Cara Menggunakan Google Analytics di Website

Konten [Tampil]
Cara menggunakan Google Analytics di website atau blog sebenarnya cukup mudah. Namun karena belum pernah menggunakan dan tidak pernah memiliki pengalaman memasangnya, jadi dianggap sulit memasang dan menggunakan tools yang satu ini.

Pernah mengalami kendala saat menggunakan google analytics? Menemukan kesulitan saat memasang google analytics? Sebagai solusi, kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menggunakan google analytics pada blogspot.

cara menggunakan google analytics di website

Cara Menggunakan Google Analytics di Website

Cara menggunakan google analytics di website atau blog pada prinsipnya sama dengan penggunaan pada CMS lain baik pada wordpress ataupun pada blogspot. Pada dasarnya penggunaan ini berfokus pada tools google analytics yang sudah terhubung pada platform yang dimiliki.

Cara menggunakan google analytics cukup mudah dan anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut berikut:
  1. Silakan kunjungi laman google analytics
  2. Langkah selanjutnya login
  3. Pilih data yang anda butuhkan.
  4. Jika anda belum memiliki akun google analytics, silahkan buat akun terlebih dahulu.
Selama ini, platform yang saya gunakan adalah bligspot. Sehingga akan lebih fokus pada membahas tentang google analytics pada blogspot. Sebelum membahas tentang cara menggunakan google analytics di website, tidak ada salahnya jika anda mengetahui terlebih dahulu apa itu google analytics, dan apa kegunaan google analytics.

Apa itu Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah tools yang biasa digunakan untuk menilai dan mengoptimalkan performa blog. Google Analytics digunakan oleh para pemilik website maupun blog dengan tujuan untuk melakukan analisis kinerjanya berdasarkan data-data statistik yang ditampilkan setelah dibaca oleh sistem.

Saat mengetahui cara menggunakan google analytics di website, melalui tools yang satu ini anda bisa melakukan pengecekan jumlah traffic pengunjung yang mengunjugi blog atau website yang anda kelola. Melihat berapa pengunjung yang kembali. Mendapatkan informasi pencarian secara organik, direct, social media, referal, dan lainnya.

Melihat jumlah pageview pada masing-masing artikel yang ditulis atau page view sesuai dengan waktu yang diinginkan. Anda juga bisa mendapatkan informasi prosentase cara pengunjung mengakses informasi pada website atau blog anda. Misal menggunakan dekstop, tab, atau mobile.

Cara menggunakan google analytics di website? Anda ingin mengetahui lebih jauh juga apa kegunaan dari Google Analytics ini? Pastikan terlebih dahulu untuk memasang atau menghubungkan Google Analytics ini dengan blog yang anda kelola. Jika belum pernah memasang tools ini, anda bisa mengikuti petunjuk cara membuat google analytics.

cara menggunakan google analytics di website

Apakah google analytics berbayar

Cara menggunakan google analytics di website atau blog bisa ditemukan dan dilakukan oleh semua orang yang memiliki aktivitas berhubungan dengan website atau blog. Apakah anda seorang digital marketing ataupun blogger akan sangat membutuhkan tools ini. Jika anda bertanya apakah google analytics berbayar, maka jawabannya adalah tidak.

Layanan google analytics ini disediakan secara gratis oleh Google bagi semua penggunanya. Jadi tidak perlu khawatir memikirkan berapa banyak yang harus dikeluarkan dari kantong anda. Tunggu apa lagi, segera saja pasang, karena tools ini merupkan tools wajib yang banyak kegunaannya bagi blogger maupun digital marketer.

Kegunaan Google Analytics

Saat pertama kali mengenal tools ini, hanya tahu kalau kegunaan Google Analytics ini sangat bermanfaat untuk memantau perkembangan traffics dari blog atau website yang dikelola. Setelah kemudian memasang google analytics, dan belajar dari berbagai komunitas blogger, akhirnya sedikit banyak bertambah pengetahuan terhadap kegunaan google analytics ini. Proses belajar inilah yang kemudian menjadi tahu cara menggunakan google analytics di website.

Beberapa kegunaan google analytics yang bisa menjadi informasi bagi anda yang baru menggunakannya adalah

1. Fitur Ringkasan Informasi Umum

Pada Google analytics anda bisa mendapatkan ringkasan informasi umum melalui menu Home pada dashboard GA. Saat mengakses laman google analytis, secara otomatis anda akan berada pada halaman ini. Ringkasan informasi umum ini akan memperlihatkan kegunaan google analytics yang menyajikan beberapa data. Sekilas cara menggunakan google analytics di website berdasar ringkasan awal adalah sebagai berikut

Audience Overview (Pengguna)

Kegunaan google analytics pertama adalah untuk mengetahui audience overview. Ringkasan ini menunjukkan grafik pengunjung sesuai dengan rentang waktu yang anda tentukan. Serta menunjukkan jumlah sesi atau interaksi penggunan dengan website atau blog anda.

Active Users (Pengguna aktif)

Ringkasan ini menunjukkan jumlah pengunjung yang saat ini melihat web atau blog anda. Untuk melihat data lengkap anda bisa memilih realtime report yang terdapat dibagian bawah ringkasan ini.

Users Returned (Pengguna Kembali)

Kegunaan google analytics berikutnya adalah melihat users returned. Ringkasan ini akan memberikan informasi kepada anda berhubungan dengan berapa pengguna yang melakukan kunjungan ke blog atau web anda dan berapa yang melakukan kunjungan kembali.

Acquisition Report

Pada tampilan ini anda bisa melihat salah satu kegunaan google analytics adalah untuk mengetahui asal traffic pengunjung, sumber pengunjung ataupun dari referal sumbernya.

Session By Country

Pada bagian ini anda akan mendapati bahwa salah satu kegunaan google analytics adalah menunjukkan jumlah sesi berdasarkan degara. Saat anda mengarahkan kursor pada peta, maka akan otomatis memunculkan jumlah sesi pada yang terjadi di negara tersebut.

Session by Device

Bagian ini menunjukkan ringkasan berapa prosentase interaksi berdasarkan perangkat yang digunakan yang meliputi perangkat mobile, dekstop, dan tab.

apakah google analytics berbayar

2. Fitur Reports (Laporan)

Membuat reports atau laporan akan semakin mudah dengan adanya fitur yang disesdiakan melalui layanan ini. Cara menggunakan google analytics di website atau blog untuk melihat laporan adalah dengan melakukan akses pada menu yang tersedia pada bagian reports berikut.

Realtime

Cara menggunakan google analytics di blog yang pertama dengan mengakses Realtime menu. Pada menu ini anda akan disajikan laporan yang seperti pada ringkasan informasi umum meliputi jumlah pengunjung saat Anda melihat laporan. Pada realtime disajikan juga pengunjung berdasar lokasi, tampilan halaman per menit, sumber lalu lintas, konten, konversi, dan peristiwa.

Audiens

Pada bagian ini, anda bisa mendapatkan laporan berbagai data yang sudah dipisah sesuai dengan kebutuhan penggunan. Kita bisa melihat metrik seperti demografi, lokasi geografis, ketertarikan, perilaku, dan berbagai data lainnya. Tentunya dengan mengetahui cara menggunakan google analytics di website pada bagian ini, anda akan mendapatkan informasi berharga tentang siapa audience atau pengunjung anda, berada di usia berapa, dan apa jenis kelaminnya.

Acquisition

Pada bagian menu report ini anda akan disajikan data pengunjung website atau blog anda. Cara menggunakan google analytics di blog. dengan mengakses menu ini akan memberikan anda informasi bagaimana pengunjung menemukan laman yang dikelola, kemudian pencarian terbanyak apakah secara organik, direct, melalui sosial media, atau melalui referal.

Pada bagian search console anda juga bisa mendapatkan informasi tentang impression pada masing-masing page, clicks, CTR, Average position, bounce rate, dan masih banyak lagi data yang bisa diperoleh.

Behavior

Cara menggunakan google analytics di website berikutnya adalah dengan mengakses fitur behavior. Fitur atau menu ini menunjukkan bagaimana interaksi pengunjung dengan halaman blog anda. Melalui fitur ini anda bisa mendapatkan informasi tentang page view, unique page view, average time on page (rata-rat awaktu orang pada halaman anda. Menu behavior ini juga bisa menampilkan berapa rata-rata kecepatan loading halaman anda dan site speed.

Conversion

Cara menggunakan google analytics di website atau blog selanjutnya dengan mengakses menu conversion. Menu ini sangat bermanfaat bagi pemilik website atau blog yang ingin mengetahui tindakan pengunjung seperti pengunjung yang melakukan pembelian, melakukan download.

Itulah beberapa informasi cara menggunakan google analytics di website yang dapat digunakan untuk membantu anda dalam menentukan menu mana yang akan dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Kesimpulan

Google analytics sebagai sebuah tools yang merupakan bagian dari layanan yang diberikan Google kepada konsumen sangat bermanfaat keadaannya. Memasang tools ini akan membuat anda mendapatkan banyak kemudahan baik untuk diri pribadi sebagai blogger dalam mengelola blog, maupun sebagai mitra kerja.

Keberadaan Google Analytics ini akan memudahkan anda dalam meningkatkan performa dari website atau blog yang dikelola. Setelah mengetahui beberapa kegunaan google analytics, seperti mengetahui jumlah traffic, sumber traffic, jumlah pengunjung pada setiap artikel atau halaman yang anda buat, mengetahui asal pembaca dan usia pembaca, serta mengetahui kategori yang banyak dicari, pastinya akan membuat anda semakin tertarik.

Jika anda belum melakukan pemasangan Google Analytics dengan blog yang anda kelola, anda bisa terlebih dahulu menghubungkannya dengan blog anda. Jika sudah, anda bisa kembali membaca cara menggunakan google analytics di website ini untuk memudahkan dalam berproses.

Cara menggunakan google analytics di website

  • Silakan kunjungi laman google analytics.
  • Langkah selanjutnya login
  • Pilih data yang anda butuhkan


Apa itu Google Analytics

Google Analytics adalah sebuah tools 


Apakah google analytics berbayar

Apakah google analytics berbayar, maka jawabannya adalah tidak.


Kegunaan Google Analytics

  • Fitur Ringkasan Informasi Umum
  • Fitur Reports (Laporan)


Fitur Ringkasan Informasi Umum

  • Audience Overview (Pengguna)
  • Active Users (Pengguna aktif)
  • Users Returned (Pengguna Kembali)
  • Acquisition Report
  • Session By Country
  • Session by Device


Fitur Report (Laporan)

  • Realtime
  • Audiens
  • Acquisition
  • Behavior
  • Conversion

Related Posts

Post a Comment