Bagi hasil deposito bank syariah tertinggi, benarkah?

Konten [Tampil]
Perbankan memiliki beberapa produk yang ditawarkan kepada nasabahnya. Baik bank konvensional dan bank syariah memiliki produk yang sama. Pembeda antara keduanya adalah pada akadnya. Seperti halnya bank konvensional, bank syariah juga memiliki deposito, yaitu deposito syariah. Apakah bagi hasil deposito bank syariah tertinggi?

Bagi hasil deposito bank syariah tertinggi

Saat akan mengakses layanan produk perbankan tentunya anda akan mencari informasi detail behubungan dengan produk-produk yang ada di perbankan itu sendiri. Termasuk informasi mengenai mana yang memberikan bagi hasil deposito bank syariah tertinggi diantara bank syariah yang ada.
deposito bagi hasil bank syariah tertinggi
Tentunya setiap bank syariah memiliki kebijakan tersendiri berhubungan dengan bagi hasil atau nisbah deposito. Sama seperti produk-produk lainnya yang ditawarkan kepada nasabah. Antara bank yang satu dengan yang lain akan menawarkan penawaran bagi hasil yang berbeda-beda.

Apakah ada deposito di bank syariah?

Layaknya perbankan konvensional, perbankan syariah juga memiliki produk deposito syariah selain produk-produk lainnya. Jika deposito pada bank konvensional menggunakan bunga, maka deposito syariah menawarkan bagi hasil bagi nasabah.

Bank syariah sendiri memiliki beberapa produk yang perlu anda ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan atau menjadi nasabah. Diantara produk yang dimiliki perbankan syariah adalah Tabungan Syariah, Deposito Syariah, Gadai Syariah, Pinjaman atau pembiayaan syariah, dan Giro Syariah. Jadi banksyariah memiliki produk deposito, bahkan banyak kalangan menyebut bagi hasil deposito bank syariah tertinggi.

Produk Bank Syariah

Mengutip dari tulisan yang dipublikasikan Lifepal produk-produk yang dimiliki bank syariah atau produk bank syariah dijelaskan sebagai berikut:

1. Tabungan Syariah

Tabungan syariah menerapkan akad mudharabah, yaitu akad antara nasabah dan bank tentang simpanan yang pengelolaannya diberikan kepada bank dengan sistem bagi hasil.

Sistem bagi hasil ini dipilih dalam perbankan syariah agar terhindar dari bunga yang mengandung riba dan tidak halal.

2. Deposito Syariah

Produk perbankan syariah lainnya yaitu deposito syariah. Deposito syariah merupakan produk simpanan berjangka yang dikelola bank syariah. Produk ini bisa didapatkan oleh nasabah baik perorangan atau perusahaan. Dalam aplikasinya, produk ini menerapkan prinsip mudharabah.

Berbicara jangka waktu deposito, deposito syariah memiliki pilihan jangka waktu simpanan beragam. Diantara pilihan jangka waktunya adalah 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan, hingga 24 bulan.

Keuntungan deposito di bank syariah berupa nisbah atau bagi hasil. Umumnya, nisbah yang ditawarkan adalah 60 untuk nasabah dan :40 bank. Melihat angka nisbah ini tidak heran jika banyak kalangan menilai bagi hasil deposito bank syariah tertinggi.
deposito bagi hasil bank syariah tertinggi

3. Gadai Syariah

Gadai syariah adalah produk pinjaman tunai yang diberikan bank syariah kepada nasabahnya. Akad yang digunakan dalam gadai syariah adalah akad rahn atau ijarah. Sebagai syarat utama, nasabah wajib menyerahkan barang jaminan.

Bagaimana jika nasabah atau debitur tidak sanggup melunasi cicilan? Jika nasabah tidak bisa atau tidak sanggup melunasi cicilan maka barang jaminan akan dijual untuk menutupi utang. Jika harga jualnya melebihi utang, kelebihannya akan dikembalikan kepada debitur.

Karena barang ini adalah milik debitur, maka debitur akan dikenakan biaya administrasi, untuk biaya pemeliharaan barang.

4. Pinjaman atau pembiayaan Syariah

Pinjaman syariah adalah produk pinjaman dari bank syariah untuk memberikan kemudahan bagi nasabah dalam membeli sesuatu. Untuk melunasinya, nasabah wajib melunasi utang tersebut dalam bentuk pembayaran langsung atau cicilan.

Sebagai contoh, nasabah meminjam uang tunai untuk membeli komputer, bank syariah akan membelikannya terlebih dahulu di toko. Lalu, komputer itu dijual kepada nasabah dengan harga yang telah dimasukkan margin.

5. Giro Syariah

Giro syariah adalah produk simpanan di bank syariah yang dana bisa ditarik dengan menggunakan cek atau bilyet giro selain kartu ATM seperti pada bank pada umumnya.

Produk ini bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada nasabah dalam melakukan transaksi dalam jumlah besar.

Itulah beberapa produk bank syariah yang perlu kita ketahui saat akan memutuskan menggunakan salah satu produk yang ditawarkan, seperti menggunakan produk deposito syariah dari perbankan dimana bagi hasil deposito bank syariah tertinggi menurut beberapa kalangan.

Produk Deposito Syariah Perbankan Syariah

Di Indonesia terdapat banyak bank syariah yang bisa menjadi pilihan bagi anda sebagai calon nasabah saat memilih produk deposito syariah. Berikut penjelasan produk deposito syariah pada beberapa bank syariah.

a. Deposito Syariah Bank Syariah Indonesia

Bank Syariah Indonesia memiliki dua produk deposito syariah yaitu BSI Deposito Valas dan Deposito Rupiah. Berikut gambaran dari kedua deposito syariah bank Syariah Indonesia.

1. BSI Deposito Valas

Investasi berjangka yang dikelola dengan akad Mudharabah yang ditunjukan bagi nasabah perorangan dan perusahaan dalam mata uang USD. Tersedia jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Keunggulan produk
Beberapa keunggulan dari BSI Deposito valas adalah
  1. Nisbah Bagi Hasil yang Kompetitif
  2. Fasilitas ARO (Automatic Roll Over) yaitu perpanjangan otomatis jika deposito jatuh tempo belum dicairkan.
  3. Terdapat pilihan jangka waktu 1,3,6 dan 12 Bulan.

Tarif dan Biaya

Tarif dan biaya dalam Deposito Valas Bank Syariah Indonesia adalah

Biaya

Tarif

Setoran awal

USD 1000

Biaya break deposito

USD 10

Biaya penggantian billyet rusak

Rp. 10.000,-


Syarat dan ketentuan Umum
Apa saja syarat dan ketentuan umum yang perlu diketahui dan dipersiapkan calon nasabah saat akan memilih deposito valas BSI? Ini dia beberapa syarat dan ketentuannya:
  1. Nasabah adalah perorangan atau non perorangan.
  2. Nasabah perorangan persyaratannya adalah KTP, NPWP, PASPOR, KITAS, KITAP
  3. Nasabah Non Perorangan persyaratannya sesuai Badan Hukum

2. BSI Deposito Rupiah

Investasi berjangka yang dikelola dengan akad Mudharabah yang ditujukan bagi nasabah perorangan dan perusahaan dalam mata uang rupiah. Tersedia jangka waktu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan dan 12 bulan.

Keunggulan produk
Beberapa keunggulan dari produk BSI Deposito Rupiah adalah
  1. Nisbah Bagi Hasil yang Kompetitif
  2. Fasilitas ARO (Automatic Roll Over) yaitu perpanjangan otomatis jika deposito jatuh tempo belum dicairkan.
  3. Terdapat pilihan jangka waktu 1,3,6 dan 12 Bulan
Tarif dan Biaya
Tarif dan biaya dalam Deposito Rupiah Bank Syariah Indonesia adalah

Biaya

Tarif

Setoran awal mulai

Rp. 2.000.000,-

Biaya break deposito

Rp. 25.000,-

Biaya penggantian billyet rusak

Rp. 10.000,-


Syarat dan ketentuan Umum
Apa saja syarat dan ketentuan umum yang perlu diketahui dan dipersiapkan calon nasabah saat akan memilih deposito valas BSI? Ini dia beberapa syarat dan ketentuannya:
  1. Nasabah adalah perorangan atau non perorangan.
  2. Nasabah perorangan persyaratannya adalah KTP, NPWP
  3. Nasabah Non Perorangan persyaratannya sesuai Badan Hukum

Cara pengajuan deposito syariah BSI

Untuk pengajuan deposito syariah BSI anda bisa mendatangi kantor cabang yang ada di daerah atau kota tempat anda tinggal.

Saat ini BSI juga sudah menyediakan fitur Deposito via BSI Mobile yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk membuka deposito kapanpun dan dimanapun.

b. Deposito Syariah BCA Syariah

Deposito syariah pada BCA Syariah dikenal dengan Deposito iB. Deposito iB adalah solusi untuk berinvestasi dengan bagi hasil yang kompetitif berdasarkan prinsip mudharabah (bagi hasil).

Manfaat deposito iB
Jika anda memutuskan untuk membuka deposito iB BCA Syariah ada beberapa manfaat yang bisa diperoleh, diantaranya
  1. Anda dapat memilih sendiri jangka waktu deposito sesuai dengan keinginan
  2. Anda bisa memindahkan bagi hasil Deposito iB Anda secara otomatis ke rekening Giro iB/Tahapan iB
  3. Tersedia pilihan perpanjangan sesuai kebutuhan
  4. Bagi hasil yang kompetitif
  5. Dapat digunakan sebagai jaminan pembiayaan
  6. Tersedia layanan pemotongan zakat (Autodebet Zakat)
Fitur
Berikut fitur-fitur yang ditawarkan dalam DepositoiB BCA Syariah kepada nasabah:

Fitur

Keterangan

Mata uang

Rupiah

Jangka waktu penempatan

1,3,6, dan 12 bulan

Join Account (Dan/Atau)

·  Perorangan dengan perorangan

·  Perorangan dengan badan usaha

·  Badan usaha dengan badan usaha

Status perpanjangan

·  Non ARO* (tidak diperpanjang secara otomatis)

·  ARO (perpanjangan nominal deposito secara otomatis)

·  ARO + Bagi Hasil (perpanjangan nominal deposito plus bagi hasil secara otomatis)

Pembayaran bagi hasil

Tiap bulan pada tanggal yang sama dengan tanggal penempatan Deposito iB


Biaya
Biaya yang terdapat dalam deposito iB BCA Syariah adalah:

Keterangan

Biaya (IDR)

Nominal penempatan umum

Rp. 8.000.000,-


Persyaratan
Apa saja yang perlu dilakukan dan sipersiapkan nasabah saat akan membuka deposito iB BCA Syariah? Berikut beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan:
  1. Nasabah perorangan atau Badan Usaha
  2. Melengkapi dan menandatangani formulir permohonan.
  3. Membawa dan menyerahkan copy identitas yang masih berlaku (KTP-el untuk WNI dan KITAP/KITAS untuk WNA)
Itulah beberapa contoh produk Deposito Bank Syariah yang bisa menjadi referensi bagi anda dalam memilih deposito dengan bagi hasil deposito bank syariah tertinggi.

Kesimpulan

Perbankan syariah memiliki bermacam produk yang disediakan bagi nasabah dan calon nasabahnya. Diantara produk yang umumnya dimiliki perbankan syariah adalah Tabungan Syariah, Deposito Syariah, Gadai Syariah, Pinjaman atau pembiayaan syariah, dan Giro Syariah. Tentu di luar lima produk itu terdapat produk lain yang disediakn bagi nasabahnya.

Deposito syariah banyak diminati kalangan karena menurut banyak kalangan bagi hasil deposito bank syariah tertinggi. Tertarik untuk membuka deposito syariah? Pastikan mendapatkan informasi detail tentang produknya.

Sumber:
https://www.bcasyariah.co.id/deposito-ib
https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/produk/1614589296deposito-rupiah
https://www.bankbsi.co.id/produk&layanan/produk/1616379208bsi-deposito-valas


Bagi hasil deposito bank syariah tertinggi

Seperti halnya bank konvensional, bank syariah juga memiliki deposito, yaitu deposito syariah. Apakah bagi hasil deposito bank syariah tertinggi?


Apakah ada deposito di bank syariah?

Layaknya perbankan konvensional, perbankan syariah juga memiliki produk deposito syariah selain produk-produk lainnya


Produk Bank Syariah

  • Tabungan Syariah
  • Deposito Syariah
  • Gadai Syariah
  • Pinjaman atau Pembiayaan Syariah
  • Giro Syariah

Produk Deposito Syariah Perbankan Syariah

  • BSI Deposito Valas
  • BSI Deposito Rupiah
  • Deposito iB BCA Syariah

Related Posts

Post a Comment