Revolusi Lokal: UMKM sebagai Lokomotif Ekonomi

Konten [Tampil]
Pada era globalisasi yang semakin pesat, peran UMKM sebagai penggerak ekonomi lokal semakin penting keberadaannya. UMKM memiliki daya tahan yang kuat. Terbukti UMKM bisa membawa bangsa ini melewati krisis moneter yang terjadi pada tahun 1998 silam. Pun saat Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia, UMKM mampu membawa negeri ini melalui masa Pandemi Covid-19.

Peran UMKM tidak hanya dalam menjaga kekuatan ekonomi bangsa ini, namun juga mampu menyerap tenaga kerja. Banyaknya UMKM yang tumbuh dari waktu ke waktu di negeri ini,membawa dampak positif pada ketersediaan lapangan kerja. Mengutip dari laman kementerian keuangan disebutkan bahwa UMKM mampu menyerap 97 persen dari total angkatan kerja dan mampu menghimpun hingga 60,4 persen dari total investasi di Indonesia.

Menariknya juga UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi yang tidak hanya memberikan dampak pada semakin luasnya lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja, namun juga pada inovasi.

Jika melihat kondisi dilapanga, UMKM merupakan salah satu industri kreatif yang terus meningkatkan nilai tambah pada produk lokal. Selan itu juga meningkatkan daya saing produk Indonesia di pasar global. Tentunya kondisi ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, mengalir seperti air. Dibutuhkan sebuah terobosan yang bisa mendukung UMKM untuk terus tumbuh.

Sehubungan dengan dukungan terhadap UMKM di negeri ini, seorang CEO dan konten kreator, Raymond Chin, menghadirkan program Revolusi Lokal.
Revolusi Lokal Raymond Chin
Image : katadata.co.id

Apa itu Revolusi Lokal Raymond Chin?

Revolusi lokal Raymond Chin merupakan sebuah program pemberdayaan UMKM yang hadir untuk memberikan dukungan kepada UMKM agar semakin berkembang dan mampu bersaing secara global. Revolusi lokal ini diinisiasi oleh Raymond Chin yang merupakan salah seorang konten kreator.

Mengutip dari laman arsjadrasjid.com, Raymond dan Arsjad dalam obrolannya tentang polemik TikTok Shop mengungkapkan bahwa semangat pelaku bisnis kecil dalam hal ini pelaku UMKM harus dikembalikan. Selain itu, UMKM yang menjadi penyokong perkembangan perekonomian bangsa harus didukung oleh semua pihak. Masyarakat harus peduli pada masyarajat lokal.

Jika tidak ada yang memulai dan mau menjadi pelopor maka semua hanya akan tinggal ucapan tanpa ada realisasi konkrit untuk memajukan UMKM. Untuk mengubah paradigma selama ini, di mana solusi hanya pada tataran ucapan, Raymond menghadirkan Program Revolusi Lokal. Sebuah program yang memberikan solusi nyata atas permasalahan UMKM agar bisa tumbuh dan bersaing.

3 Komponen Dalam Gerakan Revolusi Lokal

Gerakan Revolusi Lokal yang diinisiasi oleh Raymond Chin bertujuan untuk menjadikan pelaku usaha/UMKM bisa menjadi pemenang di rumah sendiri. dilakukan dengan berpegang pada 3 komponen yang menjadi pendukung Gerakan Revolusi Lokal.

Ketiga komponen penggerak dalam Gerakan Revolusi Lokal tersebut yaitu

1. Mengingatkan masyarakat untuk membeli produk lokal dan memberikan dukungan

Komponen pertama yang bisa menggerakkan gerakan Revolusi Lokal yaitu mengingatkan agar konsumen membiasakan diri untuk selalu membeli produk lokal. Termasuk di dalamnya adalah memberikan dukungan terhadap produk-produk lokal agar semakin dikenal masyarakat luas.

Tujuan dari mengingatkan masyarakat dan mengajak mereka membeli produk lokal adalah agar terjadi perputaran uang dalam usaha, khususnya UMKM. Jika uang berputar maka usaha UMKM akan terus bertahan bahkan berkembang menjadi lebih maju.

2. Pembinaan dan peningkatan kemampuan

Produsen khususnya UMKM untuk berkembang tidak cukup hanya dengan mengingatkan. Diperlukan dukungan lain agar meningkatkan kemampuan mereka. Ini bisa dilakukan dengan memberikan pembinaan dan upgrading agar memiliki daya saing khususnya di negeri sendiri.

3. Menjadi mediator bagi pemerintah

Menjadi mediator bagi pemerintah dan pelaku usaha dalam hal ini UMKM merupakan hal penting yang harus diperankan.

Raymond sebagaimana tertulis di laman arsjadrasjid.com mengatakan bahwa terkadang pemerintah kita melakukan public policy-nya reaktif dari apa yang disuarakan oleh rakyat. Lebih lanjut dia mengatakan, “Nah, di sini kita sebagai pelaku, gimana caranya kita komunikasikan”

Keberadaan gerakan Revolusi Lokal ini diharapkan dapat merangkul semua pelaku usaha baik pelaku usaha kecil sampai usaha besar, baik pemerintah maupun swasta dalam memajukan perekonomian bangsa dengan kontribusi nyata melalui usaha yang dijalankan.

Tidak hanya memperhatikan persaingan dan profit semata, namun bagaimana semua pihak bisa saling bekerjasama untuk kemajuan ekonomi bangsa.

Revolusi Lokal
Image: arsjadrasjid.com/

Dukungan terhadap Gerakan Revolusi Lokal

Gerakan Revolusi Lokal untuk mendukung pemberdayaan UMKM agar lebih maju dan bisa bersaing juga mendatangkan dukungan dari banyak relawan. Raymond mengatakan bahwa saat ini sudah terdaftar 300 relawan. Namun demikian, baru 20-30 nama yang dimasukkan sebagai relawan karena keterbatasan dana.

Tidak hanya mendapatkan simpati dan dukungan dari relawan, sejak awal diluncurkan gerakan ini juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak baik swasta maupun pemerintah. Ini terbukti dari hadirnya beberapa kalangan dalam launching Revolusi Lokal seperti Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Abdullah Azwar Anas. Hadir pula beberapa konten kreator dan pemilik brand seperti Luna Maya, Jehian Sijabat, dan Lisa Yumi.

Dukungan dari berbagai pihak pada acara peresmian pada 10 November 2023 ini menjadi sinyal positif akan tumbuhnya semangat memasyarakatkan produk lokal dan mengglobalkan produk lokal ke seluruh penjuru.

Kesimpulan

Gerakan Revolusi Lokal sebagai gerakan yang mendukung UMKM untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan tiga komponen penggerak dasar. Adanya revolusi lokal inj, akan membuat UMKM dapat menjadi lokomotif ekonomi yang mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional.

Sudah saatnya semua orang bangga akan kehadiran produk lokal, dan membantu memajukannya dengan membeli produk lokal yang sedang digempur oleh produk-produk impor. Jika semangat ini bisa dipertahankan dan terus dijaga, maka UMKM dapat menjadi salah satu pilar dalam menjaga kestabilan ekonomi bangsa.


Referensi:
https://arsjadrasjid.com/raymond-chin-dan-gerakan-revolusi-lokal/
https://youtu.be/ObkxFVYRZkM?si=T9sN7UyH82H0BesZ
https://katadata.co.id/berita/nasional/raymond-chin-dkk-luncurkan-revolusi-lokal-untuk-berdayakan-umkm/6551cc8e1f840?page=all

Related Posts

25 comments

  1. Sudah saatnya pemerintah bersama masyarakat terus memberdayakan UMKM lokal agar perekonomian Indonesia jadi lebih kuat lagi. Dengan demikian Indonesia bisa jadi lebih mandiri dan masyarakat pun makmur

    ReplyDelete
  2. Wah keren banget Pak Raymond bikin program pemberdayaan UMKM. Apalagi juga mengundang para expert di bidangnya. Semoga UMKM Indonesia makin berkibar.

    ReplyDelete
  3. umkm harus kita dukung karna umkm betujuan meningkatkan penghasilan dari keci ke menengah jadi bisa meminimalisir

    ReplyDelete
  4. Penting banget memang untuk melakukan gerakan membeli produk lokal sebagai bentuk dukungan kita terhadap UMKM agar saudara-saudara kita yang terjun dalam bidang usaha ini maju dan berkembang dan kita menjadi bagian support system tak terpisahkan didalamnya

    ReplyDelete
  5. Keren banget nih Gerakan Revolusi lokal dari Raymond Chin, Semoga UMKM di Indonesia semakin berkembang dan mampu bersaing secara global. Tentunya aku juga ikut dukung, dengan selalu beli produk lokal

    ReplyDelete
  6. UMKM sebagi tonggk meningkatnya perekonomian memang perlu kita dukung selalu, apalagi dapat menyerap tenaga kerja baru juga, sehingga hayuk banget dong kita beli produkk lokal

    ReplyDelete
  7. Menurutku memang UMKM di Indonesia sekarang sedang berkembang. Adanya Revolusi lokal Raymond Chin bisa bantu UMKM maju ya

    ReplyDelete
  8. Wah keren banget ya memang program Revolusi Lokal UMKM ini karena bakal banatu banget ngembangin para UMKM, dan saya melihat dukungan besar dari Raymon ini, sayangnya karena keterbatasan dana masih sedikit relawan yang terangkut ya, semoga nextnya makin banyak lagi relawan yang terlibat sehingga UMKM Indonesia semakin tumbuh dan berkembang

    ReplyDelete
  9. Setuju bgt ama Raymond Chin atas inisiasi Revolusi Lokal pada UMKM kita. Saat rame2 ngeblokir TikTok Shop lalu, dia emg plg getol sih suarakan bahayanya UMKM asing menyerbu domestik. Produk kita kalah saing. Dan produk2 China selalu ditawarkan oleh influencer dgn konisi fantastis.

    Smg pemerintah bs mendukung UMKM kita agar berdaya saing dgn produk asing.

    ReplyDelete
  10. Kalau UMKM maju sudah pasti ekonomi negara juga maju sebab daerah Indonesia luas dan ketika UMKM bergerak dengan masif, pastinya bisa jauh lebih menguntungkan dari berbagai sisi.

    ReplyDelete
  11. Salut sih kalau semua pihak bisa saling bahu membahu untuk mewujudkan Gerakan Revolusi Lokal demi kemajuan perekonomian bangsa. Meski bergerak perlahan, semoga dengan kolaborasi yang tepat bisa semakin membentuk pondasi perekonomian yang kokoh.

    ReplyDelete
  12. keren ini ada program pembinaan UMKM seperti revolusi lokal Raymond Chin ini. memang perlu adanya program pemberdayaan UMKM dan pelatihan. program UMKM ini. Kita juga bisa bersinergi dengan orang-orang sesama pegadang untuk tumbuh bersama

    ReplyDelete
  13. umkm memang harus punya gebrakan sih biar stay survive, jadi bs bersaing di era persaingan global kelak

    ReplyDelete
  14. Apa aku aja yg kudet yah. Banyak anak-anak muda berprestasi yang baru aku tahu namanya sekarang. Kemana aja aku ini...
    Memang yah UMKM tuh justru penyelamat ekonomi kita, di tengah berita resesi dunia. Keren nih ada motivator Gerakan Revolusi Lokal...

    ReplyDelete

  15. Setuju. Dengan membeli produk lokal, kita akan mensejahterakan masyarakat Indonesia dan memajukan UMKM. Jadi nggak kalah sama produk import yang kian menjamur di negara kita

    ReplyDelete
  16. Setuju banget memang perlu buat jadi penggerak buat memulai. Kalau gak ada yang berani, ya mau sampai kapan bisa maju dan berkembang ya

    ReplyDelete
  17. Aku setuju banget kalau UMKM emang penggerak eknomi bangsa Indonesia, sudah terbukti sih sejak krisis ekonomi melanda, UMKM dapat bertahan dan memberikan kesempatan banyak orang untuk tetap bekerja dan berjuang

    ReplyDelete
  18. Saya sangat setuju dengan point komponen pertama yang bisa menggerakkan gerakan Revolusi Lokal yaitu mengingatkan agar konsumen membiasakan diri untuk selalu membeli produk lokal. Itu kan yang selama ini kita terapkan di pedesaan. Membeli di pasar tradisional yang mana pedagangnya adalah petani dan penduduk desa sendiri.
    Kegiatan seperti itu kan termasuk di dalamnya adalah memberikan dukungan terhadap produk-produk lokal agar semakin dikenal masyarakat luas.

    ReplyDelete
  19. Cintailah produk produk Indonesia, produk UMKM bertahan di saat badai krisis menerjang.
    Yukss indonesia kuat dengan majunya UMKM

    ReplyDelete
  20. Sekarang produk UMKM itu beragam dan kualitas juga bagus2, dan biasanya unik gitu. Jujur, akupun suka sama produk2 lokal, selain memajukan UMKM ya karena kualitas produk lokal memang bagus sih...

    ReplyDelete
  21. Sekarang produk UMKM itu beragam dan kualitas juga bagus2, dan biasanya unik gitu. Jujur, akupun suka sama produk2 lokal, selain memajukan UMKM ya karena kualitas produk lokal memang bagus sih...

    ReplyDelete
  22. Saat ini saya juga lebih senang pakai produk lokal. Menurut saya sekarang kualitasnya bisa bersaing dengan yang impor-impor

    ReplyDelete
  23. Salut masih ada anak muda yang peduli nasib UMKM, terutama koh Raymond Chin ini. Beliau emg vokal sih di akun TikToknya. Bahkan sampe membuat Revolusi UMKM Lokal agar mampu bersaing dgn internasional.

    Bgm pun UMKM lokal ini mendongkrak perekonomian domestik, bahkan saat pandemi hingga krisis sekalipun.

    ReplyDelete
  24. Wah keren, semakin banyak dukungan untuk UMKM. Semoga kedepannya UMKM kita semakin berkualitas sehingga semakin diterima oleh masyarakat

    ReplyDelete
  25. Aku sekarang juga memilih produk lokal ketimbang produk luar.
    Karena ternyata selain harga yang lebih terjangkau, lebih ramah lingkungan karena jejak karbon yang minim serta terbuat dari bahan yang kita tahu kehalalannya.

    ReplyDelete

Post a Comment