantian sebelum melakukan perjalanan.

Sedangkan untuk motor jenis moped/bebek dan sport, Anda harus memperhatikan kondisi rantai sepeda. Memeriksa rantai perhatikan kondisi rantai kotor atau tidak, dan apakah masih layak untuk menempuh jarak jauh. Jika tidak layak, segeralah mengantinya.

Itulah beberapa tips merawat motor sebelum liburan dari Planet Ban yang bisa Anda terapkan sebelum melakukan perjalanan. Kondisi sepeda motor dengan performa optimal akan menjadikan perjalanan Anda aman, nyaman, dan tanpa hambatan.

Jika Anda ingin melakukan pemeriksaan dan penggantian komponen spare part sepeda motor, Anda bisa datang ke Toko Planet Ban terdekat. Planet Ban tokonya lengkap, karena tidak hanya menyediakan ban motor, tetapi juga spare part berkualitas lainnya. Seperti aki, busi, kampas rem, cairan pendingin, hingga layanan Servis Rasa Mesin Baru yang mampu meningkatkan kinerja sepeda motor Anda layaknya sepeda motor baru.

Konsultasikan pengecekan dan pemeriksaan kondisi sepeda motor Anda dengan mekanik Planet Ban. Konsultasi kondisi sepeda motor di Planet Ban tidak dikenakan biaya. Selain itu, Anda juga bisa menikmati layanan konsultasi online secara gratis melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban dengan menghubungi Tim Konsultasi Online Planet Ban.

Tunggu apa lagi, segera kunjungi toko-toko Planet Ban terdekat di kota Anda sekarang juga. Planet Ban siap memberikan layanan dan pelayanan terbaik untuk Anda.
Planet Ban







Related Posts

35 comments

  1. Motor itu memang harus dirawat ya mas. Anak gadisku punya motor, namun sepertinya untuk merawat kurang deh. Makanya beberapakali diperiksa di Planet Ban terdekat dengan rumah

    ReplyDelete
  2. Mengisi liburan dengan bepergian ke tempat wisata maupun kerabat di lain kota, kalau dengan menggunakan sepeda motor, emang butuh persiapan juga ya. Salah satunya memastikan sepeda motor dalam kondisi baik. Kalau mesti ngecek sendiri, butuh waktu (dan nggak ngerti pula), jadi emang percayakan saja pada Planet Ban

    ReplyDelete
  3. Wajib banget emang merawat motor sebelum liburan biar perjalanan jadi lebih aman, nyaman, dan tanpa hambatan. Apalagi di PlanetBan harga service motor sangat terjangkau.

    ReplyDelete
  4. hahaha anakku banget nih
    Kemarin, begitu datang langsung ke garasi untuk bawa sepeda motor ke Planet Ban
    Karena tau mamahnya gaptek soal motor
    Sementara dia pengen perfect soal sepeda motor

    ReplyDelete
  5. Kalau liburan menggunakan motor memang kudu diservis dulu sih biar lebih nyaman buat dibawa kemana-mana, apalagi semisal liburannya dengan jarak yang lumayan kan

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat belum ganti oli nih, sepertinya patut dicoba pakai oli berester seperti X-Ten dari Planet Ban, sepertinya bagus, saya butuh oli jangka panjang

    ReplyDelete
  7. Meskipun perawatan motor ini mestinya rutin dilakukan, tapi bener sih. Kalau pas mau liburan (apalagi ke luar kota), rasanya dobel wajib nyervis motor biar ada dalam kondisi terbaiknya.

    ReplyDelete
  8. Klo motor di servis secara berkala jadi tenang ya, soalnya motor terawat dan tenang untuk mengendarainya

    ReplyDelete
  9. Banyak juga yang harus di cek, langsung ngelirik suami...biar dia yang kerjain semua ..kalau perlu dibawa ke bengkel

    ReplyDelete
  10. Musim liburan takut yaa.. kalau kendaraan ada masalah.
    Dan salut banget sama Planet Ban yang tetap buka dan ada di saat liburan bahkan bisa dihubungi layanan konsultasi online gratis melalui Whatsapp Customer Service-nya. Asiikk banget.

    ReplyDelete
  11. punya kendaraan bermotor memang harus dibarengi dengan komitmen untuk perawatannya secara rutin biar tetap aman dan nyaman saat berkendara

    ReplyDelete
  12. Rem itu krusial banget. Walau bukan berarti aspek lain nggak penting. Tapi rasanya batas pengamanan kendaraan paling terasa ya di pengereman. Jadi kalau mau liburan atau perjalanan jauh wajib dicek dulu.

    Salut juga sama Online Planet Ban yang bisa kasih konsultasi gratis. Bengkel gede aja belum ada layanan kayak gitu setahuku. Hebat sih sama komitmen mereka membantu para pengguna kendaraan.

    ReplyDelete
  13. Servis secara berkala memang harus dilakukan, hal ini menjadi penting agar pengendara selamat selama di perjalanan selain itu bikin motor awet dipakainya.

    ReplyDelete
  14. Masya Allah aku merasa agak tertampar karena, jarang banget ngerawat motor, huhuhu. Biasanya selalu diingetin sama suami. Kami berdua pernah siang-siang pergi ke planet ban untuk ganti ban motor yang udah tipis banget plus ganti oli juga. Kelebihan lainnya, ngebengkelin motor di planet ban tuh ruang tunggunya nyaman.

    ReplyDelete
  15. Liburan jangan sampai gagal di jalan. Buat saya seorang perempuan, memang lebih praktis menyerahkan semua urusan service kendaraan itu ke planet ban saja. Selain harga terjangkau juga mekaniknya memang detail dan amanah. Setelah diservis kendaraan terasa seperti baru. Serius ...

    ReplyDelete
  16. Baru aja beri matic dan emang CVT ini vital banget ya gaes. Tips yang sungguh bermanfaat banget nich.

    ReplyDelete
  17. asiknya planet ban ini tersebar di banyak titik ya kak, sehingga memudahkan banget untuk merawat motor secara berkala.

    ReplyDelete
  18. Jadi merasa bersalah nih... Selama ini naik otor, ya asal naik aja, gak pernah kepikiran gimana cara maintenance nya... Untung ada Planet BAn yang selalu setia membantu merawat motor kesayanganku

    ReplyDelete
  19. Mirip manusia, sepeda motor juga butuh perawatan ya?
    kalo enggak, bakal sakit (manusia), mogok (sepeda motor)
    Karena itu anak saya selalu disiplin membawa motor ke Planet Ban
    saya mah gaptek untuk urusan ini

    ReplyDelete
  20. Jangan sampe ya gegara kendaraan bermasalah, seluruh cerita liburan jadi berantakan. Apalagi jika sampai membahayakan nyawa. Maksud hati bersukacita malah jadi berduka. Gapapa keluar uang dulu buat perawatan motor sebelum digunakan untuk jarak dan waktu yang lebih panjang. Yang penting nyaman dan aman menggunakan motornya.

    ReplyDelete
  21. Wah lengkap banget nih tipsnya, jadi pengingat agar selalu cek rutin berkala biar motor awet dan tidak cepat rusak kerena pemakaian asal-asalan. Utamanya demi keselamatan kita juga, apalagi ini sudah musim hujan, busi dan ban motor harus dipastikan oke biar tak ada kendala saat berkendara

    ReplyDelete
  22. Cewek cewek wajib tahu ini, tidak asal pakai doang . Oli apalagi. Takutnya gak diperhatikan bahaya bisa banyak onderdil yang di ganti.

    ReplyDelete
  23. Pokoknya semuanya kudu dicek ya, kak
    apalagi mau dibawa jalan jauh
    Jadi inget waktu touring ke dataran tinggi
    yang wajib di cek adalah rem dan oli
    Serem kalau rem blong pas turunan....

    ReplyDelete
  24. Pas banget nih motor suami perlu tune-up. Kemarin ini lihat ada bengkel Planet Ban baru buka deket rumah. Aku kira tadinya, cuma jual ban doang loh... Ternyata malah bisa konsultasi melalui WA juga...

    ReplyDelete
  25. Banyak ya yang mesti rutin dicek. Untungnya ada Planet Ban yang bisa melakukan semua pengecekan itu. Sangat membantuuuu ... apalagi bagi bukibuk yang ngertinya pakai motor doang.

    ReplyDelete
  26. Beneran deh. Sebelum perjalanan jauh memang sebaiknya memastikan kondisi motor sudah baik. Kalau aku sih mending mem-percayakan urusan itu ke pihak bengkel saja, kayak Planet Ban. Menurutku, mereka yang lebih paham ketimbang aku. Apalagi kita bisa konsultasi dulu via Whatsapp.

    ReplyDelete
  27. Liburan nyaman banget kalau bisa mengendarai kendaraan pribadi.
    Jadi mobile dan satset GASSS..

    Tapi memang kudu dengan perawatan berkala yang teliti. Daripada bingung, uda pasti ke Planet Ban aja gitu yaa.. Apalagi ada layanan konsultasi online secara gratis melalui Whatsapp Customer Service Planet Ban.

    Kece beuutt~

    ReplyDelete
  28. Sekarang motor dipegang sama adik laki2 tapi setau saya jarang banget di periksa aki motornya. Padahal aki motor adalah salah satu sumber daya penting pada motor ya mas. Wah jadi tau nih apa aja yang harus di cek kalau mau pergi jauh terimakasih mas ilmunya.

    ReplyDelete
  29. Kukira di Planet Ban hanya bisa ganti ban saja ternyata sekarang sudah banyak penawaran service lainnya juga ya bahkan ada oli ester yang berkualitas jangka panjang. Mantap deh mana Planet Ban ini tersebar dimana-mana, jadi gampang kalo mau ganti oli

    ReplyDelete
  30. perawatan motor yang nampaknya sederhana namun penting banget diperhatikan ini, thanks remindernya kak

    ReplyDelete
  31. Yang sering saya lakukan cuma cek kondisi angin ban sama rem aja, yang lainnya biasanya diurus sama suami. Nah kalau mau liburan dengan naik sepeda motor, apalagi jarak jauh, emang kudu di cek semuanya ya

    ReplyDelete
  32. manfaat cek berkala motor atau sebelum liburan termasuk hal wajib banget dilakuin sebelum berjalanan jauh. Selain untuk menghindari bahaya, upaya untuk menjaga keselamatan diri dan keluarga

    ReplyDelete
  33. Rumahku juga lumayan dekat dengan Planet Ban, jadi ga perlu jauh jauh kalau mau ganti oli dan semacamnya..

    ReplyDelete
  34. Saya biasanya rutin 2-3 bulan sekali servis motor, jadi ga terpaku sama liburan aja. Btw thanks sharingnya ya. Jadi dapat tambahan insight ttg motor

    ReplyDelete
  35. Untungnya di deket rumah ada Planet Ban, dan beberapa outlet lainnya dalam radius 3 km. Ban, rem, dan aki krusial banget sih karena menyangkut keamanan dalam berkendara. Apalagi motor matic ini, kalau ada komponen yang rusak lebih tricky perbaikannya.

    Trus, SAYA NGGAK BISA NGESTANDARIN LURUS HAHAHAH. Makanya sampai sekarang selalu beli motor bergigi.

    ReplyDelete

Post a Comment