deeva collection

Cara Mendapatkan Peluang Job Blog Intellifluence

Konten [Tampil]
Menjadi blogger yang perlu dilakukan pertama dalah menata niat. Niat pertama dan utama adalah berbagi manfaat dengan berbagi informasi bagi siapa saja. Kalau ada yang lain, atau peluang untuk mendapatkan penghasilan adalah rezeki dari yang Maha Pemberi Rezeki. Bagaimana cara mendapatkan peluang job blog di era serba online?

Menjadi blogger sangat tepat saat semua lapangan kerja dijalankan secara online. Bisa menghasilkan uang dari rumah. Dalam short course yang pernah saya ikuti bagaimana menghasilkan 30 juta pertama dari blog, salah satu sumbernya adalah channel yang menyediakan informasi job bagi blogger. Saat ini yang lagi naik daun adalah mendapatkan job dengan bayaran dolar, seperti pada intellifluence. Terus bagaimana cara mendapatkan peluang job blog dari intellinfluence?
menghasilkan 100 dollar pertama

Sebagai blogger pemula, tentunya saya agak waswas, dan khawatir jika berhubungan dengan job. Apakah benar akan dibayar, atau hanya ilusi semata. Jangan-jangan ketika sudah mengerjakan job tidak mendapatkan yang seharusnya menjadi hak kita.

Hingga suatu waktu, aku secara tidak sengaja membaca postingan salah seorang blogger tentang intellifluence. Saya masih berusaha menenangkan diri, mencoba memahami bagaimana alurnya. Beberapa minggu kemudian salah satu grup blogger juga heboh dengan job yang dibayar pakai dolar.

Saat dibagikan link artikelnya, saya pun memantapkan diri untuk ikut bergabung. Siapa tahu menjadi salah satu jalan rezeki. Prinsipnya selagi merasa mampu dan bisa menunaikan, serta bisa bertanggung jawab dengan yang sudah ditentukan maka bisa diambil. Setidaknya kita bisa menjadikan hobi menulis menjadi menghasilkan pundi-pundi.

Adakah yang belum tahu intelifluence? Apa sebenarnya intelifluence? Bagaimana cara bergabung dengan intelifluence? Siapa saja yang bisa bergabung? Apakah website ini aman dan betul-betul menjamin? Saya pastinya juga bertanya-tanya hal ini. Meskipun pada akhirnya memutuskan ikut bergabung untuk membuktikan dan akan sharing sebagai jawaban atas rasa khawatir sekaligus informasi bagi yang belum bergabung jika ingin mencoba bergabung.

Saya yang baru bergabung ini pun, memberanikan diri untuk berbagi cerita karena bisa bekerja di rumah dan menghasilkan uang yang ditransfer ke akun paypal. Setelah paypal completed, tinggal menunggu masuk ke rekening yang sudah diintegrasikan ke dalam paypal untuk transfer dana.

A. Apa itu intellifluence?

cara mendapatkan peluang job blog

Intellifluence merupakan salah satu platform marketing yang mempertemukan influencer dengan brand untuk dapat berkolaborasi dalam mencapai tujuan, dalam hal ini mengenalkan brand perusahaan kepada publik sesuai dengan target pasar. 

Intellifluence merupakan platform yang berada di luar negeri. Namun demikian kita yang di Indonesia tidak perlu khawatir masih bisa menghasilkan uang melalui internet dengan bergabung di dalamnya. Ikut mengambil peluang beberapa campaign brand yang ada dalam opportunity.

B. Platform tersedia

Intellifluence sebagai platform marketing tidak hanya fokus pada satu channel saja. Di sini terdapat beberapa channel yang dapat dioptimalkan di antaranya blog, instagram, facebook, twitter, pinterest, tiktok, youtube, linkedin, dan lain sebagainya.

Bagaimana dengan saya? Sejauh ini saya masih memilih blog, karena memang lebih banyak aktif di blog. Namun demikian untuk profil media sosial sudah terhubung dengan akun di intellifluence selain untuk memenuhi syarat pengisian profil juga untuk membangun personal branding

C. Bagaimana mendaftar di Intellifluence?

cara mendapatkan peluang job blog

Bersyukur sekali saat bisa mendaftar di sini, meskipun awalnya agak bingung bagaimana prosesnya. Mungkin karena masih pertama kali ya.

Untuk menjawab ini pula, saya berusaha menuliskan di sini agar bisa memudahkan teman-teman yang mau tahu cara mendapatkan peluang job blog dari intellifluence. Berikut cara mendaftar di intellifluence:
  1. Masuk ke laman intellifluence.
  2. Pada menu pilihan pilih Tab Influencers karena di sini kita mendaftarkan diri sebagai influencer.
  3. Klik tombol Register as An Influencer.
  4. Silahkan isikan data sesuai isian pada form yang tersedia, jika sudah pastikan klik I accept dst, baru pilih next.
  5. Selanjutnya silahkan lengkapi data pada form isi profil kita. Pastikan foto profil terisi (harus diisi).
  6. Tuliskan Bio dengan menuliskan tentang diri kita, aktivitas blogging, dan hal lain yang berhubungan dengan aktivitas dunia blogging kita. Tuliskan hingga 500 kata atau sesuai yang disyaratkan agar profil terisi secara sempurna.
  7. Tambahkan gambar-gambar penunjang berhubungan dengan aktivitas kita untuk lebih meyakinkan.
  8. Isikan interest kita pada kolom specialties. Di sini kita bisa memilih maksimal 10 kategori bidang yang kita minati.
  9. Kalau sudah kita masuk pada mengisi payment yang dipilih. Tersedia tiga pilihan yaitu Free Product, Cash Only atau Both jika memilih dua-duanya. Saya di sini memilih opsi Both.
  10. Selanjutnya silahkan tentukan besaran product value atau cash value.
  11. Bagian yang lebih penting lagi dan ini kunci adalah mengisikan paypal email. Jika belum punya bisa buat akun paypal terlebih dahulu.
  12. Lengkapi profil dengan mengisikan kolom Social Account. Di sini saya mengisikan facebook, instagram, linkedin, pinterest, twitter, dan youtube. Masih banyak pilihan lainnya yang bisa dioptimalkan. Saya memilih banyak agar suatu saat ketika dibutuhkan sudah ada.
  13. Lengkapi informasi tambahan berhubungan dengan status kita seperti relationship, education, ethnicity, employment status, household income gender, dan language. Informasi tambahan ini sifatnya opsional ya, tapi saya tetap mengisinya.
  14. Semua sudah selesai dilakukan dan kita sudah terdaftar.

D. Cara mendapatkan Peluang Job Blog di Intellifluence

bekerja dari rumah dan menghasilkan uang
Selamat ya teman-teman sudah terdaftar, dan akun sudah aktif. Saatnya mencoba keberuntungan, eh mencari peluang rezeki. Bagaimana caranya? Tenang, saya juga menuliskannya di sini.
  1. Pertama silahkan login ke laman atau aplikasi intellifluence dengan akun yang sudah di buat.
  2. Pilih menu Marketplace. Di dalamnya akan muncul beberapa job yang bisa kita pilih. Pilih job opportunity yang ada,maka akan ada campaign detail berisi campaign goal, payment, deskripsi brand, pekerjaan yang harus dilakukan, informasi dibutuhkan, dan link back url.
  3. Kalau semua sesuai, dan kita yakin bisa dan mau mengerjakan sesuai dengan deskripsi silahkan apply to campaign.
  4. Tuliskan pesan penawaran kita untuk bisa kolaborasi atau kerjasama dengan brand yang dimaksud lalu klik apply.
  5. Lamaran kita secara otomatis akan masuk di contacted. Kita tinggal menunggu ada balasan dari brand, apakah brand akan menerima atau menolak pitch yang kita ajukan.
  6. Notifikasi balasan dari job application yang dikirim akan akan terkirim pada email kita. Namun demikian kita juga tetap bisa memantau di aplikasi pada menu transaction.
  7. Sebelum mengambil keputusan menerima, pastikan kita sudah membaca detail tawaran yang dikirimkan dan deadline waktu penyelesaian tugas dengan teliti. Jika setuju dan mau mengambil peluang mendapatkan job blog tersebut silahkan klik Accept.
  8. Waktunya beraksi, silahkan kerjakan job sesuai dengan petunjuk dan goal yang telah ditetapkan.
  9. Post Work – Saat artikel selesai ditulis dan terpublikasi tahap berikuthya adalah mengirimkan laporan dengan memasukkan link artikel yang kita tulis pada Post Work.
  10. Tunggu proses Approval atau persetujuan dari klien.
  11. Jika sudah selesai dan diterima, maka fee akan masuk ke Intellifluence. Kita bisa cek di menu Earning Summary.

E. Bagaimana cara pembayarannya?

Proses pembayaran fee tidak langsung kepada influencer namun melalui intellifluence selaku pihak penyedia platform marketing. Ada tiga macam proses pembayarannya yang kita lalui, yaitu:

1. Upcoming

Proses upcoming ini muncul ketika pekerjaan kita sudah diterima oleh klien. Kemudian diproses ke intellifluence.

2. Elligible

Saldo Upcoming akan berganti menjadi elligible dalam waktu kurang lebih 15 hari.

3. Processed

Setelah masuk menu elligible, kita tinggal menunggu proses transfer ke akun paypal. Pada menu Earning Summary akan terlihat tanggal yang muncul pada setiap proses jatuh tempo pembayaran.

F. Proses pay out intellifluence

Pay out adalah proses yang kita tunggu-tunggu setelah elligible. Ini adalah proses pay out ke rekening paypal kita. Seperti saya sampaikan di awal, pastikan kita sudah memiliki akun paypal saat mendaftar di awal. Tunggu hingga proses completed di akun paypal kita. Saat proses completed akan ada catatan transaksinya dan No. ID transaksi.

Untuk melakukan penarikan dana silahkan masukkan akun rekening pada bank account. Sebaiknya melakukan penarikan pada hari efektif kerja agar tidak terkesan lama menunggunya. Seperti saya, karena mau memberi contoh teman bagaimana proses penarikan dana dari paypal ke rekening, saya melakukannya pada Jumat malam. Jadinya menunggu beberapa hari dan Hari Selasa pagi sudah masuk di rekening bank yang saya gunakan.

Alhamdulillah, bisa menghasilkan 100 dollar pertama dari intellifluence dan benar-benar saya terima. Selanjutnya bagaimana? Pastinya sudah bisa menebak sendiri, yaitu mencoba mengajukan pitching lain dari peluang yang ada.

G. Kelebihan dan Kekurangan Intellifluence

Sebelum mencoba teman-teman perlu tahu juga apa kelebihan dan kekurangan dari bergabung dengan intellifluence ini.

1. Kelebihan

Kelebihan selalu menjadi incaran bagi semua dalam mencari sesuatu, termasuk untuk mendapatkan peluang job blog. Ini dia beberapa kelebihan yang dirasakan dan didapatkan:
  1. Fee Blogger memuaskan.
  2. Alur pitching sampai approve work jelas dan bisa komunikasi dengan klien jika ada yang tidak jelas.
  3. Bahasa Inggris yang digunakan sederhana dan mudah dipahami.
  4. Job description mudah dibaca.
  5. Proses pembayaran jelas dan aman melalui intellifluence.
  6. Waktu deadline pengerjaan cukup panjang (tergantung pengajuan kita juga ya).
  7. Platform mudah diakses baik melalui website ataupun aplikasi android.
  8. Selain blogger influencer, ada juga yang lain seperti instagram, facebook, dan lain-lain.

2. Kekurangan

Selain kelebihan, juga ada kekurangan yang perlu kita sadari, yaitu job yang tersedia tidak semuanya bisa dikerjakan oleh kita yang berada di Indonesia. Jadi harus bersabar juga untuk mendapatkan peluang yang sesuai.

Semangat teman-teman, jangan takut untuk mencoba. Kita coba sendiri, kalau berhasil bagikan kabar bahagia pada yang lain. Jika ditolak coba lagi, jangan berputus asa.

Bagi teman-teman yang mau mencoba ikutan bisa langsung klik link referal saya untuk mendaftar sebagai influencer di intellifluence. Silahkan bergabung dengan klik link ini langsung.
 
Semoga teman-teman juga bisa merasakan pengalaman dan mengaplikasikan cara mendapatkan peluang job blog dari intellifluence.

Related Posts

35 comments

  1. Saya juga awalnya tau intellifluence dari seorang blogger yang cukup terkenal. Awalnya ragu dan minder karena merasa blog saya masih kecil, mana mungkin diterima oleh platform marketing luar kayak intellifluence.

    Terus karena penasaran, akhirnya nyoba daftar dan diterima. Intellifluence ini platform terbaik untuk blogger menurut saya tapi memang sayangnya job untuk warga Indonesia masih terbatas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nikmati prosesnya ya, Mbak. Kalau rejeki tak kemana, kalau ke mana belum rejeki

      Delete
  2. Salut sama apresiasi channel luar negeri seperti intellifluence ini ya mba... Karena apresiasinya thdp sebuah karya itu luar biasa.

    Aku pun awalannya penasaran baca ulasan salah seorang blogger mba, trus daftar deh... Dan udah dua kali dapat job dari sana, alhamdulillah
    moga makin jaya selalu channel keren ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali, karya begitu diapresiasi, begitu dihargai Alhamdulillah, perlu dilanjutkan mb

      Delete
  3. Kak, untuk artikelnya ini dalam bahasa Indonesia kan ya? Oya, dlm pendaftaran harus mencantumkan nama asli / sesuai KTP kah? atau bisa nama pena kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai nama asli mb. Kalau yang di Indonesia pake bahasa Indonesia. Tapi juga ga menutup kemungkinan pakai Bahasa Inggris

      Delete
  4. Saya juga udah 3 kali dapat job di Intellifluence ini mba. Dan feenya itu lho, gede banget. Makanya jadi ketagihan, haha

    Cuma ya itu, sayang banget job yang bisa kita kerjakan masih sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul, jobnya sedikit. Tapi Alhamdulillah pernah merasakan setidaknya

      Delete
  5. Mungkin senada dengan teman narablog yang lain, terutama yang sudah mendapat job dari intellifluence ini : Nilai feenya cukup menarik untuk sebuah konten yang kita buat secara bebas dalam hal jumlah karakter dan pembayarannya tepat waktu, walaupun ada jeda verifikasi selama 15 harian.

    Kalau saja misalkan seperti ini, ada teman kita yang berdomisili di negara sana mendaftar akun, saat mendapat job endorsment+cash, produk endorsnya buat teman kita, lalu karena kita yang membuat review, cashnya buat kita.

    Lumayan sepertinya, tapi bisa tidak ya seperti itu? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau temannya mau bisa kayaknya, pake blognya dia yang di sana, kita yang nulis. Kayaknya IP Address juga ke detek mas

      Delete
  6. Wah menarik banget ya. Gak nyangka dari blog bisa mendulang dolar. Jujur aku baru merasakan ini lho..

    Wah lengkap banget ini langkah2nya aku buka2 ini lagi ah kalo da stepyg lupa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga papa lupa step daftar yang penting dah ikutan dan ada akun mb

      Delete
  7. Menarik kak, saya baru tahu ini informasinya. Jadi penasaran ingin mencoba daftar juga di platform ini :).

    ReplyDelete
  8. wah, ada ulasannya.. pak, kalo lupa bikin akun paypal gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan di profile dah dicanyumin akun paypal pake email yang mana. Bikin aja akun paypal pake email yang dicantumkan.

      Delete
  9. Aku udah daftar nih Intellfluence jaman2nya baru disebarin infonya, tapi kaya belum paham waktu sampe akhirnya sekarang udh rame dan menjanjikan ya peluangnya di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kak Wulan, akrena memang pitching belum tentu yang kita ajukan diterima juga. Jadi ajukan lupakan kalau ada notif baru jalankan

      Delete
  10. awalnya, akupun khawatir pak. setelah memantapkan hati, dan berguru dg yg lebih senior menggunakan intell , sekarang malah ketagihan,hhha

    ReplyDelete
  11. Wah ulasannya membantu banget pak, saya baru mau coba dikala teman-teman udah pada bercuan hihihi.. :D semangat menginspirasi Pak Sugi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat mom tak ada kata terlambat, apalagi sudah ada tutorial lengkap dari pak sugianto ini jadi semacam ada panduannya hehe

      Delete
  12. Ulasannya lengkap banget pak..
    Menata Niat menjadi blogger untuk berbagi manfaat dan informasi...dalem ini pak..
    Makasih sharingnya pak..
    Sukses dengan intelnyaa..
    Aku belum berani ikutan..wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nunggu berani, ga berani mb. Berani mencoba aja. But so far kembali lagi pada diri ya. Hehe

      Delete
  13. dari hobi jadi cuan ya dgn aplikasi intellifluence ini, ayo smangat ngumpulin dolar..xixixi

    ReplyDelete
  14. Aku sudah daftar sih, tapi kok masih ragu ya... Kayak eman blog terkontaminasi yang diluar niche blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dokter taura mah suka mengulik dan menghubung-hubungan niche. Bisa disesuaikan dengan pembahasan nichenya dok

      Delete
  15. Mantap pak Sugi. Jelas banget. Aku masih meraba-raba kemarin kudu ini itu. alhamdulillah, tercerahkan. Makasih Pak

    ReplyDelete
  16. Sejauh ini, Intellifluence yang memberikan fee paling besar hahaha.. Semoga tiap bulan dapet pitching terus ya, duh semangat jadinya.

    ReplyDelete
  17. lengkap banget petunjuknya Pak Gie, terima kasih ya. udah daftar dan ngajukan banyak apply, tinggal nunggu pitch datang hehehe

    ReplyDelete
  18. thank you pak udah kenalin sama intellifluence bisa jadi jalan rezeky... hihi

    ReplyDelete
  19. Sejauh ini memang intelliffluence yg paling recpect ke bloger ya. Wkwk. Feenya nggak main-main untuk effort nulis yang less bgt. Semoga kita trs bs berkarya dollar di sana ya pak hihihi aamiin

    ReplyDelete

Post a Comment