IndiHome Mudahkan Cara Memulai Bisnis Online di Instagram

Konten [Tampil]

Cara memulai bisnis online di instagram bisa dipelajari oleh siapa saja dengan mudah. Bisa dengan cara yang gratis maupun dengan mengikuti kelas berbayar.

Perjalanan memulai usaha dengan segala jatuh bangunnya tentu dirasakan oleh siapa saja, termasuk saya dan istri, hingga setelah bertahun-tahun bisa menemukan ritme.

Awal pernikahan saya dihadapkan pada situasi bagaimana bisa memiliki kekuatan finansial untuk menyokong keluarga ke depan. Wajar ya sebagai seorang suami berpikir masalah ini karena ada tanggung jawab kepada istri.
Internetnya Indonesia
Saat menikah dan mengucap janji dengan ikrar suci di hadapan penghulu berarti saya sudah menerima tanggung jawab untuk memastikan ketercukupan istri.

Tiga bulan setelah pernikahan saya dan istri sepakat untuk mulai membangun pondasi ekonomi keluarga. Sekaligus untuk menyibukkan diri dengan hal positif karena banyaknya pertanyaan klasik setelah menikah, "kapan punya anak?"

Tenggelam dalam pertanyaan itu hanya akan menambah hal buruk pada diri dan orang lain, kami pun sepakat menyibukkan diri. Sambil menunggu titipan Ilahi.

Memulai usaha dengan usaha bakso adalah titik awal membangun pondasi ekonomi keluarga saya. Sebelum subuh kami berangkat ke pasar untuk membeli daging dan beberapa kebutuhan untuk membuat bakso dan kuah. Sampai rumah, kami berbagi tugas menyiapkan bahan racikan dan tepung, dan membersihkan daging agar tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya.

Agak siang berangkat untuk selep daging, dan melanjutkan proses produksi. Sebelum berangkat bekerja saya mempersiapkan tempat jualan.

Memulai bisnis memang melelahkan dan membutuhkan perjuangan. Namun setelah dijalani kami semakin terbiasa, dan ritme semakin tertata.
aktivitas tanpa batas
Pertama kali memulai usaha bakso

Sembilan bulan usia pernikahan kami harus menyerah. Saya harus bekerja, dan istri harus istirahat untuk kehamilan pertamanya. Keputusan berat memang menutup usaha ini.

Tapi kami lebih berpikir pada kesehatan janin dalam kandungan istri. Saya tidak ingin terjadi apa-apa kepada mereka karena dikejar untuk urusan mencari uang.

Kami terus berpikir bagaimana bisa menghasilkan uang tanpa mengeluarkan banyak tenaga. Tahun 2015 menjadi titik bangkit kedua bagi keluarga untuk membangun pondasi ekonomi.

Malam hari kamis mengobrol, dan saat itulah mulai mengenang masa pertemuan kami. Saya teringat dengan istri yang biasa menggunakan media sosialnya untuk menjual bed sheet dan bed cover.

"Bunda, dulu pernah jualan online pake facebook kan? Kenapa tidak dimulai lagi, dari pada memulai hal baru?" Lirih saya mengungkapkan kepada istri.

Istri pun menanggapi dengan positif. Dia mencoba kembali aktif di media facebook yang memang saat itu masih menjadi pilihan banyak orang.

Kembali menghubungi beberapa orang yang pernah membeli kebutuhan pakaian kepada istri. Tak berapa lama, gayung bersambut ada pemesan pertama.

Istri memutuskan membeli beberapa potong pakaian syar'i dan anak-anak. Menawarkan dari mulut ke mulut yang lambat laun menjadikan beberapa tetangga memesan barang sesuai yang dia butuhkan.

Menjalankan usaha dengan segala lika likunya membuat saya dan istri terus belajar dan menyadari akan adanya risiko bisnis. Selain itu juga belajar bagaimana memanfaatkan internet untuk mendukung usaha agar bisa lebih berkembang.

Tetap berproses dengan segala resikonya

Bahagia ketika semakin banyak orang yang datang ke rumah menanyakan barang. Permintaan pakaian anak dengan model tertentu.

manfaat internet
Ruang tamu disulap menjadi toko

Namun bukan berarti tidak ada tantangan, tantangan semakin besar saat ini. Kami harus mengeluarkan uang lebih, karena pemesan baru akan membayar ketika barang tiba di rumah.
"Jika kamu gagal, ini bukanlah kegagalan dalam hidup atau karier kamu. Tapi, kegagalan yang menimpa merupakan bagian dari proses menuju keberhasilan." Anonim
Tidak berhenti di sini, tidak jarang juga dari mereka tidak mengambil barang yang dipesan karena tidak ada uang, dan berbagai alasan lain.

Rugi, tidak jadi ambil pesanan, adalah resiko yang biasa dihadapi oleh pedagang. Belum lagi berbagai alasan lain. Tidak cocok warna, padahal sudah sesuai dengan yang di pesan dan dicontohkan. Belum lagi minta dikurangi harga, padahal sudah sepakat di awal dengan spesifikasi produk yang tersedia.

Resiko Bisnis Selalu Ada

Menjalankan bisnis apapun jenisnya. Akan selalu ada resiko yang harus dihadapi. Alih-alih menyiapkan diri untuk meraih untung, sebaiknya persiapkan diri untuk menghadapi hal terburuk.

Saat terlalu melihat pada laba yang diperoleh akan membuat diri terlena, tidak terkontrol. Merasa memiliki sumber pendapatan lain. Merasa ada uang lebih. Ujungnya saat kerugian menimpa, kita tidak bisa bangkit dari keterpurukan.

Itu karena kita hanya mempersiapkan diri untuk mendapatkan keuntungan tanpa memperhitungkan resiko terburuk. Setiap bulan hanya menghitung berapa omset dan keuntungan. Tanpa berpikir menyisihkan dana untuk kejadian tidak terduga.
"Mereka yang tidak punya keberanian untuk mengambil risiko tidak akan mencapai apa pun dalam hidupnya." - Muhammad Ali
Apa saja resiko yang dihadapi oleh pelaku bisnis atau orang-orang yang menjalankan usaha? Ini dia resiko menjalankan bisnis yang perlu diketahui:

1. Kerugian

Risiko kerugian pasti akan ada pada bisnis yang kita jalankan. Entah itu berupa hutang tidak terbayar dari pelanggan kepada kita, atau resiko uang pribadi akhirnya terbawa untuk menjaga bisnis agar tetap bertahan dan bisa survive.

Hutang yang tidak terbayar oleh pelanggan tentu akan mengganggu cash flow keuangan usaha yang kita jalankan.

Resiko rugi ini bisa kerugian ringan ataupun kerugian besar yang bisa membuat usaha kita bangkrut.

2. Persaingan ketat

Risiko selanjutnya adalah resiko persaingan. Kalau di pasar, di toko-toko pusat keramaian persaingan sudah pasti adanya, dan semua sudah terjadi sejak lama.

Kalau usaha rumahan, persaingannya terkadang bukan hanya dari sesama pelaku usaha. Namun juga dengan konsumen.

Contohnya beberapa waktu lalu, seorang pelanggan menawar salah satu produk yang ada di toko kami. Memang hanya tersisa 2 set bad sheet dan bed cover.

Datang-datang customer itu mengatakan produk kami terlalu mahal. Kami pun mempersilahkan dia mencari di tempat lain yang dimaksud dia sebagai bahan perbandingan.

cara memulai bisnis online di instagram
Bangunan baru untuk toko 

"Jangan bandingkan produk dengan harga saja mbak. Lihat juag kualitasnya agar tidak tertipu, Mbak." kata istri santai kepada customer kami.

Dia langsung meninggalkan toko dan menuju tempat yang dibilangnya lebih murah. Beberapa saat kemudian dia kembali, dna mengatakan kalau di sana harganya lebih mahal, dna bahannya lebih bagus yang di toko kami.

Dari sini bisa belajar, kalau persaingan bukan hanya dengan toko, namun juga melibatkan pelanggan di dalamnya.

Biasanya mereka akan mencoba mempengaruhi kita sebagai orang yang baru menjalankan usaha dengan menceritakan pengalaman buruk mereka melakukan transaksi dengan toko sebelah/toko pesaing. Meskipun belum tentu benar. Karena mereka hanya ingin mendekati kita sebagai modus agar bisa mendapatkan keringanan pembayaran di toko kita.

Kenapa bisa terjadi? Karena di toko pesaing kita, dia memiliki hutang yang tidak dibayar.

3. Energi ekstra

Menjalankan bisnis tidak semudah yang kita lihat ketika orang melihat kita dari sisi enaknya saja. Mereka tidak tahu bagaimana perjuangan kita membangun usaha. Mulai menyisihkan uang, mengubah pola hidup, bahkan harus menahan untuk membeli keinginan dan kebutuhan.

"Enak ya, di rumah aja, uang bisa datang." kata salah seorang tetangga.

Satunya lagi menimpali,"Iya, kalau dia ga pusing mikir uang. Duduk-duduk dapat uang."

Istri hanya tersenyum melihat mereka dan menimpal, "Alhamdulillah."

Apa yang dilihat orang hanya enaknya saja, mereka tidak tahu bagaimana proses mencari customer, memasarkan produk, dan lain sebagainya.

4. Bangkrut

Kebangkrutan bisa dihadapi siapa saja. Setiap pelaku usaha memiliki peluang ini. Namun ini bisa terjadi karena lemahnya kontrol atau tidak baiknya manajemen keuangan.

Kerugian demi kerugian yang tidak teratasi akan membuat usaha dijalankan menjadi mengalami kebangkrutan.

Internetnya Indonesia Mudahkan Cara memulai bisnis online di instagram

Persaingan toko offline yang semakin menjamur akan semakin ketat. Selain itu pasar yang ada juga tidak terlalu berkembang pesat. Pelanggan hanya orang-orang itu saja. Tentu jika dibiarkan akan membuat usaha yang dijalankan merugi bahkan bangkrut. Solusinya adalah cara memulai bisnis online di instagram dengan mengoptimalkan manfaat internet.

Mengoptimalkan manfaat internet untuk mendukung transformasi bisnis bisa dilakukan dengan cara memulai bisnis online di instagram. Sebelum membahas apa saja manfaat internet untuk membantu mengembangkan bisnis kita, saya ingin berbagi tips cara memulai bisnis online di Instagram.

Tips cara memulai bisnis online di instagram

Saat akan beralih atau lebih tepatnya mengikuti transformasi bisni dari konvensional menjadi digital, dalam hal ini menggunakan media sosial instagram kita bisa melakukan tips berikut.

1. Pastikan fokus produk

Kalau sudah memiliki produk yang jelas dan menjadi fokus jualan, maka tidak perlu lagi repot mencari atau memikirkan produk yang akan dijual.

Jika belum memiliki pastikan sudah memiliki gambaran produk yang akan ditawarkan pada konsumen.

2. Tentukan nama brand

Nama brand atau nama toko online juga harus disesuaikan dengan produk yang kita tawarkan. Termasuk logo dari brand yang akan kita gunakan.

Tujuannya untuk memudahkan customer dan calon customer dalam mengenali produk-produk kita.

3. Buat akun instagram

Tahap selanjutnya adalah membuat akun instagram. Caranya sangat mudah, cukup masuk ke instagram dan buat akun baru. Pastikan saat membuat akun juga melakukan pengaturan profil dan akun.

Sebisa mungkin jika untuk urusan bisnis online, pengaturan dilakukan dengan mengubah akun menjadi bisnis akun. Tujuannya agar followers kita bisa mudah mengakses informasi menuju tautan misal blog ataupun whatsapp kita. Tentu akan menjadikan kita terlihat profesional.

4. Tambah followers

Mau dapat pelanggan harus rajin promosi. Mau dapat pembeli carilah pasarnya. Inilah yang perlu kita lakukan. Menari kolam-kolam yang akan dijadikan sasaran. Carilah follower sesuai dangan kriteria target calon konsumen yang sesuai dengan produk yang kita tawarkan.

Semakin banyak followers, maka akan semakin besar peluang terjdinya pembelian oleh follower kita.

5. Update rutin

Update rutin feed instagram dengan informasi-informasi terkini seputar produk, informasi tips memilih produk, cara menentuka ukuran pakaian yang pas, dan juga quote sebagai penyemangat. Sehingga benar-benar bisa menjadi etalase yang penuh dengan warna.

6. Berikan respon cepat

Pastikan bisa memberikan respon cepat kepada customer atau calon customer. Utamanya mereka yang menghubungi toko online kita di instagram melalui direct message (DM).

Manfaat Internet untuk bisnis online

Internet saat ini bukan lagi hanya untuk memenuhi kebutuhan pribadi seperti mencari artikel atau mencari gambar. Kondisi saat ini jauh berbeda dan lebih berkembang dibandingkan dengan kondisis pada beberapa tahun yang lalu.

Banyak manfaat internet yang bisa dirasakan oleh semua orang dalam berbagai bidang kehidupan, salah satunya manfaat internet untuk memulai bisnis online. Manfaat internet kita sebagai pelaku bisnis bisa melakukan aktivitas tanpa batas. Diantara manfaat internet untuk bisnis online yaitu

1. Memudahkan promosi produk

Sebagai pelaku bisnis atau pemilik usaha, promosi adalah hal yang tidak boleh dilewatkan. Kalau tidak melakukan promosi maka tidak akan mendatangkan pembeli.

Sederhananya, bagaimana orang mau tertarik, apalagi membeli jika tidak ada proses mengenalkan produk yang kita jalankan.

2. Memudahkan perluasan pasar

Manfaat internet selanjutnya bagi dunia usaha adalah memudahkan dalam melakukan perluasan pasar. Kita bisa mencari informasi daya beli masyarakat di suatu daerah, daya tarik masyarakat terhadap produk, dan lain sebagainya.

Untuk bisnis online, maka akan memudahkan pelaku bisnis dalam membuat kolam-kolah target pemasaran itu sendiri.

3. Bebas menentukan target pasar

aktivitas tanpa batas
Koleksi barang dagangan

Manfaat internet membuat pelaku bisnis bisa menjalankan aktivitas tanpa batas untuk menentukan target pasar. Tinggal menyesuaikan dengan jenis produk yang kita jual, apakah untuk remaja, dewasa, atau anak-anak.

Masing-masing produk memiliki pasarnya sendiri, jadi harus jeli dalam menentukan pasar.

4. Analisa produk dan pasar

Manfaat internet berikutnya adalah kemudahan dalam melakukan analisa produk dan pasar. Aktivitas tanpa batas untuk mendukung bisnis atau usaha bisa dilakukan dengan mudah dari rumah.

Pengumpulan data untuk analisa produk dan pasar bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Survey penerimaan produk, survey kepuasan pelanggan, survey pengenalan masyarakat terhadap produk, dan survey lainnya yang kemudian akan menjadi bahan analisis produk dan pasar.

Tentunya dari hasil analisis itu akan menjadikan pelaku bisnis bisa menentukan apa strategi oengembangan bisnis yang akan dilakukan berikutnya.

5. Transaksi lebih cepat

Kecepatan layanan dan transaksi menjadi salah satu kunci dalam menjalankan bisnis. Dukungan internet yang stabil akan memberikan dampak pada terwujudnya transaksi lebih cepat dengan pelanggan.

6. Maintenance pelanggan

Untuk menguatkan ikatan antara pelanggan dengan pelaku usaha, maka perlu dilakukan maintenance atau perawatan pelanggan.

Pelaku bisnis tidka mungkin harus pergi ke suatu daerah atau suatu negara hanya untuk mengucapkan selamat atas keberhasilan. Karena itu akan sangat menguras waktu dan tenaga.

Maka di era digital ini berkat internet, bisa dilakukan maintenance pelanggan dengan lebih cepat dan lebih berkesan. Misal mengirimkan video ucapan, membuat post video ucapan atas keberhasilan, video ucapan ulang tahun, dan lain sebagainya.

Dukungan internetnya Indonesia untuk pelaku usaha

Pengguna internet Indonesia mengelami peningkatan yang signifikan. Seperti yang terjadi pada IndiHome. mengutip data dari katadata disebutkan bahwa sepanjang Januari-Juni 2021, pelanggan Indihome bertambah 285 ribu orang atau 11,4% menjadi 8,3 juta orang yang tersebar di 496 kabupaten/kota.

Tentu ini menjadi bukti bahwa semakin banyak masyarakat yang menggunakan layanan IndiHome dari Telkom Indonesia. Telkom Indonesia terus berusaha memperluas jangkauan dengan terus melakukan inovasi.

Upaya dari IndiHome dan Telkom Indonesia untuk mendukung akselerasi transformasi digital sangat dirasakan keberadaanya. Layanan yang beragam, kecepatan yang stabil, dan tentunya harga yang terjangkau merupakan bentuk dukungan dari IndiHome bagi pelaku usaha.

IndiHome yang digunakan oleh 87% pelanggan jaringan internet tetap pita lebar (fixed broadband) di Indonesia. 

Pengalaman IndiHome bertahun-tahun dalam memberikan layanan internet tidak diragukan lagi. Tersebar hingga pelosok negeri yang terbagi menjadi beberapa regional. Sehingga tidak heran jika IndiHome dikenal sebagai internetnya Indonesia.

Telkom Indonesia

Penutup

Cara memulai bisnis online di Instagram yang bisa dilakukan oleh pemula adalah dengan melakukan oerencanaan secara matang. Menentukan jenis produk, brand yang akan dibangun, dan membangun toko online di Instagram.

Setelah sekian lama berproses dari sedikit stok, kemudian menggunakan ruang tamua, kini kami bisa membangun sebuah ruko di depan rumah kami. Sedangkan toko online pada instagram yang dikelola istri. Kami berharap dengan dukungan internet yang stabil dan cepat akan menjadikan usaha kami deeva collection berkembang pesat di kemudian hari

Agar usaha online yang dijalankan berjalan dengan lancar tanpa hambatan maka dibutuhkan jaringan internet yang stabil dan bisa mendukung aktivitas tanpa batas bagi pelaku usaha. Kebutuhan itu dijawab dengan layanan internet dari Telkom Indonesia melalui IndiHome yang merupakan internetnya Indonesia.

#InternetnyaIndonesia
#AktivitasTanpaBatas
#IndiHomeBlogCompetition2022


Referensi:
https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/09/21/pendapatan-indihome-tumbuh-242-pada-semester-i-2021

https://myindihome.id/mengenal-regional-indihome/

https://www.liputan6.com/bisnis/read/2877447/5-macam-risiko-yang-harus-dihadapi-pebisnis

https://www.liputan6.com/tekno/read/4628024/bank-dunia-indihome-kuasai-87-persen-pangsa-pasar-fixed-broadband

Related Posts

29 comments

  1. Replies
    1. Terima kasih mas Wakhid, doa gang sama untuk mas Wakhid

      Delete
  2. MasyaAllah, perjalanan yang luar biasa sampai menjadi brand Deeva Collection.
    semoga terus maju dan berkembang bisnisnya, Mas Ugi

    ReplyDelete
  3. effortnya membangun bisnis dan mengembangkan bisnis mengundang peluh ya pak, semoga berkah buat kedepannya.

    ReplyDelete
  4. Sejak awal pandemi, karena tuntutan sekolah daring anak-anak, saya harus berlangganan internet di rumah. Dan pilihan saya jatuh ke indiHome. Alhamdulillah hingga kini masih setia dengan indihome. Selain terjangkau, aksesnya cepat, juga no komplain sejak pertama pasang. Puas banget milih indihome. 

    ReplyDelete
  5. Lika-liku bisnis ya mas, perjuangannya macam-macam, bahkan kadang berdarah-darah. Saya salut mas dan istri selalu positif dalam menjalani bisnis, meski perjalanannya gak mudah. Semoga semangatnya selalu terjaga. Saya doakan sukses selalu.

    Indihome dari dulu bisa diandalkan, jaringan internetnya stabil dan cocok buat mendukung usaha online.

    ReplyDelete
  6. wah hebat , mencoba berbagai sektor usaha
    dan saya setuju banget, usaha kuliner itu capek
    saya pernah terjun di industri ini, bikin snack untuk disetor ke toko kue
    Duh, badan saya sampai kurus :D

    ReplyDelete
  7. Saya masih pemula di dunia bisnis, harus banyak berguru demgan mas dan istri nih kayaknya. Maju terus deevacollection dan goodluck untuk lombanya ya

    ReplyDelete
  8. waahh Mba udah lama terjun di dunia bisnis ya, boleh nih sharing2 ilmunya lewat blog Mba, semoga menjadi jalan ilmu yang bermanfaat utk semua. Pengen juga nih buka usaha makanan kyk baso gini mba

    ReplyDelete
  9. Jaman sekarang semua serba mudah. Bahkan urusan bisnis. Kita bisa memulainya dengan internetnya Indonesia. Jadi bisnis online

    ReplyDelete
  10. Sekarang ini dengan internet apapun jadi terasa lebih mudah ya. Terimakasih untuk kecanggihan teknologi dan IndiHome

    ReplyDelete
  11. Semoga diberi kemudahan dan keberkahan berbisnis, semangat membangun bisnis, semangat mengembangkan usaha semoga berkah.

    IndiHome internetnya Indonesia mendukung perkembanga digital dan usaha.

    ReplyDelete
  12. berhubung saat pandemi banyak org banting setir ke bisnis online, pastinya butuh dukungan internet yang mumpuni, dan so far indihome memang andalanku sih, bahkan kayanya di berbagai penjuru Indonesia deh

    ReplyDelete
  13. Seru ceritanya. Lancar dan sukses terus usahanya ya, Mas.

    Aku masih stuck dan belum coba bener-bener mulai lagi. Tapi memang kudu sih, udah jalan tapi nggak dikelola dengan baik kan sayang ya..

    ReplyDelete
  14. Semoga terus berkembang dan sukses bisnisnya kak.
    Apalagi memang bisnis online ini peluangnya besar, suka ada yang cari. Tinggal pemasarannya ditingkatkan dengan keunikan yang keren

    ReplyDelete
  15. Mantap dan detail banget nih cerita dalam membangun & menjalankan bisnisnya. Memang harus mengikuti perkembangan zaman ya, jadi bisnis pun nggak hanya offline tp juga online.

    ReplyDelete
  16. Ah iya, internet memang memberikan kesempatan luas kepada kita untuk mendapatkan peluang berjualan termasuk di IG

    ReplyDelete
  17. wuah iya, indihome juga lumayan banget untuk memangkas sewa ruko. lahwong bisa jualan dari rumah asalkan internet nyala terus

    ReplyDelete
  18. Saya tuh selalu salut sama pebisnis yang gak takut gagal. Bangkrut, bangkit lagi, bangkrut lagi, bangkit lagi sampai akhirnya bisa berasa di tangga kesuksesan. Jiwa pebisnisnya benar benar diasah. Bisnis makin lancar kalau di dukung internet lancar seperti indihome ya

    ReplyDelete
  19. Usaha yang dibangun dari nol ini sungguh tidak mudah yaa, kak..
    Salut banget sama yang terus bisa berinovasi dan bertahan juga mengembangkan melalui digital marketing dan memanfaatkan jaringan internet sebagai pengembang bisnis yang sangat potensial dalam menarik konsumen yang lebih luas.

    ReplyDelete
  20. Wah keren ya bisa bisnis dari rumah via IndiHome jadi mau ikutan juga deh supaya bisa menambah penghasilan

    ReplyDelete
  21. masyaa Allah pak, berbisnis itu emang ga gampang ya pak, butuh konsistensi, apalagi pengaturan uang yang harus ketat dan tetap muter, alhamdulillah sekarang sudah lancar, ditambah dukungan internet yang sekarang emang serba online, tetap semangat pak gie dan istri

    ReplyDelete
  22. Kerugian dan kebangkrutan, dua hal ini yang selalu momok menakutkan bagi pebisnis pemula. Karena yang namanya usaha, bayangan setiap orang tentu kesuksesan.

    ReplyDelete
  23. Jatuh bangun jalani bisnis emang perlu, buat pelajaran kalau mau bangun usaha baru. Semangat terus yaa usahanya, Salut tetap bangkit meski banyak drama Jatuh bangunnya. Salam untuk istri, Semoga tetap sabar menghadapi customer yang macam-macam Pola nya hehehe

    ReplyDelete
  24. Aku selalu merasa bahwa pelaku wirausaha itu adalah sosok yg tangguh. Karena mereka tidak pantang menyerah

    ReplyDelete
  25. Aku juga pengguna indihome loh. Dan emang bener, sinyalnya kuat dan unlimited pastinya

    ReplyDelete
  26. Indihome ini memang andalah berbagai kalangan ya. Yang punya bisnis online, yang kerja dari rumah, yang belajar dari rumah, bahkan untuk hiburan, sangat menunjang banget. Andalanku juga nih. Cuma Indihome yang bisa stabil di tempatku. :D

    ReplyDelete
  27. Nah iya selain ngikutin tips jualan di Instagram, gak dipungkiri kalau koneksi internetnya memang penting banget deh untuk menunjang bisnis biar bisa ngasih respons cepat ke pelanggan

    ReplyDelete
  28. Masya Allah begini to awal mula lahirnya deevacollection. Wah wah ....keren ya pak. Kompak selalu ma istrinya semoga semakin maju y pak bisnisnya

    ReplyDelete

Post a Comment