6 Langkah Memulai Bisnis Sparepart Motor Modal Kecil

Konten [Tampil]
Bisnis sparepart motor modal kecil bisa menjadi pilihan untuk menambah pemasukan keuangan keluarga. Bisnis ini sangat tepat jika dijalankan bersama dengan jasa service kendaraan bermotor.

Bisnis ini masih memiliki peluang luas seiring pertumbuhan produksi dan pengguna kendaraan bermotor. Hampir setiap orang di negeri ini tidak lepas dari sepeda motor untuk aktivitas sehari-hari.

Pemilik kendaraan bermotor di Indonesia mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Baik di pedesaan maupun di perkotaan. Penggunanya pun beragam dari anak muda hingga orang tua. Mengutip dari otomotif kompas, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia mencapai 150 juta unit. Di mana 123 juta unit berupa sepeda motor.

Melihat angka tersebut tentu ini bukan angka yang kecil. Di balik angka ini ada peluang lain yaitu peluang bisnis sparepart motor.

bisnis sparepart motor modal kecil

Bisnis sparepart motor modal kecil

Saat ini kita bisa dengan mudah memulai bisnis asal memiliki kemauan dan ketekunan untuk menjalankannya. Salah satu bisnis yang bisa menjadi pilihan adalah bisnis sparepart motor modal kecil.

Bisnis ini bisa dijalankan sendiri dalam artian hanya menjual sparepart saja. Bisa juga dijalankan dengan terintegrasi dengan bengkel. Jika diintegrasikan maka peluang meraih omset juga akan lebih besar.

Sparepart motor terdiri dari apa saja?

Sparepart motor atau suku cadang motor merupakan komponen utama dan pendukung pada kendaraan bermotor yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Jika dibiarkan akan menyebabkan kendaraan bermotor mengalami masalah baik secara kinerja atau performa mesin maupun secara keamanan pemakaian.

Saat anda menjalankan bisnis sparepart motor modal kecil, anda perlu mengetahui apa saja yang termasuk dalam sparepart motor. Berikut beberapa suku cadang motor yang bisa menjadi informasi bagi anda sebelum membuka bisnis sparepart motor.

Secara umum terdapat beberapa bagian pada kendaraan bermotor. Setiap bagian memiliki sparepart-nya masing-masing. Diantara jenis sparepart berdasarkan bagian kendaraan adalah sebagai berikut:

Sistem mesin

Bagian ini merupakan bagian yang harus tersedia di dalam persediaan suku cadang. Ini merupakan bagian penting yang tidak bisa tidak diganti jika terjadi kerusakan. Suku cadang berkaitan dengan mesin ini meliputi piston, ring piston, kelep, gasket, kopling, dan rantai.

Sistem suspensi

Suspensi memiliki fungsi menciptakan kenyamanan bagi pengendara saat mengendarai motor. Bagian ini memiliki beberapa jenis sparepart seperti shockbreaker, bushing, dan link arm.

Sistem transmisi

Jika bagian ini tidak dirawat dengan baik, maka kendaraan akan dipastikan tidak bisa beroperasi. Dalam perawatan juga perlu dilakukan pengecekan komponennya. Sparepart yang masuk dalam bagian ini meliputi gear, kampas rem, dan komponen transmisi itu sendiri.

Sistem elektrik

Sparepart untuk sistem elektrik mencakup alternator, starter motor, dan akumulator. Sparepart ini penting untuk disediakan karena sangat berhubungan dengan kinerja kendaraan kemudian.

Sistem chasis dan body

Sparepart kendaraan bermotor berikutnya yang perlu anda sediakan saat membuka menjalankan bisnis sparepart motor modal kecil adalah pendukung sistem chasis dan body kendaraan. Ini meliputi ban, velg, dan knalpot, tangki bahan bakar, panel body, dan spakbor.

Jika ini pertama kali memulai bisnis sparepart motor modal kecil ada baiknya anda melakukan survei jenis kendaraan dan sparepart yang banyak dicari oleh pengguna kendaraan. Tujuannya agar bisnis yang anda jalankan berputar dengan baik, sehingga kemudian bisa menambah stok persediaan suku cadang lainnya.
bisnis sparepart motor modal kecil

Langkah-langkah mendirikan usaha jual beli sparepart

Untuk memulai bisnis sparepart motor dengan modal kecil, setidaknya anda perlu membuat perencanaan bisnis secara matang. Fungsi dari rencana bisnis ini adalah untuk menjadikan usaha yang anda jalankan nantinya bisa berjalan dengan sesuai harapan.

Bagi anda yang berencana membuka usaha jual beli sparepart motor, anda harus mempersiapkan poin di bawah ini.

1. Mempersiapkan modal usaha awal

Dalam memulai usaha, persiapan modal merupakan langkah utama yang harus disiapkan. Melakukan perhitungan dan persiaoan modal usaha akan memudajkan anda dalam merencanakan besaran modal dibutuhkan dan asal sumber dana untuk usaha.

2. Memilih lokasi strategis

Pemilihan lokasi yang strategis adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi. Pemilihan lokasi akan berpengaruh pada proses pemasaran, dan kemudahan akses oleh pelanggan.

Memilih lokasi yang tepat dna strategis akan memberikan keuntunganbagi bisni anda. Di mana setiap waktu orang akan mengetahui lokasi bisnis anda. Suatu saat mereka akan kembali untuk merasakan bagaimana layanan pada bisnis yang anda jalankan.

3. Persiapkan Stok barang

Sebagai orang yang baru menjalankan bisnis sparepart dengan modal kecil, belanja stok barang yang terbatas sesuai kebutuhan. Anda perlu melakukan survei sparepart apa yang paling banyak dicari orang selama ini. Anda juga bisa menyediakan barang sesuai dengan permintaan dari konsumen. Menjalankan usaha dengan strategi ini akam membatu anda dalam pengalokasian dana yang lebih terkelola.

4. Memastikan sumber barang

Untuk persiapan parang yang akan dijual, sebaiknya anda harus betul-betul mencari supplier yang terpercaya. Bisa menjamin kualitas barang dan dapat memberikan anda harga yang kompetitif sehjngga usaha yang anda jalankan bisa menarik konsumen baru untuk membeli produk di toko anda.

5. Buat Strategi Pemasaran

Strategi dibutuhkan agar apa yang anda jual bisa menjangkau calon konsumen. Selain itu keberadaan strategi pemasaran akan memudahkan anda dalam memetakan daerah target konsumen yang diharapkan datang ke tempat bisnis anda.

Saat anda membuat strategi pemasaran yang baik, anda sudah melakukan sebagian dari proses pemasaran itu sendiri.

6. Buat rencana pelayanan pelanggan

Pelayanan meruoakan salah stau kunci keberhasilan usaha setelah manajemen pengelolaan keuangan dan SDM pada bisnis yang anda jalankan. Dalam bidang jasa atau penjualan barang, pelayanan yang baik dan profesional kepada pelanggan agan memberikan pengalaman tersendiri bagi mereka.

Pengalaman yang memuaskan bisa berdampak pada loyalitas pelanggan. Pelayanan prima yang diberikan juga akan menjadi jalan promosi bisnis secara gratis. Pelanggan akan menceritakan pengalaman membeli atau menggunakan jasa pada bisnis yang anda jalankan. Mereka akan menyampaikan kepada orang terdekat dan ini akan membantu promosi dari mulut ke mulut yang akan menguntungkan posisi bisnis anda.

Itulah beberapa persiapan sebelum memulai bisnis sparepart motor modal kecil dan membangun bisnis yang sukses. Selain persiapan itu, anda juga harus menyadari bahwa menjalankan sebuah bisnis adalah sebuah proses. Jadi anda harus menikmati proses yang anda hingga bisnis berkembang sukses dan pesat.

Berapa modal buka bengkel motor kecil-kecilan?

Untuk memulai usaha bengkel motor bisa dilakukan kapan saja dan oleh siapa saja. Pilihan modalnya pun juga beragam, mulai dari modal kecil hingga modal besar. Namun bagi anda yang ingin memulai terjun dalam bisnis bengkel motor dan bisnis sparepart motor modal kecil bisa menjadi pilihan.
memulai usaha bengkel motor

Modal untuk membuka bengkel sepeda motor kecil-kecilan besaran nominalnya sangat bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti ukuran bengkel, jenis layanan yang ditawarkan, dan lokasi.

Untuk memulai usaha bengkel motor ada beberapa pertimbangan biaya yang harus masuk dalam perhitungan modal awal, diantaranya:

1. Biaya sewa tempat usaha

Jika tidak memiliki tempat yang bisa digunakan untuk membuka bengkel, anda harus menetapkan anggaran biasa untuk sewa tempat usaha. Besaran biasanya tentu akan tergantung dari seberapa luas tempat yang tersedia.

2. Biaya pengadaan peralatan bengkel

Biaya lain yang perlu anda persiapkan untuk memulai usaha bengkel adalah biaya pengadaan peralatan bengkel. Peralatan ini meliputi berbagai jenis kunci, tang, gergaji, dan lain sebagainya.

3. Biaya sparepart dan suku cadang

Biaya ini menjadi salah satu biaya yang harus dipersiapkan untuk memulai untuk membeli stok sparepart dan suku cadang yang dibutuhkan untuk melakukan perbaikan. Biaya ini diperlukan agar konsumen yang datang untuk melakukan perawatan kendaraan tidak pelru repot mencari suku cadang ke tempat lain.

4. Biaya promosi dan iklan

Biaya yang juga harus masuk dalam anggaran untuk membuka bengkel adalah biaya promosi dan iklan. Tujuannya agar orang-orang aware jika di lokasi anda terdapat bengkel yang siap memberikan layanan. Biaya ini untuk untuk mencetak spanduk, memberikan promo, dan lain sebagainya.

5. Biaya tenaga kerja

Biaya berikutnya yang perlu dimasukkan dalam anggaran setidaknya untuk 3 bukan pertama adalah biaya tenaga kerja. Tenaga kerja di sini adalah mekanik dan pembantu mekanik.

Secara umum, modal awal untuk membuka bengkel sepeda motor kecil-kecilan saat ini berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 50 juta. Besar dari modal ini tergantung pada seberapa besar skala bengkel yang akan anda buka. Selain itu juga melihat pada ada tidaknya fasilitas tempat yang anda miliki. Jika ada temoat maka biasa anggaran sewa tempat bisa digunakan untuk dana pengembangan di lain waktu.

Seberapa pun besarnya skala usaha yang akan anda lakukan, anda harus betul-betul membuat perhitungan matang dalam menyusun rencana bisnis. Jika perlu lakukan survei secara mendalam agar rencana bisnis yahg dibuat semakin kuat.

Apa saja yang dijual di bengkel sepeda motor?

Bisnis sparepart motor modal kecil bisa dijalankan bersamaan dengan usaha bengkel. Jika dijalankan bersama maka bengkel sepeda motor dalam memberikan layanan jasa service akan lebih mudah dan cepat.

Bengkel sepeda motor selain menyediakan jasa perawatan dan perbaikan biasanya juga menjual berbagai jenis sparepart dan aksesoris sepeda motor. Beberapa contoh barang yang juga dijual di bengkel sepeda motor meliputi semua komponen yang berhubungan dengan kendaraan. Baik sistem permesinan, sistem kelistrikan, sistem transmisi, suspensi, dan lain sebagainya.

Barang lain yang juga dijual di bengkel dan pasti dibeli pelanggan adalah oli dan pelumas mesin, dan asesoris kendaraan bermotor.
bisnis sparepart motor



Kesimpulan: Bisnis Sparepart Motor Masih Memiliki Peluang

Jika anda bertanya apakah bisnis sparepart motor masih memiliki peluang? Jawabannya adalah iya. Bahkan peluang itu masih terbuka lebar. Selama kendaraan bermotor masih terus berproduksi. Selama orang masih menggunakan motor maka peluang bisnis baik untuk jasa service atau penjualan sparepart masih terbuka.

Jika anda berniat menjalankan bisnis berhubungan dengan dunia otomotif, anda bisa memulai membuka dan menjalankan bisnis sparepart motor modal kecil dengan melakukan persiapan mulai dari perencanaan modal, pemilihan lokasi, penentuan barang, hingga layanan pada konsumen.

Menjalankan usaha adalah sebuah proses, maka nikmatilah setiap proses dengan kesabaran dan jalankan usaha dengan ketekunan.

Related Posts

Post a Comment