deeva collection

Short Course Cara Menghasilkan 30 Juta

Konten [Tampil]
Siapa yang tidak tertarik mendapatkan informasi Short Course Gratis Cara Menghasilkan 30 Juta? Pastinya semua setuju, sepakat untuk langsung mengikutinya. Tidak lagi berpikir panjang. Apalagi sampai kebanyakan berpikir. Pasti akan hilang kesempatan itu.

Setidaknya inilah yang saya alami beberapa waktu lalu. Selama pandemi ini banyak sekali tawaran mengikuti pelatihan singkat untuk meningkatkan penghasilan atau menambah pendapatan, namun tidak ada yang cocok bagi saya. Hingga ketemulah short course ini.

A. Short Course Gratis Begini Ceritanya

kursus kilat gratis
Info Short Course Gratis

Saya mau cerita dulu, suatu hari saya sedang mengunjungi instagram salah satu blogger senior, yaitu Jihan Mawaddah. Siapa yang tidak tahu sosok blogger yang satu ini. Namanya seringkali bertengger di peringkat atas dalam setiap kompetisi. Saya tergoda dengan salah satu feed yang ada di sana, 30 Juta Pertama Dari Blog Dalam Waktu 1 Tahun? Bisa Dong! Saya pun segera mencari link untuk registrasi Short Course program bersama salah satu blogger kawakan ini.

Short Course Online ini diselenggarakan seiring dengan begitu banyaknya pertanyaan yang masuk kepada para nara sumber. Bisa dibayangkan kalau harus meladeni satu persatu pertanyaan yang sama dengan jawaban yang sama, berapa banyak waktu yang harus disediakan.

Mempertimbangan efisiensi dan efektivitasnya, maka dicetuskanlah program ini ini. Sudah berprestasi, baik hati pula. Semoga disehatkan selalu, biar terus ketularan ilmunya.

Short Course Program yang membahas tentang 30 Juta Pertama dalam Satu Tahun ini setidaknya mengangkat dan membahas tiga tema penting yang saling berhubungan dan saling melengkapi, dalam tiga pertemuan yaitu:
  1. Pertemuan pertama membahas tentang Cara Menulis Artikel yang Menarik dengan nara sumber Shafira Adlina.
  2. Pertemuan kedua bersama Jihan Mawaddah yang mengangkat tentang SEO dan Tips Menang Lomba Blog.
  3. Pertemuan ketiga bersama Abdul Rozak yang konsen dalam Google Adsense dan SEO.

B. Short Course Gratis Siapa Nara Sumbernya?
Kursus singkat selama 3 kali pertemuan ini dibimbing langsung oleh tiga nara sumber keren. Mereka orang yang berprestasi sesuai dengan keahlian masing-masing. Memiliki spesialisasi di bidangnya masing-masing. Tidak perlu muter-muter, apa lagi sampai harus keliling kota, langsung saja ya, saya perkenalkan tiga nara sumber itu.

1. Shafira Adlina

Shafira Adlina menjadi narasumber pada hari pertama short course gratis. Materi yang dibawakan adalah tentang bagaimana cara menulis artikel yang menarik. Siapa sih sosok yang satu ini?

Sekilas dia tampak seperti ibu biasa, namun dalam kenyataannya adalah sosok yang luar biasa. Di balik penampilannya yang sederhana, dia adalah sosok yang bersahaja. Shafira adalah salah seorang blogger perempuan yang dimiliki negeri ini.
menulis artikel menarik
Screenshot halaman blog ceritamamah.com

Dia mengelola blog ceritamamah.com, sebuah blog yang sarat akan makna baginya. Memiliki nilai yang sangat berharga dalam hidupnya. 

Hebatnya lagi, selain sebagai blogger yang suka menulis tentang kehamilan, parenting, dan keluarga, dia juga memiliki segudang pengalaman dan prestasi. Setidaknya belasan kompetisi bisa dimenangkannya. Dia juga merupakan seorang Fasilitator dan Asesor bersertifikasi BNSP.

2. Jihan Mawaddah

Jihan Mawaddah, siapa yang tidak mengenal sosok yang satu ini? Sosok yang seakan hidupnya sudah sangat lekat dengan dunia blog kompetisi. Berkali-kali memenangkan kompetisi blog.

Saya pertama kali tahu sosok ini saat baru bergabung sebagai blogger, dan pertama kali bergabung dengan Bloggercrony community. Setahun kemudian semakin tahu akan prestasinya. Bersyukur dipertemukan dengan blogger perempuan yang produktif ini di dalam event One Day One Post.
tips menang lomba blog
Screenshot halaman blog jeyjingga.com

Namanya harum, dan tercatat sebagai blogger yang berprestasi. Tidak jarang bahkan menjadi bahan pembicaraan yang menghiasi group blogger. Tentunya bukan ghibah, tapi membicarakan prestasinya.

Di balik kesibukannya sebagai seorang penyuluh agama islam pada lingkungan Kementerian Agama, dia terus mengasah kemampuan menulisnya sehingga menjadi semakin berkualitas. Setidaknya 15 antologi dihasilkannya, dan 1 buku solo sudah diterbitkannya. Hingga Oktober 2021, setidaknya sudah tercatat lebih dari 30 kompetisi dimenangkannya melalui blog yang dikelolanya yaitu jeyjingga.com.

3. Abdul Rozak

Narasumber hari ke tiga ini adalah Abdul Rozak Al Maftuhin. Ia membawa sajian spesial, yaitu tentang SEO, Adsense, dan Cuan. Pemilik nama pena Rozak Al Maftuhin ini sudah menerbitkan 5 buku. Selain itu, dia juga mengelola banyak blog. Dia selama dikenal sebagai blogger yang konsen dalam SEO dan Google Adsense.

C. Mengulik Short Course Gratis selama 3 Hari

1. Menulis Artikel yang Menarik

short course gratis
Cara menulis artikel yang menarik
Pada hari pertama program kursus singkat, peserta diajak memahami tentang bagaimana membuat artikel yang menarik. Sebelum memulai pemaparan, sebagai blogger kita kembali diingatkan tentang adab sebelum ilmu. Di mana blogger sangat perlu menjunjung tinggi adab sebelum ilmu. 

Pada materi hari pertama Short Course gratis, Shafira membahas tiga poin yang berhubungan dengan penghasilan dari blog. Tiga poin tersebut adalah tujuan ngeblog yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu, ada tujuan dahulu, sekarang, dan masa depan. Pada poin kedua para peserta diberikan informasi tentang bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog. Berbagai informasi tentang channel yang bisa dioptimalkan oleh blogger untuk mendapatkan penghasilan dipaparkan dalam event itu. Poin ketiga yang juga sangat menentukan bagi seorang blogger adalah membuat artikel yang menarik.

Dalam membuat artikel yang menarik setidaknya ada tujuh hal yang perlu diperhatikan, yaitu:
  • Menentukan niche blog dan target pembaca
  • Belief without border (Jangan membatasi diri dengan self talk)
  • Buat judul yang menarik
  • Gunakan format yang jelas agar tulisan mudah terbaca
  • Terapkan piramida terbalik dimulai dengan informasi yang harus diketahui, dilanjutkan dengan tambahan informasi detail, dan terakhir adalah kesimpulan.
  • Tingkatkan kualitas dan bobot isi artikel.
  • Bangun kebiasaan membaca dan menulis.

2. SEO dan Tips Menang Lomba Blog

Hari kedua tidak kalah menarik dengan hari pertama. Kalau boleh saya katakan, ini adalah lanjutan dari hari pertama. Masih sangat berhubungan dengan materi short course tentang membuat artikel menarik.

Jihan Mawaddah dengan pengalamannya memenangkan kompetisi blog, pada hari kedua pelatihan singkat gratis ini membahas tentang SEO dan Tips Menang Lomba Blog. Menarik bukan? Apa saja yang dibahas di hari kedua?

Seperti judulnya SEO dan Tips menang lomba blog, itulah yang menjadi fokus utama dalam sesinya. Artikel menarik saja belumlah cukup, perlu susunan yang menarik juga. Ini bisa dicapai ketika kita artikel memenuhi kaidah SEO.

a. Menerapkan Kaidah SEO (Search Engine Optimation)

Search Engine Optimation, di kalangan blogger lebih dikenal dengan SEO adalah salah satu cara untuk mengoptimasi tulisan atau artikel kita agar bisa muncul di page one pada mesin pencarian google.

Berhubungan dengan artikel agar mudah dikenali oleh google dan bisa memenangkan halaman pertama maka kita perlu memberikan informasi kepada google tentang artikel kita. Caranya dengan mengoptimalkan beberapa poin berhubungan dengan SEO, yaitu:
  1. Menentukan artikel yang kita tulis, apa topik yang diangkat.
  2. Melakukan riset pada kata kunci (research keyword) kata-kata yang dicari orang di google.
  3. Optimasi konten dengan keyword dengan meletakkan keyword (kata kunci) pada bagian-bagian berikut:
  • Permalink
  • Judul
  • Paragraf pertama
  • Paragraf tengah
  • Paragraf terakhir
  • Caption foto
  • Nama file foto
4. Hindari menggunakan keyword berlebihan dalam artikel yang ditulis dan gunakan LSI keyword sebagai variasi dalam penulisan.

Menerapkan kaidah SEO atau membuat artikel yang SEO friendly akan memudahkan orang dalam menemukan artikel yang kita publikasikan.

b. Tips Menang Lomba Blog

short course gratis jihan
Tips menang lomba blog
Menang lomba dalam setiap kompetisi pastinya menjadi impian semua orang, namun demikian prosesnya tidaklah mudah, butuh perjuangan, butuh belajar, dan butuh berproses. Pastinya memakan waktu yang tidak sedikit.

Satu hal yang bisa kita lakukan adalah belajar melalui mereka yang sudah berlangganan memenangkan kompetisi dalam beberapa waktu, dan selalu bertengger pada urutan atas. Salah satunya belajar dalam Short Course Cara Menghasilkan 30 Juta yang yang membahas tips memenangkan lomba blog.

Sebenarnya apa saja yang perlu diperhatikan oleh kita agar bisa mencuri hati dewan juri? Blogger lifstyle  dan knowled ini setidaknya menyampaikan delapan hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan dengan teliti dalam mengikuti lomba blog, di antaranya:
  1. Pelajari penyelenggaranya
  2. Pelajari tema lomba dan lakukan riset untuk bahan tulisan
  3. Pikirkan pokok bahasan yang unik.
  4. Kaitkan tema dengan pengalaman pribadi (jika ada)
  5. Berikan gambar dan infografis pendukung.
  6. Sertakan data pendukung untuk menguatkan pendapat.
  7. Pastikan ada manfaat yang bisa diambil oleh pembaca.
  8. Berdoa
Itu dia delapan tips memenangkan lomba ala Jihan sang juara yang bisa dioptimalkan ketika mengikuti lomba. Tips untuk memenangkan lomba sudah ada, tinggal bagaimana kita mengoptimalkan ketika mengikuti kompetisi yang banyak bertebaran. Hampir setiap bulan ada informasi lomba blog. Semoga bisa mengikuti jejak. Doain ya teman-teman, saya juga doakan kalian pastinya.

3. SEO, Google Adsense, dan Cuan

mendaftar google adsense
Mendaftar google adsense
Materi hari terakhir di short course gratis ini sangat menarik, dan membuat penasaran. Ini salah satu cara mendapatkan penghasilan dari blog selain dari menjadi pemenang lomba yang juga bisa diikuti oleh semuanya.

Dalam kesempatan ini, Kak Rozak menguatkan kembali peserta tentang SEO friendly, riset keyword, dan membuat artikel berkualitas sebagai kunci. Di kesempatan ini peserta diajak bersama-sama belajar bagaimana melakukan riset keyword dan hal lain berhubungan dengan SEO dan artikel kita, serta mengupas tuntas seluk beluk dunia Google Adsense.

Dalam kesempatan ini, berhubungan dengan Google Adsense Kak Rozak menekankan kepada kita agar memperhatikan beberapa hal berikut:
  1. Memiliki blog baik yang gratis atau berbayar.
  2. Niche terfokus
  3. Rutin update artikel SEO dan Human Friendly, yang jelas harus rutin update.
  4. Navigasi blog jelas.
  5. Minimal usia blog 3 bulan saat mendaftar.
Pelatihan singkat yang sangat mengena. Semoga bisa mengimplementasikan apa yang diperoleh dari nara sumber dalam Short Course Cara Menghasilkan 30 juta.

Related Posts

19 comments

  1. Wahh lengkap banget informasi yang diberikan, jadi gak nyesel - nyesel amat gak ikutan short coursenya, karena ulasan pada artikel ini cukup bisa dipahami.. Jadi makin semangat menulis lagi

    ReplyDelete
  2. Ini dia acara penting yang terlewat... Kalau ada acara beginian lagi, kabar-kabari ya pak...

    ReplyDelete
  3. sayang banget ga bisa ikutan acaranya, tapi beruntung bisa baca resumenya di artikel ini. sangat bermanfaat pak Gie, terima kasih sudah sharing..

    ReplyDelete
  4. Tiga narasumber ini sudah pasti bukan orang biasa,, makanya beruntung banget orang yg bisa ikutan kelas ini...
    Mudah mudahan suatu saat saya bisa ikut kaya Mas

    ReplyDelete
  5. Mantap ya, abis ikutan short course ini berasa punya semangat baru dalam ngeblog yang bercuan. Bukan cuma asal curhat, tapi benar-benar menghasilkan.

    kalau boleh diulang pengen ikkutan lagi batch 2 nya hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. akupun sama ingin ikutan klo ada lagi heheheheh. dan pak ugi ini informan pertama kita hehe

      Delete
  6. Keren euy.. insyaAllah semakin sukses bagi yang selalu berbagi seperti ini. Apalagi tentang blog, saya suka kalau poin "selalu update" disertakan. Sepertinya memang sebelum yang lain, itu dulu deh.

    ReplyDelete
  7. Mantap banget ikut kelas ini ya Pak, bikin nagih materinya karena daging semua sayangnya cuma singkat huhu.. semangat menjemput 30 juta pertama dari blog Pak Sugi :D

    ReplyDelete
  8. Lengkap pol, Pak. Otak langsung ngebul pas ikutan short course ini nggak sih pak. Tapi sneng pas bahas cuan2. Wkwkwk. Semangat dapat 30 juta pertama ya Pak Gi

    ReplyDelete
  9. Wow wowww....ini empunya blog mengulas dg susunan yang tak biasa.
    Keren ..

    Dri semua review short couerse yg pernah anak baca. Blog deeva menyajikannya ringkas tapinpadat.

    Semoga setelah ini makin brudul rezeki dari penghasilan tambhan lewat blog ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Auto senyum baca istilah "brudul".... Suroboyo banget ini

      Delete
  10. Aku juga ikutan ini tp blm sempat nulis ulasannya huhuhu. Baca di sini aja kl mau ingat lagi isi short coursenyaa ahh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha sama, aku juga baru nulis dikit.. Bacaa ulasan pak Gie emang padat bangey, semua di libas.

      Suka sama ulasannya ini. Semoga ya ilmu yang didapat pada malam itu, bisa kita aplikasikan ke dalam tulisan kita. 30 juta dalam setahun menanti... Yuk semangatt!!

      Delete
  11. Beruntung sekali bisa ikut short course blog ini. Semoga dapat mengaplikasikan ilmunya ke blog kita, ya Mas Ugi

    ReplyDelete
  12. Wih mantep bgt ini. Wajib diaplikasikan sih memang hahaha soalnya kadang ikut course gini sering tp ga praktek dan nggak konsisten :') makasih pak ulasannya, ulasannya bisa untuk reminder saat lupa...

    ReplyDelete
  13. Ini acara pinter banget ya ambil judul. Siapa yang nggak tertarik sama 30 juta....hahahah
    Bunda juga mauuuuu

    ReplyDelete
  14. Materi 3 hari berturut-turut yang padat dan daging semua.. Seneng rasanya ikut di kelas short course ini juga :D

    ReplyDelete
  15. Bersyukur sekali bisa ikutan kelas ini kemarin.. semoga short Course Gratis 30 Juta Pertama dari blog ada kepas lanjutannya

    ReplyDelete

Post a Comment