deeva collection

Open Recruitment Komunitas One Day One Post Batch 9

3 comments
Konten [Tampil]
Pada tulisan lain sebelumnya saya menceritakan bagaimana perjalan bisa bertemu Komunitas One Day One Post. Kalau belum dan mau membacanya, bisa langsung menuju tulisan saya yang berjudul Belajar Bersama Komunitas Odop.

Pada tulisan itu saya mengulas bagaimana awal mula mengambil keputusan untuk mendaftar, hingga dinyatakan lolos pada ODOP 9 ini.

Saat sudah berada di dalam Grup Besar ODOP 9, saya masih bertanya-tanya pada diri apa sebenarnya ODOP ini. Sebuah institusi yang bergerak dalam bidang literasi atau komunitas yang bergerak dalam bidang literasi. Saat acara open recruitment akhirnya saya bisa bernapas lega, karena mendapatkan jawaban dari pertanyaan yang saya pikirkan.

1. Open Recruitment Komunitas One Day One Post

open recruitment komunitas one day one post
Designed by using canva

Open Recuitment
dilakukan oleh panitia pada 29 Agustus 2021, mulai pukul 19.00 WIB. Saat pembukaan saya menemukan jawaban dari pertanyaan yang ada dalam benak.

Saat itu, Florensia, salah seorang panitia menyambut seluruh peserta dan menjelaskan profil singkat dari Komunitas One Day One Post yang lebih dikenal dengan sebutan ODOP.

One Day One Post adalah sebuah komunitas bagi penulis yang hingga saat ini telah menjadi sebuah wadah, menjadi keluarga besar bagi para penulis di Indonesia.

2. Alasan Keberadaan Komunitas One Day One Post

Florensia, menyampaikan beberapa hal penting di dalam seremoni Open Recruitment One Day One Post Batch 9.  Saya melihat ini adalah alasan mengapa harus ada Komunitas One Day One Post, yaitu
  1. Alasan pertama yaitu keberadaan ODOP akan sangat bernilai dan memberikan manfaat bagi masa depan dunia literasi Indonesia.
  2. Alasan lain adalah kita harus menulis bersama untuk bisa saling menguatkan satu dengan yang lain. Seperti disampaikan Kak Flo, 
Menulis bisa dilakukan sendiri, namun penulis tetap butuh teman dan komunitas saling mendukung. 

3. Harapan untuk masa depan

Dalam open recruitment banyak sekali dibahas tentang gambaran beberapa hal yang harus terus dikembangkan dan dijaga untuk masa depan ODOP yang lebih baik, utamanya bagi para anggota, yaitu
  1. Senantiasa menjalin komunikasi selama proses dan setelah menjadi anggota terjalin layaknya sebuah keluarga besar yang saling menguatkan untuk masa depan bersama.
  2. Menghormati, mendukung kebaikan, saling mengingatkan dan menasihati jika ada yang salah dan menjadi sumber energi positif agar menjadi pribadi dengan masa depan yang lebih baik.
  3. Di masa depan, hasil dari latihan bersama, menulis setiap hari bersama komunitas one day one post akan menjadikan tulisan kita menjadi tulisan yang berkualitas.
  4. Masa depan yang baik akan tercipta dari kebiasaan baik yang kita lakukan.
Kebersamaan yang dibangun, konsistensi dalam mengerjakan setiap tugas akan menjadi salah satu capaian untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik bagi semua orang, khususnya setiap anggota ODOP.

Sungguh sebuah pembukaan yang luar biasa. Penuh dengan motivasi bagi seluruh anggota Komunitas One Day One Post.

Apa yang disampaikan dalam Open recruitment membuktikan dan memberikan kita pemahaman bahwa meskipun kelas diadakan secara gratis, kita harus bisa ikut terlibat secara aktif.

Tidak ada alasan untuk membatasi diri, apa lagi berhenti begitu saja untuk meraih masa depan yang lebih baik dan ikut serta membangun masa depan literasi Indonesia.

4. Perkenalan dan Ramah tamah admin dan peserta

 

Pemutaran film sekilas One Day One Post dan pemaparan materi dalam Open recruitment sudah dilakukan oleh Kak Flo dengan semangat yang menggebu-gebu.

Sambutan hangat yang diberikan, memantik saya dan peserta lain untuk selalu bersemangat dalam mengikuti setiap sesi yang diadakan di grup besar ODOP.

Kehangatan dalam grup semakin terasa kala Kak Flo mengajak seluruh peserta untuk saling memperkenalkan diri. Dia pun memulai dengan memperkenalkan diri di hadapan para peserta.

Setiap peserta memperkenalkan diri dan asalnya dengan menulis chat pada Grup Besar ODOP 9. Saya sangat senang bisa mengikuti sesi perkenalan ini. Bagi saya ini merupakan sesuatu yang sangat berkesan. Peserta yang berasal dari berbagai daerah, berkumpul menjadi satu dalam satu ruangan, dan saling menyapa satu sama lain.

Melalui sesi perkenalan inilah saya tahu jika mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Ada yang berasal dari Bengkulu, Bungo, Jember, Sidoarjo, Magelang, Malang, Nganjuk, Sukabumi, Jombang, dan beberapa daerah lain.

Saat sesi perkenal, Kak Flo juga menyampaikan, bahwa peserta kali ini bukan hanya berasal dari Indonesia, namun juga diikuti peserta dari luar negeri yaitu Hongkong, Jerman, dan Chicago.

Dua puluh menit kemudian, sesi perkenalan ditutup dan Kembali kepada Kak Flo untuk melanjutkan mengisi acara open recruitment ODOP 9. Dia Kembali menyampaikan informasi berhubungan dengan kegiatan One Day One Post. Di antara informasi yang disampaikan yaitu jumlah seluruh peserta yang lulus seleksi pada batch 9 ini adalah sebanyak 66 orang.

Untuk menjalin keakraban dan kedekatan satu sama lainnya, maka penyelenggara juga menyiapkan biaodata para peserta utamanya blog sebagai platform utama yang digunakan dalam proses menulis untuk saling memberikan support dan saling mengunjungi.

komunitas one day one post

5. Kegiatan Menulis dan Posting

Untuk mempersiapkan diri menghadapi masa depan yang mengalami perubahan begitu cepat, maka diperlukan persiapan dan latihan. Semakin banyak Latihan, maka akan semakin siap menghadapi tantangan yang bisa dating kapan saja.

a. Waktu menulis dan posting

Inilah kemudian yang menjadi alasan mengapa kita perlu menulis setiap hari, yaitu agar semakin terasah. Adapun aturan menulisnya adalah menulis setiap hari, di mana dalam satu pekan peserta harus menulis 1 tema wajib yang sudah ditentukan oleh panitia dan sisanya merupakan artikel bebas. Dalam satu artikel setidaknya memuat minimal 300 kata.

b. Kelas Materi

Kelas materi yang diselenggarakan oleh Komunitas One Day One Post memiliki beberapa aturan di antaranya:
  1. Kelas materi diselenggarakan tiga kali setiap pekan yaitu setiap Hari Senin, Rabu, dan Kamis. Kelas bisa berubah hari apabila ada permintaan khusus dari pemateri.
  2. Setiap kelas materi akan diselenggarakan pada link yang berbeda-beda yang akan dibagikan beberapa jam sebelum kelas di mulai.
  3. Hanya peserta aktif yang bisa mengikuti sesi diskusi bersama pemateri dan anggota ODOP dari angkatan sebelumnya.
  4. Jika tidak dapat mengikuti kelas, maka peserta tetap dapat mengikuti materi yang disampaikan berdasarkan materi bahan ajar yang diberikan oleh pemateri setelah kelas selesai.

c. Sesi Diskusi / Bedah Tulisan

Sesi diskusi dilaksanakan setiap pekan dengan waktu satu kali pertema hari Selasa. Sesi diskusi ini bertujuan untuk membahas perkembangan tulisan peserta. Pelaksanaannya dilakukan di kelas-kelas kecil yang sudah dibentuk dan akan dipandu oleh tim penanggung jawab.

d. Grup Kecil

Grup kecil adalah sebuah grup yang berisi beberapa orang. Grup ini merupakan pembagian dari grup besar. Alasan pembuatan Grup Kecil adalah untuk memudahkan saling berkunjung atau blog walking. Selain itu, grup kecil dibentuk untuk memudahkan koordinasi, presensi harian, perhitungan poin sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan, dan saling mengunjungi tulisan teman.

e. Sertifikat

Peserta yang lolos hingga akhir masa rekrutmen ODOP 9 dan dinyatakan lulus berhak untuk menerima sertifikat kelulusan dan dinyatakan sebagai anggota resmi Keluarga Besar Komunitas One Day One Post. Sertifikat juga akan mencantumkan laporan hasil belajar kita. Laporan ini nantinya juga bisa diakses melalui QR Code.

Penjelasan dalam open recruitment tentang apa itu Komunitas One Day One Post dan berbagai aktivitas yang berkaitan dengan menulis dan posting menjadi salah satu alasan bagi saya untuk terus berusaha seoptimal mungkin hingga melewati garis finish. Saya berharap melalui One Day One Post ini bisa meraih masa depan yang lebih baik.




Related Posts

3 comments

  1. Komplit banget kak. Semangatnya dijaga terus ya...

    ReplyDelete
  2. Waaah lengkap banget tulisannya kak, aku kemarin banyak ketinggalan info soal ODOP karena emang lagi ada urusan dan belum sempat scroll grup yang isinya ratusan chat :")

    ReplyDelete

Post a Comment