deeva collection

Pengalaman Mengikuti Blogspedia Coaching

6 comments
Konten [Tampil]
Saya tak pernah menyangka akan bisa berada dalam Blogspedia Coaching, mengikuti kelas bersama Coach Marita Ningtyas.

Pada awal perjalanan, saya hanya ingin mencoba mengukur kemampuan diri. Ingin mengetahui apakah diri ini mampu untuk menulis, sedang menulis merupakan sebuah hal baru.

Mengikuti challenge menulis yang diselenggarakan blogspedia membawa pada kebiasaan baru. Sebuah kebiasaan yang merubah diri untuk berusaha menjadi lebih baik.

Ini adalah pengalaman pertama saya mengikuti challenge secara beruntun. Pagi, siang, dan malam selalu diisi dengan menulis. Saya terus memaksakan diri agar bisa mengikuti challenge itu sampai akhir.

pengalaman mengikuti blogspedia coaching
Designed by using canva

Mencoba menulis sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan. Melihat satu persatu setiap tema. Membawanya berjalan ke angkasa. Berkeliling Bima Sakti tuk sekedar mencari ide.

Setiap hari bekerja sebagai Corporate Secretary pada sebuah lembaga zakat di Kabupaten Jember. Saat mengikuti challenge ini merupakan waktu yang berat bagi saya. Menulis di sela rasa capek saat bekerja menjadi penyemangat tersendiri.

Di pojok ruangan saya duduk termenung. Menerawang langit-langit berwarna putih dengan lampu yang menerangi.

Saat ada ide yang hinggap dalam pikiran, segera saya memajukan kursi. Mendekati meja, di mana latpop ada di atasnya.

Tidak ingin kehilangan ide yang berkelebat. Saya segera mengambil tindakan. Menggerakkan jemari, melakukan pencatatan setiap informasi yang dikumpulkan otak dan terekam dalam memory. Mencoba sebaik mungkin mengulas setiap yang ada di memori. Diiringi musik instrumen yang begitu menenangkan dan memberikan semangat.

Tak jarang, saya harus berkali-kali menulis dan menghapus setiap pengembangan ide. Ada yang tidak pas antara yang ada di dalam pikiran dengan apa yang saya tuliskan. Memang, harapan tak selalu sama dengan kenyataan.

Menulis dalam #13daysblogspediachallenge menempa diri untuk bisa menulis sepanjang mungkin. Dalam challenge ada 13 tema yang diangkat, yaitu

1. Dear Myself
Semacam surat atau self talk kepada diri sendiri di masa lalu atau di masa depan. Tujuannya adalah untuk memotivasi diri bahwa yang dijalani selama ini luar biasa dan ini merupakan bentuk apresiasi diri.

2. Quote Favorit
Sebuah tema challenge untuk menuliskan satu atau lebih quote yang menjadi penyemangat dalam menjalani keseharian. Tidak hanya itu, saya juga hatus bisa menuliskan alasan mengapa memilih quote ini.

3. Favorit blog
Mengunjungi blog yang sering dikunjungi dan menuliskan mengapa blog itu menjadi favorit.

4. Pekerjaan impian
Setiap diri memiliki pekerjaan impian, tak terkecuali saya. Mencoba mengulas dan meneropong sudahkan pekerjaan impian itu tercapai atau bahkan sudah berganti seiring pergantian waktu.

5. Resep makanan
Menuliskan resep makanan favorit atau resep peninggalan ibu mengingatkan pada masa-masa kecil. Menikmati lezatnya makanan sederhana yang dihidangkan setiap dengan nasi panas saat pagi hari.

6. Review Film/Drama
Bagi mereka yang mencintai film ini adalah hal yang mudah. Bagi saya ini cukup sulit, karena tidak sempat menonton film untuk kemudian dituliskan dalam bentuk review.

7. Sosok Inspiratif
Setiap orang pasti memiliki inspirasi, siapa sosok inspirasimu? Mengapa menjadikannya sebagai sumber inspirasi? Itulah yang saya tuliskan pada tema ke 7.

8. Mengasuh anak zaman now.
Sebagai orang tua bagaimana mengasuh anak zaman now, menjadi ayah yang dirindukan oleh anak-anak, dan tantangan dalam mengasuh anak menjadi salah satu bahan yang ditulis dalam challenge ini.

9. Perjalanan Paling Mengesankan
Pandemi membuat semua tak bisa melakukan perjalanan wisata, semua berhenti bak detik jarum jam yang kehilangan daya. Menuliskan pengalaman perjalanan atau sekedar menuliskan rekomendasi tempat wisata di daerah tempat tinggal. Sebuah tantangan yang harus saya tuliskan.

10. Harapan Untuk Indonesi
Tema yang menyenangkan, menuangkan cita-cita, harapan, dan doa bagi negeri tercinta Indonesia.

11. Review Buku
Tema ke sebelas dari perjalanan tantangan menulis selama 13 hari adalah membuat ulasan buku yang pernah dibaca, atau buku-buki yang direkomendasikan.

12. Blogspedia
Menuliskan apa yang diketahui tentang blogspedia, jasa yang ditawarkan ataupun mengulas blog yang dimiliki.

13. Tiga belas
Tema yang terkadang membuat saya berpikir liar, apa yang berkaitan dengan angka 13.

Berat rasanya untuk bisa menaklukkan tantangan ini. Kesibukan di kantor yang begitu padat membuat saya harus begadang untuk bisa menulis.

Sepulang dari kantor saya harus membagi waktu untuk keluarga. Keluar bersama sekedar untuk mencari angin di desa. Kebetulan rumah saya tidak jauh dari kota dan tidak jauh dari desa.

Merasakan segarnya udara di sore hari. Memandang lepas pada hamparan luas sawah yang terlihat hijau. Menikmati sinar jingga di ufuk barat yang malu-malu mulai menyembunyikan diri.

Saat malam tiba, dan anak-anak sudah tertidur pulas setelah bermain bersama, sayapun mulai menjalankan tugas. Tak jarang mengumpulkannya saat deadline, atau bahkan melebihi jam deadline. Sungguh ini tidak boleh ditiru, oleh siapapun. Tidak pula boleh diulangi oleh diri ini.

Tepat 08 April 2021, panitia challenge blogspedia mengeluarkan pengumuman. Ada tiga kategori yaitu peserta terkonsisten, terbuat, dan tulisan terbaik.

Bersyukur bisa mendapatkan tiket untuk belajar blogging dari nol. Salut dengan mereka yang bisa konsisten memnuhi semua tema, ada 5 orang. Untuk kategori terniat satu orang, dan terbaik ada dua orang. Mau tahu siapa saja yang masuk kategori, boleh cek di pengumuman blogspedia.

A. Blogspedia Coaching Sebuah Solusi

pengalaman mengikuti blogspedia coaching
Designed by using canva

Senang rasanya mendapatkan golden ticket bisa mengikuti Blogspedia coaching. Tepatnya pada batch 2. Mungkin seperti riang dan gembiranya mereka yang mendapatkan golden ticket di Indonesian Idol.

1. Apa itu blogspedia?

Blogspedia adalah sebuah blog yang dibuat dan dikelola oleh seorang mom's blogger. Sejarah yang sangat bernilai dari munculnya blog ini adalah dari tujuannya. Tujuan mulia dari seorang ibu untuk menghadirkan manfaat bagi orang lain.

Suatu hari temannya bertanya, “Bagaimana sih caranya ngeblog?” Adapula yang bertanya, “Kalau mau ngeblog harus mulai dari mana?”.

Dia pun akhirnya mencoba menjawab kegundahan hati teman-temannya dan melahirkan sebuah blog yaitu “Yuk Ngeblog”.

Seiring perjalanan waktu dan semakin kuatnya visi dan misi yang ditancapkan sebagai seorang blogger, dia mencoba melakukan sebuah transformasi.

Dia pun membawa blognya untuk hijrah dan memilih nama hijrah, Blogspedia. Sebuah nama penuh makna yang berasal dari dua kata, Blog dan Ensiklopedia. Nama yang bagus bukan? Nama yang sudah menampakkan akan seperti apa ke depannya.

Jika boleh mendefinisikan, Blogspedia adalah sebuah wadah untuk mereka yang mau dan memiliki kemauan untuk belajar dan berproses menjadi blogger sejati

Tak hanya itu, dia kemudian melahirkan sebuah coaching yang dikenal dengan Blogspedia Coaching.

Bagi yang ingin belajar blogging atau memperdalam tentang dunia blogging dan tips menulis bisa mengunjungi laman resmi blogspedia.

2. Blogspedia Coaching Tempat Belajar bagi Blogger

Pernahkah bingung bagaimana mau memulai ngeblog atau bingung mau sharing dengan siapa? Blogspedia coaching solusinya.

Bloggspedia coaching adalah sebuah prores yang dilalui untuk menjadi seorang blogger pro. Coaching yang dilaksanakan secara bertahap, dan berkala dengan dibimbing mom blogger yang sudah berpengalaman.

Blogspedia Coaching sudah berlangsung hingga batch 2. Kebetulan saya masuk dalam salah satu peserta yang ada di dalamnya. Beberapa bulan belajar kepada Coach Marita Ningtyas.

Dalam Blogspedia coaching saya bersama yang lain benar-benar hanyut dan ikut masuk dalam dunia blogger cupu. Blogger yang senantiasa mau belajar, bahkan memang kemudian membuktikan kalau diri ini memang blogger cupu. Jadilah kita sebagai cupuers.

Blogspedia coaching akan menjadi pilihan tepat bagi mereka yang mau dan memiliki kemauan untuk belajar. 

3. Apa yang diperoleh dari Blogspedia Coaching?

Poin paling berharga yang saya peroleh selain memiliki deeva collection, sebuah blog dengan niche lifestyle adalah belajar untuk rendah hati, terbuka, dan bersahabat, serta bersahaja. Inilah pelajaran yang saya dapat selama mengikuti Blogspedia Coaching Batch 2.

Pelajaran yang di dapat dari sosok Coach Marita NingtyasApa yang diperoleh ya? Karena ini blog coaching maka yang paling didapatkan adalah proses membangun blog dari nol sampai menjadi blog yang TLD (Top Level Domain).

Secara materi dan praktek banyak sekali yang saya dapatkan, di antaranya:
  1. Mengetahui seluk beluk blogspot.
  2. Tahu proses membangun sebuah blog.
  3. Mengerti bagaimana cara mengutak-atik template hingga memiliki tampilan yang elegan.
  4. Semakin menyelami bagaimana menjadikan blog sebagai blog yang SEO Friendly.
  5. Mendapatkan kejutan mengulik lebih dalam tentang dunia blogging seperti Google Analytics, Google Search Console, dan hal penting lainnya bagi blogger.
  6. Paling bersyukur juga adalah bisa belajar membuat berbagai jenis tulisan untuk mengisi blog content, dan mendapatkan kelas design untuk mendukung visual dari artikel yang ditulis.
  7. Belajar membangun ritme kepenulisan sebagai blogger menuju pro.
  8. Apalagi dapat bonus tentang personal branding sebagai blogger,dan juga bagaimana membuat content plan.
Banyak lagi hal yang saya dapatkan, saya rasakan, namun tidak bisa diungkapkan. Bukan karena menjadi rahasia, tapi karena tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata. 

Andai aja mesin penerjemah perasaan, mungkin sudah menjadi sebuah tulisan yang begitu berwarna di sini. Mendapatkan keluarga baru, para blogger cupu, yang selalu memberikan semangat. Open minded, easy going, dan mereka ramah-ramah.

B. Marita Ningtyas, Guru sekaligus Sahabat

blogspedia
Source Instagram Marita Ningtyas

1. Personal Life

Langsung saja ya, saya kenalkan, ini dia Coach Marita Ningtyas, seorang mom's blogger sekaligus founder dari Blogspedia, yang kemudian melahirkan sebuah program Blogspedia Coaching.

Marita Ningtyas adalah nama yang biasa digunakan sebagai keyword dalam dunia blog oleh blogger cupu.

Usut punya usut ternyata nama lengkap dari mom kelahiran 1985 ini adalah Marita Surya Ningtyas. Sebuah nama yang disematkan oleh ibunda tercintanya Endah Susilaningtyas.

Dia dilahirkan 36 tahun silam di Kota Lumpia. Ada yang tahu apa nama kotanya? Bagi pecinta kuliner yang satu ini, tentunya akan mudah menebaknya. Ya, Semarang itulah daerah asalnya.

Mendapatkan pasangan hidup yang penyabar, dan dikarunia anak yang Sholih dan Sholihah. So sweet kalau lagi membayangkan betapa romantisnya mereka, saling melirik di atas meja makan.

Martin Setiawan, adalah lelaki beruntung yang bisa menaklukkan hati Coach Marita Ningtyas. Belum sehati kalau tidak sejalan. Nampaknya, untuk membuktikan bahwa dia suami yang sehati, dia memberikan bukti, dan ikut membersamai sang istri. Menjadi seorang blogger. Penasaran dengan blognya bisa mengunjungi blog Merangkai Kode Menjadi Cerita.

2. Mengenal Marita’s Palace

Sebagai blogger tentunya bisa dipastikan memiliki sebuah blog. Iya kan? Namanya juga blogger. Oh, iya Marita’s Palace adalah blog personalnya Coach Marita Ningtyas.

Blog ini berisi pengalaman, cerita, kenangan, dan catatan-catatan. Saya penasaran juga sih, catatan apa saja yang ada di dalamnya.

Niche yang dipilih lifestyle, dengan tema-tema parenting, mental health dan marriage yang menjadi bahan bahasan. Setidaknya ada 17 kategori di dalam blognya, banyak juga ya.

Banyak sekali informasi di dalamnya yang bisa dibaca dan dijadikan bahan inspirasi baik sore ataupun pagi sambil menikmati secangkir teh bersama pasangan. Silahkan kepoin langsung Marita’s Palace agar dapat menjawab rasa penasaran.

3. Marita Ningtyas, seperti apa sosoknya?

Saya memang belum pernah bertemu langsung dengan sosok mom's blogger satu ini. Namun saya tetap ta’dhiim kepada beliau sebagai seorang guru bagi saya. Salam hormat saya, Coach Marita Ningtyas.

Menurut saya Coach Marita Ningtyas adalah sosok yang:
  1. Tegas
  2. Memiliki pendirian teguh
  3. Easy going
  4. Ramah
  5. Terbuka
  6. Bersahabat
  7. Pemberi semangat
  8. Serius
  9. Produktif (Menghasilkan banyak karya) dan
  10. Romantis (sama pasangannya ya).

C. Sebuah Surat untuk Coach Marita

Terima kasih atas semua yang telah diberikan. Mengajar, membimbing, mendidik, bahkan mengasuh kami di Blogspedia Coaching Batch 2 dengan penuh kesabaran.

Saya sangat merasakan keikhlasan dari sosok bunda yang luar biasa ini. Setiap kata yang keluar dari lisan berisi ketulusan.

Ketulusan yang bisa menembus relung hati. Membuat saya merasa nyaman berada di kelas yang penuh dengan tantangan.

Berkat ketegasanmu, kami menjadi orang yang mengerti tentang produktivitas. Berkat ketegasan itu, saya ikut memiliki ritme menjadi orang yang disiplin.

Terima kasih Coach Marita Ningtyas atas segala dedikasi waktu, ilmu, dan energi darimu. Terima kasih Mas Martin, yang memberikan izin kepada Coach Marita Ningtyas untuk mendidik kami dalam Blogspedia Coaching yang sudah kami ikuti dengan tuntas.
Hanya doa yang bisa kami berikan tuk kalian sekeluarga. Semoga keberkahan senantiasa melingkupi kalian sekeluarga.




Related Posts

6 comments

  1. Ya Allah ku terharu donk membacanya. Dari sini lengkap banget perjalanan berjodoh dengan Blogspedia nya pak Gie! Setelah kelas berakhir tetap semangat yaa ngeblognya.

    ReplyDelete
  2. Puitis banget "tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata" ... :D :D
    Tapi bener mas, menggambarkan kelas dan coach mbak marita terlalu banyak,...
    Terima kasih juga buat mas Sugi, yg pernah membranding saya ,,, mudah mudahan suatu saat bisa bertemu langsung ..
    Salam juga buat temen temen lain di blogspedia batch 2

    ReplyDelete
  3. aaaaa, sweet banget surat cintanya, pak!

    ReplyDelete
  4. aaaaaaa! so sweet banget syrat cintanya, pak!

    ReplyDelete
  5. So sweet kalau lagi membayangkan betapa romantisnya mereka, saling melirik di atas meja makan. ---- padahal to nggak pernah Pak, wong kami nggak punya meja makan wkkw.

    ReplyDelete
  6. aamiin YRA...
    senengnya berjodoh dengan blogspedia, coach Marita dan Pak Martin... juga dengan kita-kita cupuers batch 2 ya pak 😀

    ReplyDelete

Post a Comment